Dampak positif dan negatif globalisasi

20 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Di Segala Bidang Lengkap

Diposting pada

Dampak positif dan negatif globalisasi – Globalisasi membawa dampak yang sangat besar bagi suatu negara, bahkan dunia ini sendiri. Sampai saat ini, banyak dari berbagai negara di penjuru dunia mempersiapkan diri untuk dinamika globalisasi yang terus berubah.

Globalisasi memiliki arti dan peran penting bagi suatu negara, karena globalisasi dapat membawa dampak positif maupun dampak negatif. Globalisasi akan sangat menguntungkan jika membawa dampak positif bagi suatu negara. Begitu sebaliknya, globalisasi akan menjadi bencana jika membawa dampak negatif.

Oleh sebab itu pengetahuan akan globalisasi harus kita gali lebih dalam agar tehindar dari dampak-dampak negatif globalisasi dan mampu menyerap dampak positif globalisasi. Berikut kami sajikan contoh-contoh dari dampak positif dan negatif globalisasi di berbagai bidang kehidupan.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Ekonomi

5 Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi, ada beberapa dampak positif dari globalisasi, sebenarnya masih banyak dampak yang lain namun yang akan kita bahas kali ini ada 5, berikut penjelasannya.

1. Terbukanya Pasar Internasional

Perkembangan globalisasi berhasil membuka pasar internasional di banyak negara. Bagi sebagian orang, tentu efek globalisasi yang satu ini membawa dampak positif bagi perekonomian suatu negara. Dengan terbukanya pasar internasional, kegiatan ekonomi memiliki akses yang lebih luas sehingga para pengusaha di suatu negara dapat menjangkau pasar di negara lain. Karena globalisasi lah kegiatan perdagangan internasional dapat terlaksana.

2. Tersedia Lebih Banyak Lapangan Kerja

Dampak globalisasi terhadap pasar internasional ternyata membawa dampak positif lainnya, yaitu tersedianya lebih banyak lapangan kerja. Pasar internasional memungkinkan menarik para investor mancanegara untuk mendirikan perusahaan. Dampaknya angka pengangguran akan menurun pada suatu negara.

3. Devisa Negara Bertambah

Imigrasi pendudukan suatu negara ke negara lain merupakan salah satu dampak dari globalisasi. Hal ini tentunya akan menambah devisa negara, baik melalui kerjasama bisnis, pariwisata, dan kerjasama dalam bentuk lainnya.

4. Bertambahnya Variasi Barang Dan Jasa

Dampak positif globalisasi terhadap kegiatan ekonomi salah satunya adalah kegiatan ekspor dan import. Kegiatan eksport dan import tentunya akan menambah variasi barang dan jasa di suatu negara. Tentunya dengan begitu kita dapat dengan mudah mendapatkan produk yang kita inginkan.

5. Terbentuknya Pasar Bebas

Tak hanya penguasaha dari sektor pemerintah yang dapat melakukan kegiatan ekonomi ddi pasar Internasional. Globalisasi membawa dampak positif berupa terbentuknya pasar bebas, dimana masyarakat sipi dapat melakukan kegiatan ekonomi di pasar internasional.

5 Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Selain dampak-dampak positif globalisasi di bidang ekonomi tadi, masih ada dampak negatifnya loh, berikut dampak negatif globalisasi pada bidang ekonomi.

1. Terpuruknya Pertumbuhan Ekonomi

Selain membawa dampak positif, globalisasi juga membawa dampak negatif di bidang ekonomi, salah satunya adalah terpuruknya pertumbuhan ekonomi di suatu negara. SDM suatu negara yang kurang kreatif akan kalah bersaing dengan pelaku ekonomi internasional.

2. Ketergantungan Produk Impor

Dampak negatif globalisasi lainnya di bidang ekonomi adalah ketergantungan penggunaan produk impor. Kegiatan pasar internasional yang begitu bebas memungkinkan masyarakat suatu negara meremehan produk lokal dan mengunggulkan produk impor. Dan ini sudah terjadi di Indonesia.

3. Maraknya Kapitalis

Dampak negatif globalisasi di bidang ekonomi memungkinkan terjadi peledakan populasi kapitalis yang gempur-gempurnya ingin menguasai pasar internasional. Lebih parah lagi jika terjadi ketergantungan terhadap perusahaan asing.

4. Eksploitasi yang Berlebihan

Persaingan pasar internasional memungkinkan para pengusaha melakukan kegiatan eksploitasi yang berlebihan. Sebagai contoh terhadap eksploitasi SDA yang tidak dapat diperbaharui.

5. Tantangan Besar Pemerintah Untuk Menciptakan SDM Berkualitas

Dampak negatif lainnya di bidang ekonomi merupakan tantangan besar pemerintah untuk menciptakan SDM berkualitas agar bisa bersaing di pasar internasional.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Politik

5 Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Politik

Di bawah ini ada 5 dampak positif dari globalisasi di bidang politik, yaitu kerjasama internasional semakin luas, meningkatnya perdamaian dunia, meningkatnya nilai HAM, membantu negara mengatur pemerintahannya, dan bantuan pinjaman dana. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kerjasama Internasional Semakin Luas

Globalisasi membawa dampak positif di bidang politik, salah satunya adalah sebagai media perluasan hubungan antar negara.

2. Meningkatnya Perdamaian Dunia

Dampak positif lain dari globalisasi di bidang politik adalah meningkatnya perdamaian dunia karena banyak negara yang ingin terus menjaga ketertiban dan keamanan nagara.

3. Meningkatnya Nilai HAM

Dampak positif globalisasi memaksa pemerintah meningkatkan status HAM rakyatnya sendiri.

4. Membantu Negara Mengatur Pemerintahannya

Seperti yang dilakukan Raja Arab Saudi 2018 silam yang membantu Indonesia membayar hutang. Salah satu dampak positif globalisasi di bidang politik adalah kegiatan gotong royong dalam urusan pemerintahan yang sedang kacau demi solusi terbaik.

5. Bantuan Pinjaman Dana

Setiap negara pastinya membutuhkan pinjaman dana kepada PBB untuk melakukan pembangunan dalam negeri. Seperti Indonesia saat awal kemerdekaan, dimana masa itu kas negara tidak ada sama sekali.

5 Dampak Negatif Globalisasi Di Bidang Politik

Secara singkat dampak negatif dari globalisasi pada bidang politik adalah masuknya ideologi asing, masyarakat menjadi apatis, keamanan negara terancam, dan lainnya berikut penjelasan lengkapnya.

1. Masuknya Ideologi Asing

Perkembangan globalisasi juga membawa dampak negatif, misalnya suatu negara yang demokratis secara drastis berubah menjadi negara dengan pemerintahan tirani.

2. Tercipta Masyarakat Yang Apatis

Dampak negatif globalisasi di bidang politik yang lainnya adalah terciptanya masyarakat apatis yang acuh kepada jalannya pemerintahan. Selain itu juga bersifat acuh terhadap orang lain di sekitarnya, ini sudah terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

3. Timbul Fanatisme Berlebihan

Sering kali di negara non blok ada masyarakat yang suka dengan blok barat ataupun timur. Perbedaan pandangan inilah menyebabkan sifat fanatisme yang bisa membawa dampak buruk.

4. Keamanan Negara Terancam

Keamanan negara bisa terancam karena dampak negatif dari globalisasi. Kesalahan peran pemerintah dalam menjalankan kegiatan politik luar negeri dapat memicu kerusuhan.

5. Banyak Partai Politik Bermunculan

Seperti yang terjadi di tahun 2019 saat ini, banyak partai politik mendukung mati-matian calon parlemen maupun presiden di Indonesia. Partai politik yang banyak bermunculan merupakan salah satu dampak negatif globalisasi.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Sosial Dan Budaya

5 Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Sosial Dan Budaya

1. Kebebasan HAM Meningkat

Globalisasi berhasil meningkatkan kebebasan HAM di berbagai negara, terutama di Indonesia. Setiap orang berhak memeluk agama, berserikat, dan berkumpul.

2. Nasionalisme Semakin Meningkat

Banyaknya jenis suku dan budaya yang menduia menuntut masyarakat lokal untuk mencintai bahkan mengeksplorasi budaya lokal mereka.

3. Interaksi Sosial Semakin Luas

Perkembangan globalisasi membawa dampak positif berupa perluasan interaksi sosial. Kita bisa berteman dengan masyarakat di negara lain.

4. Corak Akulturasi Budaya Semakin Unik

Globalisasi membawa beragam corak budaya baru dari hasil akulturasi budaya. Tentu ini membawa dampak positif di bidang sosial dan budaya.

5. Meningkatkan Rasa Toleransi

Semakin banyak budaya yang masuk semakin besar tuntutan masyarakat untuk menghargai budaya yang lainnya.

5 Dampak Negatif Globalisasi Di Bidang Sosial Dan Budaya

1. Ketergantungan Pada Budaya Luar

Salah satu dampak negatif globalisasi di bidang sosial dan budaya adalah ketergantungan terhadap budaya luar. Jika masyarakat tidak bisa menjalani proses akulturasi hal ini akan terjadi. Banyak contoh yang terjadi, seperti gaya hidup anak muda jaman sekarang yang mengikuti budaya luar.

2. Lahir Jiwa Individualisme Atau Fanatisme

Tingginya kecintaan akan budaya lokal agar bisa terekplorasi oleh dunia bisa menyebabkan individu/kolektif menjadi fanatik dan tidak menghargai budaya lokal lainnya.

3. Kerusakan Moral

Budaya luar yang menyimpang dengan norma yang ada di masyarakat dapat merusak moral individu atau kolektif. Tentu hal tersebut merupakan dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya.

4. Lahirnya Jiwa Apatis

Dampak globalisasi di bidang sosial dan budaya salah satunya adalah melahirkan jiwa apatis. Jika dahulu gotong royong sangat dijunjung, namun sekarang masyarakat lebih memilih cara-cara yang praktis.

5. Jiwa Gotong Royong Luntur

Dampak negatif lainnya yaitu melunturkan jiwa gotong royong. Sebagai contoh, dahulu pekerjaan sawah dikerjakan secara gotong royong secara bergantian namun sekarang menggunakan sistem upah.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Pertahanan Dan Keamanan

5 Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Pertahanan Dan Keamanan

1. Supremasi Hukum Semakin Membaik

Globalisasi memaksa perjanjian internasional di bidang pertahanan dan keamanan untuk saling membantu. Tentunya hal ini akan meningkatkan supremasi hukum setiap negara yang terikat dengan perjanjian.

2. Menguatnya Regulasi Hukum demi Masyarakat

Globalisasi melahirkan HAM untuk masyarakat. Tentunya hukum akan ditujukan untuk kepentingan masyarakat.

3. Peningkatan Kualitas Lembaga Keamanan

Kerjasama seperti latihan militer, jual beli atau bertukar senjata merupakan salah satu aktivitas globalisasi yang membawa dampak positif di bidang pertahanan dan keamanan. Tentunya kualitas lembaga keamanan dan pertahanan suatu negara akan meningkat.

4. Transparansi Hukum

Akibat globalisasi penegakan hukum akan menjadi lebih profesional dan lebih transparan demi kesejahteraan rakyat.

5. Tercipta Lembaga Perdamaian Internasional

Kerjasama di bidang keamanan dan pertahanan semakin meluas sehingga banyak negara yang turut unjuk gigi untuk menjaga ketertiban dan keamanan internasional.

5 Dampak Negatif Globalisasi Di Bidang Pertahanan Dan Keamanan

1. Lahirnya Jiwa Anarkis

Dengan meningkatnya kualitas lembaga keamanan suatu negara membawa dampak buruk yaitu lahir jiwa anarkis dari kalangan sipil. Sipil yang ingin menuntut suatu perkara terkadang ingin menjadi lebih kuat dari lembaga keamanan.

2. Penyalahgunaan Senjata

Berkembangnya globalisasi di bidang pertahanan dan keamanan menuntut pembuatan teknologi persenjataan yang begitu besar sehingga memungkinkan terjadinya penyalahgunaan senjata oleh oknum tertentu.

3. Terjadi Penurunan Peran Masyarakat Dalam Menjaga Ketertiban

Peningkatan kualitas lembaga keamanan suatu negara dibarengi dengan menurunnya peran masyarakat dalam menjaga keamanan negara.

4. Terjadi Pertempuran Antar Negara

Kegagalan jalinan kerjasama di bidang pertahanan dan kemanan dapat membawa dampak buruk berupa peperangan antar negara.

5. Teciptanya Senjata Mengerikan

Keinginan untuk menjadi negara paling aman dan paling kuat memaksa suatu negara untuk membuat senjata yang tak masuk akal seperti senjata biologis, nuklir, dan senjata besar lainnya.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang IPTEK

5 Dampak Positif Globalisasi Di Bidang IPTEK

1. Menciptakan SDM Yang Berkualitas

Globalisasi berperan besar di bidang IPTEK, salah satunya adalah menciptakan SDM yang berkualitas melalui pendidikan.

2. Peningkatan Efisiensi Kehidupan Manusia

Dampak positif lainnya adalah meningkatnya efisiensi kehidupan manusia dengan teknologi-teknologi penunjang kehidupan manusia yang terus mengalami perubahan dan perbaikan.

3. Meningkatkan Stabilitas Negara

Globalisasi dalam IPTEK memaksa SDM melakukan peningkatan agar menjadi lebih baik sehingga banyak ahli lahir pada bidang tertentu. Tentunya hal ini akan meningkatkan stabilitas suatu negara.

4. Menstimulasi Pembangunan Suatu Negara

Lahirnya banyak ahli di bidang-bidang tertentu dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan rakyat.

5. Meningkatkan Jiwa Toleransi

Perkembangan ilmu pengetahuan membawa sikap saling menghargai pendapat, globalisasi di bidang IPTEK juga turut memberi dampak positif berupa peningkatan jiwa toleransi.

5 Dampak Positif Globalisasi Di Bidang IPTEK

1. Penyalahgunaan Ilmu Pengetahuan

Globalisasi dalam membagikan ilmu pengetahuan bisa dibilang sangat cepat, terkadang ilmu pengetahuan dimanfaatkan untuk kejahatan seperti mencuri, membobol, dan lain-lain.

2. Tercipta Teknologi Pembunuh Masal

Globalisasi di bidang IPTEK juga membawa dampak negatif, salah satunya terciptanya teknologi pembunuh masal seperti rudal, bom, dan lain-lain.

3. Penurunan Lapangan Kerja

Globalisasi di bidang IPTEK mampu menurunkan lapangan kerja berbasis kerja buruh, pekerjaan yang awalnya dikerjakan oleh manusia, saat ini bisa dilakukan oleh teknologi.

4. Muncul Sifat Malas Yang Berlebihan

Teknologi yang bersifat praktif membawa dampak negatif berupa peningkatan rasa malas.

5. Penggunaan SDA Yang Tidak Dapat Diperbaharui Secara Berlebihan

Teknologi yang berkembang saat ini kebanyakan menggunakan bahan-bahan bersifat metal dimana bahan tersebut merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

Setelah Anda membaca 20 dampak positif dan negatif globalisasi di segala bidang semoga Anda menjadi lebih paham, terima kasih telah membaca semoga artikel ini bisa bermanfaat menjadi referensi Anda.