Contoh seni rupa murni

12 Contoh Seni Rupa Murni 2 dan 3 Dimensi Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada

Contoh seni rupa murni – Berdasarkan fungsi utamanya seni rupa dibagi menjadi 2, yaitu seni rupa terapan yang merupakan seni yang mengutamakan nilai kegunaan dibanding nilai estetikanya, dan seni rupa murni yang merupakan seni yang mengutamakan nilai estetikanya dibanding nilai kegunaannya. Yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah seni rupa murni.

Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas juga mengenai contoh seni rupa terapan berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Sesuai dengan namanya, seni rupa murni merupakan benda-benda yang hanya dinikmati dari segi keindahannya saja. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan contoh seni rupa murni lengkap.

Pengertian Seni Rupa Murni

Sudah saya singgung diatas bahwa seni rupa murni merupakan seni rupa yang mengutamakan nilai estetikanya dibanding nilai fungsinya. Seni rupa murni ada yang berbentuk 2 dimensi dan juga 3 dimensi, biasanya seni rupa murni merupakan pajangan yang memiliki nilai keindahan yang tinggi.

Itulah pengertian seni rupa murni, berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi seni rupa murni.

Fungsi Seni Rupa Murni

Seperti yang dijelaskan pada pengertiannya diatas, seni rupa murni berfungsi sebagai pajangan atau hiasan, namun seni rupa murni juga dapat digunakan sebagai penyampai pesan, misalnya patung untuk memperingati seorang pahlawan atau patung suro dan boyo di Surabaya sebagai legenda dari asal usul kota Surabaya. Keduanya merupakan contoh seni rupa murni 3 dimensi.

Selain itu ada juga desain-desain dari poster yang unik dengan tujuan masing-masing, bisa sebagai iklan, pemberitahuan, atau yang lainnya. Itu menandakan bahwa selain berfungsi sebagai hiasan dan mempercantik ruangan ternyata seni rupa murni mempunyai fungsi yang lain seperti yang tadi dijelaskan.

Setelah kamu memahami penjelasan pengertian dan fungsi seni rupa murni diatas, maka selanjutnya kamu harus mengetahui contoh seni rupa murni 2 dan 3 dimensi yang berada di sekitar lingkungan kita.

Contoh Seni Rupa Murni 2 Dimensi

Contoh seni rupa murni 2 dimensi
Gambar lukisan sebagai contoh seni rupa murni 2 dimensi

Ada berbagai karya seni rupa murni berbentuk 2 dimensi yang dapat kita temukan di sekitar kita, seperti lukisan, batik, seni fotografi atau grafis, kaligrafi, poster, dan yang lainnya. Berikut ini contoh-contoh beserta penjelasan lengkapnya.

1. Lukisan

Lukisan merupakan salah satu seni rupa murni berbentuk 2 dimensi yang sering kita lihat dimanapun kita berada, hampir setiap tempat mempunyai lukisan karena nilai estetika atau keindahannya yang tinggi. Sehingga banyak orang yang merasa terhibur dan tidak jenuh ketika sedang memasuki sebuah tempat. Bayangkan jika kamu pergi ke sebuah tempat yang didalamnya tidak ada lukisan pasti akan aneh sekali dan itu akan mempengaruhi mood kamu.

Biasanya lukisan dibuat dengan cara menggunakan alat-alat seperti cat, kuas, palet, kanvas, dan lainnya. Namun semakin inovatifnya para pelukis, sehingga sekarang sudah mulai banyak lukisan yang menggunakan media dinding sebagai tempat untuk menuangkan kreativitas mereka.

2. Batik

Batik berasal dari Indonesia, dapat dibuktikan dengan adanya sejarah serta ada banyak sekali corak batik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan keunikannya masing-masing dari daerah-daerah tersebut. Untuk membuat batik kamu harus sabar dan telaten, karena tidak mudah untuk membuatnya. Alat yang harus kamu siapkan untuk membuat batik adalah canting, malam, gawangan, dan alat lainnya.

3. Fotografi

Fotografi merupakan seni rupa murni yang modern, karena untuk membuatnya kita membutuhkan alat yang disebut kamera. Fotografi sangat digemari pada saat ini, karena sudah banyak kamera yang bagus dan harganya murah, bahkan hanya dengan menggunakan smartphone saja kita sudah bisa mengambil foto yang bagus. Bisnis dari seni fotografi juga memiliki peluang yang sangat besar, mulai dari foto prewedding, iklan, dan yang lainnya.

4. Poster

Poster merupakan salah satu desain grafis yang berbentuk tulisan dan gambar diatas kertas yang ditempel di dinding. Pasti kamu pernah melihatnya seperti di majalah dinding sekolah atau di tempat lainnya.

5. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan contoh seni rupa murni yang sering kita lihat di tempat ibadah dan tempat lainnya yang mengandung unsur religi. Kaligrafi memiliki nilai estetik yang tinggi dan indah jika dipandang mata. Kaligrafi merupakan huruf-huruf yang disusun sedemikian rupa agar terlihat indah. Kaligrafi yang terkenal biasanya menggunakan huruf hijaiyah.

6. Karikatur

Karikatur merupakan contoh karya seni rupa 2 dimensi yang berisi gambaran suatu objek dengan melebih-lebihkan ciri khas dari objek tersebut. Karikatur biasanya bersifat menyindir, dan gambarnya lucu serta unik.

Contoh Seni Rupa Murni 3 Dimensi

Contoh seni rupa murni 3 dimensi
Patung sebagai contoh seni rupa murni 3 dimensi

Ada banyak seni rupa murni berbentuk 3 dimensi yang sering kita jumpai , seperti patung, relief, kerajinan keramik, mosaik, ukiran, topeng, dan lainnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai macam-macam seni rupa murni 3 dimensi.

1. Patung

Patung merupakan seni rupa 3 dimensi yang memiliki fungsi sebagai hiasan atau bisa melambangkan sesuatu hal yang bersejarah dan penting. Ada banyak bentuk patung yang sering kita jumpai, seperti patung berbentuk pahlawan, hewan, dan patung yang berada pada candi dan tempat bersejarah lainnya.

2. Relief

Relief merupakan seni ukiran dan pahatan 3 dimensi yang dibentuk diatas batu. Contoh relief dapat kita lihat pada candi-candi peninggalan kerajaan di Indonesia, seperti candi Borobudur, Prambanan, dan lainnya. Selain itu relief juga terdapat di kuil, monumen, dan tempat bersejarah.

3. Kerajinan Keramik

Contoh yang ketiga adalah kerajinan keramik. Contoh yang ketiga adalah kerajinan keramik. Kerajinan keramik merupakan kerajinan yang dibuat dengan bahan dasar tanah liat yang dibentuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai fungsi dan estetika. Contoh kerajinan keramik yang merupakan seni rupa murni adalah hiasan dinding, lantai, dan guci.

4. Mosaik

Mosaik adalah seni rupa yang berbahan dasar kepingan-kepingan kecil kaca, batu, dll yang memiliki warna yang bagus, kemudian disusun menjadi bentuk atau gambar yang diinginkan. Ada mosaik tertua yang ditemukan di Mesopotamia yang berasal dari abad ke 3 Masehi.

5. Ukiran

Ukiran biasa disebut juga dengan memahat. Ukiran merupakan seni yang membuat perbedaan ketinggian pada suatu permukaan yang membentuk suatu objek tertentu. Ada berbagai macam jenis ukiran, yaitu ukiran batu, ukiran es, ukiran gading, ukiran kayu, dan ukiran tulang.

6. Topeng

Topeng merupakan seni rupa 3 dimensi yang mempunyai nilai keindahan dan biasanya berbentuk mirip dengan manusia dan digunakan untuk adat dan istiadat sebagai penutup muka. Bisa untuk tarian adat maupun tujuan lainnya.

Itu dia contoh seni rupa murni berbentuk 2 dan 3 dimensi lengkap dengan penjelasannya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan kamu, terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah.