Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Dalam Islam

Diposting pada

Doa untuk orang sakit – Assalamualaikum, selamat datang di Sudut Sekolah. Hari ini kita akan membahas mengenai doa agar orang sakit cepat sembuh dalam Islam. Karena doa sangat dibutuhkan oleh pasien yang terkena penyakit apapun. Kekuatan doa sangat kuat di dalam proses penyembuhan berbagai penyakit. Berikut pembahasan lengkapnya.

Makna Sakit Dalam Islam

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah merasakan sakit. Tidak ada orang yang tidak pernah sakit. Sakit sendiri terjadi karena berbagai macam hal dan faktor. Faktor usia dan penurunan kondisi mungkin menjadi yang paling umum dan sering ditemui.

Baca juga: Bacaan doa qunut

Sakit juga berkaitan erat dengan takdir masing-masing manusia. Allah SWT tentu saja sudah menetapkan qada dan qadar untuk setiap hamba-Nya di muka bumi ini. Maka diantara berbagai takdir tersebut pasti terdapat sakit di dalamnya. Baik sakit ringan maupun berat, itu semua sama saja sakit. Sakit juga bisa diindikasikan sebagai ujian atau coban yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya. Tetapi, sakit juga merupakan salah satu bentuk kasih sayang.

Allah SWT pernah berfirman :

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’: 35).

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa penyakit merupakan salah satu bentuk cobaan atau ujian. Namun, dibaliknya terdapat hikmah yang tidak diduga-duga.

Ingat kisah tentang nabi Ayub? Nabi Ayub terkenal sebagai manusia paling sabar di dunia. Hal ini karena Allah SWT menguji beliau dengan penyakitnya yang sangat lama ia derita. Nabi Ayub yang dikenal sebagai manusia bertaqwa pun tidak luput dari cobaan Allah SWT. Nah, dari kisah nabi Ayub tersebut banyak hal yang bisa kita tiru, salah satunya selalu bersabar dan berdoa kepada Allah SWT.

Hikmah Sakit Dalam Islam

Bagaimanapun juga sebagai manusia biasa kita tidak boleh mengeluh atas sakit atau cobaan yang kita alami, termasuk sakit. Dalam Islam, terdapat banyak sekali hikmah yang bisa diambil dibalik sakitnya seseorang. Hal ini dikarenakan, Allah SWT tidak akan memberikan cobaan kepada hamba-Nya tanpa hikmah yang bisa diambil. Oleh karena itu, selalu ada hikmah dibalik peristiwa, tak terkecuali ketika sakit.

Lalu, apa hikmah dari sakitnya seseorang? salah satu hikmah orang sakit adalah dihapuskan dosa-dosanya. Baik ketika sakit ringan maupun berat, Allah akan mengampuni dan menghapus dosa hamba-Nya yang sakit.

Oleh karena itu, kita harus selalu ikhlas dan menerima apapun takdir Allah. Tetapi, kita juga tidak boleh pasrah begitu saja dan tidak berbuat apa-apa. Sudah selayaknya kita harus selalu berusaha dan berdoa agar sakit yang diderita cepat sembuh dan segera diangkat penyakitnya.

Banyak muslim yang masih bingung dan tidak tahu tentang doa untuk orang sakit agar cepat sembuh. Berikut penjelasan doa untuk orang sakit dalam Islam, baik doa untuk orang sakit parah, doa untuk orang sakit perempuan maupun doa untuk orang sakit laki-laki.

Doa Untuk Orang Sakit Parah

Sumber: https://www.cv-library.co.uk/

Ada beberapa doa yang bisa dibacakan untuk orang yang sedang sakit parah. Diantaranya, berikut doa untuk orang sakit parah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa

Artinya : “Ya Allah, hilangkanlah kesusahan dan berilah kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Selain untuk menyembuhkan orang yang sedang sakit, doa di atas juga berguna untuk meminta perlindungan dari segala keburukan yang ada.

Doa di atas bisa dibacakan kepada orang yang sedang sakit atau kepada diri sendiri ketika merasa lemah dan tak berdaya. Lafalkan dengan sungguh-sungguh dan iringi dengan melakukan berbagai amalan baik, maka Insha Allah akan cepat sembuh.

Jika doa di atas dirasa terlalu panjang dan kurang mudah dihafal, ada beberapa doa lainnya untuk orang yang sedang sakit. Doa-doa berikut juga merupakan doa yang diajarkan dan diamalkan oleh nabi Muhammad SAW. Berikut doa untuk orang sakit parah lainnya.

Doa Untuk Orang Sakit Parah 1

LA BA’SA THOHURUN INSYA ALLAH

“Tidak apa-apa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Allah.” (HR. al-Bukhari)

Doa Untuk Orang Sakit Parah 2

ASALULLAHAL ADHIM, ROBBAL ARSYIL ADHIM AN-YASYFIYAKA.

“Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau”.

Doa Untuk Orang Sakit Parah 3

BISMILLAHI TURBATU ARDLINA BIRIQOTI BA’DLINA YUSYFA SAQIMUNA BI’IDZNI ROBBINA

“Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah.”

Doa Untuk Orang Sakit Parah 4

BISMILLAH A’UUDZU BI ‘IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

“Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

Semua doa diatas bisa dipakai, pilih yang mudah dihafal dan mudah diingat dan bacakan kepada orang yang sedang sakit. Tidak ada perbedaan yang mencolok, karena pada dasarnya semua doa baik selama mengandung niat dan arti yang baik. Jangan lupa juga untuk selalu berbuat dan beramal baik agar penyakit yang diderita cepat sembuh.

Doa Untuk Orang Sakit Perempuan

Sebenarnya, tidak ada doa khusus untuk orang sakit baik perempuan maupun laki-laki. Yang membedakan hanyalah pelafalannya saja dalam bahasa Arab. Hal ini karena dalam bahasa Arab, penggunaan bahasa untuk perempuan dan laki-laki berbeda.

Berikut doa untuk orang sakit perempuan.

Syafakillah

Artinya : “Semoga Allah menyembuhkanmu”.

Doa Untuk Orang Sakit Laki-Laki

Dan berikut doa untuk orang sakit laki-laki.

Syafakallah

Artinya : “Semoga Allah menyembuhkanmu”.

Mengapa artinya sama tetapi pelafalannya berbeda? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya hal ini dikarenakan pelafalan bahasa Arab yang berbeda terhadap perempuan dan laki-laki.

Baca juga: Asmaul Husna beserta arti

Nah, silahkan di praktekan pembahasan mengenai hikmah sakit dalam Islam, makna sakit dalam Islam, doa untuk orang sakit parah, doa untuk orang sakit perempuan, doa untuk orang sakit laki-laki. Semoga siapapun yang sedang Anda doakan akan sembuh dengan cepat atas izin Allah SWT dengan doa-doa di atas.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.