Tahapan Metamorfosis Daur Hidup Kecoa Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Daur hidup kecoaKecoa merupakan hewan serangga dan termasuk ke dalam hewan omnivora yang mempunyai 3.500 spesies yang tersebar di dunia. Kecoa biasa disebut juga dengan lipas atau coro. Kecoa dapat kita temukan dengan mudah di rumah, lingkungan atau manapun, namun kecoa tidak dapat kamu temukan jika sedang berada di kutub utara dan selatan.

Banyak orang yang jijik dan takut ketika ketemu dengan kecoa, apalagi kecoa terbang yang bisa membuat panik hehehe… Ciri-ciri makhluk hidup yang satu ini adalah memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan asalnya, ada yang mempunyai panjang 1,5 meter hingga 3 meter.

Kecoa juga senang sekali berada di tempat yang kotor, lembab, gelap dan akan melakukan aktivitasnya di malam hari, itu lah alasannya mengapa kecoa tiba-tiba ada di bawah kasur, lemari, dan yang lainnya. Namun, jika Anda ingin membunuh kecoa jangan sekali-kali di injak karena akan mengeluarkan bau busuk yang tidak sedap, cara membunuh kecoa yang baik dan benar adalah dengan menyemprotnya dengan anti serangga (baygon).

Untuk itu jika kamu tidak ingin ada kecoa di rumah atau lingkungan, kamu harus menjaga kebersihannya.

Urutan Daur Hidup Kecoa

Daur hidup kecoa
Gambar daur hidup kecoa

Daur hidup kecoa termasuk ke dalam metamorfosis yang tidak sempurna, karena hanya melalui 3 fase, yaitu fase telur, nimfa, dan menjadi kecoa dewasa. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai fase-fase metamorfosis kecoa.

1. Fase Telur

Fase yang pertama adalah fase telur, namun apakah kamu pernah melihat bagaimana bentuk dari telur kecoa? Pasti jarang sekali yang pernah melihat telur kecoa, karena kecoa hanya bertelur di tempat-tempat yang kotor, lembab, dan kumuh sehingga jarang dijumpai oleh manusia. Bentuk dari telur kecoa adalah kapsul berukuran kecil bewarna cokelat tua. Kapsul tersebut memiliki cangkang yang keras sehingga tidak mudah pecah dan terdapat cairan sebagai perekatnya.

2. Fase Nimfa

Setelah melewati fase telur dan menetas, maka kecoa akan masuk ke dalam fase nimfa yang merupakan kecoa muda yang masih bewarna putih dan tidak mempunyai sayap, berbeda dengan metamorfosis hewan lainnya, kecoa tidak melewati fase kepompong pada saat ini.

Namun mengalami beberapa proses pergantian kulit hingga menjadi kecoa dewasa. Proses pada fase nimfa ini bisa memakan waktu dari mulai 2 bulan hingga 1 tahun tergantung kondisi lingkungan, jenis, dan bentuk dari kecoa tersebut. Walaupun pada fase ini kecoa belum berbentuk sempurna namun ia sudah bisa mencari makanannya sendiri loh…

Baca juga: Daur hidup nyamuk

3. Fase Kecoa Dewasa

Setelah melewati 2 fase diatas maka kecoa sudah menjadi kecoa dewasa dan sudah dapat melakukan pertahanan ketika ada musuh, ukurannya menjadi lebih besar, dan sayapnya telah terbentuk dengan sempurna.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai metamorfosis daur hidup kecoa, semoga membantu kamu untuk memahaminya. Terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel bermanfaat selanjutnya.

Silahkan berikan rating