Contoh simbiosis mutualisme

21 Contoh Simbiosis Mutualisme Yang Tepat Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Contoh simbiosis mutualisme – Semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia pada dasarnya saling membutuhkan, tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari makhluk lain. Hubungan saling membutuhkan itulah yang disebut dengan simbiosis. Ada banyak macam-macam simbiosis yang ada, seperti simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, simbiosis netralisme, simbiosis amensalisme, dan simbiosis kompetisi.

Yang akan kita pelajari pada artikel ini adalah simbiosis mutualisme. Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan interaksi antara makhluk hidup pada lingkungan tertentu yang saling menguntungkan. Jadi, makhluk hidup yang saling berinteraksi tersebut mendapatkan manfaat masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. Ada banyak contoh dari simbiosis mutualisme, baik pada tumbuhan, hewan, dan manusia. Berikut ini adalah contoh simbiosis mutualisme beserta penjelasan lengkap.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Tanpa kita sadari contoh-contoh berikut ini sering kita temui di lingkungan terdekat, bahkan di dalam diri kita sendiri, berikut penjelasannya.

1. Simbiosis Antara Bunga Dengan Kupu-Kupu

Contoh simbiosis yang saling menguntungkan
Proses interaksi antara kupu-kupu dengan bunga

Sejak SD hubungan antara bunga dengan kupu-kupu yang menguntungkan sudah dijelaskan. Bahkan seringkali keluar di dalam soal ulangan maupun ujian. Kupu-kupu sangat suka menghisap sari-sari yang terdapat pada nektar bunga sebagai makanannya. Pada saat kupu-kupu menempal pada bunga dan kakinya menyentuh benang sari dan putik bunga, maka serbuk sari yang menempel di putik akan menyebabkan proses penyerbukan bunga.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua makhluk hidup tersebut mendapatkan keuntungan. Kupu-kupu mendapatkan sari atau nektar bunga untuk dijadikan sumber makanan, dan bunga dibantu proses penyerbukannya.

Baca juga: Metamorfosis kupu-kupu

2. Simbiosis Antara Bunga Dengan Lebah

Sama seperti simbiosis mutualisme antara bunga dengan kupu-kupu, lebah juga memiliki peran yang sama untuk membantu proses penyerbukan bunga, dan lebah akan diuntungkan dengan sari (nektar) yang menjadi sumber makanannya.

3. Simbiosis Antara Bunga Dengan Kumbang

Selain kupu-kupu dan lebah, kumbang juga dapat membantu proses penyerbukan bunga dengan cara yang sama. Sedangkan kumbang diuntungkan dengan memakan atau menghisap sari atau nektar yang terdapat di bunga.

4. Simbiosis Antara Semut Rangrang Dengan Pohon

Hubungan antara semut rangrang dengan pohon adalah hubungan yang saling menguntungkan, walaupun terkadang semut rangrang mengganggu dan menggigit manusia ketika hendak mencari buah, namun ternyata semut rangrang sangat menguntungkan bagi pohon.

Semut rangrang memiliki keuntungan untuk menjaga pohon atau tumbuhan dari serangan dari serangga atau hama lain yang dapat menganggunya, sedangkan semut rangrang mendapatkan keuntungan dengan memiliki sarang pada tumbuhan tersebut.

5. Simbiosis Antara Bunga Bangkai Dengan Lalat

Sama seperti dengan kupu-kupu, lebah, dan kumbang, lalat juga dapat membantu penyerbukan pada tumbuhan. Namun, karena lalat menyukai bau yang tidak sedap maka ia mencari tumbuhan yang mempunyai bau tidak sedap juga, seperti bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi).

Proses penyerbukan bunga Rafflesia Arnoldi dibantu oleh lalat yang menempel dan menyentuh benang sari dan putik bunga tersebut. Sedangkan lalat diuntungkan karena mendapatkan sari dari bunga Rafflesia Arnoldi tersebut. Jadi, hubungan antara keduanya merupakan contoh simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

6. Simbiosis Antara Tanaman Polong-Polongan Dengan Bakteri

Bakteri yang menguntungkan bagi tanaman polong-polongan adalah bakteri Rhizobium Leguminosarum, bakteri tersebut mengikat nitrogen yang ada di udara yang membuat tanaman polong-polongan jadi lebih subur, dan juga bakteri tersebut dapat membuat pH tanah menjadi stabil, suhu tanah terjaga, dan dapat mencegah terjadinya erosi. Sedangkan bakteri Rhizobium Leguminosarum mendapatkan keuntungan dari makanan yang ada di tanaman polong-polongan.

7. Simbiosis Antara Bakteri Dengan Manusia

Pasti kamu tahu dong bakteri yang terdapat pada usus besar? Yaps namanya adalah bakteri Escherichia Coli atau biasa disingkat E. Coli. Bakteri tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi bakteri jahat serta mempercepat proses pembusukan makanan yang terdapat pada usus besar manusia. Selain itu, bakteri E. Coli bisa membantu proses produksi vitamini K yang digunakan untuk membantu proses pembekuan darah pada tubuh manusia. Keuntungan yang didapat bakteri Escherichia Coli di usus besar manusia yaitu mendapatkan makanan dari sisa-sisa makanan.

8. Simbiosis Antara Wildebeest Dengan Zebra

Contoh simbiosis mutualisme pada zebra dan wildebeest

Selanjutnya adalah contoh simbiosis mutualisme pada hewan wildebeest dan zebra. Zebra merupakan teman mencari makan wildebeest di gurun Savana, Afrika. Mereka berdua hidup berdampingan ketika mencari makanan, suka mencari tempat tinggal dan bermigrasi bersama.

Zebra memakan rumput panjang sedangkan wildebeest memakan rumput pendek, hubungan saling menguntungkan antara keduanya terdapat ketika mereka diserang oleh pemangsa, karena wildebeest memiliki kepekaan yang tinggi, dan zebra mempunyai pengelihatan yang tajam. Sehingga mereka kedua saling memperingati ketika ada pemangsa yang akan datang.

9. Simbiosis Antara Semut Dengan Burung Pelatuk

Burung pelatuk merupakan burung yang bertelur dan membuat sarang di pohon. Pohon-pohon yang dibuatkan sarang oleh burung pelatuk ternyata terdapat semut, sehingga telur-telur tersebut dilindungi oleh semut-semut tersebut. Dan semut pun merasa terlindungi dari pemangsa yang ingin menyerang.

10. Simbiosis Antara Burung Jalak Dengan Kerbau

Contoh simbiosis mutualisme antara kerbau dengan burung jalak
Sumber: https://burungnya.com/

Burung jalak sering hinggap di tubuh kerbau, keuntungan yang didapatkan oleh burung jalak adalah mendapatkan makanan yang merupakan kutu dari kerbau. Sedangkan kerbau mendapatkan keuntungan dari burung jalak yang memakan kutu-kutu pada tubuhnya.

11. Simbiosis Antara Burung Bangau Dengan Kuda Nil

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya adalah hubungan antara burung bangau dengan kuda nil. Hubungan antara kedua hewan ini mirip dengan hubungan antara burung jalak dan kerbau diatas. Burung bangau sering mendapatkan makanan berupa kutu dan parasit pada tubuh kuda nil, dan kuda nil merasa terbantu karena hilangnya kutu-kutu dan membuat badannya menjadi lebih bersih.

12. Simbiosis Antara Burung Oxpecker Dengan Zebra

Sama seperti simbiosis sebelumnya, burung oxpecker memakan kutu dan serangga yang terdapat pada tubuh zebra, dan zebra mendapatkan keuntungan karena terbebas dari kutu, dan selain itu burung oxpecker juga berfungsi sebagai sinyal datangnya hewan pemangsa.

13. Simbiosis Antara Burung Plover Dengan Buaya

Burung plover mendapatkan keuntungan berupa makanan-makanan sisa dan kotoran yang terdapat di tubuh manusia. Sedangkan buaya mendapatkan keuntungan karena terbebas dari kotoran dan penyakit.

Baca juga: Contoh simbiosis parasitisme

14. Simbiosis Antara Ikan Badut Dengan Anemon Laut

Contoh simbiosis mutualisme antara ikan badut dengan anemon laut
Contoh simbiosis mutualisme antara ikan badut dengan anemon laut

Simbiosis antara ikan badut dengan anemon laut disebut saling menguntungkan karena ikan badut akan mendapatkan perlindungan di dalam anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan oleh ikan badut yang memakan parasit-parasit yang membuat anemon laut menjadi bersih.

15. Simbiosis Antara Kutu Daun Dengan Semut

Kutu daun diuntungkan oleh semut yang mengatur proses pembibitan kutu daun yang masih muda serta membawanya ke rumput yang lebih segar, selain itu semut juga melindungi kutu daun dari serangan pemangsa. Sedangkan semut akan diuntungkan karena mendapatkan cairan zat gula dari kutu daun yang menghasilkan embun madu.

16. Simbiosis Antara Bakteri Flagellata Dengan Rayap

Di dalam tubuh rayap terdapat bakteri yang bernama Flagellata, yang berfungsi untuk membantu pencernaan makanan rayap dengan cara mengeluarkan enzim selulosa yang bisa melunakkan kayu. Dan bakteri Flagellata diuntungkan karena bisa bertahan hidup di dalam usus rayap.

17. Simbiosis Antara Kelelawar Berbulu Wol Dengan Kantung Semar

Kelelawar diuntungkan karena mendapatkan tempat berlindung ketika tidur di dalam kantung semar, dan kantung semar diuntungkan oleh kotoran kelelawar yang dijadikan makanan.

18. Simbiosis Antara Burung Hantu Dengan Petani

Burung hantu merupakan pemangsa tikus yang merupakan musuh dari petani, sehingga mereka berdua saling menguntungkan. Petani bebas dari hama tikus, dan burung hantu bisa mendapatkan makanannya.

19. Simbiosis Antara Ikan Hiu Dengan Ikan Monera

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya adalah antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora mendapatkan makanan dari sisa-sisa makanan di tubuh ikan hiu, dan ikan hiu mendapatkan keuntungan karena badannya menjadi bersih.

20. Simbiosis Antara Tumbuhan Dengan Manusia

Tumbuhan merupakan sumber penghasil oksigen yang menguntungkan manusia, dan manusia akan menghasilkan karbondioksida yang menguntungkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

21. Simbiosis Antara Tanaman Alga Dengan Jamur

Jamur menguntungkan bagi tanaman alga karena ia akan membuat lingkungan di sekitar tanaman alga menjadi lembab, itu berfungsi supaya tanaman alga bisa tumbuh dan berfotosintesis. Dan jamur akan diuntungkan karena mendapatkan makanan dari hasil fotosintesis tersebut.

Baca juga: Contoh simbiosis komensalisme

Itu adalah 21 contoh simbiosis mutualisme pada tanaman, hewan, dan manusia lengkap dengan penjelasannya. Semoga bisa bermanfaat menambah pengetahuan kamu di dalam pelajaran biologi. Terima kasih telah berkunjung ke Sudut Sekolah.