[LENGKAP] 10+ Contoh Surat Pribadi Singkat Untuk Sahabat, Guru, Teman, Ibu

Diposting pada

Contoh surat pribadi – Selamat datang di blog Sudut Sekolah. Setelah beberapa hari kemarin kita sempat mempelajari mata pelajaran agama Islam, maka pada artikel kali ini kita akan mempelajari salah satu materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang akan kita bahas kali ini adalah tentang surat pribadi, lebih tepatnya contoh surat pribadi. Adapun beberapa poin materi yang akan kita pelajari kali ini, diantaranya adalah pengertian surat pribadi, ciri-ciri surat pribadi, jenis-jenis surat pribadi, struktur surat pribadi, dan yang terakhir adalah contoh surat pribadi.

Contoh surat pribadi yang akan kita pelajari di artikel ini adalah contoh surat pribadi untuk sahabat, contoh surat pribadi untuk guru, contoh surat pribadi untuk teman, dan contoh surat pribadi untuk ibu. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk dikirimkan kepada siapa saja yang kamu kehendaki, entah itu sahabat, guru, teman maupun ibu.

Baca juga: Contoh surat perjanjian

Bahasan materi kali ini cukup panjang. Karena, sebelum kita masuk pada bahasan utamanya, yaitu contoh surat pribadi, kita harus mengetahui materi-materi dasarnya terlebih tahu.

Pengertian Surat Pribadi

Apa yang dimaksud dengan surat pribadi, berikut penjelasan singkat tentang pengertian surat pribadi.

Surat pribadi adalah jenis surat yang ditulis untuk keperluan pribadi atau personal yang ditujukan kepada pihak lain, baik seseorang maupun organisasi atau perusahaan, dan menggunakan bahasa tidak baku.

Surat pribadi tidak mempunyai aturan yang mengikat, cara penulisannya pun sesuai dengan selera masing-masing penulis. Bahasa yang digunakan juga tidak harus baku, kebanyakan surat pribadi ditulis dengan menggunakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari. Walaupun begitu, etika dan bahasa yang sopan harus tetap digunakan dan juga disesuaikan kepada siapa surat pribadi tersebut ditujukan.

Berdasarkan isinya, surat pribadi dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Surat pribadi bersifat tidak resmi. Yaitu suatu surat pribadi yang dibuat dan dikirim seseorang kepada kerabat atau keluarganya. Bahasa yang digunakan tidak baku, tetapi tetap menggunakan bahasa yang sopan.
  2. Surat pribadi bersifat setengah resmi. Yaitu suatu surat pribadi yang dibuat dan dikirim seseorang secara personal atau pribadi kepada pejabat, organisasi, instansi atau perusahaan. Surat pribadi yang bersifat setengah resmi ini menggunakan bahasa baku dengan beberapa aturan tertentu.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Untuk mengetahui dan mengenali bahwa sebuah surat adalah surat pribadi, maka kita perlu mempelajari karakteristiknya. Oleh karena itulah ada yang disebut dengan ciri-ciri surat pribadi. Lalu, apa saja ciri-ciri surat pribadi itu? Berikut beberapa ciri-ciri surat pribadi.

  1. Surat pribadi tidak dilengkapi dengan kop surat / kepala surat.
  2. Surat pribadi tidak mempunyai nomor surat.
  3. Salam pembuka dan penutup pada surat pribadi bersifat nonformal dan santai.
  4. Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan kepada siapa surat pribadi tersebut ditujukan. Menggunakan bahasa baku jika bersifat resmi, dan bahasa tidak baku jika sifatnya tidak resmi. Tapi, kebanyakan surat pribadi menggunakan bahasa tidak baku dan bahasa sehari-hari.
  5. Format surat pribadi bebas dan tidak ada aturan yang mengikat.

Itulah 5 ciri-ciri surat pribadi. Setelah mempelajari ciri-cirinya, maka kita bisa menjadi lebih mudah untuk mengenali sebuah surat pribadi. Ciri-ciri di atas berfungsi agar kita bisa mengenali dan mengetahui contoh surat pribadi, misalnya saja contoh surat pribadi untuk sahabat atau surat pribadi untuk teman.

Jenis-Jenis Surat Pribadi

Setelah paham dengan pengertian surat pribadi dan ciri-ciri surat pribadi, hal selanjutnya yang harus kita ketahui dan pelajari adalah jenis-jenis surat pribadi. Berikut jenis-jenis surat pribadi:

1. Surat Pribadi Kekeluargaan

Jenis surat pribadi yang pertama adalah surat pribadi kekeluargaan. Jenis surat pribadi ini digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat atau orang-orang yang dikasihi. Surat pribadi kekeluargaan menggunakan bahasa yang tidak baku dan biasanya ditulis dengan tulisan tangan.

Surat pribadi jenis ini bisa dengan mudah ditemukan. Tapi mungkin di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, jenis surat pribadi kekeluargaan yang ditulis secara fisik sudah jarang ditemukan. Karena masyarakat lebih sering menggunakan jenis surat elektronik, termasuk untuk mengirim surat pribadi kekeluargaan ini.

2. Surat Pribadi Setengah Resmi

Surat pribadi setengah resmi adalah jenis surat pribadi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan suatu organisasi atau instansi. Dalam penggunaan bahasa dan penulisan formatnya juga sedikit berbeda. Yang pasti, harus menggunakan bahasa baku dan sopan. Surat pribadi setengah resmi dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • Surat lamaran kerja : surat yang dibuat dan dikirim kepada pihak lain demi keperluan melamar sebuah pekerjaan. Surat lamaran kerja menggunakan bahasa yang baku, baik dan sopan.
  • Surat permohonan : surat yang dibuat dan dikirim kepada pihak lain baik pribadi, maupun organisasi/instansi untuk mengajukan sebuah permohonan.

3. Surat Perkenalan

Jenis surat pribadi yang ketiga adalah surat perkenalan. Sama seperti namanya, surat ini dibuat dengan tujuan untuk menjalin sebuah hubungan pertemanan kepada seseorang.

4. Surat Cinta

Surat cinta, siapa yang tidak tahu surat cinta? Surat cinta termasuk ke dalam jenis surat pribadi. Surat cinta digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta atau kasih sayang kepada orang yang dikehendaki.

5. Surat Antar Kawan

Surat antar kawan adalah surat yang ditulis seseorang kepada teman untuk saling bertukar informasi atau hanya bertukar kabar.

6. Surat Ucapan Selamat

Dan jenis surat pribadi yang terakhir adalah surat ucapan selamat. Surat ucapan selamat digunakan untuk memberikan ungkapan apresiasi atau ucapan selamat atas sesuatu, misalnya ulang tahun atau suatu penghargaan.

Struktur Surat Pribadi

Surat pribadi mempunyai struktur. Struktur atau bagian-bagian ini digunakan untuk membentuk surat pribadi agar menjadi satu kesatuan yang utuh dan lengkap. Berikut struktur surat pribadi.

1. Alamat dan Tanggal Penulisan Surat

Struktu surat pribadi yang pertama adalah alamat dan tanggal penulisan surat. Penulisa menuliskan alamat tempat dia tinggal serta kapan surat tersebut ditulis.

2. Salam Pembuka

Salam pembuka berfungsi sebagai pembuka untuk memulai komunikasi pada sebuah surat pribadi. Salam pembuka pada surat pribadi biasanya tidak formal dan tidak menggunakan bahasa yang baku. Berikut beberapa contoh salam pembuka pada surat pribadi :

  • Hai …
  • Assalamu’alaikum
  • Salam sejahtera
  • Dear …

3. Paragraf Pembuka

Biasanya berisi kalimat menanyakan kabar sang penerima surat, atau hanya sekadar untuk basa-basi. Contohnya : “Halo Rafi, hari ini sibuk gak? Kalo gak sibuk pasti kamu baca suratku, gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja yaa“.

4. Paragraf Isi

Pada bagian inilah maksud dan tujuan utama penulis membuat surat dijelaskan. Baiknya, tujuan surat ditulis disampaikan dengan jelas dan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

5. Paragraf Penutup

Dan struktur surat pribadi yang terakhir adalah paragraf penutup. Paragraf penutup digunakan untuk menutup atau mengakhiri surat pribadi. Kalimat yang digunakan biasanya harapan, permohonan maaf, dan lain-lain

Contoh Surat Pribadi

Setelah mempelajari semua materi dasar surat pribadi, sekarang saatnya kita tiba pada inti pembelajaran materi kali ini, yaitu contoh surat pribadi. Pada artikel ini blog Sudut Sekolah akan memberikan beberapa contoh surat pribadi.

Contoh surat pribadi sendiri ada banyak dan berbagai macam, diantaranya contoh surat pribadi untuk sahabat, contoh surat pribadi untuk teman, contoh surat pribadi untuk guru dan contoh surat pribadi untuk ibu.

Baca juga: Contoh surat keterangan kerja

Nah berikut ini semua contoh surat pribadi untuk sahabat, contoh surat pribadi untuk teman, contoh surat pribadi untuk guru dan contoh surat pribadi untuk ibu.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 1

Dear Tsabita

Halo sahabatku 🙂
Sudah lama kita tidak bertemu. Apa kabar? Aku mengirimkan surat ini karena ingin memberitahukanmu sesuatu. Lusa nanti aku akan kembali ke tanah air dan kuharap kita bertemu. Apa kamu ada waktu luang? Temui aku lusa nanti pada jam 17:30 WIB. Kutunggu kedatanganmu ^^.

Salam cinta,
Shinta

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 2

Untuk Dena

Assalammualaikum Dena. Aku mengirimkan surat ini untuk mengajakmu ke acara festival di Gelora Bung Karno. Apa kamu ada waktu? Acaranya diadakan hari sabtu, 26 Januari 2019. Kalau kamu ada waktu kabari aku ya. Akan kujemput kamu. Kutunggu balasanmu ya!

Salam
Gina

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 3

Kepada si cantik kesayanganku,

Halo Silviku!! Apa kabar? Semoga keadanmu baik-baik saja. Selamat ya Silvi atas kemenanganmu dalam lomba marathon tempo hari. Kamu keren sekali loh! Larimu cepat seperti Puma!! Aku bangga bisa menyaksikan perlombaan sahabatku ini~ Tidak tahu kan aku hadir di perlombaanmu? Hahaha. Sekali lagi selamat ya.. Aku bangga padamu. Nanti kita rayakan kemenanganmu ya. Sampai bertemu lagi.

Salam manis
Vidia

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru 1

Assalammualaikum

Untuk Bu Dirma,
Sebelumnya maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya lakukan. Bersama surat ini saya ingin meminta maaf atas kejadian tadi pagi di sekolah. Saya mengaku salah. Saya memohon kebaikan dan kelapangan hati ibu untuk memaafkan saya. Saya tahu dan saya paham bila kelakuan saya itu tidak termaafkan. Tapi semoga ibu dapat memaafkan kesalahan saya.. Mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Doni
Kelas 12 Mipa 4

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru 2

Kepada Bapak Rion

Saya Dina dari kelas 11 IPS 4. Dengan surat ini saya meminta kehadiran bapak untuk dapat mengisi acara pentas murid pada Jum’at, 9 Februari 2019 pada pukul 13:00. Saya berharap bapak dapat menghadiri acara tersebut.

Terima kasih atas perhatian bapak.
Dina

6. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru 3

Untuk Bapak Nurhadi

Sebelumnya saya meminta maaf bila bapak terganggu dengan adanya surat yang saya kirimkan ini. Maksud saya untuk menulis surat ini adalah karena saya ingin meminta bimbingan belajar dari bapak agar saya dapat menghadapi ujian fisika nanti. Saya berharap bapak bersedia dan memiliki waktu luang untuk membimbing saya. Mohon maaf atas terambil dan terganggunya waktu bapak. Saya mohon dengan sangat. Terima kasih.

Aldo Giordano
12 IPA A

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 1

Untuk Aidan,

Maaf Aidan bila surat ini datang mendadak. Aku mengirim surat ini karena aku ingin kamu datang ke rumahku. Aku ingin kamu membantuku untuk menyelesaikan tugas dasar Biologi kemarin. Aku mengharap kedatanganmu. Terima kasih.

Nadia

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 2

Kepada Jessica

Halo Jess. Hari Sabtu nanti ada acara ulang tahun di rumahku. Acaranya akan dimulai pukul 16:00. Tidak perlu pakaian mewah cukup yang rapi saja. Aku berharap kamu dapat datang ke acara ulang tahunku. Kehadiranmu akan sangat berarti untukku.

Salam
Nova

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu 1

Ibu,

Maaf bu hari ini aku belum bisa ke Jakarta. Masih ada yang harus kulakukan di Yogya. Tugasku masih belum terselesaikan. Mungkin akhir pekan aku baru bisa ke sana. Maaf ya bu. Semoga ibu sehat selalu.

Anakmu
Hariartono

Baca juga: Contoh surat balasan penawaran

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu 2

Untuk ibu,

Bagaimana kabar ibu? Maaf bu Rani baru bisa kirim surat sekarang. Anak rantau banyak kerjaannya. Hehehe… Saat liburan nanti aku akan pulang. Akan kubawakan oleh-oleh dari sini. Semoga ibu baik-baik di sana. Salam juga untuk bapak. Tunggu aku ya bu.

Rani

Nah, itulah pembahasan kita hari ini mengenai pengertian, struktur, jenis, ciri, dan contoh surat pribadi lengkap. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih.