Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

11+ Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh seni rupa 2 dimensi – Selamat datang di blog Sudut Sekolah. Kali ini kita masih akan membahas dan mempelajari tentang seni. Yang akan kita pelajari kali ini adalah tentang seni rupa 2 dimensi. Mulai dari teknik seni rupa 2 dimensi, unsur seni rupa 2 dimensi, dan contoh seni rupa 2 dimensi. Sekilas tentang seni rupa 2 dimensi, seni rupa 2 dimensi adalah seni rupa yang hanya memiliki 2 dimensi saja, yaitu panjang dan lebar. Contoh seni rupa 2 dimensi yang paling terkenal adalah lukisan.

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Dalam proses pembuatannya, ada banyak sekali teknik yang digunakan. Beberapa teknik seni rupa 2 dimensi mungkin sudah Anda ketahui pada saat mempelajarinya di sekolah. Berikut teknik-teknik seni rupa 2 dimensi.

1. Teknik Plakat

Teknik plakat adalah teknik menulis dengan menggunakan cat dengan goresan yang tebal untuk mendapatkan hasil padat dan pekat. Cat yang digunakan bermacam-macam, bisa cat minyak, cat poster, cat cair, atau cat akrilik.

2. Teknik Transparan

Teknik transparan adalah teknik menggambar dengan menggunakan cat cair di mana sapuan-sapuan warnanya harus tipis agar terlihat seperti transparan.

3. Teknik Arsir

Teknik arsir adalah teknik mengarsir atau menutupi objek lukis dengan pulasan garis menyilang atau sejajar dengan menggunakan pensil atau pena.

4. Teknik Kolase

Teknik kolase adalah teknik-teknik membuat lukisan dari potongan-potongan kertas yang ditempel menggunakan lem. Hasilnya akan terlihat seperti realis dan abstrak.

5. Teknik 3M (Merekat, Menggunting, Menempel)

Teknik 3M adalah teknik memanipulasi lembaran kertas yang akan dibentuk seolah-olah seperti bentuk 3 dimensi dengan cara merekatkan, menggunting, dan menempelkannya.

6. Teknik Linear

Teknik linear adalah teknik menggambar suatu objek dengan menggunakan pola garis dari pensil atau pena.

7. Teknik Blok

Teknik blok adalah teknik yang digunakan untuk menutupi suatu objek lukis dengan satu warna.

8. Teknik Dussel

Teknik dussel adalah teknik yang digunakan untuk membuat kesan gelap terang pada sebuah objek lukis dengan menggunakan goresan garis-garis miring dari pensil.

9. Teknik Pointilis

Teknik pointilis adalah teknik menghitamkan suatu objek lukis dengan kumpulan titik-titik.

10. Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik menutupi objek lukis dengan cara menyapu cat cair secara tipis.

11. Teknik Mozaik

Teknik mozaik adalah teknik membentuk lukisan dengan cara menggabungkan dan menempelkan benda-benda 3 dimensi.

12. Teknik Menganyam

Teknik menganyam adalah teknik menumpang tindih dan menyilangkan bahan-bahan yang ada, atau singkatnya menganyam bahan sehingga menghasilkan sesuatu.

Baca juga: Contoh karya seni rupa 3 dimensi

Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut unsur-unsur seni rupa 2 dimensi.

1. Titik

Unsur seni rupa 2 dimensi yang pertama adalah titik. Mengapa titik? Karena titik adalah dasar serta awal yang bisa menghasilkan sesuatu. Titik merupakan unsur seni rupa yang paling dasar dan yang paling kecil. Titik yang berukuran lebih besar sering disebut bintik.

2. Garis

Garis adalah sebuah goresan atau pembatas pada suatu benda, misalkan bidang, bentuk, warna, ruang dan lain-lain. Garis akan memiliki dimensi jika memiliki arah yang jelas. Ada berbagai macam sifat garis, diantaranya panjang, pendek, horizontal, vertikal, tebal, tipis, tegak lurus, patah-patah, diagonal, dan lain-lain. Garis juga bisa memberikan kesan tertentu terhadap karya seni rupa. Misalkan, garis yang tipis akan memberikan kesan halus dan garis patah-patah terkesan kaku.

3. Bidang

Bidang adalah gabungan dari beberapa garis. Bidang memiliki dimensi panjang dan lebar. Hasil dari beberapa kumpulan bidang akan menghasilkan suatu bangun atau volume. Ada beberapa bentuk bidang, diantaranya bidang geometris, bidang bersudut, dan bidang tidak beraturan.

4. Bentuk

Bentuk ada 2, yaitu bentuk plastis dan bentuk bangunan. Bentuk plastis adalah bentuk yang bisa dilihat dan bisa diraba, contohnya lemari. Sementara bentuk bangunan adalah bentuk yang polos dan hanya bisa dilihat. Bentuk bangunan hanya dimaksudkan untuk dilihatkan sifatnya saja, seperti persegi, lingkaran, dan lain-lain.

5. Tekstur

Tekstur adalah sifat permukaan dari sebuah benda. Tekstur dibagi menjadi 2 :

  • Tekstur nyata: Tekstur nyata memiliki sifat dan kesan sama ketika dilihat dan diraba.
  • Tekstur semu (maya): Tekstur semu akan memiliki sifat dan kesan berbeda ketika dilihat dan diraba.

6. Warna

Ada beberapa teori tentang warna, salah satunya adalah pigmen warna. Terdapat beberapa istilah dalam teori pigmen warna, yang paling terkenal adalah warna dasar (primer) dan warna sekunder.

7. Gelap Terang

Unsur gelap terang berfungi untuk memberikan kesan kedalaman, kesan 3 dimensi pada benda, dan juga memberikan kesan perbedaan kontras.

8. Ruang dan Kedalaman

Dan unsur seni rupa 2 dimensi yang terakhir adalah ruang dan kedalaman. Unsur ruang dan kedalaman memiliki sifat semu atau maya karena hanya diciptakan melalui kesan dan penggambaran yang datar, pipih, jauh, menjorok, cekung, cembung dan sebagainya.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Setelah mempelajari teknik-teknik dan unsur-unsur seni rupa 2 dimensi. Maka sekarang saatnya kita melihat beberapa contoh seni rupa 2 dimensi. Berikut contoh-contoh seni rupa 2 dimensi.

1. Lukisan

Contoh karya seni rupa 2 dimensi yaitu lukisan monalisa

Contoh seni rupa 2 dimensi yang paling mudah ditemui adalah lukisan. Dan lukisan monalisa adalah salah satu lukisan yang paling terkenal sepanjang masa.

2. Foto

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Foto

Foto juga termasuk contoh seni rupa 2 dimensi. Pada zaman sekarang, ilmu fotografi sedang berkembang dengan pesat dan semakin banyak penggemarnya.

3. Batik

Batik merupakan contoh seni rupa 2 dimensi

Batik adalah seni melukis di atas sebuah kain dengan menggunakan lilin. Dan batik masuk ke dalam salah satu contoh seni rupa 2 dimensi yang paling terkenal di Indonesia.

4. Poster

Poster merupakan contoh seni rupa 2 dimensi

Poster sangat mudah dan sering kali ditemui. Poster bisa ditemui di jalanan atau di berbagai gedung seni.

Logo Sudut Sekolah

Dan contoh seni rupa 2 dimensi yang kelima adalah logo. Untuk membuat logo diperlukan berbagai macam filosofi. Membuat logo juga bukan hal yang mudah, karena logo harus bisa memberikan kesan yang bermakna.

Baca juga: Seni musik

6. Banner

Banner merupakan hasil karya digital dan termasuk ke dalam seni desain grafis. Banner atau spanduk dibuat dengan teknik printing. Banner atau spanduk merupakan media penyampaian informasi yang sangat praktis dan memiliki nilai estetika yang cukup.

7. Kaligrafi

Contoh karya seni rupa 2 dimensi lainnya yang sering ditemukan adalah kaligrafi, biasanya kaligrafi digunakan oleh orang Islam untuk menulis ayat-ayat suci Al-Quran untuk dijadikan pajangan yang sangat indah, terutama jika terdapat di dalam masjid.

Kaligrafi telah ada sejak lama di Indonesia, karena kaligrafi adalah peninggalan kerajaan islam di Indonesia. Walaupun biasanya kaligrafi menggunakan bahasa Arab, ternyata ada versi berbagai bahasa loh, seperti Jepang, dan lainnya.

8. Mozaik

Mozaik dibuat dengan menggunakan remah-remahan benda kecil yang memiliki susunan dan pola tertentu sehingga hasilnya membentuk benda atau gambar yang di inginkan. Biasanya mozaik menggunakan bahan dasar kaca, keramik, telur, dan kayu.

Pola atau gambar pada mozaik biasanya terdapat di gereja dengan arsitektur romawi kuno.

9. Karikatur

Karikatur merupakan contoh karya seni rupa 2 dimensi yang sangat populer, karena sifat dari karikatur biasanya nyeleneh, menyindir, dll. Pada awalnya karikatur dibuat dengan menggunakan tangan saja. namun semakin berkembangnya zaman karikatur mulai bisa dibuat dengan teknologi mesin komputer.

10. Vinyet

Vinyet adalah gambar dekoratif yang tidak memiliki maksud apa-apa, cenderung berbentuk abstrak namun memiliki nilai estetik yang tinggi. Biasanya para pembuat karya seni rupa 2 dimensi melakukan improvisasi untuk membuat vinyet.

11. Sketsa

Sketsa merupakan contoh seni rupa 2 dimensi yang sering dijumpai juga oleh kita, apalagi jika Anda masih sekolah pasti sering kan disuruh menggambar dalam bentuk sketsa? Baik itu SD, SMP, maupun SMA pasti pernah menggambar sketsa. Sketsa adalah garis tipis-tipis yang dibuat secara spontan namun membentuk benda atau pemandangan tertentu dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sketsa selalu dibuat sebelum membuat lukisan yang cantik.

Sebenarnya masih banyak contoh seni rupa 2 dimensi lainnya. Tetapi, 11 contoh di atas adalah yang paling umum dan mudah ditemui. Sekian pembahasan tentang contoh seni rupa 2 dimensi pada artikel kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Silahkan berikan rating