Contoh teks ulasan singkat beserta strukturnya

5 Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Strukturnya Lengkap

Diposting pada

Contoh teks ulasan – Tahukah kamu tentang apa itu teks ulasan? Yaitu sebuah teks yang berisikan ulasan terhadap karya tulis seseorang. Dalam membuat teks ulasan ini, seseorang wajib bersikap kritis supaya berkontribusi dalam kemajuan karya tersebut di lain waktu. Tujuan dari teks ulasan ini yaitu untuk menunjukkan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap sesuatu hal.

Nah, setelah mengenal pengertian tentang teks ulasan ini saya akan memberikan contoh teks ulasan dengan berbagai versi. Karena tanpa adanya contoh teks ulasan, tentu hal ini tidak lengkap. Apalagi dalam pengertian diatas masih abstrak.

Baca juga: Contoh kata pengantar proposal

Dalam contoh teks ulasan ini saya akan memberikan 2 versi diantaranya contoh teks ulasan singkat dan contoh teks ulasan beserta strukturnya. Mengapa demikian? Karena dalam hal ini agar pembaca setia dari Sudutsekolah menjadi lebih memahaminya. Banyak pula yang masih kebingungan tentang teks ulasan ini.

Teks ulasan adalah salah satu teks yang memberikan sebuah ulasan-ulasan mengenai beberapa pokok tertentu. Dalam teks ulasan ini mempunyai dua jenis yang pertama yaitu teks ulasan singkat, merupakan salah satu teks yang berisi tentang ulasan tanpa adanya strukturnya. Sementara berbeda dengan teks ulasan beserta strukturnya, merupakan salah satu teks yang berisikan ulasan pula namun sudah dijelaskan ada dengan strukturnya.

Untuk lebih lanjutnya, kamu akan lebih memahami setelah mengetahui contoh-contoh dibawah ini.

Contoh Teks Ulasan Singkat 1

Pada teks ulasan kali ini teks yang berisikan singkat maksudnya memberikan detail mengenai sebuah informasi karya tulis. Bisa dibilang bahwa tulisan karya teks ini tidak saya berikan mengenai struktur-strukturnya. Untuk lebih jelasnya, berikut contohnya.

“Aku, Ibu, dan Takdir” merupakan sebuah cerpen yang ditulis oleh Bahtari Anugerah. Tepatnya sejak tahun 2015, cerpen dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan. Secara garis besar, cerpen ini menggambarkan betapa kerasnya kehidupan seorang gadis bernama Bella. Di dalam cerpen ini, dikisahkan Bella terpisah sangat lama dengan Ibu kandungnya. Diceritakan pula segala penderitaan yang ia alami selama ini.

Bella merupakan seorang gadis belia yang kini sudah duduk di bangku SMA. Bella mempunyai paras yang cantik, senyumnya menawan dan termasuk anak yang pandai. Bella hidup bersama seorang nenek. Diceritakan dalam cerpen ini, Bella sejak bayi sudah dititipkan kepada nenek tua ini. Ibunya pamit untuk bekerja dan ayahnya entah pergi kemana. Berjalan dua tahun, Bella tak kunjung dijemput ibunnya hingga malam tiba, entah apa yang terjadi.

Sang nenek merawat Bella sebatang kara tetapi denganpenuh kasih sayang. Usia Bella menginjak umur empat tahun saat ditinggalkan sang Ibu, hingga saat ini usia Bella tepat lima belas tahun. Sangat disayangkan, ketika Bella mulai mengerti arti kehidupan, sang nenek sudah mulai menua. Sehingga sang nenek lupa dengan siapa sosok Ibu Bella. Hingga pada suatu hari Bella berniat untuk mencaritahu keberadaan sang Ibu. Pencarian ini dimulai melalui tetangga sekitar rumah Nenek tersebut.

Dengan segala usahanya mencari sang ibu, akhirnya Bella menemukan titik terang dimana keberadaan ibunya. Tetapi, seketika perasaan Bella sangat perih karena yang ditemui oleh Bella bukanlah sosok Ibunya tetapi, jasad sang Ibu yang telah terbaring lemah. Bella menangis dan tidak menyangka jika takdirnya akan seburuk ini.

Cerpen ini berakhir dengan sangat menyedihkan. Bahasa yang digunakan sangat mudah di pahami dan alurnya juga jelas. Tetapi, dalam cerpen ini terdapat kekurangan yaitu kisah masa lalu sang Ibu yang tidak dijelaskan. Kejadian alasan kenapa sang Ibu meninggalkan Bella. Sehingga, membuat pembaca merasa kesulitan dalam memahami apa yang sebenarnya terjadi pada ibunya Bella.

Dengan kekurangan yang ada, adanya kelebihan yang dimiliki cerpen ini sangat bisa menutupi kekurangan itu. Cerpen ini sangat memotivasi kita agar pembaca selalu bisa bersyukur dengan apa yang telah dimiliki saat ini. Terutama bagi pembaca yang masih bisa melihat dan hidup bersama ibunya dalam keseharian. Selain itu, cerpen ini juga memberikan pelajaran agar kita selalu sabar dan tidak marah kepada takdir yang telah digariskan oleh Tuhan.

Contoh Teks Ulasan Singkat 2

  • Judul : Sepatu Dahlan
  • Penulis : Khrisna Pabichara
  • Penerbit : Noura Books
  • Tahun terbit : 1 Mei 2012
  • Tebal halaman : 369 halaman

“Sepatu Dahlan” merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Khrisna Pabichara. Kisah yang tertera dalam buku ini pernah dibuat menjadi sebuah film. Yang tepat bahwa buku ini telah memberikan certia tentang bagaimana perjuangan dari seorang Dahlan Iskan ini. Seorang yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan Iskan mempunyai prinsip “Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya.” Tetapi, meskipun keadaan hidupnya yang sangat sulit, sama sekali tidak menyurutkan niatnya untuk tetap bersekolah.

Buku “Sepatu Dahlan” ini bercerita mengenai betapa besar perjuangan dari seorang Dahlan Iskan untuk menuju ke sekolah. Dahlan Iskan adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Puluhan kilometer harus ia tempuh tanpa menggunakan alas kaki demi sekolah. Dengan perjalanan yang jauh dan tanpa alas kaki ini, kaki Dahlan Iskan lecet dan melepuh. Setelah lulus dari Sekolah Rakyat (SR), Dahlan Iskan gagal untuk melanjutkan ke sekolah yang ia impikan.

Waktu sekolah di SMP, Dahlan Iskan menjadi ketua tim voli. Sehingga keinginannya untuk mempunyai sepasang sepatu semakin besar. Tetapi, musibah datang ketika sang Ibu jatuh sakit kemudian meninggal. Meskipun begitu, Dahlan tetap kuat dan selalu semangat menjalani hidupnya. Hingga pada akhirnya ia dipilih menjadi pelatih tim voli tersebut. Dengan upah yang diterimanya cukup besar, Dahlan Iskan mampu membeli sepatu baru.

Kelebihan yang tertuang dari novel ini yaitu menceritakan tentang besarnya semangat seseorang dalam menjalankan pahitnya kehidupan. Walau Dahlan iskan hidup dalam keadaan yang sulit, tetapi pada dirinya terdapat niat dan motivasi yang sangat besar untuk menempuh pendidikan tinggi. Sedangkan kekurangan dari novel ini adalah alurnya yang tidak menentu. Tetapi, novel ini sangat menginspirasi seseorang agar bisa lebih bersyukur atas apa yang telah dimiliki.

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya “Perahu Kertas”

Teks ulasan tidak jauh berbeda dengan teks-teks lainnya yang sama-sama mempunyai struktur. Apabila salah satu struktur dalam teks ulasan ini tidak ada, maka tidak dapat dikatakan sebagai teks ulasan. Untuk membedakannya, saya akan memberikan beberapa contoh teks ulasan beserta strukturnya dibawah ini.

Perahu Kertas merupakan film yang diangkat novel karya dari Dewi Lestari dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang kejujuran hati dan adanya perasaan yang terhalang oleh hal lain.
Film ini diperankan oleh artis yang bisa dibilang masih remaja pada saat ditayangkan, seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Sehingga film ini fokus pada kisah cinta remaja.

a. Tafsir

Film Perahu Kertas menceritakan turun naiknya hubungan antara dua orang remaja bernama Kugy dan Keenan. Perkenalan antara mereka berdua terjadi ketika Kugy dan sahabat mereka menjemput Keenan pulang dari Belanda.

Sayangnya kisah cinta mereka tidak berjalan dengan mulus. Karena saat sewaktu pertama kali berkenalan, Kugy sedang memiliki hubungan dengan Ojos.

Sementara Keenan sendiri juga dekat dengan seorang gadis bernama Wanda. Walaupun Keenan dan Kugy memiliki rasa saling suka, mereka tidak pernah menyatakan perasaan tersebut satu sama lain. Kisah cinta mereka berawal saat mereka kuliah di Bandung.

Kugy merupakan sosok gadis yang tomboy, ceria dan mempunyai keyakinan bahwa dia adalah seorang agen Dewa Neptunus. Ia memiliki kebiasaan untuk menulis curhatannya di atas kertas yang nantinya dibentuk menjadi perahu dan dihanyutkan di atas air.

Meski kelihatannya Kugy orangnya begitu, sebenarnya Ia merupakan sosok yang memiliki pemikiran dewasa. Sedangkan Keenan adalah seorang pelukis muda berbakat yang dipaksa orang tuanya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi.

Keenan bersama Kugy, serta Noni dan Eko yang merupakan sahabatnya menjadi geng yang kompak. Kebersamaan Kugy dan Keenan akhirnya menimbulkan cinta diam-diam. Tetapi rintangan demi rintangan selalu ada dalam kisah mereka.

Keenan yang sudah mulai kehilangan semangat akhirnya pergi ke rumah pak Wayan. Pak Wayan sendiri merupakan guru melukis Keenan yang kemudian mempertemukan Kugy dengan langganannya yang bernama Remi. Kugy yang sudah lulus kuliah diberikan tempat sebagai anak magang di biro iklan milik teman kakaknya.

Kugy dan Keenan dipertemukan lagi secara tidak sengaja di pesta pernikahan Noni dan Eko. Hubungan mereka berdua akhirnya kembali dekat. Sayangnya, ada sebuah penghalang antara mereka, yaitu Remy dan Luhde.

b. Evaluasi

Terdapat beberapa kelebihan yang ada pada film ini, misalnya karakter yang digambarkan dengan sangat kuat dan apik. Pesan moral yang terkandung dengan baik di dalam cerita menjadi bumbu dari film ini. Penjiwaan maksimal yang perankan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung.

Sementara itu, fim ini juga memiliki kekurangan. Misalnya eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh yang akhirnya memecah perhatian para penonton. Akhir cerita dari film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana film ini berlanjut.

c. Rangkuman

Film Perahu Kertas sangat cocok untuk ditonton para remaja. Karakter yang pas, konflik yang tepat, seakan menjadi alasan mengapa para remaja harus menonton kisah dua sejoli ini.

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya “Surat Untukmu Sahabat”

Identitas Novel:

  • Judul novel: Surat untukmu Sahabat
  • Penulis: Bunga Riska Nizam
  • Penerbit: Aletta Pictures
  • Jenis buku: Fiksi
  • Tahun terbit: 2013 (cetakan ke-5)
  • Tempat terbit: Jakarta
  • Ukuran novel: 13 cm x 19 cm
  • Tebal halaman: 120 halaman
  • Harga buku: Rp. 40.000,00

Orientasi:

Novel ini merupakan karya Bunga R. Nizam yang bercerita mengenai surat terakhir untuk sahabat. Dia bernama Keke. Ketika itu, terakhir kalinya Andini, Fachda, Dinda, Ida, dan Maya merayakan ulang tahun Keke. Saat dia dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Berselang waktu, semuanya menjadi terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di SMP Al-Kamal, alhasil tahun ini mereka ber-enam tidak lagi duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami kehilangan arah dalam persahabatan yang telah kami bangun sejak SMP dulu.

Tafsiran:

Ketika itu, Keke tidak lagi mampu menahan kesedihannya ketika ia menyaksikan rambutnya memenuhi genggaman tangan. Hal ini menunjukkan bahwa kami juga merasakannya. Ketika itu, kami kehilangan seorang sahabat akhir tahun lalu di tanggal 25 Desember 2006, berat untuk membayangkan.

Hari ini kami ber-lima akan berkumpul dan bertemu di pemakaman Keke pukul 16.00 sore. Syifa kebagian membawa kue ultah, Ida menyiapkan lilin, sementara yang lain menyiapkan kebutuhan berziarah seperti payung, bunga, dan air.

Selain kami ber-lima, ziarah juga dilakukan oleh Kak Kiki, Kak Cika, dan Pak Jody. Hari ini, Ida yang paling awal sampai ditempat sempat melihat ibu kandung Keke berziarah dan menangis di pusaranya.

Ida menyaksikan pemandangan yang mengharukan karena saat menceritakan hal tersebut saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam telah berlalu dan kami masih berada di pusara Keke.
Bercerita mengenai suatu hari, ketika Keke masih dirawat di rumah sakit. Menurut Kak Cika, setelah kami pergi pamit untuk sholat maghrib, keke sempat membuka mata dan menyampaikan pesannya meski tidak bisa diucapkan dalam bahasa lisan yang jelas.

Keke memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat memberikan secarik kertas dan pena yang akhirnya menjadi pesan terakhir yang Keke sampaikan.

Tidak lama setelah itu, Keke berpulang ke hadapan Illahi. Keke pergi karena sedang berdoa bersama meminta yang terbaik untuk Keke ini, kami tidak ada disisinya. Akhirnya kami ber-enam berkumpul bersama. Hari natal dipilih karena waktu inilah diliburkan dari segala aktivitas. Apalagi Dinda yang sudah siap bergabung untuk membaca surat dari Keke yang baru dibaca sepeninggal nya.

Dengan seluruh yang bercampur di dalam dada, kami terdiam dan berusaha membuka telinga lebar-lebar. Kami semua akhirnya “merenovasi” semua harapan dan mencoba menyisipkan permohonan di dalam segala hal yang kami capai setelah membaca surat keke ini.

Baca juga: Kata pengantar laporan

Kekurangan:

Terdapat beberapa penulisan yang salah, serta penulisan yang kurang menarik dan susah untuk dimengerti. Sedangkan, kelemahan yang dimiliki novel ini diantaranya kata-kata pengemis yang kadang kala membuat para pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata kiasan “pengemis”.

Kelebihan:

Novel ini bisa membuat pembaca “terhanyut” dalam cerita yang diceritakan. Apalagi tema yang diangkat yaitu tentang persahabatan sangatlah bagus untuk bahan pembelajaran kehidupan. Kosakata yang digunakan juga bisa membuat pembaca larut dalam cerita dan akhirnya pembaca lebih mudah memahami isi novel tersebut.

Rangkuman:

Namun dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, kisah yang diangkat mengajarkan tentang arti persahabatan yang sebenarnya. Jadi, novel ini tentu memotivasi, sehingga cocok sekali untuk kalangan remaja ini. Karena terdapat berbagai macam makna yang bisa mendatangkan motivasi untuk diri sendiri agar mudah bersahabat dan setia.

Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Film Surat untuk Tuhan adalah salah satu film yang diadaptasi dari novel. Novel tersebut mempunyai judul yang sama dengan judul film ini. Selain itu, kisah film ini pun berdasarkan kisah nyata. Bercerita mengenai seseorang gadis yang bernama Nike yang lahir dari keluarga yang sangat berada.

Selain itu, Nike juga dikeliingi enam sahabat karib yang selalu ada dalam kehidupannya. Kehidupan seorang Nike ini semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga sangat menyayangi Nike, yaitu Rendy.

a. Tafsiran
Pada tahun 2003, kanker mulai menginggapi Nike dan kemudian wajah cantik Nike berubah menjadi mengerikan. Ayah Nike selalu berusaha mencari cara supaya Nike dapat sembuh. Sahabat-sahabatnya pun selalu menyemangati Nike supaya semangat dalam menjalani hidup.

Ketekunan Nike membuahkan hasil yang cukup baik karena kanker yang di derita Nike dinyatakan sembuh oleh dokter. Setelah itu Nike mulai menjalani kegiatan sehari-hari seperti biasa. Misalnya seperti sekolah dan berkumpul bersama sahabat-sahabatnya.

Lalu semuanya berbahagia karena keadaan Nike yang cukup baik, kabar buruk kembali harus dihadapi oleh Nike. Kanker kembali menghinggapi tubuh Nike dengan lebih parah dan mematikan.

Dokter-dokter yang menangani Nike memvonis bahwa Nike tidak akan bertahan selama 3 bulan. Setelah itu Nike berhasil bertahan selama satu tahun walau Nike meninggal pada tanggal 26 Desember 2016.

b. Evaluasi
Kelebihan dari film karya Harris Nizam ini merupakansalah satu yang bisa membuat penonton larut dalam cerita film tersebut. Kelebihan lainnya yaitu kisah yang diangkat berdasarkan dari kisah nyata yang tentu sangat menyentuh hati pemirsanya. Film ini pun mengajarkan penonton supaya ikhlas dan tabah menerima cobaan dari yang Maha Kuasa.

c. Kesimpulan
Tanpa mengesampingkan kekurangan yang ada, terdapat banyak pesan yang ada pada film tersebut. Contohnya ialah pantang menyerah, persahabatan, dan kasih sayang orang tua dalam menyembuhkan anaknya. Film ini pastinya sangat direkomendasikan bagi para remaja.

Nah, itulah diatas yang sudah saya jelaskan mengenai teks ulasan dengan lengkap dan singkat beserta strukturnya. Semoga dengan ini kamu dapat memahami lebih jauh tentang teks ulasan tersebut. Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas mengenai materi Bahasa Indonesia selanjutnya!