14 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli, Kerjasama, Hutang

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli, Kerjasama, Hutang

Diposting pada

Contoh surat perjanjian – Pada artikel kali ini, Sudut Sekolah akan kembali memberikan beberapa contoh teks, lebih tepatnya contoh surat perjanjian. Di mana artikel kali ini masih termasuk ke dalam kategori mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan yang lebih dalam, maka sebaiknya Anda harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan surat perjanjian.

Baca juga: Contoh surat balasan penawaran kerjasama

Pengertian Surat Perjanjian

Contoh Surat Perjanjian

Surat perjanjian adalah sebuah surat yang menyatakan dua belah pihak yang sudah sepakat dan mempunyai sebuah perjanjian. Surat perjanjian juga wajib ditandatangani oleh kedua belah pihak yang terlibat.

Perjanjian dilakukan ketika ada dua belah pihak yang saling sepakat, dan saling berkomitmen atau membuat sebuah kesepakatan atas suatu hal. Kedua belah pihak di sini bisa seseorang, kelompok, perusahaan atau instansi tertentu. Biasanya, dalam membuat perjanjian ini, diperlukan sebuah tanda yang bisa dijadikan sebagai bukti nyata bahwa kesepakatan atau perjanjian tersebut memang terjadi sebagaimana adanya. Perjanjian juga bisa dibuat dalam 2 bentuk, yakni lisan dan tertulis

Perjanjian tentu saja bisa dibuat melalui bentuk lisan atau omongan. Tapi, omongan hanyalah sekadar omongan. Perjanjian yang dibuat dalam bentuk lisan dinilai tidak resmi dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang kuat. Mengapa begitu? Karena perjanjian bentuk lisan tidak bisa bertahan lama dan tidak ada bukti fisiknya. Berbeda dengan perjanjian yang dibuat dengan bentuk tulisan.

Bentuk tertulis dari sebuah perjanjian tentu saja mempunyai kekuatan hukum yang lebih kuat. Maka dibutuhkan lah sebuah surat perjanjian. Dengan adanya surat perjanjian, jika pada suatu hari terjadi sengketa, maka dua belah pihak yang bersangkutan bisa menyelesaikan masalahnya dengan dasar dari surat perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya. Di sini surat perjanjian berperan sangat penting. Karena, dengan adanya surat perjanjian, maka kedua belah pihak menjadi dimudahkan dalam menyelesaikan masalahnya di kemudian hari. Dan minimnya indikasi kecurangan karena masing-masing pihak sudah mendandatangani surat perjanjian yang telah dibuat.

Dalam sebuah surat perjanjian, biasanya berisi hak, kewajiban dan tanggung jawab dari masing-masing pihak yang harus dilakukan dan apa saja hal yang tidak boleh dilakukan. Seandainya ada salah satu pihak yang tidak mau mengalah dan melanggar kesepakatan dikemudian hari, dengan adanya surat perjanjian maka bisa dibawa ke ranah hukum.

Jenis Surat Perjanjian

Setelah mengetahui dan paham akan pengertian dari surat perjanjia, maka alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui jenis surat perjanjian. Walaupun terkesan sederhana, tetapi surat perjanjian ternyata cukup kompleks. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembagian jenis-jenis surat perjanjian ini.

Umumnya, surat perjanjian dibagi dalam 2 jenis, yaitu :

  1. Surat perjanjian autentik
    Surat perjanjian autentik adalah surat perjanjian yang pada saat pembuatannya, disaksikan secara langsung oleh pihak atau pejabat pemerintahan. Jadi, ada perwakilan dari pemerintahan yang menjadi saksi dalam pembuatan surat perjanjian tersebut.
  2. Surat perjanjian di bawah tangan.
    Sementara surat perjanjian di bawah tangan adalah kebalikan dari surat perjanjian autentik. Surat perjanjian di bawah tangan adalah surat perjanjian yang tidak disaksikan oleh pejabat pemerintahan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Sebuah Surat Perjanjian

Sama seperti halnya dengan surat keterangan kerja, surat perjanjian juga wajib memuat beberapa poin dan ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan. Hal ini membuktikan bahwa surat perjanjian tidak boleh dibuat asal dan harus dibuat dengan sebenar-benarnya. Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah surat perjanjian?

  1. Harus disertai materai
    Hal pertama yang wajib dimuat dan harus ada dalam surat perjanjian adalah materai. Materai biasa digunakan dalam urusan resmi, tak terkecuali dalam surat perjanjian. Jadi, surat perjanjian wajib disertai dengan materai. Jika tidak, maka surat perjanjian tersebut patut untuk dicurigai dan keasliannya akan diragukan.
  2. Dibuat tanpa paksaan
    Perjanjian merupakan sebuah kesepakatan antar dua pihak. Maka, dalam pembuatan surat perjanjiannya juga harus merupakan hasil dari kesepakatan dan tidak boleh ada unsur pemaksaan di dalamnya.
  3. Terdapat tanda tangan semua pihak dan saksi yang terlibat
    Poin ketiga ini juga sangat penting dan mempunyai peran yang besar. Tiap-tiap surat perjanjian harus disertai dengan tanda tangan masing-masing pihak dan semua saksi yang terlibat. Tanda tangan kedua pihak biasanya terletak di atas materai yang sudah ditempel pada surat perjanjian tersebut. Tanda tangan di sini membuktikan bahwa surat perjanjian tersebut dibuat dengan benar dan tidak sembarnagan.
  4. Kedua belah pihak harus dalam kondisi rohani yang segar
    Pada saat pembuatan surat perjanjian berlangsung, maka harus dipastikan terlebih dahulu bahwa kedua pihak setuju membuat surat perjanjian dengan sadar, dalam kondisi rohani yang segar dan sedang tidak dalam keadaan mabuk atau tidak sadar.
  5. Isi surat tidak boleh membingungkan, atau bermakna ambigu
    Isi surat perjanjian harus jelas dan tidak boleh membingungkan. Jika isi surat membingungkan, maka bisa berpotensi mempersulit masalah yang ada nantinya. Jadi, usahakan isi surat dibuat sejelas mungkin dengan tata bahasa yang baik dan tidak berbelit-belit.
  6. Isi surat perjanjian tidak boleh melanggar norma masyarakat
    Dan hal yang harus diperhatikan yang terakhir dalam pembuatan surat perjanjian adalah, isi surat perjanjian tidak boleh melanggar norma masyarakat yang sedang berlaku.

Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui, hal apa saja yang harus ada di dalam sebuah surat perjanjian sebelum Anda mulai membuatnya.

Contoh Surat Perjanjian

Hingga sekarang, surat perjanjian sangat diperlukan dan bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Oleh karena itulah semakin banyak orang yang mencari contoh surat perjanjian, baik contoh surat perjanjian jual beli, contoh surat perjanjian kerjasama, maupun contoh surat perjanjian hutang agar bisa dijadikan referensi untuk membuat surat perjanjian.

Berikut 14 contoh surat perjanjian yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Kavling

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak diatas menyetujui perjanjian jual tanah kavling beserta rumah dan isinya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak II sebagai pembeli melakukan pembayaran dengan dicicil maximal 3 tahun dimulai sejak dibuatnya surat ini,
  2. Bahwa pihak II dilarang merubah bentuk bangunan sebelum LUNAS,
  3. Bahwa pihak I yang akan menanggung pengurusan surat tanah

Tanah dan bangunan terdiri dari:

Luas tanah : 803 meter persegi
Bangunan  : Rumah dan aula, gazebo

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Sleman, 5 Januari 2018

Pihak I

 

Cahyo Gadang J

Pihak II

 

Hernando Axel

2. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mebel

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama       : Anton Cahyo
Alamat     : Jl. Cempaka Indah No 17 Sleman
Pekerjaan : Wirausaha Mebel

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Nurcholis Putra
Alamat     : Jl. Mancasan Indah Gg Bima Bekasi
Pekerjaan : Karyawan

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak diatas menyetujui akan menjalin kerjasama jual beli mebel dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak I harus menyuplai barang kepada pihak II paling lambat sebulan sekali,
  2. Bahwa pihak II membayar barang jika barang sudah sampai dan dikatakan barang “NORMAL”,
  3. Bahwa pihak II mendapat harga grosir/reseller dari pihak I,
  4. Bahwa pihak II berhak mengembalikan barang jika terdapat “KERUSAKAN”,
  5. Bahwa pihak I menanggung semua biaya kirim selama menjalin kerjasama

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Yogyakarta, 15 Februari 2018

Pihak I

 

Anton Cahyo

Pihak II

 

Nurcholis Putra

3. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Kafka Adhyaksa
Alamat     : Vila Mutiara Gading 2
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Rafi Abrar
Alamat     : Jl. Kamboja Rumah No. 2C Solo
Pekerjaan : CEO Sudut Sekolah

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak diatas menyetujui perjanjian mobil Daihatsu Avanza dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Bahwa pihak I sebagai pembeli tidak diperbolehkan menggadai maupun menggunakan BPKB sebagai jaminan untuk berhutang sebelum balik nama,
  2. Bahwa pihak I yang menanggung biaya balik nama kendaraan,
  3. Bahwa pihak II ikut mempermudah pengurusan balik nama,
  4. Bahwa pihak II siap bertanggung jawab apabila mobil rusak dalam masa garansi personal 5×24 jam sejak surat ini dibuat.

Mobil Avanza terdiri dari:

  • Unit mobil
  • Roda cadangan dan dongkrak

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Halim, 17 Agustus 2018

Pihak I

 

Kafka Adhyaksa

Pihak II

 

Rafi Abrar

4. Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Via Vallen Putri
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Penyanyi

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Nella Kharisma Amelia
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No. 1 Jakarta
Pekerjaan : Artis

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian persewaan ruko dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak II sebagai penyewa harus membayar 50% total harga sewa selama 1 tahun dan selebihnya bisa dicicil selama 11 bulan,
  2. Bahwa pihak II dilarang merubah struktur ruko,
  3. Bahwa pihak II wajib mengembalikan ruko seperti saat pertama menyewa (cat, dinding),
  4. Bahwa pihak I diperbolehkan untuk mengambil kembali ruko jika pihak II tidak membayar cicilan selama 3 bulan tanpa mengembalikan uang sebelumnya dari pihak II

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Nganjuk 23 Desember 2017

Pihak I

 

Via Vallen Putri

Pihak II

 

Nella Kharisma Amelia

5. Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Server Sekolah

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Ilham Bahrul Jono
Alamat     : Perum VMG 3 Bekasi
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Panji Natanegara Laksono
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian jual beli server sekolah dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak II sebagai pembeli harus mebayar LUNAS dalam 1 bulan sejak dibuatnya surat ini,
  2. Bahwa pihak I harus memasang server tersebut max 1×24 jam setelah LUNAS,
  3. Bahwa pihak I melakukan maintenance selama 1 tahun kedepan,
  4. Bahwa pihak I yang menanggung biaya maintenance,
  5. Bahwa pihak II diberi akses developer,
  6. Bahwa pihak II berhak memiliki password root dan admin

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Bali, 10 Maret 2018

Pihak I

Ilham Bahrul Jono

Pihak II

Panji Natanegara Laksono

6. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dropship

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak diatas menyetujui perjanjian Kerjasama Dropship dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Bahwa pihak I sebagai suplier tidak menyertakan identitas olshopnya untuk jenis dropship,
  2. Bahwa pihak II sebagai dropshipper yang menanggung ongkos kirim semua transaksi,
  3. Bahwa pihak I berhak melakukan retur jika barang yang diterima customer pihak II tidak sesuai
  4. Bahwa pihak I wajib mengirim barang dengan bukti resi max 1×24 jam sejak uang di transfer

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Cikarang, 3 Juni 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

Baca juga: Contoh surat keterangan kerja

7. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Rental Mobil

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian kerjasama rental mobil dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak I sebagai pemilik usaha mengambil keuntungan 25% setiap penyewaan yang terjadi,
  2. Bahwa pihak II sebagai pemilik mobil menerima keuntungan 70% setiap penyewaan mobil,
  3. Bahwa 5% keuntungan dari transaksi akan di gunakan untuk merenovasi masjid,
  4. Bahwa pihak II yang menanggung biaya pajak tahunan mobil,
  5. Bahwa pihak I yang menanggung kerusakan jika terjadi kerusakan saat disewa

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Klaten, 5 Februari 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

8. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Kuliner

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian kerjasama kuliner dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak I sebagai pemilik restoran memberi tempat untuk pihak II untuk berjualan di area restoran,
  2. Bahwa pihak II memberikan 10% keuntungan kepada pihak I setiap bulan,
  3. Bahwa karyawan pihak II mendapatkan konsumsi setiap hari dari pihak I,
  4. Bahwa karyawan pihak II harus menjaga kebersihan tempat,
  5. Bahwa karyawan pihak II dilarang mengganggu konsumen pihak I

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Bandung, 25 Oktober 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

9. Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian hutang piutang dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak II meminjam uang Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dengan jaminan surat sawah seluas 1 ha,
  2. Bahwa pihak II akan melunasi maksimal 3 tahun sejak dibuatnya surat ini,
  3. Bahwa pihak I dilarang untuk menggadai surat tanah ataupun menjual,
  4. Bahwa pihak II bersedia mengembalikan dana sebesar Rp. 55.000.000 (lima puluh lima juta rupiah) kepada pihak I

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Banjarmasin, 23 April 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

10. Contoh Surat Perjanjian Hutang Modal Usaha

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian hutang modal usaha dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak II meminjam uang sebesar Rp. 25.000.000 (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) kepada pihak I,
  2. Pihak II mengangsur sejumlah hutang sebesar RP. 1.200.000 (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) setiap bulan kepada pihak I,
  3. Pihak II bersedia bertanggung jawab apabila dalam 3×3 bulan tidak melakukan pengangsuran
  4. Pihak I dapat melaporkan ke pihak berwajib jika dalam 3×3 bulan pihak II tidak melakukan pengangsuran

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Sukabumi, 21 Juni 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

11. Contoh Surat Perjanjian Kerja Buruh Harian Lepas

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak diatas menyetujui perjanjian kerja buruh harian lepas dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa pihak I memberikan gaji kepada pihak II minimal sesuai UMR wilayah setempat,
  2. Bahwa pihak II mendapatkan mesh, BPJS, dan uang makan pada hari kerja,
  3. Pihak II mempunyai kesempatan cuti maksimal 3 hari dalam 1 bulan,
  4. Pihak I berhak memberhentikan pihak II jika melanggar peraturan yang tertulis,
  5. Pihak II diperbolehkan melapor kepada pihak berwajib jika tidak mendapat HAK sesuai perjanjian

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Jakarta, 4 November 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

12. Contoh Surat Perjanjian Karyawan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian karyawan part time dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak II sebagai karyawan wajib bekerja selama 5×8 hari kerja dalam 1 minggu,
  2. Pihak II mendapatkan gaji sesuai total hari kerja selama 1 bulan,
  3. Pihak I berhak memberhentikan karyawan jika bekerja kurang dari ketentuan,
  4. Pihak II dapat bertukar shift/jadwal dengan karyawan lain,
  5. Pihak II wajib bekerja pada hari minggu dan tanggal merah

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Kediri, 13 Oktober 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

13. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak diatas menyetujui perjanjian Kontrak Rumah dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pihak I memberikan semua akses kepada pihak II sebagai penyewa,
  2. Pihak II diperbolehkan menggunakan dan memanfaatkan semua barang yang ada di rumah,
  3. Pihak II dilarang merubah struktur bangunan,
  4. Pihak II diperbolehkan mengubah struktur bangunan jika hanya menambah alias tidak mengurangi,
  5. Pihak I berhak meminta kembali rumah jika pihak II tidak melakukan pembayaran bulanan selama 3×3 bulan,
  6. Pihak II wajib mengganti perabotan atau barang di dalam rumah jika terjadi kerusakan

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Madiun, 1 Maret 2018

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

14. Contoh Surat Perjanjian Pertanggung Jawaban Kecelakaan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Cahyo Gadang J
Alamat     : Perum Griya Asri Bandung
Pekerjaan : Wirausaha

Selanjutnya disebut sebagai pihak I

Nama       : Hernando Axel
Alamat     : Jl. Gatot Subroto Rumah No.12 Solo
Pekerjaan : PNS

Selanjutnya disebut sebagai pihak II

Bahwa kedua pihak di atas menyetujui perjanjian pertanggung jawaban kecelakaan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak I sebagai penabrak bertanggung jawab atas biaya pengobatan pihak II dan biaya servis kendaraan bermotor pihak II,
  2. Pihak I bertanggung jawab mengurus kendaraan yang disita oleh Satlantas,
  3. Pihak II mendapat uang kerugian dari pihak I karena tidak dapat bekerja ketika sedang sakit,
  4. Bahwa kedua belah pihak setuju untuk melakukan penyelesaian secara kekeluargaan

Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari berbagai pihak.

Bogor, 6 November 2017

Pihak I

Cahyo Gadang J

Pihak II

Hernando Axel

Itulah 14 contoh surat perjanjian, dari mulai contoh surat perjanjian jual beli, contoh surat perjanjian kerjasama, dan contoh surat perjanjian hutang, semoga artikel ini dapat menambah referensi Anda dalam membuat surat perjanjian. Terima kasih.