Contoh simbiosis parasitisme

21+ Contoh Simbiosis Parasitisme Beserta Gambarnya

Diposting pada

Contoh simbiosis parasitisme – Hubungan antara tumbuhan, hewan, atau manusia disebut dengan simbiosis. Ada berbagai jenis simbiosis, ada yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme), hanya menguntungkan satu pihak dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan dirugikan (simbiosis komensalisme), hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya (simbiosis parasitisme), dan lain-lain.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Nah, pada hari ini kita akan mempelajari mengenai pengertian simbiosis parasitisme beserta contohnya. Pengertian simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang salah satu pihaknya merasa diuntungkan, sedangkan pihak yang lainnya merasa dirugikan. Salah satu pihak yang diuntungkan tersebut disebut parasit, sedangkan yang dirugikan disebut dengan inang. Berikut adalah contoh simbiosis parasitisme dan gambarnya.

1. Simbiosis Antara Nyamuk Dengan Manusia

Contoh simbiosis parasitisme antara nyamuk dengan manusia
Sumber: https://sains.kompas.com/

Apakah kamu pernah diganggu oleh nyamuk? Pastinya pernah, karena nyamuk senang sekali mengganggu dan menghisap darah manusia. Nyamuk akan mendapatkan keuntungan dari darah manusia yang dihisapnya, sedangkan manusia mendapatkan kerugian dari rasa gatal bahkan bisa terserang beberapa macam penyakit seperti demam berdarah dan malaria akibat gigitan nyamuk-nyamuk tertentu.

2. Simbiosis Antara Cacing Pita Dengan Manusia

Contoh simbiosis parasitisme selanjutnya adalah hubungan antara cacing pita dengan manusia. Cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh manusia dari makanan yang mengangung banyak cacing pita seperti daging babi. Namun, daing sapi dan daging ikan juga mengandung cacing pita apabila memasaknya tidak sampai matang.

Cacing pita mendapatkan keuntungan dari makanan gratis yang ada di dalam usus manusia, sedangkan manusia dirugikan karena akibat adanya cacing pita yang mengambil makanan tersebut manusia akan cepat pusing dan mual karena kekurangan energi dan mudah terserang penyakit. Contoh penyakit yang sering menyerang manusia akibat cacing pita adalah penyakit taeniasis dan penyakit sistiserkosis.

3. Simbiosis Antara Cacing Tambang Dengan Manusia

Selain cacing pita, masih ada cacing jenis lainnya yang ada di tubuh manusia, yaitu cacing tambang. Simbiosis antara cacing tambang dengan manusia merupakan simbioisis parasitisme, karena hanya menguntungkan cacing tambang dan merugikan manusia.

Cacing tambang hidup di dalam usus kecil manusia. Ada 2 jenis cacing tambang yang ada di dalam tubuh manusia, yaitu Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Cacing tambang diuntungkan karena ia menyerap darah dari manusia sebagai sumber makanannya, sedangkan manusia dirugikan karena jika darahnya terus diserap oleh cacing tambang maka akan mengalami kekurangan darah (anemia).

4. Simbiosis Antara Jamur Panu Dengan Manusia

Jamur panu atau tinea versikolor adalah jenis jamur yang menyerang manusia yang mengakibatkan adanya panu pada kulit manusia. Jamur panu mendapatkan keuntungan dari manusia karena mendapatkan tempat tinggal dan bisa mendapatkan sumber makanan berupa protein di kulit manusia. Sedangkan manusia dirugikan karena dengan adanya jamur panu maka akan menyebabkan kulit berbeda warna dan sedikit rasa gatal.

5. Simbiosis Antara Triatomine Dengan Manusia

Triatomine adalah serangga yang banyak hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Simbiosis parasitisme antara serangga triatomine dengan manusia sangat membahayakan bagi manusia. Serangga triatomine diuntungkan karena mendapatkan esensi ketika menempel dan mengigit kulit manusia, dan manusia dirugikan karena hasil dari gigitan serangga triatomine tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti pembesaran kerongkongan, pembesaran usus, gagal jantung, penyakit trypanosoma cruzi, dan lainnya.

Baca juga: Contoh simbiosis mutualisme

6. Simbiosis Antara Jamur Rhinosporidium Seeberi Dengan Manusia

Jamur Rhinosporidium Seeberi biasa juga disebut dengan jamur badak. Jamur jenis ini menyerang melalui air. Simbiosis antara jamur rhinosporidium seeberi dengan manusia adalah simbiosis parasitisme karena hanya menguntungkan jamur dan merugikan manusia. Jamur tersebut masuk ke dalam tubuh manusia bisa dari kelenjar mata, kelenjar kulit, dll melalui air.

Jamur Rhinosporidium Seeberi mendapatkan keuntungan karena bisa berkembang biak di dalam tubuh manusia, sedangkan manusia dirugikan karena bisa terserang penyakit akibat jamur tersebut.

7. Simbiosis Antara Tikus Dengan Manusia (Petani)

Contoh simbiosis parasitisme antara tikus dengan manusia

Simbiosis antara tikus dengan manusia atau petani adalah simbiosis parasitisme. Karena tikus diuntungkan bisa memakan makanan yang sudah ditanam oleh petani di sawah, sedangkan petani mengalami kerugian karena hasil sawah yang akan dipanen sudah dimakan oleh tikus.

8. Simbiosis Antara Kutu Dengan Manusia

Pernahkah kamu merasakan terganggu dan gatal di aera rambut kepala? Ya, itu karena adanya simbiosis yang menguntungkan kutu dan merugikan manusia. Keuntungan kutu tinggal di tubuh manusia adalah kutu mendapatkan makanan dengan cara menghisap kulit manusia, sedangkan manusia dirugikan karena dengan adanya kutu akan membuat gatal.

9. Simbiosis Antara Kutu Dengan Hewan

Hubungan kutu dengan hewan sama saja dengan hubungan antara kutu dengan manusia. Kutu diuntungkan karena bisa mendapatkan tempat tinggal dan makanan di hewan seperti sapi, kerbau, kambing, dan lainnya. Sedangkan hewan-hewan tersebut akan dirugikan akibaat adanya kutu yang membuat kulit mereka menjadi gatal.

10. Simbiosis Antara Kutu Dengan Tumbuhan

Contoh simbiosis parasitisme selanjutnya adalah antara kutu dengan tumbuhan. Kutu yang menyerang tumbuhan adalah kutu daun yaitu berupa serangga herbivora yang berbentuk kecil. Kutu tersebut diuntungkan oleh tumbuhan karena bisa mendapatkan getah makanan yang diserap, sedangkan tumbuhan tersebut akan dirugikan karena kutu tersebut akan merusak tanaman.

11. Simbiosis Antara Cacing Hati Dengan Sapi

Hubungan antara cacing hati dan sapi mirip dengan hubungan atara cacing pita dan manusia, yang membedakan adalah jenis cacingnya yang merupakan cacing hati dan tempat tinggal nya pada hati sapi. Cacing hati akan memperoleh makanan hasil pencernaan yang ada di hati sapi, sedangkan sapi akan dirugikan karena akibat adanya cacing hati tersebut dapat membuat sapi lemah dan mudah terserang penyakit.

12. Simbiosis Antara Benalu Dengan Tumbuhan Inangnya

Contoh simbiosis parasitisme antara benalu dengan inangnya

Contoh simbiosis parasitisme yang paling terkenal dan sering muncul di dalam soal adalah hubungan antara benalu dengan tanaman inangnya. Keuntungan yang didapatkan oleh benalu adalah, ia mendapatkan tempat untuk hidup dan juga mengambil air dan mineral dari tanaman inangnya untuk melakukan fotosintesis, padahal sebenarnya benalu juga punya klorofil dan dapat melakukan fotosintesis sendiri. Sedangkan tanaman inangnya akan dirugikan akibat penyerapan air dan mineral tadi yang separuhnya digunakan untuk perkembangan benalu.

13. Simbiosis Antara Keong Emas Dengan Tumbuhan Padi

Hubungan antara keong emas dan tanaman padi akan menguntungkan keong emas, karena keong emas akan memakan tanaman padi sampai habis, biasanya yang dimakan adalah tanaman padi yang masih muda dan baru ditanam. Sedangkan tanaman padi akan dirugikan karena mati dihabisi oleh keong emas.

14. Simbiosis Antara Alang-Alang Dengan Tanaman Produksinya

Selanjutnya ada hubungan parasitisme antara alang-alang dengan tanaman produksinya. Alang-alang akan mendapatkan keuntungan dengan cara mengambil air, mineral, dan cahaya matahari untuk tumbuh dan berkembang. Sedangkan tanaman produksinya dirugikan karena sulit mendapatkan air, mineral, dan cahaya matahari akibat adanya alang-alang. Selain itu alang-alang juga menyebarkan senyawa beracun ang mengganggu tanaman produksinya.

15. Simbiosis Antara Tali Putri Dengan Tumbuhan Inangnya

Simbiosis antara tali putri dengan tumbuhan inangnya bisa dibilang sangat merugikan tumbuhan inangnya. Karena ketika di awal, tali putri hanya melilit dan membelit serta menghisap sari makanan dari tumbuhan inangnya.

Baca juga: Contoh simbiosis komensalisme

Namun, semakin lama dan berkembang tali putri semakin banyak menghisap nutrisi dan juga merebut area cahaya matahari yang didapat oleh tumbuhan inangnya. Sehingga tumbuhan inangnya menjadi sulit untuk beradaptasi dan akhirnya tumbuhan inangnya akan mati.

16. Simbiosis Antara Bunga Rafflesia Arnoldi Dengan Tumbuhan Inangnya

Rafflesia arnoldi merupakan bunga langka yang berasal dari Bengkulu, tanaman ini tidak mempunyai akar, batang, dan daun sehingga ia harus mengambil makanan dengan cara menyerap hasil fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan inangnya. Sedangkan tumbuhan inangnya akan rugi karena hasil dari fotosintesisnya diambil sebagian oleh bunga rafflesia arnoldi.

17. Simbiosis Antara Kelelawar Vampir Dengan Hewan Mamalia

Hubungan antara kelelawa vampir dengan hewan mamalia adalah simbiosis parasitisme. Karena kelelawar vampir merupakan kelelawar yang suka menghisap darah dari hewan mamalia yang mereka temui, sehingga hewan mamalia tersebut dirugikan.

18. Simbiosis Antara Lalat Buah Dengan Buah

Contoh simbiosis parasitisme antara lalat buah dengan buah

Lalat buah yang menyerang tanaman buah-buahan berjenis kelamin betina. Lalat buah tersebut sangat suka dengan tanaman buah seperti apel, cabe, jambu air, jambu biji, jeruk, melon, mentimun, nangka, pare, tomat, dan lain-lain. Lalat buah betina akan menyuntikkan telur mereka ke dalam buah dengan cara menusukkan ovipositor atau alat peletak telur ke dalam buah yang diincarnya untuk dijadikan tempat menunggu telur-telur menetas. Ini jelas akan merugikan buah-buah tersebut yang menjadi busuk sebelum matang akibat lalat buah tersebut.

19. Simbiosis Antara Lintah Dengan Organisme Lain

Lintah akan mencari organisme lain untuk mendapatkan tempat tinggal dan sumber makanan dengan cara menghisap darahnya. Biasanya lintah terdapat di daerah yang lembab. Sedangkan organisme lain tersebut akan kekurangan darah dan bisa mati juga.

20. Simbiosis Antara Paus Dengan Teritip

Hubungan antara paus dengan teritip merupakan contoh simbiosis parasitisme di laut. Teritip biasa ditemukan di laut dangkal atau laut pasang dengan gelombang yang kuat. Teritip diuntungkan karena mendapatkan tempat tinggal di dalam tubuh paus, sedangkan paus akan dirugikan oleh rasa gatal yang disebabkan oleh teritip tersebut.

Baca juga: Metamorfosis nyamuk

21. Simbiosis Antara Ikan Pearl Dengan Timun Laut

Contoh dari simbiosis parasitisme hewan di laut selanjutnya adalah hubungan antara ikan pearl dengan timun laut. Ikan pearl diuntungkan karena ia mendapatkan tempat tinggal di dalam membran pernapasan (kloaka) timun laut dengan cara masuk lewat anus dan menuju membran pernapasan timun laut tersebut. Dengan adanya ikan pearl pastinya merugikan timun laut.

Itu dia 21 contoh simbiosis parasitisme antar makhluk hidup, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke Sudut Sekolah.