Contoh teks eksposisi singkat

20 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan

Diposting pada

Contoh Teks Eksposisi – Banyak pelajar yang tidak mengetahui apa itu teks eksposisi, padahal dalam kenyataannya hampir setiap hari kita disuguhkan dengan jenis teks tersebut baik di media surat kabar, media televisi maupun di media sosial. Lantas sebenarnya apa itu teks eksposisi dan apa saja contohnya?

Sebelum memberikan berbagai contoh teks eksposisi baik contoh eksposisi tentang pendidikan ataupun yang lainnya, Sudutsekolah.com akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu teks eksposisi.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja

Secara ringkas teks eksposisi adalah sebuah teks atau tulisan yang berisi informasi atau tulisan dalam bentuk sebuah pengembangan paragraf dengan tujuan untuk menjelaskan kepada para pembaca dan pada akhirnya pembaca pun mendapatkan info dari tulisan tersebut.

20 Contoh Teks Eksposisi Singkat

Kali ini kami akan memberikan sekitar 20 contoh eksposisi singkat yang bisa menjadi acuan bagi para pelajar atau masyarakat umum agar lebih memahami jenis teks ini. Namun perlu diketahui bahwa teks ini memiliki perbedaan yang mendasarkan dibandingkan teks pada umumnya. Apa sajakah ciri-ciri teks eksposisi?

Teks eksposisi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Isi dari teks merupakan informasi atau fakta dan bukan merupakan khayalan ataupun opini dari si penulis.
  2. Gaya bahasa yang digunakan bersifat baku
  3. Gaya penulisan bersifat persuasif Informatif
  4. Arah tulisan bersifat objektif atau netral. Dengan kata lain isi teks tidak memihak salah satu pihak atau seenaknya sendiri karena sesuai dengan kenyataan yang ada.

Selain memiliki ciri-ciri, teks eksposisi juga memiliki berbagai jenis gaya penyampaian.

  1. Teks Eksposisi Definisi : Jenis teks eksposisi ini lebih kepada menjelaskan pengertian atau definisi suatu topik. Ada banyak contoh teks eksposisi yang semacam ini dimana isi dari satu paragraf tersebut hanya menjelaskan pengertiannya saja.
  2. Teks Eksposisi Pengerjaan : Jenis teks ini lebih mengacu kepada tata cara atau tahapan dalam melakukan sesuatu secara sistematis atau urut dari awal hingga akhir.
  3. Teks Eksposisi Gambaran : Jenis teks eksposisi ini menggunakan gambaran sebagai bahan acuannya yang dapat mewakili dari topik yang dimaksud.
  4. Teks Eksposisi Pertentangan : Jenis teks ini berisi sebuah topik lain yang dipertentangkan dengan topik yang hendak dibahas.
  5. Teks Eksposisi Laporan : Jenis teks ini berisi hasil laporan wawancara atau penelitian sebuah topik.
  6. Teks Eksposisi Perbandingan : Jenis teks eksposisi ini membandingkan dua buah topik yang memiliki hubungan atau keterikatan satu sama lain.

Sementara itu secara struktural, teks eksposisi dibangun oleh 3 struktur, diantaranya:

  1. Pernyataan Pendapat (Tesis) : Bagian ini biasanya berada di awal dan merupakan penyataan atau pendapat dari si penulis.
  2. Argumentasi : Bagian yang ditempatkan di tengah ini berisi alasan untuk memperkuat gagasan si penulis ataupun menolaknya.
  3. Penegasan Ulang Pendapat : Bagian ini berisi penegasan ulang pendapat si penulis dan berada di akhir

Jika masih merasa kebingungan dalam penerapannya, berikut akan kami berikan 20 contoh teks eksposisi singkat baik tentang pendidikan, lingkungan maupun kesehatan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan
Sumber: https://suaramerdekanet.com/

Berikut ini adalah beberapa contoh teks eksposisi tentang pendidikan dengan berbagai tema atau topik.

1. Teks eksposisi singkat bertema “Pentingnya Pendidikan Untuk Kesejahteraan”

Pendidikan merupakan salah satu jalan seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan pemerintah pun sudah berusaha keras agar setiap siswa mendapatkan pendidikan yang layak.

Ini karena hampir di semua lini hasil dari pendidikan dibutuhkan baik yang sifatnya formal maupun informal. Terlebih dengan era globalisasi sekarang ini dimana seseorang yang lebih berpengetahuan dalam sebuah bidang akan mendapatkan penghargaan dan tentunya pekerjaan dengan pendapatan yang lebih layak dibandingkan mereka yang tidak mengenyam pendidikan.

Itulah sebabnya setiap orang harus mampu memaksimalkan peran dan sarana yang diberikan pemerintah berupa kebijakan yang mempermudah pendidikan khususnya untuk tingkat dasar dan menengah.


2. Contoh teks eksposisi bertema “Sistem Pendidikan Karakter”

Pendidikan karakter saat ini menjadi sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan pendidikan terkait sistem belajar mengajar. Karena dengan sistem tersebut siswa menjadi lebih mampu menangani dan memahami sebuah masalah dengan menggunakan berbagai materi pembelajaran.

Hanya saja penerapan pendidikan karakter di berbagai sekolah masih dirasa kurang maksimal. Contohnya saja seperti peranan guru yang masih terpaku pada sistem dahulu (KTSP) sehingga meski pendidikan karakter sudah ditetapkan oleh pemerintah, tetap saja tidak diterapkan oleh guru kepada muridnya.

Karenanya perlu ada perhatian khusus untuk menyadarkan para guru lewat seminar ataupun pelatihan serta bimbingan secara kontinu sehingga penerapan sistem pendidikan karakter menjadi lebih maksimal diterapkan kepada anak didik.


3. Contoh teks eksposisi singkat dengan tema “Peranan Guru Dalam Akhlak Siswa”

Guru merupakan sosok yang sejatinya menjadi contoh atau ikutan bagi siswanya. Ini karena secara tidak langsung sikap maupun tindakan seorang guru akan nampak jelas oleh setiap muridnya dan besar kemungkinan akan ditiru secara mutlak.

Namun saat ini tidak sedikit guru yang hanya bertugas memberikan materi pelajaran tanpa memberikan contoh berupa akhlak yang baik. Misalnya saja banyak guru laki-laki yang tanpa pikir panjang merokok di area sekolah sehingga terlihat jelas oleh siswa.

Atau juga sikap dan akhlak guru yang kurang sopan terhadap siswa perempuan. Hal ini tentu saja dengan mudahnya ditiru oleh para siswa terutama siswa laki-laki. Alhasil banyak kasus kenakalan siswa akibat contoh yang tidak baik.

Atas dasar hal itu seyogyanya guru bukan hanya berperan mengajarkan mata pelajaran yang dikuasainya saja agar muridnya menjadi pintar, namun juga mampu menghasilkan siswa yang memiliki akhlak atau sikap yang baik untuk kebaikannya di masa yang akan datang.


4. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan bertema “Cara Merangkum Pelajaran Yang Efektif”

Memahami sebuah pelajaran di sekolah memang sangat penting untuk siswa. Tak hanya bermanfaat untuk dirinya ketika sedang menghadapi ujian sekolah, namun juga mampu menjadi bekal untuk kehidupannya saat sudah menginjak usia dewasa dan menghadapi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.

Salah satu yang dirasa efektif untuk memahami pelajaran adalah dengan merangkumnya dari buku. Yang pertama dilakukan adalah dengan menulis kembali di buku catatan terkait hal penting dari pelajaran tersebut.

Selanjutnya adalah dengan mewarnai beberapa kata atau kalimat penting pada rangkuman. Dan terakhir adalah membuat alur atau peta konsep yang memudahkan pemahaman akan materi tersebut.

Dengan memahami pelajaran lewat cara merangkum diharapkan siswa akan menjadi lebih cepat mengerti dan tentunya mempermudah sistem belajar mengajar.


5. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan dengan tema “Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler”

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam belajar sekolah yang memiliki segudang manfaat. Ada banyak manfaat yang nantinya mampu mendidik seorang siswa dalam segi kedisiplinan ataupun dari segi pengetahuan.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang saat berkembang di sekolah diantaranya Paskibra yang memiliki manfaat untuk melatih kedisiplinan para anggotanya serta menanamkan sikap cinta kepada negara. Kemudian ada Pramuka yang memiliki manfaat melatih siswa untuk mandiri dan bertahan hidup dalam kondisi apapun serta menanamkan sikap untuk mencintai lingkungan sekitar.

Sudah sangat jelas bahwa manfaat kegiatan ekstrakurikuler sangatlah besar bagi siswa itu sendiri. Harapannya setiap sekolah senantiasa digalakkan untuk mensukseskan kegiatan tersebut.


6. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan dengan tema “Tawuran Antar Pelajar”

Tawuran antar pelajar saat ini sering kita lihat di berbagai media televisi maupun media sosial. Hal ini pun menjadi sebuah kerugian baik bagi diri siswa itu sendiri, keluarganya maupun pihak sekolah yang menaunginya.

Problem awal munculnya tawuran di kalangan para remaja sekolah umumnya dikarenakan saling ejek antar sekolah, membesarnya masalah pribadi antar siswa hingga adanya sikap yang salah ditanggapi oleh siswa sekolah lainnya.

Tentu hal ini harus sedini mungkin diatasi oleh semua pihak terutama pihak sekolah dengan cara memberikan sarana komunikasi ketika antar sekolah ketika mulai muncul benih awal tawuran.

Diharapkan dengan solusi tersebut dapat meminimalisir kesalahpahaman antar siswa dan mampu meredam aksi tawuran yang tentunya berefek buruk bagi semua pihak.


7. Contoh teks eksposisi pendidikan bertema “Wajib Belajar 9 Tahun”

Belajar merupakan sebuah kebutuhan pokok terlebih sekarang ini. Dengan belajar, anak-anak akan dapat menemukan ilmu pengetahuan yang baru dan tentunya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah pun sejak dahulu sudah memberikan solusi berupa Wajib Belajar 9 Tahun dan itu tidak dikenai biaya sedikit pun. Dengan berkoordinasi bersama pihak sekolah, pemerintah berupaya untuk mengentaskan kebodohan di negeri ini.

Tinggal anak didik dan orangtua yang harus berupaya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut dengan maksimal sehingga menciptakan kecerdasan bagi generasi mendatang.

Diharapkan adanya peran serta aktif dari pihak pemerintah melalui lembaga atau instansi daerah setempat untuk ikut menggalakkan program Wajib Belajar 9 tahun tersebut sehingga terjadi kesinambungan atau kesepakatan antara orangtua, anak didik, sekolah dan pemerintah.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan
Sumber: https://dlh.bantulkab.go.id/

Berikut ini merupakan beberapa contoh teks eksposisi tentang lingkungan dari berbagai topik yang ada dalam kumpulan 20 contoh teks eksposisi singkat.

1. Contoh teks eksposisi lingkungan bertema “Pentingnya Kebersihan Lingkungan”

Kebersihan di sekolah merupakan salah satu faktor pendukung terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif. Dengan kebersihan yang maksimal dapat meminimalisir munculnya faktor penyakit yang membuat siswa menjadi tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Selain itu kebersihan pun dapat membuat rasa nyaman berada di sekolah hingga selesai belajar mengajar.

Namun hal ini masih dirasa kurang mengingat banyaknya siswa yang kurang memperhatikan kebersihan kelas atau pun sekolah seperti membuang sampah di dalam kelas ataupun secara sembarangan. Belum lagi kesadaran untuk membersihkan kelas masih kurang meskipun sudah diatur lewat pembagian piket kelas.

Padahal dengan menjaga lingkungan sekolah agar selalu bersih, para siswa pun akan diuntungkan seperti tidak mudah sakit dan juga suasana belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan untuk dipandang.


2. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan dengan tema “Keharusan Menjaga Kelestarian Hutan”

Hutan merupakan salah satu media yang membuat dunia menjadi lebih asri. Bahkan hutan banyak memberikan kontribusi untuk kelangsungan produksi oksigen di dunia ini.

Akan tetapi saat ini masyarakat kurang menjaga kelestarian hutan seperti adanya penebangan liar, pembukaan hutan untuk perkebunan dan lainnya. Alhasil hutan menjadi kurang maksimal untuk melakukan tugasnya seperti memproduksi oksigen dan menyerap air hujan yang berakibat munculnya longsor atau banjir.

Diharapkan masyarakat menyadari untuk senantiasa menjaga kelestarian hutan mengingat pentingnya manfaat yang didapat bukan hanya untuk saat ini namun juga untuk masa mendatang.


3. Contoh teks eksposisi topik lingkungan “Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga”

Sampah rumah tangga saat ini menjadi permasalahan yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Terlebih ketika sampah tersebut dibuang begitu saja di aliran sungai ataupun ditumpuk begitu saja di jalanan.

Padahal berdasarkan penelitian diketahui bahwa sampah rumah tangga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Satu diantaranya seperti sampah basah berupa sayuran atau buah-buahan busuk. Sampah ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik dengan cara dikubur di sekitar tanaman. Atau juga sampah plastik yang bisa dipisahkan kemudian dijadikan sebagai bahan daur ulang.

Meski sulit diawal, pemanfaatan sampah rumah tangga bisa berdampak positif bukan hanya untuk lingkungan sekitar namun juga bisa menambah pundi-pundi keuangan nantinya.


4. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan bertema “Lingkungan Hijau”

Penghijauan saat ini menjadi sebuah keharusan bagi setiap rumah. Bukan hanya sekedar mempercantik tampilan hunian saja, namun juga bisa berdampak positif untuk berbagai hal seperti udara dan resapan air hujan.

Namun sering kita lihat banyak hunian yang kering dari penghijauan. Bukan hanya berakibat pada kekeringan, namun juga membuat rumah menjadi kurang asri dan segar. Belum lagi kadar oksigen yang kurang di rumah tersebut sehingga menimbulkan berbagai masalah lainnya.

Dengan penghijauan minimal di sekitar rumah diharapkan mampu menjaga kelestarian lingkungan dan meminimalisir berbagai bencana seperti longsor ataupun banjir.


5. Contoh teks eksposisi tema lingkungan “Menanam Pohon Di Area Sekolah”

Sekolah bukan hanya menjadi tempat pembelajaran materi atau hafalan semata, namun juga menjadi sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. Salah satunya adalah dengan menanam pohon di sekolah dimana kegiatan tersebut sudah dijelaskan manfaatnya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Salah satu manfaat yang didapat dari menanam pohon di sekolah sebagaimana yang dijelaskan dalam mata pelajaran IPA adalah maksimalnya produksi oksigen yang berakibat pada kemampuan siswa untuk bernafas dengan bebas sekaligus membuat suasana yang lebih segar dalam menerima pelajaran. Selain itu tentu saja membuat sekolah menjadi lebih asri dan hijau.

Sehingga penanaman pohon di sekolah mutlak diperlukan dan pihak sekolah harus memfasilitasi dan menerapkan hal ini ke setiap siswa karena banyaknya manfaat yang diperoleh.


6. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan “Citarum Harum”

Citarum merupakan salah satu aliran sungai di Jawa Barat yang beberapa tahun belakangan mengalami perubahan karena banyaknya limbah dari pabrik yang masuk dan memperkeruh aliran serta mendangkalkan dasar sungai. Padahal sungai Citarum menjadi salah satu yang masih digunakan oleh masyarakat untuk mencuci atau mencari penghidupan.

Atas hal itu pihak pemerintah Jawa Barat kemudian memberikan instruksi kepada TNI dan dibantu masyarakat setempat untuk sama-sama membersihkan aliran sungai. Selain itu TNI bersama polisi juga mendatangi sejumlah pabrik untuk berhenti membuang limbah ke sungai sebelum benar-benar bersih.

Diharapkan dengan kebersihan sungai Citarum bisa memberikan keberlangsungan bagi masyarakat sekitar dan mencegah terjadinya banjir yang selama ini dialami oleh warga setempat.


7. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan bertema “Pentingnya MCK Umum”

MCK (mandi, Cuci, Kakus) merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang saat ini masih belum ditangani di sejumlah daerah. Padahal sarana MCK umum menjadi satu diantara kebutuhan masyarakat yang sangat bermanfaat untuk kebersihan lingkungan.

Pihak pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan pun tengah berupaya untuk sedikit demi sedikit membangun saran MCK umum dengan bantuan berbagai pihak seperti TNI dan juga instansi setempat. Meski begitu masih ada sejumlah wilayah yang belum mendapatkan uluran bantuan dari pemerintah.

Semoga pemerintah pusat semakin sigap untuk segera merealisasikan program lingkungan yang sehat tersebut demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.


Baca juga: Contoh paragraf argumentasi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan
Sumber: https://www.nytimes.com/

Di bawah ini merupakan contoh teks eksposisi tentang kesehatan dari beraneka ragam topik.

1. Contoh teks eksposisi tentang kesehatan “Pentingnya Makanan Seimbang”

Makanan merupakan salah satu faktor terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanpa makanan, maka tubuh akan kekurangan sejumlah zat gizi sehingga tubuh menjadi lemas dan tidak mampu beraktivitas dengan baik.

Sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang. Bukan hanya sekedar kenyang, namun juga semua gizi mampu terpenuhi agar tubuh menjadi maksimal dalam pertumbuhan atau aktivitasnya.

Contohnya seperti protein yang didapat pada kuning telur ataupun pada daging dimana ada zat tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan sangat penting dikonsumsi terlebih oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Dengan demikian penting untuk menghadirkan makanan yang seimbang atau 4 sehat 5 sempurna dalam setiap rumah agar sehat jasmani maupun rohani.


2. Contoh teks eksposisi tentang kesehatan tema “Mencegah Penyebaran Penyakit Menular”

Penyakit menular memang menjadi permasalahan kesehatan yang kini masih kurang mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Ini karena banyak yang tidak memperhatikan anjuran ataupun himbauan dari pihak medis seperti puskesmas ataupun rumah sakit.

Contohnya saja seperti batuk yang tidak ditutupi oleh sapu tangan atau benda lainnya. Jika himbauan agar batuk senantiasa harus ditutup tidak digubris, maka besar kemungkinan  penyebaranan penyakit batuk akan cepat menular. Padahal banyak penyakit yang bermula dari batuk seperti TBC, radang paru-paru ataupun penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

Dengan melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit menular, diharapkan masyarakat menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.


3. Contoh teks eksposisi tentang kesehatan bertema “Cara Mencuci Tangan Yang Benar”

Mencuci tangan adalah salah satu upaya pencegahan berbagai penyakit dari tangan yang masuk ke dalam mulut. Hal ini sudah banyak dicoba untuk diterapkan oleh berbagai instansi kesehatan melalui berbagai brosur ataupun poster.

Cara mencuci tangan yang benar adalah dengan mencuci semua bagian telapak tangan baik di bagian luar maupun dalamnya. Selain itu sela-sela kuku maupun sela-sela jari jangan sampai luput dari kebersihan.

Dengan mencuci tangan yang baik dan benar, maka kesehatan masyarakat menjadi lebih maksimal dan juga meminimalisir terjangkitnya penyakit terutama di kalangan anak-anak.


4. Contoh teks eksposisi tentang kesehatan bertema “Periksa Gigi Rutin 6 Bulan Sekali”

Gigi yang baik tentu akan membuat aktivitas makan menjadi lebih menyenangkan. Selain itu dengan gigi yang bersih dan rapi akan membuat penampilan menjadi lebih percaya diri.

Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin 6 bulan sekali. Selain mengecek gigi yang dirasa sudah rusak ataupun lainnya, masyarakat juga akan mendapatkan pengetahuan seputar kesehatan gigi seperti dalam kebiasaan ataupun makanan yang harus dilarang untuk dikonsumsi.

Mengingat pentingnya kesehatan gigi, maka pemeriksaan gigi secara rutin 6 bulan sekali menjadi sebuah keharusan dan setiap orang tua harus mengingatkan anak-anaknya untuk rajin melakukan hal tersebut.


5. Contoh teks eksposisi kesehatan dengan tema “Kebiasaan Minum Air Putih”

Air merupakan salah salah satu bagian terpenting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan dan sistem atau fungsi dari tubuh itu sendiri. Karena tanpa asupan air putih yang cukup akan membuat tubuh menjadi lemas dan pikiran tidak fokus .

Bahkan para ahli medis mengungkapkan bahwa kekurangan asupan air putih akan berdampak pada kerusakan ginjal. Tentu pada akhirnya akan mengakibatkan gagal ginjal dan itu akan membutuhkan penanganan medis yang tidak murah harganya.

Karenanya sangat penting untuk menjaga asupan air putih minimal 8 gelas perhari sehingga tubuh akan terpenuhi kebutuhan airnya dan kita pun menjadi sehat.


6. Contoh teks eksposisi singkat tentang “Tidur Yang Cukup”

Salah satu yang mempengaruhi kesehatan adalah pola tidur. Dengan tidur yang cukup maka tubuh dapat beristirahat dengan maksimal dan mampu melakukan aktivitas dengan baik esok harinya.

Namun dengan teknologi dan pola kebiasaan saat ini, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut sehingga porsi tidur menjadi kurang. Contohnya saja penggunaan ponsel dimana masyarakat masih menggunakan fitur media sosialnya meskipun waktu sudah menunjukkan tengah malam.

Belum lagi pekerjaan saat ini yang mengharuskan untuk begadang. Padahal itu semua dapat mengganggu kesehatan dan berakibat pada kelelahan tubuh serta memicu datangnya berbagai penyakit.

Setelah mengetahui kerugian yang ditimbulkan, maka sudah selayaknya setiap orang yang menyadari perlu menjaga pola tidur yang ideal yaitu 8 jam sehingga tubuh menjadi segar dan mampu melakukan aktivitas tanpa takut terjangkit penyakit seperti masuk angin atau demam.


Baca juga: Contoh daftar riwayat hidup

Itulah 20 contoh teks eksposisi singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga kamu semua bisa lebih mengerti tentang apa itu teks eksposisi beserta penerapannya dari contoh teks eksposisi diatas.