Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Pengertian dan Unsur

15+ Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Gambar Dan Penjelasan

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh seni rupa 3 dimensi – Pada artikel kali ini di blog Sudut Sekolah, kita akan mempelajari tentang seni rupa 3 dimensi. Apa yang Anda ketahui tentang seni rupa 3 dimensi? Sebenarnya hampir sama dengan “saudaranya”, seni rupa 2 dimensi. Hanya saja, seni rupa 3 dimensi mempunyai 1 unsur atau 1 dimensi tambahannya. Materi tentang seni rupa 3 dimensi sudah pernah kita pelajari pada saat kita duduk di bangku SMP dulu. Tapi, materi seputar seni rupa 3 dimensi biasanya kembali muncul di bangku SMA.

Pada artikel ini, blog Sudut Sekolah akan memberikan beberapa contoh seni rupa 3 dimensi. Tapi, sebelum itu kita akan mempelajari tentang pengertian seni rupa 3 dimensi, dan unsur seni rupa 3 dimensi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita benar-benar paham tentang materi seni rupa 3 dimensi, barulah kita melihat contoh-contoh seni rupa 3 dimensi nya.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki 3 dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Atau bisa juga diartikan sebagai karya seni yang mempunyai volume dan sebuah ruang. Seni rupa 3 dimensi juga sering disingkat dan disebut menjadi seni rupa 3D.

Unsur ruang inilah yang menjadi pembeda antara seni rupa 3 dimensi dan seni rupa 2 dimensi. Seni rupa 3 dimensi mudah ditemui, atau bahkan mungkin sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita tidak sadar.

Unsur-Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Sama seperti seni rupa 2 dimensi, karya seni rupa 3 dimensi juga mempunyai unsur-unsur tertentu. Unsur-unsur seni rupa 3 dimensi ini berfungsi agar dapat membentuk satu kesatuan sehingga bisa mempercantik dan memperindah seni rupa 3 dimensi itu sendiri. Berikut unsur-unsur seni rupa 3 dimensi.

Baca juga: Pengertian, unsur, fungsi, contoh, jenis musik lengkap

1. Titik

Unsur seni rupa 3 dimensi yang pertama adalah titik. Titik merupakan unsur seni rupa 3 dimensi yang paling dasar dan paling kecil. Titik nampak seperti sebuah bintik dalam sebuah karya seni rupa. Tetapi, dengan titik maka bisa membuat berbagai macam unsur-unsur lainnya seperti garis dan ruang. Oleh karena itu, titik sering disebut sebagai unsur utama dari sebuah karya seni rupa. Selain itu, titik juga mempunyai pusat perhatian tersendiri atau mempunyai warna yang berbeda sendiri dengan yang lainnya.

2. Garis

Garis adalah goresan atau batas dari sebuah ruang, bidang, benda, dan sebagainya. Biasanya, garis mempunyai dimensi yang memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis juga mempunyai berbagai macam sifat, diantaranya horizontal, vertikal, panjang, pendek, tipis, tebal, halus, kasar, berombak, melengkung, patah-patah, miring, dan lain-lain.

Garis mempunyai beragam macam bentuk. Ada garis tegak, garis mendatar, garis patah-patah, garis miring, garis lengkung, garis sejajar, garis zig-zag, garis spiral, garis bergelombang, dan berbagai macam bentuk garis lainnya. Selain itu, masing-masing bentuk garis juga memiliki kesan tersendiri. Misalnya garis patah-patah yang terkesan kaku, dan garis tegak lurus yang mempunyai kesan tegas dan keras.

3. Bidang

Bidang adalah unsur seni rupa 3 dimensi yang dibentuk dan diolah dari hubungan sekumpulan garis. Bidang mempunyai dimensi panjang dan lebar. Bidang juga sering disebut sebagai pipih. Berdasarkan dengan bentuknya, bidang dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya bidang geometris, bidang simetris, bidang organis, dan macam-macma bentuk bidang lainnya.

4. Bentuk

Bentuk biasa diartikan sebagai bangun dan plastis. Tapi, bangun dan plastis yang dimaksud bukanlah satu hal yang sama. Bangun memiliki bentuk yang polos. Sementara plastis bukan hanya bisa dilihat bentuk luarnya saja. Di dalam plastis terdapat nilai-nilai dan maknanya tersendiri. Contoh plastis misalnya lemari. Lemari tentu saja bukan sebuah bentuk dan benda yang biasa saja. Lemari bisa digunakan untuk menyimpan pakaian dan celana.

5. Tekstur

Dan unsur seni rupa 3 dimensi yang terakhir adalah tekstur. Tekstur adalah sifat permukaan dari sebuah benda. Sifat permukaan tersebut bisa kasar, halus, licin, berpori, mengkilap, dan lain-lain. Sifat-sifat permukaan atau tekstur ini bisa dirasakan melalui indra penglihatan dan indra peraba.

Berdasarkan jenisnya, tekstur dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata memiliki nilai dan kandungan-kandungan yang sama dengan penglihatan dan peraba. Sementara tekstur semu tidak memiliki nilai dan kandungan yang sama dengan penglihatan dan peraba.

Itu dia 5 unsur seni rupa 3 dimensi. Tanpa ke lima unsur tersebut, karya seni rupa 3 dimensi tidak akan terlihat indah dan menjadi satu kesatuan yang utuh.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Seperti apa yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa sebenarnya contoh seni rupa 3 dimensi bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, kita kurang peka dan kurang mengapresiasi karya seni tersebut makanya terasa tidak pernah ditemui. Berikut beberapa contoh seni rupa 3 dimensi yang mudah ditemui.

1. Patung

Contoh seni rupa 3 dimensi patung
Sumber: http://www.artikelsiana.com/

Contoh seni rupa 3 dimensi yang pertama dan yang paling mudah ditemui adalah patung. Patung sudah lama menjadi salah satu contoh seni rupa 3 dimensi yang terkenal. Seiring berkembangnya zaman, patung juga semakin berkembang dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Media untuk membuat patung ada banyak. Patung bisa dibuat dari media kayu, batu, logam maupun dari material dan media lainnya. Patung juga bisa dilihat dari segala arah. Objek yang dijadikan patung biasanya meniru dari makhluk hidup, seperti binatang, manusia atau tumbuhan.

2. Kriya

Contoh seni rupa 3 dimensi kriya
Sumber: https://sarungpreneur.com/

Selanjutnya ada kriya. Kriya merupakan kesenian yang memerlukan keterampilan tangan (hand-skill) dan memperhatikan segi fisik dan segi keindahan. Kriya termasuk ke dalam karya seni terapan nusantara. Kriya bisa digunakan sebagai dekorasi, benda siap pakai seperti furniture, atau benda mainan seperti boneka.

Ada berbagai macam jenis kriya, diantaranya kriya keramik, kriya tekstil, kriya kayu, kriya logam, kriya kulit dan seni kriya batu.

3. Keramik

Contoh seni rupa 3 dimensi keramik
Sumber: https://hedisasrawan.blogspot.com/

Dan contoh seni rupa 3 dimensi yang terakhir adalah keramik. Keramik adalah cabang karya seni rupa tradisional kontemporer yang terkena dampak modernisasi. Bahan dasar untuk membuat keramik adalah tanah liat. Untuk membuat keramik, harus melalui proses pijir, butsir, pilin sampai pembakaran dan glasir.

Kualitas karya seni keramik dinilai dari prosesnya. Sampai saat ini, karya seni keramik berkembang sangat pesat dengan beragam model dan harga jual yang tinggi. Contohnya guci dan hiasan dinding.

4. Relief

Relief adalah seni ukiran atau pahat yang berbentuk 3 dimensi yang ditempatkan di sebuah tembok bangunan dan batu. Contoh relief adalah ukiran atau pahatan yang terdapat di berbagai candi peninggalan kerajaan di Indonesia.

5. Arca

Arca adalah contoh seni rupa 3 dimensi yang berbentuk patung yang dibuat dengan cara dipahat yang menyerupai manusia dan hewan. Namun biasanya arca bercorak Hindu dan Buddha yang melambangkan para dewa mereka.

6. Topeng

Topeng merupakan salah satu karya seni rupa 3 dimensi yang dipakai di bagian wajah. Topeng identik sekali dengan kesenian, terutama yang menyangkut dengan tari-tarian daerah. Karena dengan menggunakan topeng, watak yang sedang diperankan akan lebih jelas di mata para penonton.

7. Vas Bunga

Siapa sih yang tidak tahu vas bunga? Pastinya di rumah Anda terdapat vas bunga untuk menaruh bunga. Biasanya para wanita yang sangat menyukai bunga, sehingga di rumahnya terdapat banyak vas bunga. Selain digunakan untuk menaruh bunga agar tetap hidup, vas bunga juga memiliki nilai keindahan yang patut untuk di apresiasi.

8. Guci

Guci merupakan contoh karya seni rupa 3 dimensi yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tanah. Untuk membuat guci dibutuhkan kesabaran dan keahlian yang cukup, Anda harus latihan terlebih dahulu untuk membuat guci. Teknik pembuatan guci juga ada banyak, yaitu teknik coil, tatap batu atau pijat jari, slab, putar, dan cetak.

9. Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Lainnya

  • Boneka
  • Bangunan bersejarah
  • Meja
  • Kursi
  • Lemari
  • Sapu
  • Tas
  • Dan perabotan lainnya

Sekian pembahasan tentang contoh seni rupa 3 dimensi beserta pengertian dan unsurnya pada artikel kali ini. Semoga wawasan tentang seni rupa 3 dimensi bertambah setelah membaca artikel ini. Berikan komentar Anda terhadap perkembangan karya seni rupa 3 dimensi pada kolom komentar di bawah.

Silahkan berikan rating