Contoh tumbuhan berbiji terbuka

33 Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) Dan Penjelasan

Diposting pada

Contoh tumbuhan berbiji terbukaGymnospermae merupakan sebuah bahasa dari Yunani yaitu gymnos yang memiliki arti telanjang atau sperma yang bisa disebut biji. Maka dari itu disebut tumbuhan biji terbuka, tumbuhan jenis ini memiliki biji yang tidak dilindungi oleh ovarium atau bakal buah.

Gymnospermae memiliki batasan semua tumbuhan yang memiliki biji tanpa buah. Misalnya, gymnospermae antara lain ginkgo, cycad, conifer dan keluarga gneofit atau ephedradan gnetum. Gymnospermae memiliki ciri-ciri tumbuhan yang biasanya seperti pohon yang berkayu tapi ada juga beberapa jenis yang mirip liana.

Baca juga: Jenis-jenis batuan

Ada beberapa gymnospermae yang tidak memiliki pembuluh pada xilemnya terkecuali pada gnetophyt. Jadi, gymnospermae itu mirip dengan tumbuhan vaskuler yang tidak memiliki biji dan angioperma primitif.

Gymnospermae itu hidup relatif kecil dengan kisaran kurang lebih 720 jenis dalam 65 marga, tumbuhan ini juga beranekaragam pada struktur reproduksi dan tipe daun. Strobili mikrosporangia memiliki susunan yang longgar dengan kumpulan ribuan mikrosporangia yang menjadi untaian-untaian seperti bunga. Gymnospermae hampir sama dengan Angiospermae, kesamaan itu terlihat pada sperma yang tidak membutuhkan air untuk berenang mencapai sel telur.

Tumbuhan Cycad dan pohon Ginkgo ini memiliki sperma berflagel, akan tetapi tumbuhan Cycad dan pohon Ginkgo itu perlu diserbuki melalui angin, hewan atau air.

Contohnya itu pada pohon pinus yang dapat menghasilkan 1-2 juta serbuk dari, lalu hutan Conifer di Swedia yang setiap musim seminya menghasilkan 75000 ton serbuk sari. Perbedaan yang paling menonjol antara Gymnospermae dengan tumbuhan lainnya itu terdapat pada serbuk, biji dan organ yang mengandungnya.

Sebelum kita mengetahui contoh tumbuhan berbiji terbuka, kita harus mengetahui dulu ciri-ciri dari tumbuhan berbiji terbuka.

Ciri-ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka

Terdapat ciri-ciri yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan tumbuhan berbunga.

Ciri-ciri kelompok dari tumbuhan berbiji terbuka adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memiliki Ovarium

Kelompok tumbuhan berbiji terbuka tidak memiliki ovarium sama dengan kelompok tumbuhan berbiji tertutup.

2. Tidak Memiliki Bunga Tetapi Strobilus atau Konus

Organ reproduksi gymnospermae adalah daun yang terpsesialisasi menjadi penghasil gamet atau sporofil yang membentuk strobilus atau konus.

3. Pembuahan Tunggal

Megasporangium atau sel induk megaspora membelah secara meiosis yang akan membentuk megaspora haploid dan akan berkembang menjadi sel gamet betina.

4. Mempunyai Kambium

Tumbuhan berbiji terbuka memiliki kambium yang berguna sebagai meristem sekunder.

5. Akar Tunggang

Tumbuhan berbiji terbuka akarnya itu tunggang. Selain itu akar gymnospermae memiliki kambium, jadi akan terbentuk akar-akar lateral yang memiliki diameter besar yang membuat tumbuhan gymnosperma menjadi tegak.

33 Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)

Setelah Anda mengetahui tentang ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka, berikut ini adalah 33 contoh tumbuhan berbiji terbuka lengkap dengan penjelasannya.

1. Ginkgophyta

Contoh tumbuhan berbiji terbuka yang pertama adalah ginkgophyta. Satu-satunya spesies yang masih hidup di divisi Ginkgophyta dan spesies lainnya sudah mati adalah ginkgo biloba. Ginkgo biloba juga dikenal dengan nama ginkgo atau gingko, selain itu juga dikenal sebagai pohon rambut gadis.

2. Casuarinaceae

Contoh gymnospermae selanjutnya adalah casuarinaceae. Suku cemaraan atau Casuarinaceae meliputi kurang lebih 70 jenis tumbuhan. Beberapa tumbuhan ini ada di belahan bumi selatan terutama di wilayah tropis termasuk Indo-Malaysia dan Kepulauan Pasifik.

3. Sequoiadendron Giganteum

Satu-satunya spesies yang hidup dalam genus sequoiadendron adalah sequoiadendron giganteum, dan satu dari tiga yang masuk dalam spesies tumbuhan berbiji terbuka atau konifer yang dikenal sebagai kayu merah.

4. Cyasrevoluta

Cyasrevoluta masuk dalam spesies gymnosperma dalam keluarga cycadacea dan asalnya dari Jepang Sealatn termasuk Kepulauan Ryukyu.

5. Melinjo

Contoh gymnospermae, Melinjo
Sumber: http://lagizi.com/

Contoh tumbuhan berbiji terbuka kelima adalah melinjo. Dalam bahasa sunda melinjo artinya tangkil, tumbuhan ini termasuk spesia tanaman berbiji terbuka atau konifer yang berasal dari Asia Tropik, Melanesia dan Pasifik Barat.

6. Araucaria

Araucaria merupakan genus pohon yang berbiji terbuka atau konifer yang selalu berdaun dan masuk dalam keluarga araucariaceae. Dalam genus ini ada 19 spesias dan penyebaran terpisah-pisah di New Caledonia (ada 13 spesies endemik), Pulau Norfolk, Australia Timur, Irian, Argentina, Chili dan Brazil Selatan.

7. Sequoia Sempervirensa

Satu-satunya spesies yang hidup dari genus sequoia yang masuk dalam keluarga cemara cupressaceae adalah sequoia sempervirensa

8. Tusam

Kelompok tumbuhan yang tergabung dalam marga pinus disebut tusam atau pinus

9. Bonsai

Bonsai merupakan tanaman yang dikecilkan dalam pot dangkal yang bertujuan untuk membuat miniatur dari bentuk asli yang sudah tua di alam bebas.

10. Juniperus communis dan juniper umum

Merupakan spesies tumbuhan berbiji terbuka atau konifer dalam genus juniperus dan masuk dalam keluarga cupressaceae.

11. Cemara Laut

Contoh tumbuhan berbiji terbuka kesebelas adalah cemara laut. Salah satu jenis cemara dari golongan casuarina adalah cemara laut, tumbuhan ini juga disebut dengan australian pine dan beach she-oak.

12. Cemara Biru Colorado

Pohon cemara biru colorado memiliki nama latin piceapungens merupakan spesies pohon cemara. Pohon ini asli dari Kanada dan Amerika Seritak yang ditemukan di zona tumbuh 1-7

13. Cedrus Deodara

Cedrus deodara merupakan spesian cedar yang berasal dari Himalaya barat di Afghanistan Timur, Pakistan Utara dan India, Tibet Barat Daya dan Nepal Barat yang berada pada ketinggian 1.500-3.200 M.

14. Douglas Fir

Pseudotsuga menziesii merupaka spesies tumbuhan berbiji terbuka atau konifer yang hijau dan masuk dalam keluarga pinus pinaceae.

15. Pinus

Pohon pinus memiliki biji yang biasanya disebut kacang pinus dan itu dapat dimakan. Kacang pinus ini masuk kategori kacang pohon dalam hal kuliner tidak dalam hal botani.

16. Thuja Occifdentalisa

Thuja occifdentalisa merupakan kelompok tumbuhan berbiji terbuka hijau yang masuk dalam keluarga cemara cupressaceae dan kebanyakan tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias.

17. Balsam Cemara

Balsam cemara adalah cemara Amerika Utara

18. Pinus Strobusa

Pinus strobusa berasal dari Amerika Timur bagian timur.

19. Pinus Mugo

Pinus Mugo merupakan spesies tumbuhan berbiji terbuka yang berasal dari dataran tinggi barat daya Eropa Tengah.

20. Cedrus Libania

Contoh tumbuhan berbiji terbuka ke-20 adalah cedrus libania. Cedrus Libania merupakan spesies tumbuhan berbiji terbuka dari genus cedrus yang berasal dari wilayah Mediterania.

21. Cemara Udang

Cemara udang merupakan tumbuhan yang mempunyai daun yang ujungnya lapis seperti jarum dan batangnya besar serta keras.

22. Aras

Aras dalam bahasa Inggris disebut cedar, Aras termasuk dalam tumbuhan berbiji terbuka dari genus cedrus dan termasuk keluarga Pinaceae.

23. Picea Omorika

Picea omorika yang pada umumnya disebut pohon cemara serbia merupakan spesies kelompok tumbuhan berbiji terbuka endemik di lembah sungai drina Serbia Barat, Bosnia Timur dan Herzegovina.

24. Chamae cyparislawsoniana

Chamae cyparislawsoniana merupakan spesies dari kelompok tumbuhan berbiji terbuka dalam genus Chamaecyparis dan termasuk keluarga Cupressaceae.

25. Juniperusvirgiana

merupakan spesies dari Juniper yang asalnya dari Amerika Utara bagian timur dari Kanada bagian tenggara hingga Teluk Meksiko Great Dataran bagian timur.

26. Podocarpusma crophyllusa

Podocarpusma crophyllusa adalah kelompok tumbuhan berbiji terbuka dalam genus Podocarpus dan termasuk dalam keluarga Podocarpaceae.

27. Taxus Cuspidate

Salah satu anggota dari genus taxus adalah taxus cuspidate yang berasal dari Jepang, Korea, Cina Timur Laut dan Tenggara Rusia.

28. Zamia Furfuracea

Nama latin dari tumbuhan Zamia adalah Zamia Furfuracea, dikebanyakan orang tanaman zamia ini biasanya menjadi tanaman hias.

29. Penawar Jambe

Nama latin dari Penawar Jambe adalah Cycas Revoluta. Tumbuhan ini berbentuk menyerupai pakis.

30. Agathis Dammara

Contoh tumbuhan berbiji terbuka ke 30 adalah agathis dammara. Agathis Dammara adalah nama latin dari pohon damara, pohon ini dapat menghasilkan getah sama dengan pohon pinus.

31. Juniperussp

Tumbuan Juniper memiliki kata lain yaitu Juniperussp. Dalam masyarakat tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama jinten.

32. Fir

Fir merupakan tumbuhan berbiji terbuka dari genus Abies dan terdiri dari 48-55 spesies. Pohon Fir kebanyakan tumbuh di pegunungan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Eropa, Asia dan Afrika Utara.

Baca juga: Kloroplas

33. Pohon Damar

Contoh tumbuhan berbiji terbuka terakhir adalah pohon damar. Pohon damar merupakan salah satu anggota tumbuhan jenis runjung yang asli dari Indonesia. Pohon damar biasa tumbuh di Maluku, Sulawesi. Pohon damar juga tumbuh di Filipina. Pohon damar biasa dimanfaatkan untuk diambil getahnya yang akan dijadikan kopal.

Sebenarnya selain 33 contoh gymnospermae di atas, masih banyak contoh yang lain, namun karena keterbatasan penulisan tidak saya jelaskan semua disini.

Nah, itulah pembahasan kita mengenai contoh tumbuhan berbiji terbuka atau contoh gymnospermae beserta penjelasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat membantu Anda, jangan lupa share di grup kelas Anda, terima kasih telah membaca dan berkunjung di Sudut Sekolah.