10+ Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Strukturnya Lengkap

Diposting pada

Contoh teks deskripsi – Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat banyak sekali jenis teks. Sebelumnya, di blog Sudut Sekolah kita sudah pernah membahas jenis teks anekdot dan teks berita. Sekarang, kita akan mempelajari contoh teks deskripsi singkat. Sudut Sekolah juga akan memberikan beberapa contoh teks deskripsi, diantara contoh teks deskripsi tentang alam, contoh teks deskripsi tentang sekolah, dan contoh teks deskripsi tentang hewan.

Tapi, sebelum melihat contohnya, maka sebaiknya kita pelajari dulu materi teks deskripsi. Kita akan mempelajari materi teks deskripsi dimulai dari pengertian teks deskripsi secara umum, pengertian teks deskripsi menurut para ahli, struktur teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi Secara Umum

Teks deskripsi adalah salah satu jenis teks narasi karangan yang menjelaskan dan menggambarkan suatu objek tertentu secara jelas. Objek yang dimaksud bisa berupa barang, tempat, kejadian, atau berbagai hal lainnya.

Teks deskripsi sering juga disetbu sebagai paragraf deskripsi. Teks deskripsi termasuk ke dalam salah satu jenis teks narasi atau teks karangan. Kata deskripsi berasal dari bahasa latin, yaitu discribere yang berarti gambaran, rincian, atau penjabaran. Oleh karena itu, teks deskripsi berisi gambaran dari suatu objek.

Baca juga: Teks anekdot

Teks deskripsi dibuat dengan kalimat-kalimat yang merangsang panca indera pembaca. Hal ini bertujuan agar pembaca bisa merasakan dan menyaksikan sendiri objek yang dijadikan sebagai topik bahasan.

Kurang lebih seperti itulah bahasan pengertian teks deskripsi secara umum.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Selain pengertian teks deskripsi secara umum di atas, banyak ahli bahasa yang mengemukakan pengertian teks deskripsi menurut pandangannya masing-masing. Berikut pengertian teks deskripsi menurut beberapa ahli bahasa.

Darmayanti (2007) menjelaskan teks deskripsi adalah tesk bacaan yang disusun untuk menggambarkan atau melukiskan suatu pengalaman, penciuman, perabaan, penglihatan, dan perasaan tentang suatu masalah atau situasi.

Darmayanti (2008) menyatakan paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek berdasarkan pada hasil pengamatan. Penulis akan berusaha mencitrai sebuah paragraf deskripsi dengan tulisannya. Mencitrai di sini berarti melihat, mendengar, mencium dan merasakan. Pembaca diharapkan dapat merasakan dan menyamakan citra yang ada di dalam dirinya dengan citra yang ingin disampaikan oleh penulis.

Winarsih dan Wahyuni (2008) menyatakan bahwa teks deskripsi juga dinamakan sebagai lukisan. Maksudnya suatu karangan yang berisi tentang gambaran atau lukisan terhadap suatu objek, Hal tersebut dilakukan agar pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar hal yang dilukiskan itu.

Paujiyanti (2014) menyatakan bahwa paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan agar pembaca seolah-olah dapat merasakan, melihat dan mendengar objek yang digambarkan oleh penulis pada paragraf tersebut. Objek yang dimaksud dapat beruba barang, tempat atau benda.

Sutarni dan Sukardi (2008) menyatakan teks deskripsi merupakan teks atau paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara rinci dengan dilengkapi sebuah ilustrasi. Ilustrasi ini yang akan menjadikan pembaca dapat merasakan dan mengamati secara langsung objek yang diceritakan.

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas dari para ahli, maka kita bisa mengambil kesimpulan. Kesimpulannya, teks deskripsi adalah sebuah teks yang menggambarkan objek tertentu secara rinci dilengkapi dengan ilustrasinya agar pembaca dapat merasakan objek tersebut dan bisa mengalami apa yang dirasakan oleh penulis.

Struktrur Teks Deskripsi

Setelah mengetahui pengertiannya, hal terpenting selanjutnya yang harus dipelajari tentang teks deskripsi adalah strukturnya. Struktur teks deskripsi berfungsi agar sebuah teks deskripsi bisa dibuat dengan runtut dan teratur.

Teks deskripsi ini terdiri dari 3 struktur, yaitu identifikasi, klarifikasi, dan deskripsi. Untuk lebih lanjutnya, silahkan perhatikan penjelasan berikut mengenai struktur teks deskripsi.

1. Identifikasi

Pada struktur pertama ini, penulis akan memberikan identifikasi atau identitas terhadap objek apa yang akan dibahas. Biasanya penulis akan memberitahukan informasi umum atau general dari objek yang akan dibahas.

2. Klarifikasi

Klasifikasi adalah penyusunan bahasan objek yang berdasarkan sistem dalam suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Deskripsi

Deskripsi adalah struktur yang menjelaskan gambaran lebih lanjut atau pemaparan yang lebih rinci lagi terhadap objek yang sedang dibahas. Singkatnya, pada bagian ini penulis akan mendeskripsikan objek yang ingin disampaikan.

Itulah 3 struktur teks deskripsi. Dengan adanya struktur ini maka teks deskripsi baru bisa dikatakan sebagai teks deskripsi yang baik dan benar.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dibagi ke dalam 3 macam jenis. Berikut jenis-jenis teks deskripsi :

1. Teks Deskripsi Subjektif

Deskripsi subjektif adalah teks deskripsi yang berdasarkan kesan penulis terhadap objek tersebut.

2. Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi jenis ini hanya menjelaskan objek yang berupa benda, ruang dan tempat.

3. Teks Deskripsi Objektif

Dan jenis teks deskripsi yang terakhir adalah teks deskripsi objektif. Teks deskripsi jenis ini mendeskripsikan objek sesuai dengan keadaan sebenarnya. Artinya, penulis tidak menambahkan kesan dan opininya terhadap teks deskripsi jenis ini. Sehingga pembaca bisa membayangkan bagaimana keadaan objek sesuai dengan data dan fakta yang ada.

Selanjutnya, kita akan belajar tentang ciri-ciri teks deskripsi umum. Sama seperti pengertiannya, ciri-ciri teks deskripsi juga dibagi menjadi 2, yaitu ciri-ciri teks deskripsi secara umum dan ciri-ciri teks deskripsi menurut para ahli.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri tersendiri. Dengan adanya ciri-ciri ini, kita jadi dapat membedakan teks deskripsi dengan jenis teks lainnya. Berikut ciri-ciri teks deskripsi.

  1. Menggambarkan objek seperti benda, tempat, atau suasana tertentu
  2. Melibatkan panca indera
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik serta sifat tertentu dari suatu objek. Seperti ukuran, warna, berat, bentuk, dan kepribadian secara jelas dan terperinci
  4. Terdapat banyak kata-kata atau frasa yang bermakna keadaan atau sifat

Contoh Teks Deskripsi

Setelah mempelajari dan memahami semua materi dasar teks deskripsi, maka sekarang saatnya kita melihat contoh teks deskripsi. Anda tidak perlu melihat contoh teks deskripsi yang panjang, cukup dengan melihat contoh teks deskripsi singkat Anda bisa dengan mudah memahami seperti apa teks deskripsi itu.

1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Kelas XI IPA 3
By: Dilla

Kelas XI IPA 3 merupakan kelasku di SMA Taruna Bangsa. Sekilas, melirik namanya yang tidak berbeda dengan nama kelas di sekolah lain yang juga diurutkan dengan angka, kelasku mungkin terdengar biasa saja. Namun, bagiku dan teman-teman sekelasku, XI IPA 3 adalah kelas yang spesial.

Kelas kami terletak di lantai satu gedung utara sekolah kami—yang merupakan gedung kelas 11. Kelas kami cukup luas untuk menampung 18 meja dan 36 kursi, ditambah sepasang meja dan kursi untuk guru di depan kelas. Kami menggelar karpet di ruang kosong di belakang kelas dan membuatnya sebagai pojok baca berhubung di sana juga terdapat rak yang berisi cukup banyak buku. Kami juga menyimpan pengharum ruangan di atas rak buku untuk membuat kelas terasa lebih segar.

Dua papan tulis putih besar yang ditempel di dinding depan kelas selalu tampak bersih ketika tidak sedang pada jam pelajaran karena petugas piket selalu rajin membersihkannya. Buku-buku dan benda lainnya yang terdapat di dalam lemari besar di sebelah meja guru juga selalu tersusun dengan rapi. Pada dinding di sisi kanan dan kiri kelas, kami tempel beberapa hasil karya kami sehingga kelas tidak tampak membosankan.

2. Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata

Bandung
By: Dilla

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang juga merupakan ibukota Provinsi Jawa Barat. Kota yang dijuluki sebagai “Kota Kembang” karena keasriannya ini bukan kota yang asing bagi rakyat Indonesia, bahkan turis mancanegara seringkali menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan utama destinasi wisatanya.

Bandung yang dikelilingi pegunungan yang membuatnya selalu terasa sejuk ini memiliki makanan yang beragam. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bandung dengan tujuan mencicipi kuliner Bandung yang khas. Tidak hanya menyuguhkan kuliner yang enak, Bandung juga memiliki banyak destinasi untuk berbelanja. Mulai dari oleh-oleh, sepatu, pakaian, hingga buku-buku tua. Tidak heran jika akhirnya Bandung disebut sebagai “Paris-nya Indonesia”, yang bermula dari Jalan Braga yang dulunya menjadi tempat berkumpul dan berbelanja orang-orang Belanda.

Bandung juga merupakan kota yang bersejarah sehingga selain menarik wisatawan yang senang berbelanja, Bandung juga menjadi magnet bagi para wisatawan pecinta sejarah. Di kota yang menjadi latar peristiwa Bandung Lautan Api ini juga pernah dilangsungkan Konferensi Asia Afrika sehingga Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India, pernah menyebut-nyebut Bandung sebagai ibukota Asia-Afrika.

3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Orang

Diva
By: Dilla

Diva adalah teman dekatku yang baru kukenal ketika aku memasuki SMA. Kami duduk satu meja sejak hari pertama sekolah dan menjadi dekat karenanya.

Diva memiliki rambut ikal sebahu. Rambutnya cokelat terang alami. Alisnya cukup tebal dan membentuk lengkungan sempurna di atas matanya yang selalu tampak berbinar-binar dan menunjukkan antusiasmenya dalam banyak hal. Dagunya lancip dan pipinya selalu tampak kemerah-merahan ketika ia sedang merasakan sesuatu secara terlalu mendalam akibat warna kulitnya yang terang. Ia seringkali tidak merasa percaya diri dengan hidungnya yang tidak terlalu mancung, namun sesungguhnya ia sangat cantik.

Diva merupakan seorang yang baik dan rendah hati. Meskipun pintar dan sering menduduki peringkat atas di kelas kami, ia tidak segan membantu mengajarkan teman-teman lain yang kesulitan dalam belajar. Ia juga seorang pendengar yang baik dan bisa memberi nasihat maupun dukungan emosional lain ketika ada temannya yang sedang bersedih. Ia pun sering membawa banyak makanan untuk dibagi-bagikan dengan teman-teman sekelas. Kepribadiannya yang baik ini membuatnya disukai banyak orang.

4. Contoh Teks Deskripsi Tentang Makanan

Batagor
By: Dilla

Batagor, yang merupakan akronim dari bakso tahu goreng, adalah jajanan khas Bandung yang kini sudah dikenal di Indonesia. Makanan yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia ini merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat karena rasanya yang enak.

Batagor berbahan dasar kulit pangsit, tepung sagu, daging ikan tenggiri, dan telur. Batagor disajikan dengan bumbu kacang. Untuk menambah cita rasa, bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis, sambal atau saus, dan kecap.

Batagor merupakan jajanan yang digemari, tidak hanya karena rasanya yang enak, tetapi juga karena harganya yang terjangkau. Dewasa ini, batagor tidak hanya dijual di pinggir jalan, tetapi juga di rumah makan besar. Batagor juga sudah tersebar luas di Indonesia, tidak hanya dijual di Bandung.

5. Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Meja Belajar
By: Dilla

Aku memiliki sebuah meja belajar. Meja ini belum lama kubeli dan merupakan tempat favoritku untuk belajar.

Selain disebut meja belajar, meja ini juga bisa disebut lemari belajar karena di sebelah kiri meja terdapat lemari berdinding kaca tempatku menyimpan buku-buku pelajaran sekolah dan referensi. Meja belajarku yang berwarna putih ini dilengkapi tiga laci di sebelah kanan bawahnya. Di laci ini aku menyimpan buku-buku yang sifatnya lebih pribadi, seperti jurnal harian, dan sebagainya. Di atas meja juga terdapat rak tempatku menyusun hiasan dan beberapa foto.

Meski banyak barang yang kugunakan, meja belajarku selalu tampak rapi karena aku selalu rajin membereskannya. Aku juga menempelkan beberapa stiker yang dapat memotivasiku di meja. Lampu belajar yang kuletakkan di atas meja menambah kenyamananku dalam belajar karena penerangan yang kubutuhkan tidak pernah kurang.

6. Contoh Teks Deskripsi Singkat

Harry Poter
By: Dilla

Harry Potter adalah salah satu karakter fiksi yang digemari banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun banyak yang menggemari kisahnya.

Novel Harry Potter pertama kali terbit pada tahun 1997. Harry, sebagai tokoh utama cerita yang judulnya diambil dari namanya tersebut, adalah seorang bocah lelaki yang memiliki rambut hitam tebal yang selalu berantakan dan mata hijau cemerlang yang menurun dari ibunya. Rambutnya hitam tebal dan selalu tampak berantakan. Tubuhnya kurus sehingga baju bekas sepupunya yang gendut, Dudley, selalu tampak kebesaran. Ciri khas lain yang menonjol dari Harry adalah bekas luka dengan bentuk sambaran petir di dahinya.

Harry adalah sosok yang pemberani sehingga ia ditempatkan di asrama Gryffindor yang berisi orang-orang yang berani hatinya. Meski seringkali melakukan sesuatu yang ceroboh, Harry adalah sosok yang setia kawan dan mau berkorban untuk orang-orang yang dicintainya.

7. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

SMA Taruna Bangsa
By: Dilla

SMA Taruna Bangsa adalah sebuah sekolah menengah atas dengan akreditasi sangat baik yang terletak di pusaat kota. Letaknya yang strategis membuat warga sekolah senang bersekolah di sana karena dekat dengan pusat perbelanjaan dan banyak restoran dan kafe yang nyaman dan menjual makanan dengan harga murah. Kafe-kafe itulah yang kemudian menjadi tempat nongkrong banyak siswa SMA Taruna Bangsa.

SMA Taruna Bangsa terbagi menjadi tiga gedung, yaitu gedung kelas 12, gedung kelas 11, dan gedung kelas 10 bergabung dengan ruang guru dan tata usaha yang menghubungkannya dengan gedung kelas 11, sedangkan gedung kelas 11 dan gedung kelas 12 dihubungkan dengan kantin. Kantin yang luas dan menjajakan banyak jajanan enak dan beragam itu merupakan salah satu tempat favorit para siswa. Ketiga gedung itu menghadap ke lapangan upacara.

Lantai empat gedung kelas 11 dikhususkan untuk ruang olahraga dan ekstrakurikuler, sedangkan musala dan perpustakaan terdapat di gedung kelas 12. Ruang olahraga dan ekstrakurikuler dipakai bergantian sehingga keadaan di dalamnya selalu berubah-ubah, tergantung siapa yang sedang memakainya. Perpustakaan SMA Taruna Bangsa memiliki koleksi buku yang cukup lengkap, mulai dari buku-buku pelajaran sekolah dan referensi, buku-buku pengembangan diri, sampai novel dan beberapa komik.

8. Contoh Teks Deskripsi Tentang Kota

Jakarta
By: Dilla

Jakarta, selain menjadi pusat pemerintahan Indonesia, memiliki banyak keunikan. Salah satunya adalah kota ini memiliki banyak sekali pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan yang terbesar dan tertua adalah Pasar Tanah Abang dan Pasar Senen. Tidak hanya memiliki banyak pusat perbelanjaan yang menarik minat wisatawan, Jakarta juga memiliki rumah sakit terbesar dan terlengkap di Indonesia, yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sehingga tidak hanya memanjakan warganya dengan pusat perbelanjaan, Jakarta juga menawarkan fasilitas kesehatan yang memadai.

Berbagai hal yang disajikan di Jakarta seolah menjadi magnet bagi orang-orang untuk tinggal di sana. Hal inilah yang kemudian menyebabkan jalanan di Jakarta sangat padat dan macet. Untuk itu, di Jakarta telah dibangun jalan tol dalam kota yang menghubungkan Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Timur, dan Utara. Selain itu dibangun pula tol lingkar luar untuk menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekelilingnya karena tol dalam kota tetap tidak mampu menampung volume kendaraan.

9. Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Taman Pintar Yogyakarta
By: Dilla

Taman Pintar Yogyakarta merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Kota Yogyakarta. Tidak hanya digunakan untuk rekreasi, Taman Pintar Yogyakarta juga menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak yang masih ada dalam masa perkembangan.

Taman Pintar Yogyakarta terdiri dari beberapa gedung yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di gedung kotak, misalnya, terdapat sepuluh area yang terdiri dari area koleksi keris, area replica candi, area otomotif, area peraga turbulensi, dan sebagainya. Di setiap area itulah pengunjung dapat menyaksikan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan area tersebut. Ada pula gedung yang berbentuk oval. Di dalam gedung oval inilah terdapat berbagai hal yang berkaitan dengan sains, sedangkan gedung memorabilia berisi sejarah Indonesia.

Beragamnya wahana unik yang ditawarkan di Taman Pintar Yogyakarta ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Taman ini membuktikan bahwa belajar juga dapat sambil bersenang-senang dan berekreasi.

10. Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata

Museum Louvre
By: Dilla

Museum Louvre merupakan museum yang terletak di Paris, Prancis, yang menjadi salah satu museum seni terbesar dan paling sering dikunjungi. Museum ini merupakan sebuah monumen yang bersejarah karena ribuan benda dari zaman prasejarah hingga abad 19 dipamerkan di sini.

Museum Louvre memamerkan karya seninya dalam delapan departemen kuratorial, seperti koleksi Purbakala Timur Dekat, Seni Islam, Seni Dekoratif, dan lain-lain. Koleksi Seni Islam pada awalnya tergabung dalam departemen Seni Dekoratif, namun kemudian berpisah pada tahun 2003. Hal ini yang menjadikan departemen Seni Islam merupakan departemen terbaru di Museum Louvre. Di departemen Seni Dekoratif sendiri terdapat lukisan Mona Lisa yang terkenal.

Museum ini menyajikan berbagai karya seni yang selain unggul dalam nilai estetika juga memiliki nilai sejarah. Oleh karena itu, tidak heran jika museum ini menjadi salah satu destinasi wisata utama ketika berkunjung ke Prancis.

Baca juga: Teks berita

Sekian pembahasan tentang contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Semoga dengan kumpulan contoh teks deskripsi di atas, wawasan Anda bertambah dan Anda jadi bisa menulis teks deskripsi buatan Anda sendiri. Terima kasih dan semoga bermanfaat.