Contoh tajuk rencana

5 Contoh Tajuk Rencana Singkat Yang Baik Dan Benar

Diposting pada

Contoh tajuk rencana – Dalam materi bahasa Indonesia, tentu kita sudah mengenal tentang “Tajuk Rencana“. Mungkin tidak semua yang tahu menaung mengenai hal ini, tapi saya yakin bahwa sebagian orang sudah pernah mendengarnya. Entah itu ketika mereka masih sekolah atau menemui di berita-berita.

Berdasarakn artinya, tajuk rencana biasanya disebut juga dengan editorial. Dimana secara umum ini terdapat pada surat kabar, jika ingin tahu seringlah membaca disana. Pasalnya, tajuk rencana ini juga biasanya sesuatu topik yang banyak di bicarakan oleh masyarakat di sekitar.

Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan terhadap tajuk rencana dengan lengkap. Disini, tidak hanya pengertian dan penjelasannya saja. Karena saya akan mengulas lengkap yaitu dengan contoh tajuk rencana singkat yang baik dan benar.

Baca juga: Contoh notulen rapat

Contoh Tajuk Rencana Singkat Yang Baik Dan Benar

Tajuk rencana pada surat kabar ini bisa diartikan sebagai pendapat dari media kepada penerbit. Atau opini mengenai hal-hal seperti kontrovesional, fenomencontal, maupun persoalan faktual yang berkembang di beberapa kalangan masyarakat.

Perlu diketahui bahwa dalam contoh tajuk rencana ini memiliki beberapa aspek yaitu sebagai berikut :

a. Judul

Judul yang ditulis dalam tajuk rencana ini harus singkat, padat, dan jelas. Yang terpenting adalah menarik untuk dibaca.

b. Latar Belakang Masalah

Hal ini ditujukan oleh penulis untuk mengetahui latar belakang sebuah masalah yang akan dihadapinya. Misalnya pada faktor maupun penyebab dari topik yang akan ditulis.

c. Tokoh

Ini juga harus diperhatikan, dimana tokoh akan dikaitkan dengan masalah ataupun peristiwa yang bakalan terjadi.

d. Masalah

Sebagai penulis harus bisa mengambil masalah yang sering terjadi menjadi topik yang sangat menarik perhatian orang agar membacanya.

e. Peristiwa Yang Dijabarkan

Pada aspek contoh tajuk rencana ini maksudnya adalah penulis harus menjabarkan dengan secara runtut yang sesuai dengan kejadian.

f. Pendapat Penulis

Opini penulis ini harus disampaikan dengan cara sopan dan santun. Terpenting adalah enak dibaca.

g. Saran dan Solusi Permasalahan

Penulis selain mencari masalah, juga harus memberikan saran dan solusi untuk memecahkan persoalannya yang dihadapi.

h. Kesimpulan

Terakhir penulis harus mampu menyimpulkan dari seluruh contoh tajuk rencana dari awal sampai akhir.

Contoh Tajuk Rencana “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan”

Pendidikan sudah menjadi kebutuhan semua manusia dan menjadi kunci untuk kemajuan sebuah bangsa. Pastinya kita sadar bahwa dengan pendidikan yang berkualitas, kesempatan untuk sejajar dengan bangsa lain yang sudah lebih maju kian besar. Namun, faktanya bahwa kualitas pendidikan di Indonesia tidaklah sebagus dengan negara lain.

Lembaga pendidikan mengupayakan beberapa cara untuk menciptakan lulusan yang berkualitas untuk mengantisipasi perubahan dan tantangan yang semakin sulit. Keberhasilan tidak lepas dari segala kondisi.

Nah, untuk mencapai keberhasilan meningkatnya mutu pendidikan maka dilakukan beragam upaya dengan sungguh-sungguh untuk mencari solusi dari permasalah yang akan dihadapi.

Usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan menjadi penting dalam rangka menjawab tantangan Globalisasi, Kemajuan IPTEK, dan pergerakan tenaga ahli yang sangat masif.

Lembaga pendidikan di tuntut untuk dapat melahirkan keluaran pendidikan yang berkualitas karena perlombaan antar bangsa berlangsung sangat sengit dan intensif. Sehingga memiliki keahlian dan kompetensi profesional yang siap menghadapi kompetisi global.

Di era teknologi semacam saat ini, guru tidak satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Namun peran guru telah berubah menjadi motivator, fasilitator, dan dinamisator. Bahkan ada internet yang di dalamnya membuat banyak web yang menyediakan materi belajar.

Dalam keadaan seperti inilah diharapkan guru memberikan peran lebih besar karena peran pendidik tidak bisa digantikan oleh siapapun dan apapun di era apapun.

Sehingga untuk melakukan peran tersebut secara efektif maka diperlukan peningkatan langkah dan usaha yang jelas dan tepat. Beberapa usaha peningkatan kualitas pendidikan adalah tantangan terbesar yang harus segera dilakukan oleh pemerintah.

Contoh Tajuk Rencana “Korupsi Masih Berjaya”

Kita kembali dikejutkan dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhir pekan lalu. Komisi antirasuah itu menangkap Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DKI Jakarta. Subandrio Jiwo dari Partai Gerindra yang diduga telah menerima suap sebesar Rp. 2,14 M dalam dua tahap dari PT Sumber Kencono.

Penangkapan itu terkait dengan pembahasan aturan reklamasi pesisir dan pulau-pulau kecil di Jakarta Utara. Selain itu, KPK juga menangkap Presiden Direktur PT Sumber Kencono, Hendra Kusuma dan seorang karyawannya, Hasan Susilo. KPK pun mencegah chariman Sumber Kencono Group, Muadim yang hendak berpergian ke luar negeri.

Sebelumnya, KPK menangkap dua pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Kali Brantas (Persero) serta seorang dari pihak swasta di sebuah hotel di bilangkan Cawang, Jakarta Timur. Ketiga orang tersebut antara lain Joko selaku Direktur Keuangan, Danu selaku manajer, dan Gentalo selaku pihak swasta. Dari ketiganya, KPK berhasil menyita uang $148,835 AS.

Penangkapan itu terkait dengan upaya penghentian penyidikan kasus korupsi PT Kali Brantas di Kejaksaan Tinggi Jakarta. Dua orang jaksa, yaitu Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dadang Susilo dan Asisten tindak Pidana Khusus Kejati DKI Jakarta Soetomo Garut pun ikut serta diperiksa karena di dua ada kaitan dengan kasus tersebut.

Kembali ditangkapnya anggota legislatif, pejabat negara dari BUMN dan pengusaha maupun swasta oleh KPK memperlihatkan bahwa reformasi yang bertujuan mengubah sistem korup kini justru dikuasai oleh pihak-pihak yang menguasai sistem strategis.

Seperti pada penangkapan-penangkapan sebelumnya, hal tersebut hampir selalu diwarnai oleh kekagetan orang-orang dan keluarga dekat pelaku. Namun, faktanya, ini sungguh terjadi dan terjadi lagi. Betapa tidak, seorang berperilaku baik dan selalu mengumandangkan perang terhadap korupsi, ternyata ikut tergelincir ke kubangan perbuatan tidak terpuji ini.

Jika ditelusuri, kondisi ini antara lain disebabkan oleh semakin ringannya vonis untuk koruptor. Kalau di tahun 2013 rata-rata lama vonis penjara terpidana korupsi adalah 2 tahun 11 bulan, maka pada tahun 2015 menjadi 2 tahun 2 bulan. Pada saat yang sama, makin terkikisnya budaya malu membuat masyarakat permisif dan bahkan cenderung mudah melupakan pelaku koruptor.

Contoh Tajuk Rencana “Bullying”

Pergaulan anak sekolah saat ini sedang menjadi perbincangan di berbagai kalangan masyarakat. Lebih-lebih seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak beredarnya video bullying. Bahkan pelaku dan korban kasus pembullyan adalah anak sekolah itu sendiri.

Sering kita jumpai hal ini terjadi di sekolah yang dilakukan oleh para senior terhadap adik-adik junironya. Siswa senior tersebut mempunyai anggapan bahwa dirinya memperoleh respect dari juniornya. Bahkan siswa-siswi tersebut tidak segan untuk melakukan beberapa cara untuk mempermalukan juniornya seperti pemberian hukuman secara fisik atau tindakan yang bersifat negatif lainnya.

Kasus bullying yang terjadi di kalangan anak sekolah memang sudah bersifat turun temurun. Bahkan sudah menjadi budaya di kalangan senior dalam memberi pelajaran di kalangan junior walau dengan cara yang salah. Lalu, siapa yang patut disalahkan dalam hal ini?

Apabila kita lihat beberapa tahun ke belakang, kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah sarana pembullyan anak sekolah, baik dalam tingkat SMP, SMA, dan perkuliahan. Tujuan MOS sebenarnya untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, melatih kekompakan antar siswa, dan hal-hal positif lainnya. Akan tetapi kenyataannya malah disalah gunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif seperti kekerasan fisik.

Saat ini kegiatan MOS telah ditiadakan bahkan sudah dirubah sistemnya. MOS saat ini dilakukan oleh pihak guru untuk membekali siswa-siswi baru sesuai epraturan Permendikbud Nomor 18 tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Tetapi amsih ada sisa-sisa pembullyan yang terjadi dikalangan anak sekolah. Siapa yang patut disalahkan?

Jika tindakan pembullyan terjadi di lingkup sekolah maka yang patut disalahkan yaitu pihak sekolah karena sudah lalai dalam mengawasi kegiatan siswanya. Akant etapi bullying dilakukan di luar sekolah maka yang patut disalahkan adalah pelaku dan pihak orang tua karena kurang mengawasi tindakan anak-anaknya.

Dalam video bullying yang sedang vial saat ini, peristiwa tersebut terjadi di luar jam sekolah dan diluar lingkup sekolah. Maka dari itu pihak yang perlu disalahkan adalah orang tua dari pelaku itu sendiri. Akan tetapi pihak sekolah pun harus menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. Terlepas dari hal-hal tersebut, tindakan bullying memang patut diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk membimbing anak menjadi lebih baik suapya tidak terjadi hal-hal semacam ini lagi.

Contoh Tajuk Rencana “Ujian Nasional Online Apakah Perlu ?”

Beberapa bulan lagi ujian nasional bakal dilaksanakan di tingkat SD sampai SMA. Nah, Kemendikbud menambahkan aturan baru yakni pelaksanaan ujian nasional secara online di beberapa sekolah.

Dilihat dari keadaan dan situasi lapangan sekarang ini, rencana ini belum tepat dan perlu dipertimbangkan kembali karena permaslaahan seperti infrastruktur yang belum merata dan kurangnya pengetahuan dari tenaga ahli di beberapa sekolah.

Padahal hal tersebut sangatlah baik. Apabila pelaksanaan ujian nasional online tetap dilaksanakan, maka beberapa sekolah bakal kesulitan. Hal ini dikarenakan kurang memadai fasilitas seperti listrik, komputer, dan lain-lain.

Coba bayangkan misalnya di sekolah terdapat 550 siswa yang bakal mengikuti ujian nasional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah agar lancar semua dapat melaksanakan ujian nasional online tersebut.

Pastinya membutuhkan komputer yang banyak. Dan jika tetap dipaksakan maka salah satunya yakni dengan menggunakan komputer secara bergantian. Namun hal ini rentan bakal timbulnya kecurangan dalam ujian nasional.

Selain itu kurangnya tenaga ahli di beberapa sekolah pun menjadi masalah, karena tentu beberapa skeolah bakal bingung dalam pelaksanaan karena tidak mengerti bagaimana melaksanakannya.

Sudah menjadi keharusan bagi pemerintah apabila memang ingin terlaksana ujian nasional. Dengan syarat bahwa pemerintah harus menjamin ketersediaan infrastruktur yang mendukung serta tidak terburu-buru agar bisa terlaksana.

Pemerintah juga wajib melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah yang jauh sebelum ujian nasional supaya tidak menimbulkan masalah pada umumnya.

Baca juga: Contoh kartu nama yang bagus

Contoh Tajuk Rencana “Pendidikan Formal hanya Membuat Orang Pintar Namun Tidak Terdidik”

Di jaman saat ini banyak terjadi tindakan yang memalukan di negara ini, misalnya korupsi, sual dan lain sebagainya. Namun anehnya pelaku tindakan kejahatan tersebut yaitu orang pintar yang memiliki gelar sarjana dari lulusan universitas yang terkenal.

Melihat fenomena tersebut, sepertinya ada yang tidak benar dengan pola pendidikan formal di Negara ini yang semestinya sudah harus dikaji ulang. Dalam pendidikan formal jaman saat ini telah mengajarkan tentang banyak hal termasuk di negara ini sendiri. Sehingga menghasilkan orang pintar namun sayangnya tidak terdidik dan tidak mempunyai budi pekerti yang baik.

Akibatnya orang pintar tersebut malah menjadi orang yang jahat, maling, menindas kaum yang lemah. Padahal seharusnya mereka menjadi penolong dan pemimpin yang baik untuk menciptakan manfaat bagi banyak orang.

Banyak orang terhormat di negara ini yang tertangkap tangan melakukan tindakan penyuapan atau korupsi. Bahkan mereka berpendidikan tinggi dan mengaku beragami, namun tindakannya sangat merugikan dan memalukan.

Bahkan tindakan tersebut ada yang dilakukan bersama teman-temannya yang katanya juga “terhormat”. Lebih miris lagi ketika mereka tertangkap oleh pihak berwajib mereka bersikap tenang dan melemparkan senyum lebar pada masyarakat yang seolah-seolah mereka tidak merasa bersalah dan senang dengan apa yang diperbuatnya.

Apa mereka tidak mengetahui dan tidak pernah diajari bahwa memakan uang yang bukan haknya adalah perbuatan dosa dan hukumnya haram untuk mereka.

Memang mereka itu sudah kehilangan akan sehat dan putus sudah urat malunya. Untuk itu sistem pendidikan formal yang ada saat ini harus segera diperbaiki dengan tidak hanya mementingkan hasil, namun juga proses supaya tercipta orang pintar yang memiliki akhlak yang baik.

Nah, itulah diatas yang bisa saya ulas mengenai contoh tajuk rencana lengkap. Semoga dengan adanya versi contoh dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel yang menarik hanya di Sudutsekolah.com.