Contoh teks eksplanasi

10 Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Fenomena Alam, Bencana

Diposting pada

Contoh teks eksplanasi – Selamat datang di Sudut Sekolah, hari ini kita akan mempelajari Bahasa Indonesia mengenai teks eksplanasi, dari mulai pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri, dan contohnya. Sebelumnya itu saya juga pernah membahas mengenai teks berita. Yuk langsung saja berikut adalah pengertian teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah suatu jenis teks yang mendeskripsikan mengenai proses terjadinya suatu peristiwa terutama fenomena alam dan sosial.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Kurang lebih ada 5 ciri teks eksplanasi yang harus diketahui, yaitu sebagai berikut.

  • Bersifat faktual / Sesuai dengan fakta
  • Berkaitan dengan ilmu pengetahuan
  • Bersifat informatif untuk pembaca
  • Membahas mengenai fenomena atau masalah yang umum seperti bencana alam dan lainnya
  • Menggunakan kata penanda urutan seperti pertama, kedua, dan seterusnya

Baca juga: Contoh pidato singkat

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri teks eksplanasi, sekarang mari kita bahas mengenai contoh teks eksplanasi.

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Setelah mempelajari pengertian teks eksplanasi, dan ciri-ciri teks eksplanasi, sekarang saya akan memberikan contoh teks eksplanasi singkat berbagai tema, ada contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi budaya, contoh teks eksplanasi fenomena alam, dan contoh teks eksplanasi bencana.

1. Contoh Teks Eksplanasi Sosial 1, Pengangguran

Contoh teks eksplanasi sosial
Sumber: https://www.sciencedaily.com

Pengangguran merupakan suatu keadaan seseorang tidak memiliki pekerjaan atau bekerja secara tidak maksimal sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengangguran merupakan masalah yang tidak dapat dihindari di tengah ketidakseimbangan antara jumlah lapangan pekerjaan dan pencari kerja.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran selain membludaknya jumlah pencari kerja yang tidak diimbangi dengan penambahan lapangan pekerjaan. Salah satunya adalah kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi memberi banyak dampak positif dilihat dari berbagai sisi.

Akan tetapi, jika dilihat dari sisi ekonomi, kemajuan teknologi secara tidak langsung meningkatkan jumlah pengangguran. Banyak perusahaan yang tidak membutuhkan terlalu banyak sumber daya manusia karena telah menggunakan robot sebagai tenaga kerja.

Hal ini kemudian menyebabkan banyak orang menganggur karena tenaganya tidak dibutuhkan. Selain itu, kurangnya pendidikan juga menjadi faktor penyebab lainnya.

Pada zaman modern seperti saat ini, tentu dicari orang-orang yang memiliki kecerdasan dan keterampilan tinggi untuk dipekerjakan agar dapat mengikuti perkembangan sehingga orang-orang yang berpendidikan rendah akan terseleksi dan pada akhirnya menganggur.

Angka pengangguran yang tinggi tidak dapat dibiarkan begitu saja karena bersangkutan dengan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, tingginya angka pengangguran juga dapat menggiring pada banyaknya kriminalitas. Banyak penganggur yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup pada akhirnya melakukan tindak kriminal karena terdesak sehingga mengganggu ketertiban dalam bermasyarakat.

2. Contoh Teks Eksplanasi Sosial 2, Kemiskinan

Kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Kemiskinan dapat digolongkan menjadi kemiskinan absolut, yang mengacu pada suatu standar yang tetap, dan kemiskinan relatif.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kemiskinan. Salah satunya adalah laju pertumbuhan penduduk yang tinggi yang tidak diiringi dengan kemapanan ekonomi. Jumlah penduduk yang bekerja tidak sebanding dengan jumlah beban ketergantungan sehingga pada akhirnya banyak kebutuhan yang tidak tercukupi.

Selain itu, tingkat pendidikan yang rendah juga menjadi faktor lain yang menyebabkan kemiskinan. Orang-orang dengan pendidikan yang rendah akan sulit mendapat pekerjaan karena harus bersaing dengan orang lain yang memiliki keterampilan dan kecerdasan yang lebih tinggi.

Tidak adanya kesempatan kerja mengakibatkan tidak adanya penghasilan sehingga kebutuhan hidup sulit dipenuhi. Meskipun begitu, jika dilihat dari sisi lain, kemiskinan merupakan salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab rendahnya pendidikan seseorang sehingga hal ini akan terus menjadi lingkaran tak berkesudahan jika tidak segera ditangani.

Tidak mudah menanggulangi kemiskinan, namun berbagai strategi penanggulangan perlu diciptakan mengingat cukup seriusnya masalah ini. Kemiskinan merupakan bukti rendahnya kesejahteraan masyarakat dan dikhawatirkan akan berdampak buruk pada kualitas sumber daya manusia.

3. Contoh Teks Eksplanasi Sosial 3, Globalisasi

Globalisasi adalah sebuah proses yang melibatkan seluruh masyarakat di dunia yang terjadi tanpa melihat batasan-batasan negara sehingga dapat dikatakan bahwa proses ini adalah proses yang mendunia. Dampak yang diberikan oleh proses universal ini tidak dapat dihindari. Globalisasi membawa perubahan dalam konsep jarak, ruang, dan waktu.

Globalisasi yang melibatkan setiap orang di seluruh dunia memungkinkan siapa saja yang berasal dari belahan bumi yang mana saja untuk dapat saling berhubungan. Hal ini tentu saja bagus untuk mempererat persahabatan antarbangsa.

Selain memberi dampak positif bagi individu, globalisasi juga dapat memberi dampak positif bagi suatu negara, dibuktikan dengan luasnya jangkauan untuk memasarkan produk dalam negeri, misalnya. Akan tetapi, globalisasi juga memberi dampak negatif.

Lunturnya budaya asli suatu negara karena pengaruh budaya asing merupakan salah satunya. Selain itu, masyarakat juga cenderung konsumtif karena semakin banyak barang yang ditawarkan dari seluruh penjuru dunia.

Globalisasi dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif. Kedua dampak tersebut tidak dapat dihindari kedatangannya, namun seorang yang cerdas akan mampu memilah dampak mana yang positif baginya, mana pula yang negatif sehingga globalisasi dapat menjadi peluang untuk mengembangkan diri, bukan memberi pengaruh yang negatif.

4. Contoh Teks Eksplanasi Budaya 1, Lunturnya Budaya Indonesia

Contoh teks eksplanasi budaya
Sumber: https://www.brilio.net/

Seiring dengan perkembangan zaman, budaya asli Indonesia semakin tersingkirkan. Generasi muda yang diharapkan menjadi penerus yang dapat melestarikan budaya Indonesia justru mengabaikan budaya Indonesia yang dianggapnya kuno dan berpaling pada budaya asing yang dianggap lebih berkelas.

Lunturnya kebudayaan Indonesia ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam mempertahankan budaya. Masyarakat Indonesia cenderung tidak menghargai betapa berharganya budaya yang dimiliki bangsanya sehingga terkesan tidak peduli dan mengabaikannya.

Padahal, kesadaran masyarakat memegang peranan penting dalam kelestarian budaya. Ketika masyarakatnya sudah berhenti peduli, tidak ada lagi yang akan melestarikan budaya asli Indonesia sehingga berakibat pada kelunturan budaya.

Lunturnya budaya Indonesia menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Setiap orang memegang peranan yang sama besar dalam melestarikan budaya.

5. Contoh Teks Eksplanasi Budaya 2, Festival Reog Ponorogo

Festival Reog Ponorogo, yang juga sering disebut Festival Reog Nasional, merupakan sebuah festival kebudayaan yang diperingati oleh warga Jawa Timur di Alun-Alun Ponorogo dalam rangka Grebeg Suro. Festival ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, termasuk turis domestik juga mancanegara.

Festival Reog Ponorogo merupakan salah satu rangkaian dari prosesi Grebeg Suro. Grebeg Suro timbul dari adanya kebiasaan masyarakat pada malam 1 Suro untuk mengadakan tirakatan semalaman dengan mengelilingi kota dan berhenti di alun-alun Ponorogo. Festival Reog Ponorogo dimasukkan ke dalam rangkaian kegiatan ini karena lunturnya minat pemuda terhadap kesenian khas Ponorogo.

Festival Reog Ponorogo merupakan salah satu upaya pelestarian budaya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya masyarakat Ponorogo, untuk melestarikan budaya ini.

6. Contoh Teks Eksplanasi Budaya 3, Grebeg Suro

Grebeg Suro merupakan acara tradisi budaya tahunan masyarakat Ponorogo dalam wujud pesta rakyat. Grebeg Suro merupakan acara tahunan yang dirayakan setiap tanggal 1 Muharram untuk merayakan tahun baru Islam.

Grebeg Suro terdiri dari beberapa rangkaian, di antaranya penyerahan pusaka ke makam bupati Ponorogo pertama, pawai, hingga Festival Reog Nasional. Grebeg Suro pertama kali dilaksanakan karena adanya kebiasaan masyarakat pada malam 1 Suro yang mengadakan tirakatan semalaman untuk mengelilingfi kota dan berhenti di alun-alun Ponorogo.

Pada tahun 1987, Bupati Ponorogo melahirkan gagasan kreatif untuk mewadahi kegiatan ini dalam kegiatan yang sekaligus dapat melestarikan budaya. Karenanya, terciptalah tradisi Grebeg Suro.

Grebeg Suro merupakan upaya pelestarian budaya yang dapat dilakukan agar budaya asli Indonesia tidak punah. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban setiap masyarakat Indonesia untuk turut terlibat dalam melestarikannya.

7. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam 1, Aurora

Contoh teks eksplanasi fenomena alam
Sumber: https://iyakan.net/

Aurora merupakan suatu fenomena alam di mana terdapat pancaran cahaya yang berwarna di atas cakrawala, tepatnya di lapisan ionosfer suatu planet, yang terjadi akibat adanya interaksi antara medan magnetik planet tersebut dengan partikel bermuatan, khusunya proton dan elektron, yang dipancarkan matahari. Aurora yang terjadi di utara disebut aurora borealis, sedangkan aurora yang terjadi di selatan disebut aurora australis.

Munculnya aurora merupakan salah satu bukti keterkaitan bumi dengan matahari. Ketika partikel bermuatan dari angin matahari bertemu medan magnet bumi, partikel tersebut bergerak di sepanjang garis medan. Beberapa partikel berinteraksi dengan garis medan magnet sehingga arus partikel bermuatan dipancarkan ke kedua kutub bumi.

Partikel bermuatan yang bergerak melintang di sepanjang medan magnet menghasilkan arus listrik. Ketika arus ini turun ke atmosfer, mereka mengambil lebih banyak energi sehingga ketika arus ini mencapai wilayah ionosfer dan bertemu dengan ion oksigen dan nitrogen, energi tersebut ditransfer pada kedua ion tersebut.

Penyerapan energi oleh oksigen dan nitrogen membuat elektron yang ada di dalamnya bergerak ke orbital yang lebih tinggi. Pada akhirnya, elektron dalam oksigen dan nitrogen ini kembali pada orbital aslinya. Namun, dalam prosesnya, energi tersebut terpancar dalam bentuk cahaya.

Cahaya yang dipancarkan memiliki warna berbeda karena adanya perbedaan ion yang bereaksi. Misalnya, warna merah terbentuk karena tumbukan antara elektron dan atom oksigen, sedangkan warna hijau terbentuk akibat tumbukan antara molekul nitrogen dengan elektron.

Aurora memiliki variasi dalam tingkat kecerahan. Perbedaan tingkat kecerahan inilah yang membantu kita mengamati perubahan medan magnet bumi dari waktu ke waktu. Diameter aurora juga bisa bervariasi.

8. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam 2, Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan fenomena tertutupnya sebagian atau seluruh cahaya matahari yang terjadi sebagai akibat posisi bulan yang berada di antara matahari dan bumi. Hal ini memungkinkan karena meskipun ukuran bulan lebih kecil daripada matahari, bayangan bulan dapat menutup matahari seluruhnya.

Gerhana matahari terbagi menjadi empat, yaitu gerhana matahari total, sebagian, cincin, dan hibrida. Gerhana matahari total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan matahari tertutup seluruhnya oleh piringan bulan karena piringan bulan sama atau lebih besar daripada piringan matahari.

Ukuran piringan bulan dan matahari ini dapat berubah-ubah karena perbedaan jarak antara bumi dan bulan juga antara bumi dan matahari. Gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan bulan hanya menutupi sebagian dari piringan matahari sehingga ada bagian dari matahari yang tidak tertutupi.

Berbeda dengan gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin terjadi karena bagian matahari yang tidak tertutupi piringan bulan adalah bagian pinggirnya sehingga matahari saat itu tampak seperti cincin yang bercahaya. Jenis lain yang lebih langka adalah gerhana matahari hibrida.

Gerhana ini merupakan pergeseran gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin. Pada suatu waktu, matahari tampak tertutup sepenuhnya, sedangkan pada waktu yang lain, ada bagian matahari yang tidak tertutupi sehingga tampak seperti cincin.

Gerhana matahari hanya dapat berlangsung jika bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus. Hal ini hanya bisa terjadi pada fase bulan baru. Meskipun begitu, gerhana matahari tidak selalu terjadi setiap bulan baru.

9. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam 3, Hujan

Hujan adalah proses jatuhnya butiran air ke daratan yang merupakan hasil proses kondensasi uap air yang terjadi di atmosfer. Hujan merupakan sumber air tawar utama sebagian besar daerah di dunia.

Proses terjadinya hujan diawali dengan penguapan air akibat panas matahari. Panas matahari jugalah yang berperan dalam proses kondensasi uap air. Uap air yang terkondensasi membentuk titik-titik embun yang memadat menjadi awan.

Awan-awan kecil yang terbentuk ini menyatu dan membentuk suatu awan besar akibat pergerakan angin. Semakin banyak awan yang terkumpul, semakin kelabu pula warnanya. Awan bergerak ke daerah yang bersuhu lebih rendah. Ketika awan tidak lagi sanggup menahan air, butiran-butiran air yang terdapat di awan jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.

Curah hujan dapat diukur dengan menggunakan beberapa alat ukur, seperti pengukur hujan standar, pengukur hujan sepatu, ember miring, dan beban. Pengukur hujan sepatu merupakan alat ukur yang paling murah sekaligus paling rentan.

Baca juga: Contoh surat dinas sekolah

10. Contoh Teks Eksplanasi Bencana, Banjir

Contoh teks eksplanasi bencana alam
Sumber: https://regional.kompas.com/

Banjir merupakan peristiwa naiknya air yang berlebihan ke permukaan yang merendam sebagian daratan. Banjir dapat dibedakan menjadi banjir bandang dan banjir biasa. Banjir biasa merupakan banjir yang umum dan paling sering terjadi, sedangkan banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba dengan laju yang sangat cepat dan volume air yang banyak sehingga dapat menimbulkan bahaya yang lebih banyak.

Banjir disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah penebangan hutan liar. Dengan ditebangnya hutan, daerah resapan air akan berkurang sehingga air yang tidak meresap ke dalam tanah akan beralih merendam daratan. Selain itu, sampah yang dibuang ke sungai juga dapat menyebabkan banjir. Banyaknya sampah yang dibuang ke sungai menyebabkan aliran sungai menjadi terhambat sehingga air sungai dapat meluap dan menyebabkan banjir.

Baca juga: Contoh cerpen

Banjir merupakan bencana alam yang faktor penyebabnya banyak disebabkan oleh perilaku manusia. Oleh karena itu, penting bagi manusia untuk selalu menjaga lingkungannya agar dapat terhindar dari bencana banjir.

Bagaimana apakah Anda sudah paham mengenai pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, dan contoh teks eksplanasi di atas? Semoga sudah paham dan dapat membuat teks eksplanasi sendiri yaa, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, share ke teman-teman Anda juga. Terima kasih.