Contoh teks prosedur

10 Contoh Teks Prosedur Kompleks, Sederhana, Singkat Yang Benar

Diposting pada

Contoh teks prosedur – Banyak sekali jenis teks prosedur yang ada pada saat kita sekolah. Mata pelajaran yang biasanya bersinggungan dengan teks yaitu Bahasa Indonesia. Salah satunya yaitu teks prosedur.

Macam teks prosedur ini adalah teks yang menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat sesuatu hal. Untuk mengenal lebih dalam dan mudah mengetahui teks prosedur ini mempunyai ciri yang khas dibandingkan teks lainnya. 4 ciri-ciri teks prosedur yaitu:

  • Pola kalimat yang digunakan imperatif atau kalimat perintah.
  • Kata kerja yang digunakan adalah jenis aktif.
  • Menerapkan konjungsi atau yang juga dikenal sebagai kata pengubung.
  • Memakai kata keterangan untuk menunjukan tempat, waktu, dan cara supaya lebih akurat.

Nah, buat kamu yang masih bingung tentang penjelasannya di atas. Pada pembahasan selanjutnya di bawah ini akan saya berikan beberapa contoh teks prosedur. Dimana setiap contoh teks prosedur ini mempunyai perbedaan sendiri-sendiri.

10 Contoh Teks Prosedur Lengkap dengan Penjelasannya

Tahukah kamu apa itu teks prosedur? Teks prosedur, merupakan tulisan yang disusun langkang per langkah menjelaskan mengenai tahapan dalam membuat, menyusun, atau mengoperasikan sesuatu. Tujuan dibuatnya teks prosedur ini adalah untuk mempermudah suatu pekerjaan. Teks prosedur ini biasanya mempunyai struktur pembuka, bagian isi dan bagian langkah pengerjaan atau procedural.

Baca juga: Contoh teks prosedur membuat makanan

Nah, setelah mengetahui pengertian tentang teks prosedur ini tentu kita sudah bisa membuat beberapa teks prosedur. Namun, teks prosedur itu terdiri dari contoh teks prosedur kompleks, teks prosedur sederhana, dan teks prosedur singkat. Berikut penjelasan dan contoh teks prosedur di bawah ini !

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh teks prosedur kompleks

1. Teks Prosedur Kompleks “Membuat Blog”

Blog atau website mulai dikenal apalagi dengan banyaknya pengguna internet saat ini yang semakin melonjak. Penggunaan blog sebagai media sangat dibutuhkan guna menunjang segala kebutuhan berita dan informasi terkait apapun. Dibawah ini cara membuat blog bagi pemulai berdomain blogspot :

  1. Pertama buka sampai pada halaman google
  2. Kemudian kunjungi https://www.blogger.com/
  3. Daftarkan email kamu atau gmail
  4. Selesai berhasil log in, maka kamu akan menuju halaman dashboard blog dan kamu dapat memulai membuat blog baru
  5. Isikan kolom judu, alamat blog yang ingin kamu buat, dan memilih latar belakang blog kamu untuk tampilan yang bagus
  6. Setelah selesai tinggal klik tombol “Buat Blog”
  7. Tunggu beberapa saat, dan blog kamu sudah siap dipakai

2. Contoh Teks Prosedur Kompleks “Membuat Keripik Balado”

Keripik singkong balado adalah salah satu cemilan khas kota Padang. Rasanya yang pedas dapat membuat banyak orang menyukainya. Untuk kamu yang suka terhadap makanan pedas. Inilah cara membuat keripik singkong balado.

Bahan-Bahan :

  • 500 gram singkong yang sudah dikupas
  • 1/2 sendok teh garam

Bumbu :

  • 3 Sendok makan minya goreng
  • 5 buah cabai merah yang telah dihaluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air asam

Cara membuat keripik Balado :

  1. Singkong diiris tipis-tipis.
  2. Didihkan 3 gelas air dengan garam.
  3. Masukkan singkong sampai mengapung, kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan minyak goreng, lalu gorenglah singkong hingga garing dan sisihkan.
  5. Panaskan minyak goreng, setelah itu tumis cabai, garam, gula, dan air asam sambil diaduk-aduk.
  6. Masukkan singkong yang sudah disisihkan tadi, kemudian aduk rata.
  7. Angkat dan taruh di dalam wadah yang kedap udara.
  8. Dan balado siap dinikmati.

3. Teks Prosedur Kompleks “Membuat Paspor”

Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan antar negara, paspor tidak lagi asing karena dokumen ini merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh siapapun dalam perjalanan lintas negara. Secara bahasa, paspor merupakan dokumen resmi yang membuat identitas pemegang yang merupakan warga suatu negara dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Apabila kamu belum mempunyai paspor, maka pihak imigrasi tidak akan diperbolehkan kamu untuk keluar dari negara maupun masuk ke negara lain.

Biaya pembuatan paspor tidaklah terlalu mahal, untuk paspor biasa 48 halaman biaya pembuatannya adalah Rp 300.000 sementara e-paspor atau paspor elektronik dikenakan biaya Rp 600.000. Biaya-biaya tersebut diluar biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya.

Selain paspor 48 halaman, terdapat juga paspor dengan 24 halaman yang biaya pembuatannya sebesar Rp 100.000. Masa berlaku paspor biasanya adalah lima tahun sejak tanggal paspor di terbitkan.

Cara pembuatan paspor :

  1. Persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan yaitu : E-KTP asli dan fotokopi, akta kelahiran/surat nikah/ijazah terakhir/surat baptis memilih salah satu dan fotokopi, kartu keluarga asli dan fotokopi, dan materai. Seluruh fotokopi dokumen di fotokopi dalam kertas berukuran A4 tanpa dipotong cukup dibiarkan saja dalam ukuran asli A4
  2. Datanglah ke kantor imigrasi setempat di pagi hari karena jumlah pemohon dibatasi setiap harinya. Terlebih lagi kuota walk-in yang sedikit. Lebih baik dapatkan antrian paspor terlebih dahulu menggunakan aplikasi antrian paspor maupun melalui whatsapp imigrasi.
  3. Setelah sampai dan mendapatkan nomor antrian, isi formulir permohonan pembuatan paspor dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan data di dokumen resmi.
  4. Serahkan formulir tersebut ke loket petugas lalu tunggu nomor antrian kamu dipanggul untuk melakukan sesi wawancara, pengambilan sidik jari dan foto.
  5. Apabila sudah selesai sampai melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan tanda terima dan informasi kapan paspor selesai dibuat dan bisa diambil.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Contoh teks prosedur sederhana

1. Teks Prosedur Sederhana “Membuat Channel Youtube”

Pada jaman milenial ini, youtube menjadi salah satu media sosial yang disukai banyak lapisan masyarakat. Mulai dari konten anak muda, konten agama, sampai konten teknologi yang mempunyai penonton dari berbagai usia. Adanya channel-channel youtube yang bermanfaat sangat berguna bagi banyak masyarkat.

Selain itu, para pembuat konten youtube juga bisa mendapatkan keuntungan dari konten-konten yang di upload di media youtube. Youtube akan memberikan royalti dari iklan yang dipasang apabila konten yang di upload mempunyai banyak viewers.

Dibawah ini cara membuat channel youtube :

  1. Buka browser dan masuk ke lama https://www.youtube.com/.
  2. Klik tombol Log in pada halaman utama https://www.youtube.com/.
  3. Apabila sudah mempunyai akun google, lanjutkan log in dengan menggunakan email dan password yang sudah ada. Apabila belum mempunyai akun google, klik “Opsi lainnya” lalu buat akun.
  4. Isi data-data yang dibutuhkan dan ikuti keseluruhan langkah sampai akun google selesai dibuat.
  5. Apabila akun google telah siap, maka lakukan proses login youtube.
  6. Setelah berhasil login, klik aja akun di kanan atas lalu lanjutkan dengan klik “Channel Saya”
  7. Channel pribadi telah selesai dibuat, sesuaikan pengaturan lainnya berdasarkan kebutuhan.

2. Teks Prosedur Sederhana “Menggunakan Kompor Listrik”

Teks prosedur sederhana adalah salah satu teks yang di dalamnya hanya berisi mengenai prosedur ringan sebab di dalamnya hanya ada dua smapai tiga tahapan. Nah, kali ini ada cara menggunakan kompor listrik.

  1. Jika kamu memasak dengan menggunakan kompor listrik maka sekiranya, usahakan untuk membuat masakan yang sederhana seperti memasak dan membuat nasi goreng.
  2. Apabila akan membuat nasih goreng dengan menggunakan kompor listik, maka sebelum kompor listrik tersebut panas dengan merata maka sebaiknya wajan lebih baik di taruh terlebih dahulu di atas kompor yang tengah di panaskan. Sehingga pada saat nasi yang telah siap untuk di goreng tidak terlalu lama untuk menunggu wajan memanas. Tidak hanya itu saja, pada saat wajan penggorengan belum panas maka jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker. Akan lebih baik mengambil nasi apabila wajan sudah mulai panas, kemudian baru kamu perlu untuk memasukkan bumbu-bumbu membuat nasi goreng.
  3. Apabila kamu ingin membuat kue, lebih baik tidak menggunakan kompor listrik dan sangat dianjurkan untuk menggunakan kompor gas maupun kompor minya. Apabila kamu tetap menggunakan kompor listrik maka kue yang akan kamu buat anntinya mempunyai rasa hambar. Selain itu, masakan dengan menggunakan kompor listrik juga akan jauh lebih lama karena harus menunggu kompor memanas sehingga untuk memasak saja membutuhkan banyak waktu.

3. Contoh Teks Prosedur Sederhana “Menyalakan Motor Matic”

Masih banyak yang belum memahami bagaimana cara menyalakan motor matic. Padahal, cara menyalakannya cenderung mudah ketimbang menyalakan motor bebek. Apabila kamu laki-laki atau perempuan masih belum tahu atau belum dapat menyalakan motor matic.

Inilah cara menyalakan motor matic :

  1. Masukkan kunci motor pada lubang kunci yang sudah tersedia di motor matic kamu
  2. Pastikan bahwa posisi lubang kunci tengah dalam keadaan off
  3. Tekan tombol start untuk menyalakan motor
  4. Motor matic pun sudah bisa digunakan oleh kamu

4. Contoh teks prosedur sederhana “Menggosok Gigi”

Tips ini sangat buat kamu yang baru belajar sikat gigi. Cara menggosok gigi sangatlah mudah dilakukan, karena kamu hanya wajib mengikuti langkah-langkah dibawah ini yang saya sajikan !

  1. Sediakan sikat gigi dan pasta gigi
  2. Oleskan pasta gigi ke sikat gigi yang sudah disediakan
  3. Sebelum sikat digosokan ke mulu, kamu harus berkumur-kumur terlebih dahulu
  4. Setelah selesai, sikatkan sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi ke gigi kamu.
  5. Kumur-kumur kembali supaya pasta gigi sampai rasa pasta gigi tidak terasa lagi di mulut.
  6. Gigi kamu pun telah resmi disikat dengan sikat gigi.

Contoh Teks Prosedur Singkat

Contoh teks prosedur singkat

1. Teks Prosedur Singkat “Mengurus KTP Baru”

Kartu tanda penduduk atau KTP merupakan identitas paling utama yang dianggap sah di Negara Indonesia. Mempunyai KTP diwajibkan dan harus bagi siapapun warga negara yang telah menginjak usia 17 tahun keatas. Dengan demikian penting kiranya kamu yang tengah menyiapkan pembuatan KTP untuk mengetahui prosedur yang berlaku dna syarat yang dibutuhkan untuk mengurus KTP.

Cara mengurus KTP Baru :

  1. Siapkan segala identitas seperti kartu pelajar kalau ada, pas. foto biasanya ukuran 3×4 dan 3×3, akta kelahiran dan kartu keluarga.
  2. Datangi sekretaris Rukun Tetangga atau RT tempat kamu tinggal dna sampaikan permohonan kamu untuk mengurus KTP sambil menyerahkan semua data.
  3. Untuk selanjutnya, data kamu akan dicatat dan disertai dengan formulir permohonan yang harus kamu bawa.
  4. Setelah mendapatkan formulir dengan isian lengkap, serta tanda tangan dan stempel, kamu dapat menuju Rukun Warga atau RW setempat.
  5. Berikutnya mintalah tanda tangan beserta stempel, hal demikian juga berlaku selanjutnya di kantor keluarahan tempat tinggal kamu.
  6. Kemudian tahap selanjutnya adalah menunggu sesi foto dan rekam sidik jari di kantor kecamatan.
  7. Setelah kamu melakukan antrian dan melakukan sesi foto, tunggulah paling lambat seminggu KTP akan dijadwalkan untuk selesia.

2. Contoh Teks Prosedur Singkat “Menghidupkan Komputer”

Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang digunakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan. Tentunya, sebelum digunakan komputer harus dinyalakan terlebih dahulu. Nah, dibawah ini langkah-langkah menghidupkan komputer :

  1. Buka penutup cover monitor, CPU, keyboard, dan printer
  2. Pastikan saklar arus listrik terhubung dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer.
  3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
  4. Komputer akan booting, tunggu proses ini hingga selesai.
  5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

3. Contoh Teks Prosedur Singkat “Cara Mengurus Visa”

Visa merupakan sebuah dokumen resmi yang diperlukan untuk masuk ke negara tujuan dalam periode waktu tertentu. visa asli yang biasanya di stempel di paspor penerima sangat diperlukan apabila seseorang ingin berkunjung ke suatu negara tertentu.

Cara mengurus Visa :

  1. Datang ke kantor imigrasi. Dapat datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP atau ke kantor imigrasi terdekat.
  2. Membawa syarat-syarat pembuatan visa menurut Negara tujuan
  3. Kemudian beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang telah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang kamu miliki dan bawalah dokumen yang asli
  4. Serahkan formulir dan syarat-syarat permohonan visa yang sudah diisi ke loket pendaftaran
  5. Lalu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Jika nomor antrian masih lama maka kamu dapat mengambilan sidik jari dan jadwal foto di hari berikutnya.
  6. Apabila sudah selesai foto dan mengambil sidik jari, maka sampailah di tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli
  7. Setelah tahap wawancara selesai, langkah berikutnya yaitu membayar buku visa dan menandatangani buku visa serta minta informasi kapan jadwal pengambilan visa yang telah seselai.
  8. Kita dapat mengambil visa di waktu yang telah di tentukan.

Nah itulah diatas yang sudah saya jelaskan mengenai pengertian dan contoh teks prosedur kompleks, sederhana, dan singkat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasanmu dalam mengenal jenis-jenis teks. Tunggu artikel selanjutnya yang lebih mendidik hanya di Sudutsekolah.com!