10 Contoh Seni Rupa Terapan 2 dan 3 Dimensi Beserta Gambar

Diposting pada

Contoh seni rupa terapan – Seni rupa murni dengan seni rupa terapan cukup sulit dibedakan, padahal pengertian dari seni rupa murni dengan seni rupa terapan sudah sangat jauh. Meskipun begitu, ada banyak contoh seni rupa terapan dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi yang bisa membantu untuk mengenali seni rupa terapan.

Setelah mengenai contoh seni rupa terapan dalam wujud 2 dimensi ataupun 3 dimensi, Kamu pasti paham benar mengenai seni rupa terapan dan dapat membedakannya dengan seni rupa murni. Berikut 10 contoh seni rupa terapan 2 dan tiga dimensi lengkap dengan gambarnya.

Baca juga: Contoh seni kriya 2 & 3 dimensi

Contoh Seni Rupa Terapan 2 Dimensi

Ada banyak sekali contoh seni rupa terapan 2 dimensi yang ada di sekitar kita. Bahkan saat bermain video game, kita sudah melihat wujud seni rupa terapan 2 dimensi. Berikut contoh-contoh beserta penjelasan lengkapnya.

1. Iklan Dengan Video Animasi

Contoh seni rupa terapan 2 dimensi, Iklan
Sumber: https://www.hestanto.web.id/

Sahabat sudutsekolah.com pasti pernah melihat acara di stasiun televisi. Selang beberapa menit acara, mereka akan menampilkan iklan. Salah satu iklan yang ada menggunakan bentuk video animasi. Video animasi tersebut adalah salah satu bentuk seni rupa terapan 2 dimensi.

Proses gambar yang dibuat bergerak adalah salah satu kegiatan seni, dimana sang pembuat video memainkan warna, dan komposisi seni. Selain itu, pesan promosi bermanfaat untuk mengenalkan sebuah produk kepada penonton.

2. Poster

Sahabat sudutsekolah pasti sudah pernah juga melihat poster. Selain video animasi, poster termasuk ke dalam kategori seni rupa terapan 2 dimensi. Gambar yang mengandung pesan atau informasi khusus ini juga termasuk dalam kategori seni rupa terapan wujud 2 dimensi.

Pembuatan poster pastinya menggunakan berbagai komponen seni, mulai dari proporsi bentuk, hingga perpaduan warna. Selain itu, gambar poster juga mengandung pesan untuk menginfomasikan suatu hal kepada orang yang melihatnya.

3. Batik

Sahabat sudutsekolah.com juga pastinya sudah mengenal batik. Salah satu motif baju, kaos, atau kain ini juga membutuhkan komponen seni dalam pembuatannya. Sahabat sudutsekolah juga pastinya sudah tahu bahwa lukisan batik termasuk ke dalam kategori seni.

Batik sebagai seni terapan 2 dimensi, bukan berarti batik berperan sebagai baju. Perlu kita ketahui bahwa baju adalah seni rupa 3 dimensi, bukan 2 dimensi. Batik yang dimaksud adalah seni lukis batik yang berwujud 2 dimensi dan berfungsi sebagai hiasan kain. Batik merupakan karya seni rupa 2 dimensi asli Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

4. Seni Lukis Tembok Rumah

Weh, kok bisa seni lukis tembok rumah bisa menjadi seni terapan 2 dimensi? Menggambar di tembok dengan cat adalah proses seni yang sering dilakukan oleh kaum milenial saat ini. Pastinya melukis di tembok rumah menggunakan komponen seni.

Manfaat utama dari seni lukis tembok rumah adalah untuk mempercantik tampilan rumah agar terlihat lebih hidup. Selain itu, manfaat seni lukis tembok rumah memiliki fungsi untuk menghentikan pertumbuhan jamur pada dinding tembok.

5. Video game

Seperti yang sudah saya singgung diatas, video game termasuk ke dalam seni rupa terapan 2 dimensi. Video game banyak memiliki manfaat, mulai dari ladang mencari uang maupun sarana hiburan. Pembuatan video game juga memerlukan seni.

Untuk video game yang memiliki alur cerita dan gambar-gambar bergerak yang menggunakan komponen seni dalam pembuatannya. Video game tembak-tembakan dan lain-lain juga begitu. Apalagi untuk video game online yang sering melakukan update sistem dengan manambah karakter atau desain juga membutuhkan komponen dan unsur seni.

Contoh Seni Rupa Terapan 3 Dimensi

Sebenarnya contoh-contoh seni rupa berikut ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk menjelaskan seni rupa terapan 3 dimensi masih rancu sehingga tidak dapat memberi contoh seni rupa terapan 3 dimensi.

Salah satu contoh seni rupa terapan 3 dimensi adalah piring, sendok, gelas dan alat makan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh seni rupa terapan 3 dimensi beserta gambarnya.

6. Anyaman Kipas

Contoh seni rupa terapan 3 dimensi, Anyaman Kipas
Contoh seni rupa terapan 3 dimensi, Anyaman Kipas

Meskipun saat ini anyaman kipas sudah jarang ditemukan, pasti sahabat sudutsekolah masih ingat mengenai anyaman kipas. Kegiatan menganyam kipas membutuhkan komponen seni yang bernama seni anyam. Selain itu, terkadang pembuat anyaman kipas menambah motif tertentu untuk menambah nilai estetiknya. Untuk kipas sendiri, sahabat sudutsekolah pasti tahu fungsi utama dari kipas, yaitu untuk membuat udara terasa lebih sejuk.

7. Perahu

Meskipun perahu hanya sering ditemukan di daerah pesisir, namun kamu tahu dengan bentuk perahu, kan? Kendaraan tradisional yang satu ini juga termasuk ke dalam contoh seni terapan 3 dimensi.

Pembuatan perahu menggunakan teknik ukir hingga teknik anyam. Pastinya pembuatan perahu ini membutuhkan komponen seni. Selain itu, pengerajin perahu biasanya menambah motif-motif tertentu pada perahu buatannya. Untuk fungsi utama, perahu berperan sebagai kendaraan air tradisional.

8. Pakaian

Pakaian juga termasuk ke dalam seni rupa terapan bentuk 3 dimensi yang setiap hari kita gunakan. Sahabat sudutsekolah.com pastinya sudah sangat paham mengenai fungsi utama pakaian. Selain untuk melindungi dan menutup tubuh, pakaian juga memiliki nilai seni.

Unsur seni dalam pakaian tertuang dalam proses pembuatan dan motifnya. Motif yang menarik dan proses pembuatan yang menerapkan teknik tenun, lukis (sablon), anyam, dan teknik seni lainnya layak membuat pakaian dikategorikan sebagai salah satu contoh seni rupa 3 dimensi.

9. Rumah Adat

Selain pakaian, rumah adat di Indonesia atau rumah pada umumnya juga termasuk salah satu contoh seni rupa terapan wujud 3 dimensi. Kamu pastinya sudah tahu bahwa setiap rumah adat memiliki nilai seni dan filosofi tertentu. Selain itu, rumah adat juga masih sering digunakan sebagai tempat tinggal.

Namun bagaimana dengan seni rumah umum? Dari dulu, pembuatan rumah pada umumnya juga masih menerapkan unsur seni. Teknik pahat, kriya, dan lain-lain selalu digunakan dalam pembuatan rumah. Bahkan rumah umum saat ini juga sedikit menonjolkan unsur fungsi estetik seni.

10. Candi

Candi juga termasuk ke dalam salah satu contoh seni terapan wujud 3 dimensi loh. Kamu pasti juga sudah tahu unsur seni dan filosofi yang ada pada candi. Pembuatan candi juga dipastikan membutuhkan seni ukir.

Menurut literatur prediksi sejarah, pembutan candi merupakan salah satu hasil seni ukir. Batu besar diukir sedemikian rupa sehingga membentuk suatu bangunan yang memiliki nilai seni. Selain itu, candi bukan tempat pameran seni, namun candi biasa digunakan untuk tempat beribadah atau kuburan.

Baca juga: Contoh seni rupa murni

Sudah kita ketahui 10 contoh seni rupa terapan 2 dan 3 dimensi. Sahabat sudutsekolah.com pasti sudah sangat paham mengenai seni rupa terapan 2 dan 3 dimensi. Untuk seni rupa terapan dua dimensi diantaranya iklan dengan video animasi, poster, seni lukis tembok, batik, video game, dan masih banyak lagi.

Untuk seni rupa terapan 3 dimensi diantaranya anyaman kipas, perahu, rumah tradisional dan rumah umum, candi pakaian, dan lain-lain. Nah, masih banyak contoh seni rupa terapan 2 dan tiga dimensi yang belum disebutkan. Untuk itu, coba kamu sebutkan contoh lain seni rupa terapan 2 dan 3 dimensi di kolom komentar.