Contoh seni kriya 2 dimensi dan 3 dimensi

10 Contoh Seni Kriya 2 Dimensi dan 3 Dimensi Yang Mudah Ditemui

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh seni kriya – Apakah kamu pernah mendengar kata-kata seni rupa kriya? Yap, cabang seni yang satu ini telah ada mulai zaman dahulu kala guys lebih-lebih sejak era prasejarah loh. Ada begitu banyak macamnya dari jenis seni kriya ini yang bisa kita temukan dari berbagai penjuru atau daerah nusantara ini. Itulah mengapa buat kamu yang tidak tahu, perlu sekali mengetahui ada berapa contoh seni kriya yang mudah ditemukan atau bahkan ada di sekitar kita.

Lebih gampang memahaminya ialah, seni kriya merupakan kerajinan tangan yang dibuat oleh manusia. Jadi kerajinan tangan seni rupa kriya ini rata-rata pasti memiliki kegunaan bagi manusia sehingga tak heran jika pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari bisa diandalkan.

Baca juga: Contoh seni rupa 2 dimensi

Jadi jangan bilang jika di jaman now atau serba modern ini kerajinan tangan seni kriya sulit ditemukan yang mana itu kadang masih diandalkan dong. Nyatanya manusia memang tak akan bisa terlepas dari kaya seni rupa kriya guys, sebab pembuatannya yang cukup mudah.

Secara mendasar jenis atau bentuk dari karya seni kriya di Indonesia ini sangat bervariasi macamnya. Dapat digolongkan perbedaan jenis karya seninya berdasarkan teknik pembuatan serta bahan apa yang dipakai. Sehingga kesimpulannya apapun kerajinan tangan yang dihasilkan dari tangan manusia serta mempunyai keindahan saat dilihat oleh mata maka itu sudah bisa disebut sebagai seni rupa kriya dan itu mutlak guys.

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja contoh seni kriya ini, berikut ini sudutsekolah mencoba menyajikannya untuk kamu. Silakan disimak saja baik-baik ya gengs.

Contoh Seni Kriya 2 Dimensi

Contoh seni kriya 2 dimensi
Sumber: http://www.elevenia.co.id/

Contoh seni kriya yang pertama ialah seni kriya 2 dimensi, dimana seni kriya ini dibuat melalui media yang hanya mempunyai panjang dan lebar saja. Misalnya secara umum ada tenun, hiasan dinding relief, perupa mozaik, bordir, serta relief.

Tak sedikit pula bahan-bahan yang dapat dipakai untuk media pembuatan seni kriya 2 dimensi contohnya kayu, kulit, kertas, dan masih banyak lagi. Karena sekarang ini perkembangan seni kriya 2 dimensi sangatlah pesat ada yang sudah menggunakan teknik modern namun ada pula yang masih memakai teknik sederhana alias bisa dibilang jadul.

1. Tenun

Tenun / menenun adalah salah satu contoh seni kriya 2 dimensi yang mana juga cara untuk menciptakan karya seni rupa kriya. Biasanya bahan yang dipakai ialah kain trandisional sesuai namanya yaitu kain tenun namun seperti yang kita tahu corak pada setiap daerah di Indonesia ini pasti berbeda beda.

2. Bordir

Jikalau menenun saja termasuk seni maka membordir pun salah satu contoh seni kriya 2 dimensi yang paling gampang juga ditemui dan sama-sama diaplikasikan ke kain atau pakaian. Dengan seni ini lah estetika sebuah kain bertambah nilainya alhasil mata memandang sangat enak bahkan tertarik.

3. Batik

Berbicara soal bordir, nenun yang sama-sama diterapkan kepada kain atau pakaian, tentu kita tak akan terlepas dari batik juga. Batik merupakan pakaian ciri khas Indonesia karena coraknya yang beragam. Dalam mengerjakan seni ini, pelaku harus memerlukan kain dan malam untuk bahan bakunya, serta tak lupa tekniknya mewajibkan kesabaran tingkat tinggi agar hasilnya maksimal.

4. Pahat

Relief merupakan bentuk dari seni pahatan, jadi dalam hal ini umumnya para seniman akan memakai alat pahat yang mereka rasa diperlukan dalam pembuatannya asalkan itu bersifat keras.

5. Hiasan Dinding

Ada banyak seni kriya hiasan dinding 2 dimensi, salah satunya yakni prasasti. Dimana itu masih termasuk ke dalam metode pahatan namun menepel didinding melukiskan bahwa apa yang sedang terjadi di masa itu. Biasanya para pembuat ini memerlukan benda yang sama saat memahat yang jelas itu keras. Contoh prasasti biasanya ada di jaman kerajaan, seperti contoh prasasti kerajaan majapahit atau kerajaan lainnya.

Contoh Seni Kriya 3 Dimensi

Contoh seni kriya 3 dimensi
Sumber: https://www.suara.com/

Contoh seni kriya yang berikutnya ialah berjenis 3 dimensi. Jadi contoh seni kriya 3 dimensi ini nantinya seni yang dibuat lewat kerajinan tangan yang hasilnya nanti tak hanya panjang dan lebar melainkan tinggi juga atau biasa disebut bervolume dalam suatu ruangan.

Karena sesuai dengan namanya yaitu 3 dimensi maka wujudnya ialah nyata dan bisa dirasakan kehadirannya. Contoh paling gampang ialah patung, dia diam tapi itu termasuk 3 dimensi karena kita merasakan kehadirannya saat disitu. Lebih jelas berikut ini daftar dari contohnya:

1. Seni Berbahan Keramik

Contoh seni kriya 3 dimensi yang pertama ialah sesuatu yang bahan dasarnya sendiri berasal dari tanah liat. Umumnya di Indonesia kerajinan ini telah ada sudah sejak jaman dulu serta masih bertahan dong sampai saat ini. Kita ambil contoh kerajinan berbahan keramik yaitu vas bunga, kendi, peralatan rumah tangga, teko, guci, serta masih banyak lagi.

2. Seni Berbahan Logam

Contoh yang berikutnya bukan tidak lain ialah seni kriya dengan memakai bahan dasar logam mulai dari emas, besi, kuningan, alumunium, perungggu sampai perak juga. Sering juga dijumpai seni kriya dari logam mempunyai harga jual yang tinggi karena berbahan dasar emas.

3. Seni Berbahan Kulit

Seni berbahan kulit ternyata dapat dijadikan bahan seni rupa kriya 3 dimensi, beberapa kulit hewan yang dapat diambil sebagai bahannya ialah kulit sapi, kijang hingga kulit binatang buas sekalipun. Akan tetapi sekarang demi menjaga populasi hewan yang ada, penggunaan bahan dasar kulit hewan sebagai kreasi seni kriya sudah dibatasi. Itulah mengapa kini harganya cukup mehong (mahal).

4. Seni Kriya Berbahan Kayu

Contoh yang berikutnya ialah berbahan dasar atau bahan utama kayu, karena kayu dapat ditemukan dengan mudah maka tak heran jika seni kriya yang terbuat dari kayu pun banyak, diantaranya yaitu furniture kursi, meja, lemari, gantungan, pajangan, ukiran, speaker dari kayu, hingga tempat rokok juga. Itulah mengapa kesan kayu sekarang melekat di desain rumah juga.

5. Seni Kriya Anyaman

Nah akhirnya pada urutan contoh seni kriya 3 dimensi yang terakhir ialah berteknik ayaman. Jadi bahan utama atau bahan dasarnya berupa bambu, plastik, daun, serta tali dimana bahan-bahan itu dibuat guna menghasilkan kerajinan tangan yang biasa disebut anyaman dan rata-rata produk anyaman ini dinilai cukup tinggi nilai jualnya karena seni di dalamnya pun harus terlampir dengan baik.

Baca juga: Contoh seni rupa 3 dimensi

Akan tetapi sekarang ini kalian akan merasa sulit menemukan seni kria anyaman, bagaimana tidak jika semuanya sudah digantikan oleh barang yang jauh lebih canggih nan modern. Penyebab teknologi ini membuat kerajinan anyaman seperti tudung nasi, tikar dan lainnya sudah berganti dengan yang lebih bagus dan kekinian, namun beberapa daerah pun masih ada banyak yang menyediakan, asalkan kekulturan desanya tetap melekat.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai contoh seni kriya, saya harap itu bisa sesuai dengan yang kamu inginkan. Semoga saja bisa bermanfaat bagi kamu atau orang disekitar kamu, serta jangan lupa membagikannya ke teman-teman kalian ya. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai bertemu di pembahasan keren lainnya.

Silahkan berikan rating