12+ Contoh Surat Dinas Sekolah, Resmi, Pemerintahan, Undangan

Diposting pada

Contoh surat dinas – Pada artikel ini kita akan kembali membahas tentang materi surat yang ada di mata pelajaran Bahasa Indonesia, lebih tepatnya surat dinas. Blog Sudut Sekolah akan memberikan 12+ contoh surat dinas. Contoh surat dinas yang akan kamu ketahui pada artikel kali ini termasuk contoh surat dinas sekolah, contoh surat dinas resmi, contoh surat dinas pemerintahan dan contoh surat dinas undangan. Jadi, kamu akan langsung mengetahui berbagai macam jenis surat dinas sekaligus.

Tetapi, sebelum kita melihat contoh surat dinas, kita harus mempelajari terlebih dahulu materi tentang surat dinas itu sendiri. Seperti pengertian surat dinas, jenis-jenis surat dinas, dan fungsi surat dinas. Selain itu, blog saya juga akan memberitahu kamu bagaimana caranya membuat sebuah surat dinas. Berikut pembahasan lengkap mengenai surat dinas.

Pengertian Surat Dinas

Surat dinas adalah surat resmi yang menjadi media komunikasi untuk menyampaikan informasi tentang kedinasan, dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah instansi atau lembaga. Surat dinas juga sering didefinisikan sebagai sebuah surat resmi berisikan hal-hal yang berhubungan dengan kedinasan dari sebuah instansi pemerintahan/swasta atau lembaga.

Surat dinas biasa dibuat oleh sebuah lembaga, instansi baik pemerintah maupun swasta, organisasi maupun orang yang mempunyai jabatan tinggi untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan kedinasa. Tujuan dibuatnya surat dinas juga bermacam-macam, seperti penugasan, perintah, pengumuman atau perizinan yang ada kaitannya dengan kedinasan lembaga atau instansi yang mengeluarkan surat dinas tersebut.

Surat dinas ini termasuk ke dalam jenis surat resmi. Berbeda dengan surat pribadi, surat resmi ditulis dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Seperti adanya kop dan nomor surat serta menggunakan bahasa yang formal dan baku.

Jenis-Jenis Surat Dinas

Surat dinas mempunyai berbagai jenis. Dan berikut beberapa jenis-jenis surat dinas.

1. Surat Perjanjian Kerja

Surat dinas resmi yang berisi kesepakatan antara sebuah instansi, lembaga atau perusahaan dengan seorang calon pekerja. Biasanya berisi kesepakatan untuk bekerja pada suatu perusahaan, dan ditandatangani oleh kedua pihak. Jenis surat dinas ini biasanya dilengkapi dengan ketentuan yang mengatur hubungan kerja antara kedua belah pihak.

2. Surat Panggilan Kerja

Surat dinas yang dibuat dengan tujuan untuk memanggil calon pegawai untuk keperluan terkait panggilan kerja, seperti wawancara, interview, pengujian atau keperluan yang lainnya.

3. Surat Perintah Perjalanan Dinas

Surat dinas yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau lembaga pemerintahan kepada staff atau pejabatnya untuk melakukan perjalanan dinas. Umumnya, perjalanan dinas dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti fasilitas pembiayaan serta fasilitas yang diperlukan lainnya.

Ketiga jenis surat dinas di atas adalah yang paling mudah untuk dipelajari karena sudah sering ditemui pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Contoh surat perjanjian

Fungsi Surat Dinas

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, surat dinas dikeluarkan dengan tujuan dan fungsi yang bermacam-macam. Berikut beberapa fungsi surat dinas.

  1. Sebagai alat bukti otentik. Surat dinas sering berfungsi sebagai sebuah alat bukti yang otentik, terutama surat perjanjian.
  2. Sebagai alat pengingat. Surat dinas juga bisa berfungsi sebagai alat pengingat, baik kepada pengirim maupun penerimanya. Oleh karena itu, surat dinas tidak boleh hilang dan harus selalu diarsipkan.
  3. Sebagai bukti adanya perubaha atau perkembangan yang terjadi pada instansi, lembaga atau organisasi yang mengeluarkan surat dinas tersebut.
  4. Sebagai pedoman kerja, contohnya seperti surat keputusan, surat instruksi kerja dan surat izin.
  5. Sebagai penyampai informasi penting. Salah satu fungsi utama dari surat dinas adalah sebagai penyampai informasi penting, seperti akan diadakannya meeting atau rapat.
  6. Untuk memberikan tugas atau perintah. Banyak instansi atau lembaga yang lebih memiilih untuk menggunakan surat dinas untuk menugaskan atau memberikan perintah kepada staff yang sedang tidak ada di tempat.

Cara Membuat Surat Dinas

Setelah mengetahui beberapa materi dasar surat dinas, selanjutnya kita akan belajar cara membuat surat dinas yang baik dan benar.

Hal pertama untuk memulai membuat surat dinas adalah dengan mencari ciri-cirinya terlebih dahulu. Sementara ciri-ciri surat dinas antara lain adanya kepala atau kop surat, menggunakan format khusus yang sesuai dengan aturan tertentu dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dengan ejaan yang benar.

Selain ciri-ciri, surat dinas juga dilengkapi dengan berbagai struktur atau bagian. Bagian-bagian surat dinas antara lain kop surat, tanggal surat, nomor surat, lampiran, perihal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, nama, tembusan, dan inisial.

Agar tidak bingung, silahkan perhatikan penjelasan berikut tentang cara membuat surat dinas yang benar.

1. Kop Surat

Pertama, dimulai dari kop surat. Kop surat atau kepala surat berada paling atas pada surat, terdapat logo, nama, alamat atau nomor telepon instansi/lembaga.

2. Tanggal Surat

Terdiri atas nama tempat, dan tanggal kapan surat dinas tersebut dibuat.

3. Nomor Surat

Nomor surat terdiri dari kode, nomor surat yang dikeluarkan, identitas instansi/lembaga, dan tahun pembuatan surat. Biasanya tiap-tiap instansi atau lembaga mempunyai format nomor suratnya sendiri.

4. Lampiran

Lampiran adalah dokumen atau berkas pendukung yang akan disampaikan, dapat berupa kertas atau dokumen lainnya. Tidak harus selalu ada.

5. Perihal atau Hal

Berisi isi pokok surat dinas, seperti untuk apa dan ditujukan kepada siapa surat dinas tersebut dibuat.

6. Alamat

Untuk penulisannya, ada 2 macam penulisan alamat pada sebuah surat dinas. Yang pertama adalah penulisan alamat untuk perorangan dan yang kedua adalah penulisana alamat untuk sebuah instansi/lembaga.

7. Salam Pembuka

Digunakan untuk memberikan rasa hormat dan sopan santun.

8. Isi

Isi surat ditulis dengan bahasa yang formal, resmi dan baku. Harus menggunakan gaya bahasa yang komunikatif mudah dimengerti dan sopan. Isi surat harus dibuat dengan singkat, padat dan jelas serta harus sesuai dengan perihal yang ingin disampaikan.

9. Salam Penutup

Sama dengan salam pembuka, untuk memberikan sopan santun. Digunakan untuk menutup surat.

10. Nama

Diisi dengan nama lengkap pengirim surat atau nama instansi/lembaga.

11. Tembusan

Jika ada pihak lain yang perlu mengetahui surat dinas ini, maka harus diberikan tembusan atau salinan dari surat yang asli.

12. Inisial

Dan yang terakhir adalah inisial. Biasa dicantumkan pada bagian kiri bawah tembusan surat dinas. Inisial dibuat jika diperlukan saja, jadi tidak harus selalu ada.

Contoh Surat Dinas

Setelah mempelajari semua materi yang harus dipelajari tentang surat dinas, saatya kita melihat beberapa contoh surat dinas. Contoh surat dinas mudah ditemukan. Di sekolah sendiri kita sering menemukan berbagai macam contoh surat dinas, misalnya saja ketika ada pengumuman rapat, pasti ada sebuah contoh surat dinas yang harus diberikan kepada orang tua atau wali siswa. Itu merupakan salah satu contoh surat dinas.

Berikut berbagai macam contoh surat dinas, seperti contoh surat dinas resmi, contoh surat dinas sekolah, contoh surat dinas pemerintahan dan contoh surat dinas undangan.

Baca juga: Contoh surat keterangan kerja

1. Contoh Surat Dinas Sekolah 1

Sumber: http://smadwiwarna.sch.id/

Pemerintah Kabupaten Boyolali
Dinas Kesehatan
Jalan Pendanaran Noomor 165 Boyolali
Telpon (0286) 321009 Kode Pos 57311

Boyolali, 26 April 2011

Nomer: 443/028/13/2011
Lampiran: –
Perihal: Rekomendasi

Kepada, Yth. Kepala Sekolah SMA Satria Bhakti Nganjuk

Berdasarkan:
1. Surat permohonan keterangan dari SMA Satria Bhakti Nganjuk
2. Hasil pemeriksaan / penyuntikan difteri secara garis besar sudah dilaksanakan 2x
3. Hasil penyuntikan yang kami laksanakan sudah 50%
4. Hasil kami untuk menyuntik kembali akan kami / segera dilaksanakan pada anggal 28 November 2011

Bersama kami sampaikan bahwa:
Nama:
Tanggal penyuntikan:
Alamat Sekolah:

Demikian surat keterangan ini dibuat agar siswa/i dapat untuk mengikuti penyuntikan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan

 

Dr. Gusti Maharani

2. Contoh Surat Dinas Sekolah 2

Organisasi Siswa Intra Sekolah
SMP Negeri 1 Surabaya
Jalan A. Yani V Telp. (035)8323591

8 November 2015

Nomer: 368/462/VI/2015
Lampiran: –
Perihal: Permohonan Izin

Kepada
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Dengan hormat,
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati Hari Pahlawan SMP Negeri 1 Kota Surabaya menyelenggarakan lomba se-kota Surabaya. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal:
Waktu:
Tempat:

Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatiannya dan izin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Surabaya

Sriningrum

3. Contoh Surat Dinas Sekolah 3

PEMERINTAH PROPINSI JAKARTA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 268 JAKARTA TIMUR
Jl. SDN Impress, telp. (021) 7799-13416

Jakarta Timur, 12 Agustus 2019

Nomor : 198/smp268/2019
Lampiran : –
Perihal : Diskusi kegiatan 17 Agustus

Yth. Orang Tua / Wali Murid SMP Negeri 268 Jakarta Timur,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke 74, kami sebagai pengurus OSIS akan merencanakan diskusi dalam rangka memperingati kegiatan 17 Agustus dan kami mohon kepada orang tua / wali murid dapat meluangkan waktunya untuk berpartisipasi menyampaikan sarannya dalam kehadirannya, pada:

Hari / tanggal : Senin / 12 Agustus 2019
Tempat : Aula Serba Guna SMP Negeri 268
Acara : Diskusi 17 Agustus

Karena acara ini merupakan penting, maka kami harap atas kehadiran Anda secara tepat waktu, demikian surat undangan dari kami, atas kehadiran dan partisipasi Anda kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,
Kepada Sekolah SMP Negeri 268 Jakarta Timur

Andika Pratama

Ketua OSIS

Gading Martin

4. Contoh Surat Dinas Sekolah 4

SMA NEGERI 67 JAKARTA
Jl. Halim Perdana Kusuma Squadron
No. Telp. (021) 6503333

Jakarta, 16 April 2018

No: 002/SMAN Jakarta/09/2019
Lampiran: –
Perihal: Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMA Negeri 1 Jakarta

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan ilmu dari para siswa dan siswi SMAN 67 Jakarta khususnya kelas 9. Maka dengan adanya surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud ingin mengadakan studi lapangan bagi siswa dan siswi di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal: Selasa / 24 April 2019
Pukul: 07.28 – 14.15
Tempat: Museum Flora
Acara: Penelitian Flora Langka

Demikian surat ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasama Anda kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 67 Jakarta,

Bona Siborong Borong, M. Pd

5. Contoh Surat Dinas Sekolah 5

Organisasi Intra Sekolah SMA Negeri 1 Konoha
Jl. Pecel No 3, Maospati

Konoha, 29 April 2019

No Surat: VI/SIS/1
Perihal: Pengajuan

Kepada
Yth. Bapak Syauqiromi
Kepala sekolah SMA 1 Konoha

Assalamualaikum wr. wb,
Berhubung SMA Negeri 1 Konoha ingin membuat acara pentas seni dengan tujuan ingin mengembangkan bakat seni yang dimiliki siswa/i di SMA Negeri 1 Konoha, kami selaku pihak pengurus OSIS ingin mengajukan beberapa peralatan yang dibutuhkan beserta rincian harganya sebagai berikut:

Tenda: Rp. 4.000.000
Alat Musik: Rp. 3.600.000
Sound System:Rp. 3.000.000
Baliho: Rp. 800.000
Total: Rp. 9.300.000

Demikian surat permintaan ini dibuat, semoga acara pentas seni tahunan yang akan diselenggaran SMA Negeri 1 Konoha dapat berjalan dengan baik dan lancar. Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS,

Rafi Abrar

6. Contoh Surat Dinas Resmi 1

Sumber: https://www.nytimes.com/

Pemerintah Kota Jakarta
Dinas Pendidikan
Sekolah Menengah Atas Negeri 9
Jl. SMU 9 Jakarta Timur

Jakarta, 14 Januari 2019

Nomor: 121/2232/SMA N 9/2019
Lampiran: –
Perihal: Pemberitahuan

Kepada Yth.
Orang tua Siswa
SMA Negeri 9 Jakarta
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehuhubungan akan di adakannya kegiatan Study Banding Guru serta karyawan SMA Negeri 9 Jakarya pada tanggal 15 s.d 16 Januari 2019 maka mulai tanggal 15 Januari s.d 16 siswa/siswi SMA Negeri 9 jakarta dipersilahan untuk belajar di rumah.

Para siswa mulai belajar lagi pada hari Senin 21 Januari 2019. Selama siswa/siswa belajar di rumah kami mengharapkan kepada orang tua untuk dapat mengawasi putra/putrinya dalam kegiatan yang positif.

Kepala SMA Negeri 9 Jakarta

 

Muhammad Bahrul Alam. Sp.D M. Kom
NIP. 12947262946

7. Contoh Surat Dinas Resmi 2

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Malang, 15 Oktober 2018

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 1 Berkas

Kepada
Rektor Universitas Briwijiyi
Jalan Veteran Km.85 Malang

Dengan Hormat,
Berhubung adanya informasi dari kampus bahwa akan ada pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2018/2019 yang mana telah diberitahukan lewat universitas pada tanggal 29 April 2018/2019, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ilham Bahrul Alam
NPM: 24608012
Fakultas: Ilmu Ekonomi Islam
Jurusan: Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan
Semester: III (Tiga)
Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 28 Oktober 1998
Alamat: Jalan Kamboja No 2 Gg. Masjid No.12 Batu, Malang

Bersama datangnya surat ini saya ingin menyampaikan untuk mengajukan permohonan supaya mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun 2018/2019 itu.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Foto copy tanda penduduk (KTP)
2. Foto copy kartu tanda mahasiswa (KTM)
3. Surat keterangan penghasilan orang tua
4. Foto copy transkip nilai semester 1-3
5. Foto copy buku rekening tabungan
6. Fotocopy rekening PDAM 3 bulan berakhir
7. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
8. Foto copy rekening listrik 3 bulan berakhir
9. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
10. Surat pernyataan tidak sebagai penerima beasiswa
11. Pas foto 4 x 6 ( tiga)
12. Surat rekomondasi dari dekan bidang kemahasiswaan

Demikian surat permohonan ini saya buat. Sangat besar harapan saya untuk permohonan beasiswa yang kami inginkan. Atas pengertian dan bantuan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Ilham Bahrul Alam
NPM.24608012

8. Contoh Surat Dinas Resmi 3

SMA Negeri 18 Bekasi
Jl. K. H. Agus Salim No 57 Bekasi
No. Telp. (021) 24141876

Bekasi, 21 Januari 2019

No: 41/SMA Negeri 18 Bekasi/2019
Lampiran: –
Perihal: Undangan

Yth. Orang Tua / Wali Murid
Kelas 10, 11, 12 SMA Negeri 18 Bekasi

Assalamu’alaikum wr.wb, Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional kepada para siswa / siswi SMA Negeri 18 Bekasi, kami selaku pihak sekolah akan mengadakan lomba cerdas cermat antar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami selenggarakan pada :

Hari/Tanggal: Kamis, 24 Januari 2019
Pukul: 07.00 s/d Selesai
Tempat: SMA Negeri 18 Kota Bekasi
Acara: Lomba cerdas cermat

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasama Anda kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Joko Budiyono

9. Contoh Surat Dinas Pemerintahan 1

Sumber: https://www.merdeka.com/

PEMERINTAH DAERAH KOTA JAKARTA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
Jl. Jengki Cipinang Asem No. 7 Jakarta Timur
Telp. 0271 – 538028 Fax. 031 – 539028

Jakarta, 20 Januari 2019

Nomor : 212/PK/71/XII/2019
Perihal : Undangan

Kepada
Dinas Pertamanan dan Tata Kota
Kota Jakarta
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan hormat, kami dari dinas pendidikan akan mengundang bapak/ibu/saudara untuk menghadiri Rapat dalam rangka Hari Pendidikan nasional Pada Tanggal 2 Mei 2019 mendatang bertujuan untuk mempupuk dan menumbuhkan pemikiran anak muda dalam pentingnya pendidikan di usia muda. yang akan dilaksanakan pada :

Hari: Kamis
Tanggal: 24 Januari 2019
Waktu: 08.00 – selesai
Tempat: Masjid Agung Istiqla Jakarta
Acara: Rapat mengenai Pendidikan Di Usia dini

Mengingat pentingnya acara ini, kami mohon kepada Bapak/ Ibu/ Saudara/i agar dapat hadir tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepala Dinas Pendidikan
Pemerintah Kota Jakarta Timur

Ir. Subahrul Alam

10. Contoh Surat Dinas Pemerintahan 2

PEMERINTAH PROVINSI JAKARTA TIMUR
DINAS PELESTARIAN LINGKUNGAN DAERAH
KABUPATEN KEBON PALA
Jl. Cipinang Asem No 12 Kebon Pala 13650

Jakarta Timur, 10 Agustus 2019

Nomor: 211/DPPK/2019
Lampiran: –
Perihal: Undangan

Yth. Sdr. Siswanto
Jl. Jengki No 45
Jakarta Timur

Dengan hormat,
Sehubungan dengan dilaksanakannya rapat akbar mengenai oelestarian lingkungan daerah , dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir pada:

Hari: Rabu
Tanggal: 20 Juni 2019
Tempat: Gedung Aula Jakarta Timur
Acara: Pembahasan kegiatan pelestarian lingkungan daerah

Demikianlah surat undangan ini kami buat dengan harapan Bapak dapat berpartisipasi. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami
Kepala Dinas pelestarian lingkungan daerah

Agus Mulyono

Baca juga: Contoh surat balasan penawaran

11. Contoh Surat Dinas Undangan 1

Sumber: http://www.guccibeltsoutletbcus.com/

PEMERINTAH KOTA JAKARTA
SMPN 275 JAKARTA
Sujono, Jakarta, Jakarta Timur
Telp: (083191252500)

Jakarta, 16 April 2018

Nomor: 202/08/XI/ 16 April 2018
Lampiran: –
Hal: Permohonan Izin

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota Jakarta

Dengan hormat
Kami memberitahukan bahwa dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional SMP Negeri 275 Jakarta akan menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Tema Pendidikan Tingkat SMP Se-Kota Jakarta , Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal: Senin/23 April 2018
Waktu: 08.00 – Selesai
Tempat: Aula Serbaguna Jakarta Pusat

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMP Negeri 275 Jakarta,

Muhammad Abdullah M. Pd

12. Contoh Surat Dinas Undangan 2

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 214 JAKARTA
Jl. Jaya 214 Jakarta, telp. (021) 556-12345

Jakarta, 16 April 2019

Nomor: 201/smp214/2019
Lampiran: –
Perihal: Acara Olimpiade Matematika Fisika Se-lingkungan Jakarta Timur

Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMP Negeri 214
Jakarta,

Assalamu’alaikum Wr. Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian

Dalam rangka memperingati hari Lahirnya Pendidikan Di Indonesia, Kami Dari Dinas Pendidikan akan melakukan acara Olimpiade matematika Fisika yg akan dilaksanakan Minggu depan, oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada :

Hari/Tanggal: Senin / 23 April 2019
Tempat: Aula Dinas Pendidikan
Acara: Partisipasi dari Orang Tua Murid Beserta Murid Yg di Ikut Lombakan

Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMP N 214 Jakarta,

Anthony Jhonny, M. Pd

Nah, itulah tadi 12 contoh surat dinas sekolah, contoh surat dinas resmi, contoh surat dinas pemerintahan, dan contoh surat dinas undangan. Semoga 12 contoh surat tersebut bermanfaat bagi Anda untuk mengerjakan tugas dari guru, terima kasih telah membaca.