20 Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Diposting pada

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui – Hari ini Sudut Sekolah kembali membahas mengenai pelajaran Biologi mengenai sumber daya alam. Sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai contoh hewan omnivora, silahkan dibaca artikel tersebut.

Banyak sekali beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Berikut pengertian dari Sumber Daya Alam (SDA) adalah sebuah hasil alam yang dapat dipergunakan untuk manusia. Pada umumnya Sumber daya alam terbagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Dari 2 jenis SDA tersebut memiliki cara yang berbeda-beda tentunya.

Baca juga: Penyebab pencemaran udara

SDA terdapat 2 kelompok ialah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dan yang tidak dapat diperbaharui, Dari 2 kelompok ini mempunyai stok alam yang dapat dipergunakan maupun yang tidak bisa dipergunakan sama sekali.

Hasil yang didapat adalah bisa didapatkan oleh tangan manusia dan ada juga yang murni oleh alam, contohnya seperti ini sumber daya alam yang dapat diperbaharui tumbuhan, hewan, dan air semacamnya, dan yang tidak bisa diperbaharui seperti minyak tanah, batu bara, gas bumi, emas dan lain-lain sebagainya.

Pengertian Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya yang dapat habis serta punah jika terus menerus digunakan untuk keperluan yang sudah melampaui batas, untuk dapat memperbaharui kembali membutuhkan jutaan tahun.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam ini daya alam ini juga sangat terbatas di dunia, sehingga jika kita gunakan terus-menerus SDA ini akan semakin berkurang atau bahkan punah. Berikut adalah 20 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

1. Intan

Sumber: https://www.batupermata.net/

Intan adalah salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Intan memang sangat menarik untuk dijadikan perhiasan dan keutamaan lain dari intan sendiri, intan adalah batu paling terkeras yang pernah ada, hal itu dikemukakan oleh para ilmiah dalam uji coba memotong batu seperti marmer, kaca dengan intan.

2.Batu Bara

Sumber: https://tirto.id/

Batu bara juga merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Batu yang paling banyak dijadikan sebagai perdagangan negara ini juga termasuk SDA yang sangat terbatas yang berjuta tahun bisa memperbaharui sendiri. Batu bara ini tergolong batu yang bisa terbakar sendiri, beda dengan batu intan. Proses terciptanya batubara adalah berawal mula dari tumbuh-tumbuhan yang berbentuk gambut dan mengendap di suatu tempat.

Setelah sekian lamanya terjadilah tekanan dari penimbunan dan adanya gerakan tanah, hasil dari kumpulan gambut tersebut yang menjadi batu bara. Batu bara sangat bermanfaat untuk kehidupan, contohnya tenaga listrik, bahan bakar kereta api, bahan bakar kapal api. serta banyak hal lainnya yang bisa dipergunakan.

Karbon yang terkandung dalam batu bara sangat membantu kehidupan manusia, maka dari itu batu bara hingga kini masih menjadi incaran bagi perindustrian.

3. Gas Bumi

Sumber: https://www.kompasiana.com/

Manfaat yang diberikan gas bumi untuk manusia sangat lah banyak, contohnya seperti energi listrik, bahan bakar penggerak mesin, hingga bahan bakar untuk memasak. Letak untuk mendapatkan gas bumi sama dengan minyak bumi, gas ini berasal dari minyak tersebut.

Untuk bisa mengatasi sumber daya alam tersebut yang akan habis ini salah satunya ialah, manusia harus menggunakan alternatif lainnya sebagai pengganti gas bumi seperti pengurangan pemakaian atau mencari penggantinya.

4. Minyak Bumi

Sumber: http://www.tribunnews.com/

Minyak bumi tidak dapat diperbarui karena minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil makhluk jaman purba. Untuk itu kita harus lama menunggu jika ingin ketersediaan minyak bumi menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

Hingga hari ini hasil dari olahan minyak bumi menjadi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui paling banyak digunakan oleh manusia. bahkan setengah dari aktivitas keseharian seseorang bergantung pada hasil olahan minyak bumi. Hasil minyak tanah tersebut dapat digunakan untuk mesin, sumber daya listrik dan sebagainya.

5. Besi

Pada zaman dahulu kayu merupakan bahan utama untuk membangun sebuah rumah atau tempat tinggal. Lalu ada penemuan baru yaitu bahan yang sangat kuat yang dinamakan “Besi” yang bersifat sangat padat, keras dan sangat mampu menahan berat. Jadilah besi sebagai alat untuk membangun sebuah bangunan.

Sifatnya yang sangat keras terbuat dari biji besi yang tercampur dalam sebuah partikel kecil yang berupa nikel, timah dan bahan lainnya.

Pada dasarnya masih banyak sekali besi yang dijadikan stok, hanya saja besi yang semakin kerap digunakan sehingga bahan untuk pembuatan besi semakin menipis dan diajukan besi sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

6. Batu Alam Mahal

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang keenam adalah batu alam mahal. Batu alam berjual mahal ini yang saya maksud adalah emas, perak, perunggu dan sebagainya. Bila kita coba kaji lebih dalam lagi batu-batuan tersebut sangatlah tidak bisa diperbaharui dan akan habis di dalam bumi ini.

Emas yang dipergunakan untuk perhiasan sebagai pemanis keindahan para wanita tidak akan mengalami ke punahan. Yang saya maksud akan punah disini adalah emas yang murni dari alam, kenapa akan punah? Karena banyak sekali penambangan emas yang tanpa memikirkan efek jangka panjangnya.

7. Batu Granit

Batu ini tergolong kepada batuan beku yang melewati beberapa tahapan proses. Proses batu granit berawal dari batuan kecil yang mengeras pada kerak atau pada lapisan bumi di bagian luar.

8. Tembaga

Tembaga dalah salah satu logam yang dapat dipergunakan manusia sebagai alat kelistrikan. Karena sifatnya yang baik untuk pengahantar listrik, penggunaan yang sering digunakan manusia adalah dalam bidang kelistrikan, contohnya sebagai kabel, tabung microwave, sakelar dan lain sebagainya yang tentunya dapat sebagai salah satu penghantar listrik.

9. Alumunium

Alumunium adalah logam yang ringan, keperakan, dan sangat mudah dibentuk. Alumunium terdapat pada batuan, tanah, dan mineral. Meskipun demikian, tidak mudah memperoleh logam ini dari kerak bumi.

10. Nuklir

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kesepuluh adalah nuklir. Nuklir sangat erat hubungannya dengan nukleus atom atau biasa disebut inti atom. Dan nuklir hampir semuanya melibatkan gravitasi dan elektromagnetisme.

11. Timah Putih

Bahan mineral yang berupa timah putih ini memerlukan penggalian untuk mendapatkan timah putih ini. Setelah timah putih didapatkannya dari batu granit yang dihancurkan, kemudian dicuci. Timah banyak dimanfaatkan sebagai alat rumah tangga.

12. Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa terbentuk dari pelapukan batuan yang hanyut dan mengendap di daerah sungai, pantai, dan danau. Adapun manfaatnya untuk menghilangkan bau pada air minum yang terdapat pada PDAM.

13. Tanah Liat

Tanah liat adalah tanah yang mengandung lempung sekiranya hingga (65%). Butir-butirnya yang sangat halus serta sangat rapat dan sulit menyerap air. Manfaatnya sebagai kerajinan membuat gerabah.

14. Kaolin

Terbentuk dari pelapukan batuan granit. Batuan ini dapat ditemukan di daerah pegunungan di Sumatera. Kaolin juga dipakai pada proses pembuatan keramik, obat, melapisi kertas, sebagai bahan tambahan makanan, odol, sebagai bahan menyebarkan sinar di bola lampu pijar agar berwarna putih, serta sebagai bahan kosmetik.

15. Pasir Besi

Pasir besi adalah batuan pasir yang banyak mengandung zat besinya. Dan pasir besi selain digunakan sebagai industri logam besi. Dan banyak digunakan sebagai industri semen dan bahan bangunan.

16. Batu Pualam

Batu pualam adalah batu kapur yang telah berubah bentuk dan rupanya dan sehingga merupakan batuan yang sangat indah setelah digosok dan dilicinkan. Batu ini banyak ditemukan di Jawa Timur.

17. Belerang

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui selanjutnya ialah belerang. Belerang adalah batuan kecil yang diledakan oleh gunung berapi. Dan batuan ini dapat ditemukan di kawah gunung berapi.

18. Batu Kapur

Batu kapur atau yang sering disebut batu gamping adalah batuan sedimen yang mempunyai kalsium karbonat (CaCO3) dalam bentuk mineral kalsit.

Baca juga: Struktur sel hewan dan fungsinya

19. Bauksit

Adalah biji alumunium dimana bauksit yaitu terdiri dari campuran alumunium hidroksida dan alumunium oksida. Manfaat bauksit terdiri atas seperti bahan-bahan yang berada pada pesawat, perabotan rumah tangga, membuat struktur atap pabrik, dan rumah.

20. Ortofosfat

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang terakhir adalah ortofosfat. Ortofosfat adalah salah satu sumber daya yang tidak bisa diperbaharui yang berbentuk batu ion poliatomik atau radikal terdiri dari satu atom fosforus dan empat oksigen. Dimana jika dalam bentuk ionik akan membawa sebuah -3 muatan formal, dan dinotasikan PO₄³⁻.

Itulah penjelasan lengkap dari Sudut Sekolah mengenai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Semoga bisa menjadi bahan referensi Anda di sekolah. Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk kita semua.