15 Danau Terbesar Di Indonesia Dan Letaknya Beserta Penjelasan Lengkap

Diposting pada

Danau terbesar di Indonesia – Danau atau bisa didefinisikan sebagai cekungan yang berisi air dengan di pinggirnya dikelilingi oleh sebuah daratan maupun bukit. Danau terbesar di Indonesia tergolong sangat banyak. Bahkan masing-masing pulau pasti mempunyai danau yang besar. Walaupun mungkin kita tidak tahu bahwa di salah satu pulau-pulau besar yang dihuni orang Indonesia tidak ada danaunya mungkin danau tersebut tidak terdeteksi oleh Kementrian Negara Indonesia.

Danau memiliki banyak fungsi. Selain untuk irigasi danau-danau di Indonesia juga berpotensi sebagai pariwisata. Banyak orang ingin berkunjung ke danau-danau yang memang menawarkan keindahan eksotisnya dan juga hawa sejuk. Tak salah bila pemerintah maupun masyarakat setempat memanfaatkan danau dengan sebaik mungkin.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementrian Lingkungan Hidup bahwa ada 840 danau besar di Indonesia dan 735 danau kecil. Danau di Indonesia cukup banyak dari semua data terlihat sekitar 1575 danau. Yang belum termasuk data masih banyak juga. Kali ini kita akan mengulas danau terbesar di Indonesia.

15 Danau Terbesar Di Indonesia Beserta Letaknya

1. Danau Toba

Luas: 1.130 km2
Provinsi: Sumatera Utara
Jenis: Vulkanik/Tektonik
Kedalaman: 505 Meter

Danau yang terletak di Pulau Sumatera ini memang sangat luas. Keunikan danau ini adalah adanya sebuah pulau kecil yang berada ditengah danau. Danau ini juga mempunyai cerita legenda yang saat ini masih sangat familiar. Danau ini terbentuk alami oleh alam dengan kedalaman hingga 529 m.

2. Danau Towuti

Luas: 561 km2
Provinsi: Sulawesi Selatan
Jenis: Tektonik
Kedalaman: 203 Meter

Danau Towuti adalah danau terluas di Indonesia nomor 2. Dan tentunya danau terluas di Pulau Sulawesi. Luas danau ini adalah 561 km² dengan kedalaman mencapai 203 m. Danau ini adalah danau yang tergolong danau tektonik.

3. Danau Jempang

Luas: 450 km2
Provinsi: Kalimantan Timur
Jenis: Dataran banjir
Kedalaman: 7-8 Meter

Danau selanjutnya dalah Danau Jempang. Danau ini memiliki kedalaman yang cukup dangkal jika dibandingkan dengan danau-danau yang lain yaitu 7-8 m saja. Danau yang terletak di Kalimantan Timur ini memiliki luas hingga 450 km². Danau ini terbentuk karena dataran banjir.

4. Danau Tempe

Luas: 350 km2
Provinsi: Sulawesi Selatan
Jenis: Dataran banjir
Kedalaman: 5 Meter

Danau Tempe ini adalah danau terluas di Indonesia no 4. Selain danau yang mempunyai area cukup luas danau ini tergolong danau yang cukup dangkal dengan kedalamannya hanya 5 meter saja. Danau ini terletak di Sulawesi Selatan yang tidak jauh dari kota Sengkang.

5. Danau Poso

Luas: 323 km2
Provinsi: Sulawesi Tengah
Jenis: –
Kedalaman: 450 Meter

Danau selanjutnya adalah Danau Poso. Danau ini tergolong danau yang cukup dalam dengan kedalaman 450 m. Terletak di Sulawesi Tengah dengan luas danau mencapai 323 km².

6. Danau Sentarum

 

Luas: 275 km2
Provinsi: Kalimantan Barat
Jenis: Floodplain
Kedalaman: 8 Meter

Danau terbesar no 6 adalah Danau Sentarum. Danau dengan luas mencapai 275 km² ini berlokasi di Pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat. Kedalaman yang tak jauh beda dengan Danau Tempe, danau ini mempunyai kedalaman 8 m saja.

7. Danau Matano

Luas: 164.1 km2
Provinsi: Sulawesi Selatan
Jenis: Vulkanik
Kedalaman: 590 Meter

Danau terbesar di Indonesia yang ketiga adalah Danau Montano. Danau yang memiliki luas 164 km² ini terletak di Sulawesi Selatan. Selain tergolong danau terbesar di Indonesia danau ini juga danau yang terdalam ke-11 di dunia. Danau ini memiliki kedalaman hampir 600 m yaitu 590 m.

8. Danau Paniai

Luas: 154 km2
Provinsi: Papua Barat
Jenis: Tektonik
Kedalaman: 50 Meter

Danau terbesar di indonesia yang selanjutnya adalah danau Paniai. Danau yang terletak di Papua Barat ini mempunyai luas 154 km² dan kedalaman hingga 50m. Jenis danau ini adalah danau Tektonik.

9. Danau Rombebai

Luas: 149 km2
Provinsi: Papua
Jenis: Dataran banjir
Kedalaman: –

Danau Rombebai adalah danau yang terletak di Pulau Papua. Danau ini memiliki kedalaman yang belum diindikasi. Danau ini terbentuk karena dataran banjir. Danau Rombebai mempunyai luas hingga 149 km².

10. Danau Semayang

Luas: 130 km2
Provinsi: Kalimantan Timur
Jenis: –
Kedalaman: –

Selain Danau Jempang ada juga Danau Semayang yang juga terletak di Kalimantan Timur. Danau ini memiliki luas 130 km². Danau ini mungkin belum diketahui kedalamannya oleh para peneliti ataupun dari pihak Menteri Lingkungan Hidup.

11. Danau Ranau

Luas: 125.9 km2
Provinsi: Sumatera Selatan dan Lampung
Jenis: Vulkanik/Tektonik
Kedalaman: 229 Meter

Danau yang kedua masih di Pulau Sumatera yaitu Danau Ranau. Danau ini memiliki luas 125.9 km². Danau ini terletak di Lampung Barat dan Kabupaten Organ Komering Ulu Selatan. Ya… Danau ini terletak di 2 tempat yang berbeda namun masih satu bagian danau. Kedalaman danau mencapai 229 m dengan jenis danau vulkanik.

12. Danau Singkarak

Luas: 107.8 km2
Provinsi: Kalimantan Timur
Jenis: –
Kedalaman: –

Danau terbesar di Indonesia yang lain adalah Danau Singkarak. Danau ini terletak di Kalimantan Timur sama halnya dengan Danau Jempang dan Semayang. Memiliki luas 107,8  km² dengan kedalaman dan jenis danau yang belum diketahui.

13. Danau Sentani

Luas: 104 km2
Provinsi: Papua
Jenis: –
Kedalaman: 70 Meter

Danau terluas di Papua adalah Danau Sentani. Danau ini memiliki luas 104 km². Kedalaman danau ini mencapai 70 m dengan letak di Pulau Papua. Jenis dari danau ini belum diketahui. Danau ini juga memiliki cerita legenda seperti halnya Danau Toba.

14. Danau Maninjau

Luas: 99.5 km2
Provinsi: Sumatera Barat
Jenis: Vulkanik
Kedalaman: 165 Meter

Danau terbesar selanjutnya adalah Danau Maninjau. Danau ini terletak di Provinsi Sumatera Barat yang menjadi danau terbesar ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini memiliki luas 99,5 km² dengan letak di ketinggian 400 m.

15. Danau Tondano

Luas: 48 km2
Provinsi: Sulawesi Utara
Jenis: –
Kedalaman: –

Danau terbesar yang terakhir adalah Danau Tondano. Danau yang terletak di Minahasa, Sulawesi Utara ini memiliki luas 48 km2. Dengan kedalaman dan jenis danau yang belum spesifik alias belum ada data yang membuktikan tentang kedalaman dan jenis danau ini.

Danau-danau terbesar di Indonesia sudah saya ringkas menjadi 15 danau terbesar di Indoensia yang memang danau di atas memiliki ukuran yang cukup luas. Semua data danau terbesar beserta letaknya sudah saya sajikan. Semoga Anda dapat terbantu dengan tulisan yang berada di atas. Terima kasih.