16 Contoh Pidato Singkat Berbagai Tema Dan Mudah Dihafal

Diposting pada

Contoh pidato singkat – Hari ini sudutsekolah.com akan membahas mengenai pidato, materi lengkapnya yaitu seputar pengertian pidato, tujuan pidato, ciri-ciri pidato, dan contoh pidato yang mudah dihafal. Yuk langsung saja ke intinya.

Ilustrasi pidato

Pengertian Pidato

Pidato merupakan suatu bentuk cara menyampaikan dan atau mengungkapak sebuah ide atau fikiran dengan menggunakan lisan dan kata-kata yang disusun dengan sedemikian rupa untuk ditujukan ke orang banyak.

Pidato juga bisa disebut dengan orasi dan penyampai pidato disebut orator.

Tujuan Pidato

Tujuan orang berpidato bukan hanya ingin memberikan informasi, tetapi ada beberapa tujuan pidato yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan sebuah pemahaman atau informasi atau biasa disebut informatif
  2. Mencoba untuk mengajak atau memengaruhi para pendengar pidato atau biasa disebut persuasif
  3. Agar para pendengar pidato merasa senang, tidak bosan, dan terhibur dengan pidato kita atau biasa disebut menghibur

Ciri-ciri Pidato

Nah, setelah mengetahui pengertian pidato dan tujuan pidato maka Anda juga harus mengetahui ciri-ciri pidato dan contoh pidato berikut ini.

Baca juga: Contoh surat dinas

1. Pembukaan

Di dalam pidato pasti selalu ada pembukaan pidato, nah saya sudah pernah membahas contoh pembukaan pidato yang baik dan benar pada artikel sebelumnya. Di dalam pembukaan pidato terdapat salam pembuka.

2. Pendahuluan

Nah, pendahuluan ini biasanya diisi dengan ucapan terima kasih dan sedikit memberikan kisi-kisi mengenai isi pidato. Pendahuluan ini boleh digunakan ataupun tidak digunakan.

3. Isi atau Materi

Setelah pembukaan dan pendahuluan, selanjutnya Anda harus menyampaikan isi atau materi dari pidato yang ingin Anda sampaikan. Dan harus berurutan dari mulai awal hingga akhir materi agar terlihat profesional dan tidak longkap-longkap antara isi pidato Anda.

4. Penutupan

Bagian terakhir dari ciri-ciri pidato adalah penutupan. Di dalam penutupan ini Anda bisa menyampaikan mengenai simpulan isi pidato, harapan, pesan dan salam penutup.

Setelah Anda paham mengenai pengertian pidato, tujuan pidato, dan ciri-ciri pidato, yuk sekarang kita lihat 16 contoh pidato yang mudah dihafal, dari mulai contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato singkat tentang lingkungan, dan contoh pidato singkat tentang kesehatan.

16 Contoh Pidato Singkat

Nah, berikut ini adalah contoh pidato tentang pendidikan, lingkungan, pergaulan bebas, dan kesehatan lengkap.

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan 1

Pentingnya Pendidikan di Era Milenial

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepada para hadirin di tempat ini,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkah dan rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di sini dan menjadi lebih tau tentang pendidikan di era globalisasi ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit dari pendidikan di era yang sangat berkembang ini. Seperti yang kita ketahui arti pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses pembelajaran untuk mendapatkan ilmu dan agar kita menjadi lebih mengerti lagi tentang suatu hal lainnya. Dan dengan memiliki pendidikan yang tinggi, kita dapat meraih cita-cita kita sendiri.

Namun, pada generasi milenial ini tidak semua memahami arti penting sebuah pendidikan. Mereka hanya sekedar memakai seragam dan pergi ke sekolah tanpa tahu arti dari itu semua. Mereka telah menyia-nyiakan waktu yang berharga terbuang begitu saja, tanpa memiliki rasa bersalah. Dan mereka lebih berpusat pada kemajuan di jaman ini, sehingga mereka tidak tahu apa dampak dibalik itu semua. Sudah sangat jelas terlihat bahwa masyarakat milenial lebih berpusat pada sesuatu yang sedang tren, seperti kpop, barang-barang trendi, busana yang mulai terbuka karena kekurangan bahan, dan sebagainya. Inilah yang menjadi pusat perhatian kita, bahwa pentingnya pedidikan sudah mulai dilupakan, akibatnya banyak masyarakat milenial yang dengan gampangnya dibodohi, dan mereka juga mungkin sudah mulai melupakan Tuhan nya, karena sangat berpusat pada era yang tragis ini.

Oleh karena itu, sangat ditegaskan kepada masyarakat milenial sekarang, kepada seluruh kaum ibu, kaum ayah, para pemuda pemudi, dan juga anak-anak. Dan sangat ditegaskan kepada anak-anak, bila kalian terlalu fokus kepada gadge kalian, dan mulai melupakan pendidikan kalian, apakah kalian mau dengan mudah dibodohi begitu saja? Dan menjadi buta akan pengetahuan? sehingga masa depan kalian menjadi suram?. Oleh karena itu, sangat-sangat dan haruslah pendidikan di era ini yang menjadi prioritas. Mengapa? Agar kita semua, kamu, bapak ibu, anak-anak sekalian, tidak mudah dibodohi!, tidak mudah terhasut!, bisa berpikir panjang!, dan dapat bersaing dengan negara lain!. Kalianlah kini wahai para pemuda pemudi, anak-anak sekalian, yang menjadi penerus bangsa!. Kalau bukan kalian, siapa lagi yang akan meneruskan negara tercinta kita ini?!. Sekali lagi saya tegaskan! Raihlah pendidikan kalian wahai kaum pemauda pemudi, anak-anak bangsa! Raih setinggi mungkin!.

Sekian pidato yang saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan, dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan 2

Raih Pendidikan Sampai ke Negeri Orang

Saya Hormati Bapak dan Ibu sekalian Serta saudara-saudara yang saya banggakan,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan taufik dan hidayah sehingga mempertemukan kita di tempat ini. Hal yang saya akan bicarakan kali ini adalah mengenai raih pendidikan sampai ke negeri orang.

Ada pepatah “kejar mimpimu sampai ke negeri china”, maksud dari pepatah tersebut yaitu kita harus meraih mimpi kita dan pendidikan kita setinggi mungkin. Kenapa disebutnya sampai ke negeri China, menurut saya sendiri mungkin karena negeri China itu adalah negeri yang makmur, dan juga pendidikan di negeri tersebut sangat maju. Negeri tersebut juga tidak kalah bersiang dalam barang industri, perekonomian dan perdagangan. Negeri China merupakan sebuah negeri yang dapat kita jadikan contoh, agar negeri kita yang tercinta ini juga harus maju seperti negeri China.

Banyak manyarakat Indonesia yang belajar hanya di dalam negerinya saja, padahal bila mereka keluar dari kandang mereka sendiri, mereka menjadi banyak lebih tahu tentang suatu hal yang belum mereka tahu. Dan yang lebih untungnya mereka akan mendapatkan teman baru, serta pengalaman baru yang mungkin susah untuk didapatkan bila hanya di dalam negerinya saja. Banyak pengetahuan baru di luar sana, malahan yang tidak ada di negeri ini akan menjadi ada bila kalian datang ke negeri orang untuk menuntut ilmu. Tidak hanya itu, kebutuhan pendidikan di luar sana juga lebih memadai, tidak seperti di dalam negeri ini. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang tuntut ilmu setinggi mungkin, milikilah status pendidikan sampai sarjana, maupun itu S1, S2, ataupun S3. Janganlah skali-kali kita malas untuk menuntut ilmu, karena akibatnya sama seperti kita membodohi diri kita sendiri.

Sekian informasi yang saya sampaikan. Kurang nya mohon dimaafkan, lebihnya bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya. Akhir kata saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan 3

Pendidikan untuk Penyandang Disabilitas

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan segala puji bagi Allah SWT yang sudah memberikan limpahan rahmat, serta nikmatNya kepada kita semua sehingga saat ini kita masih bisa menikmati udara segar dan bisa berkumpul dalam keadaan sehat, tanpa kekurangan suatu hal. Ijinkan saya disini untuk dapat menyampaikan kepada para hadirin sekalian, yaitu tentang pendidikan yang layak untuk keluarga kita diluar sana, yaitu penyandang disabilitas.

Hal ini sering kita dengar diluar sana, yaitu tentang beberapa anak disabilitas yang tidak mendapatkan perlakuan layak di dunia pelayanan publik maupun pendidikan. Padahal yang seharusnya mendapatkan perlakuan yang baik adalah mereka, tetapi kita sebagai manusia normal malah megabaikan kasus tersebut. Sehingga banyak terlihat diluar, dijalanan sana anak disabilitas yang menjadi gembel atau gelandangan. Dan mereka dierlakukan secara kasar dan tidak manusiawi. Kita ini padahal sama-sama manusia ciptaan Tuhan, tetapi mereka tidak mendapat perlakuan yang sama seperti kita, manusia cacat dibedakan dengan manusia normal. Tidak bisakah kita memperlakukan mereka dengan layak? Sejujurnya penyandang disabilitaslah yang lebih dikasihi oleh Allah, mengapa? karena mereka masih diberi cobaan oleh-Nya, dan Allah selalu memberi jalan keluar.

Pada masa kini memang sudah banyak anak disabilitas mendapatkan pendidikan, tetapi mereka masih suka diperlakukan secara tidak manusiawi. Dan kini juga sudah banyak panti asuhan khusus bagi anak penyandang disabilias, walaupun tidak semua. Oleh karena itu kita sebagai manusia normal, bisakah kita perlakukan mereka dengan sepantasnya? Ingatlah, kita itu sama seperti mereka, sama-sama ciptaan Tuhan, dan sama-sama makan nasi!. Berilah pendidikan kepada mereka, walaupun pendidikan yang kita miliki belum setinggi pengetahuan profesor. Mereka sangat pantas mendapat pendidikan, mereka pasti juga butuh pendidikan sama seperti kita, hanya saja mereka harus diperlakukan secara halus dan lembut. karena itu simpulan dari pidato saya kali ini adalah marilah kita bersama-sama membantu menghasilkan generasi yang berguna meskipun mereka memiliki kekurangan.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang kita bahas dapat bermanfaat bagi keberhasilan kita bersama. Amin Ya Roballalamin. Maaf bila ada kesalahan kata, terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan 4

Berbahasa Indonesia yang Baik

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat para hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk dapat berkumpul disini.

Pertama-tama saya ucapkan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan anugerah-Nya kita dapat berkumpul disini dengan sehat walfiat. Tat kala lupa saya juga mengucapkan terimakasih karena telah mengijinkan saya untuk dapat berdiri disini, dan saya disini akan berpidato sedikit, saya akan membahas tentang pendidikan berbahsa Indonesia yang baik dan benar.

Suatu bangsa akan dianggap lemah, jika masyarakatnya sudah tidak dapat menunjukkan moral ketika bertingkah laku, apalagi pada saat berbicara dengan teman, saudara, orang lain, dan sebagainya. Telah banyak masyarakat Indonesia kini salah dalam memakai kata-kata, apalagi dengan jumlah bahasa yang dimiliki oleh negera Indonesia itu sendiri. Banyak masyarakat Indonesia yang masih fasih dalam menggunakan bahasa kebangsaannya snediri, padahal merka berbangsa Indonesia, tetapi tidak dapat mengucapkan bahasa Indoensia dengan baik dan benar. Maka dari itu, belajar bahasa Indoensia sangatlah diperlukan agar kita, saya, anda, kalian semua yang ada disini menjadi lebih bijak dalam berbahasa. Sementara itu belajar telah banyak orang luar yang juga iut elajar bahsa Indonesia. Apakah kita mau kalah dari orang luar, yang giat belajar bahasa Indonesia, sedangkan kita orang lokal malah menggunakan bahasa Indonesia secara tidak benar??. Pikirkanlah hal itu, pasti banyak akibat nya bagi bangsa kita sendiri kelak. Seperti halnya dengan rendang, rendang berasal dari padang. Tetapi kini? Orang luar telah mencuri rendang dari Indoensia, orang asing telah mengakui rendnag sebagai makanan yang berasal dari negara mereka, padahal tidak!.

Oleh karena itu sangat ditegaskan! Pakailah bahasa kebangsaan kita dengan benar!. Janganlah kita menyia-nyiakan suatu kekayaan, harta benda kita di negera ini direbut oleh negara lain. Mulailah dari sekarang untuk giat belajar dan menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.

Sekian pidato yang saya sampaikan, akhri kata trimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

5. Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas 1

Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat pagi

Yang saya hormati bapak/ibu guru sekalian, serta teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pertama-tama marilah kita bersyukur atas rahmat Allah SWT, karean atas limpah berkat dan anugrah-Nya kita dapat bersama berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat waalfiat, amin. Ijinkan saya berdiri disini untuk dapat menyampaikan pidato saya yang bertemakan pergauloa bebas.

Seperti yangkita ketahui telah banyak remaja sekarang yang tersesat dengan pergaulan bebas. Sehingga mengakibatkan dampak buruk bagi dirinya sendiri dan juga orang sekitarnya. Yang dinamakan pergaulan bebas yaitu pergaulan yang berlebihan dan pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma agama yang pada dimasyarakat. Pergaulan bebas ini seperti merokok, mabuk-mabukan, balapan liar atau bahkan hamil diluar nikah. Pergaulan bebas tentu juga memiliki penyebab, berikut akan saya jelaskan yaitu yang pertama, karena dipengaruhi oleh temannya sendiri yang perilakuanya kurang baik. Oleh karena itu pilihlah teman yang seharusnya untuk kita temani! Dan janganlah mudah terpengaruh oleh teman kita seniri. Yang kedua, kurangnya kesadaran dari diri kita sendiri, dan yang selanjutnya yaitu, karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak tersebut mencari perhatian diluar lingkungan keluarga. Bahkan, adanya aturan orang tua yang terlalu mengekang dan kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak juga sebagai penyebab pergaulan bebas.

Jadi, sudah sangat jelas sekali bahwa pergaulan bebas memang sangat-sangat merugikan bagi diri kita sendiri dan juga orang lain. Tidak hanya itu, akibat dari pergaulan bebas juga dapat membuat masa depan kita menjadi rusak. Hubungan dengan keluar dan masyarakat sekitar menjadi tidak harmonis. Oleh karena itu, janganlah sekali-kali kita mempunyai pemikiran untuk masuk kedalam dunia pergaula bebas. Jagalah diri kita sebaik mungkin dari hal yang negatif. Dan dekatkan diri kita kepada Allah SWT, karena kita tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa perlindungan dari-Nya.

Sekian pidato yang saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas 2

Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Wr.Wb

Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena kita dapat berada ditempat ini, dan masih diberi kesempatan untuk dapat menghirup udara segar pada pagi yang cerah ini. Selanjutnya, terimakasih kepada para hadirin karena telah mempersilahkan saya untuk dapat berpidato kali ini. Dan yang saya akan bahas kali ini adalah bahaya narkoba.

Narkoba memang merupakan salah satu masalah serius yang dialami oleh bangsa Indonesia. Sehingga bangsa ini perlu bersatu untuk memberantas narkoba. Hal ini juga penting untuk diajarkan kepada anak-anak sebelum usia SMA. Karena pada masa kini remaja sekarang mudah terpengaruh dan terbuai oleh hal-hal yang bersifat menggiurkan atau nikmat bila dipakai. Oleh karena itu, remaja maupun anak-anak perlu mendekatkan diri kepada agama, sehingga bila ada masalah, anak tersebut akan meminta perlindungan dan petunjuk kepada Allah SWT. Itulah mengapa pendidikan agama sangat diperlukan. Selain itu, perlu juga untuk mengajarkan mengenai dampak negatif dari narkoba.

Dampak negatif yang pertama adalah dalam jangka panjang akan merugikan kesehatan jantung berupa peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan juga suhu tubuh. Jadi orang yang mengkonsumsinya bisa saja meninggal akibat stroke atau serangan jantung. Dan seharusnya mereka tidak memakai barang tersebut, karena akibat dari narkoba sangat-sangat berbahaya bagi diri kita sendiri. Bisa juga justru dikategorikan dalam percobaan untuk bunuh diri atau mati konyol.

Sekian pidato dari saya, maaf bila ada kesalahan dalam berkata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas 3

Bahaya Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Para hadirin sekalian yang berada di tempat ini

Pertama-tama mari kita panjatkan Puji syukur pada Tuhan YME karena berkat yang diberikan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat walfiat. Dan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sedikit tentang pergaulan bebas.

Pada zaman sekarang ini, telah banyak remaja yang telah melakukan pergaulan bebas tanpa pengetahuan yang matang sehingga mereka tidak tau apa akibat untuk masa depannya kelak.

Kita semua telah tau, bahwa pergaulan bebas bukan hal yang asing lagi bagi remaja saat ini. Pergaulan bebas kini semakin menjalar di masyarakat. Hubungan pergaulan bebas kini semakin seringkali terjadi dengan semakin menjamurnya remaja-remaja yang terlibaat dalam pergaulan bebas ini. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya kasus-kasus hubungan pergaulan bebas di sekitar kita. Sehingga banyak pula remaja yang melakukan abortus akibat pergaulan bebas karena ketidaksiapan dan ketidaktahuan terhadap masalah serius tersebut.

Banyak anak remaja yang terpengaruh akibat kemajuan zaman dan teknologi yang jika tidak digunakan dengan bijaksana sangatlah berbahaya bagi pergaulan mereka. Oleh sebab itu kita sebagai anak remaja yang berpendidikan hendaklah lebih bijaksana dalam bergaul dan menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakakukan hingga saatnya tiba.

Sekian pidato dari saya, lebih kurangnya saya mohon maaf. Dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Baca juga: Contoh surat pribadi singkat

8. Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas 4

Pergaulan Remaja Masa Kini

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat bapak ibu guru sekalian, serta teman-teman ku yang saya cintai. Marilah kita panjantkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena anugerah Nya kita dapat berkumpul bersama disini tanpa kekurangan satu apa pun. Biarkanlah saya berdiri disini untuk berpidato tentang pergaulan remaja masa kini.

Seperti yang telh kita lihat, bahwa telah banyak remaja masa kini yang telah bergaul secara tidak benar. Bahkan mereka lebih berpusat pada pergaulanya, sehingga mereka menjadi lupa akan pendidikan dan agamanya, khusus nya bahkan sampai ada yang melawan orang tuanya demi hanya sebuah pergaulannya. Dan pergaulan itu semua datang dari pengaruh kabarat-baratan, dan pengaruh tersebut masuk ke dalam hal kebudayaan, pakaian, makanan, adat istadat, dan kebiasaan lainnya.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa remaja masa kini telah terbuai dengan pengaruh kpop, sehingga sudah banyak terjadi yang memakai pakaian seperti anak kpop, serta sangat mencintai lahu-lagu kpop. Apakah hal tersebut salah? Tentulah tidak, karena menyukai suatu hal itu sangat wajar, tetapi bila mereka sudah menyukai secara berlebihan, justru hal itu sangat salah.

Sangat jelas sekali bahwa hal tersebut tentunya akan menimbulkan dampak yang buruk, contohnya seperti hubungan kita dengan sekitar menjadi tidak harmonis lagi. Dan telah banyak orang tua masa kini yang sangat-sangat heran dengan tingkah anak nya karena berpenampilan seperti orang korea. Saya berdiri disini, ingin menjelaskan kepada teman-teman dan guru ku sekalian, bahwa janganlah kita mudah terpengaruh dengan perubahan jaman sekarang. Dekatkanlah diri kita kepada Allah, agar kita tidak mudah terpengaruh.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb

9. Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan 1

Contoh Pidato Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat bapak kepala SMA Pertiwi,

Yang terhormat bapak pembina dan kesiswaan SMA Pertiwi,

Yang terhormat bapak/ibu guru, para kepala staf dan manager,

Serta teman-teman ku yang saya kasihi dan saya banggakan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah bersama-sama kita bersyukur kepada Allah SWT. Karena atas rahmat serta hidayah-Nya kita semua bisa hadir di tempat ini. Disini saya akan berpidato tetang lingkungan sekolah kita yang tercinta ini.

Lingkungan adalah tempat di mana kita berada, tempat dimana kita hidup. Jika lingkungan kita bersih, maka diri kita juga akan bersih. Sebaliknya, jika lingkungan tempat kita kotor, maka diri kita juga akan ikut kotor. Apalagi jika lingkungan disekolah ini kotor, di mana setiap hari kita belajar untuk menuntut ilmu di dalamnya. Apakah kita sudah merasa nyaman? Tentunya sama sekali tidak, yang jelas kita akan merasa risih sehingga proses belajar bisa terganggu. Lingkungan sekolah yang bersih tidak akan mengganggu kenyaman dalam belajar, sehingga ilmu-ilmu yang diberikan oleh bapak ibu guru bisa kita terima dengan baik dan sebaliknya. Bahkan, lingkungan sekolah yang kotor dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Agar kita semua selalu merasa nyaman dalam proses belajar mengajar. Sudah seharusnya kita bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita dengan baik dan bersih. Oleh sebab itu, mulai sekarang marilah kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah ini. Sebelum melakukan itu, kita harus menanamkan perilaku hidup bersih di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jauh-jauh, contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya, dan tidak merusak tanaman.

Menjaga lingkungan sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab untuk para penjaga sekolah, dan tugas kebersihan sekolah. Melainkan menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab dari masyarakat sekolah itu sendiri, yaitu siswa, guru, kepala sekolah, dan lainnya. Karena kita sama-sama bekerja dan menuntut ilmu di sekolah yang sama, oleh karena itu ini kebersihan sekolh merupakan menjadi tenggung jawab bersama.

Sekian. semoga pidato yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan memotivasi kita semua untuk bisa menanamkan perilaku hidup yang bersih agar menjadi sekolah yang bersih, sehat dan nyaman. Jika dalam penyampaian pidato ini terdapat kesalahan atau menyinggung perasaaan orang lain, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

10. Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan 2

Lingkungan Ku Sehat

Assalamualaikum Wr.Wb

Segala puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama disini. Ijinkan saya disini untuk berpidato tentang lingkungan ku sehat.

Bila kita dengar tema pidato saya kali ini adalah lingkungan ku sehat, pasti banyak yang mengingikan nya. Mengapa? sudah sangat jelas, bahwa lingkungan yang sehat pasti sangat diinginkan oleh semua orang. Tetapi pasti lingkungan yang sehat itu sangat sulit untuk didapatkan, karena banyak manusia kini masih belum sadar tentang penting nya hidup sehat.

Padahal bila kita sudah terbiasa melakukan hal yang sehat, seperti membersihkan lingkungan sekitar kita, maka hal itu akan menjadi suatu kebiasaan untuk kita lakukan. Pikirkan, jika kita selalu menjaga kebersihan di dalam kehidupan sehari-hari, lalu kebiasan kita tersebut ditiru oleh anak-anak dan orang-orang dekat, maka kita juga akan mendapat manfaatnya. Maka dari itu, marilah kita mulai membiasakan membersihkan lingkungan sekitar kita, mulailah dari membuang sampah. Dan ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan sedini mungkin, agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat hal-hal yang positif. Dengan mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan kepada anak-anak. Sangat diharapkan mereka dapat mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit diselesaikan.

Cintailah lingkungan kita sebagaimana kita mencintai hidup dan masa depan kita. Sebenarnya itu yang ingin saya ucapkan. Terimakasih atas perhatiannya. Mohon maaf bila ada salah kata, yang lebih nya bisa kita jadikan pelajaran.

Wassalamualaikum Wr. Wb

11. Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan 3

Lingkungan yang Tercemar

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dn puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga kita dapat berkumpul bersama disini. Kali ini saya akan membawakan pidato yang bertemakan lingkungan yang tercemar.

Dimana seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan lingkungan sangatlah pentin. Karena dengan hidup yang bersih kita akan manjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Tetapi dibalik itu semua, kenyataan berbandik terbalik. Lihatlah, banyak masyarakat kini yang telah membuang sampah sembarangan, banyak orang-orang yang membuang sampah rumah tangganya ke sungai. Sehingga sungai menjadi memuai dan mengakibatkan banjir. Masyarakat kini telah egois! Ketika terjadi banjir, mereka malah menyalahkan pemerintah dan berfikir bahwa Tuhan tidak sayang lagi kepada mereka. Padahal itu semua adalah ulah manusia itu sendiri, hal itu ulah masyarakat itu sendiri.

Tidak hanya itu kini juga limba pabrik juga dibuang ke sungai. Lingkungan kita kini telah tercemar. Banyak ekosistem air yang telah rusak. Ikan-ikan dan terumbu karang mati, akibat ulah manusia. Sadarlah wahai manusia! Stoplah membuang sampah sembarangn. Mulailah menciptakan lingkungan yang sehat. Ingatlah lingkungan yang kotor akan menciptakan dampak yang buruk, sedangkan bila lingkungan kita sehat, kita pun akan hidup sehat juga.

Sekali lagi saya sampaikan, mulailah hidup sehat. Cintailah lingkungan sekitar kita. Jangan biarkan lingkungan kita rusak dan tercemar. Sekian yang saya dapat sampaikan, kurang lebih nya mohon dimaafkan. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Baca juga: Contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, pendidikan, kebersihan

12. Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan 4

Peduli Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkah dan rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di sini dan menjadi lebih tau tentang peduli terhadap lingkungan.

Kini telah banyak lingkungan yang mulai tercemar. Apa penyebabnya? Sangat jelas sekali bahwa kita kurang peduli terhadap lingkungan kita sendiri. Mengapa manusia kurang peduli? Ya tentu karena manusia sangat egois akan hal pribadinya. Mereka hanya asik dengan dunianya, seperti sangat banyak manusia yang sepertinya sangat sulit untuk membuang sampah pads tempatnya. Dan ibu rumah tangga kini juga banyak yang membuang sampah rumah tangganya di sungai.

Memang susah seperti nya peduli terhadap lingkungan. Tetapi bila kita biasakan, pasti nanti akan menjadi tidak sulit lagi. Mulailah dari hal yang kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya. Sikap peduli terhadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini, sebab biasaan terhadap lingkungan ini sepertinya sangat jarang kita temukan.

Mulailah dari sekarang biasakan peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Peka lah terhadap lingkungan. Bila kita baik terhadap lingkungan kita, pasti nanti kita akan mendapat hikmah nya dan alam akan membalas kabaikan kita juga.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, kurang nya mohon dimaafkan, dan lebih nya bisa dijadikan manfaat bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya, sekian.

Wassalamualaikum Wr. Wb

13. Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan 1

Hidup Sehat

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kpd. Yth. Bapak kepala SD Baru Wirajaya

Yth. Bapak ibu guru, serta teman-teman ku yang sangat saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpa suatu kekurangan apapun. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah uraian mengenai hidup sehat.

Kesehatan adalah modal dasar bagi kita untuk beraktivitas dengan maksimal. Maka dari itu, marilah kita menjaga kesehatan tubuh kita secara teratur. Dan kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi hidup kita, karena kesehatan sangat mahal untuk di beli.

Pasti banyak orang yang ingin hidup nya sehat, sebab kita akan bisa bergerak dengan bebas. Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk memperoleh tubuh sehat, salah satunya adalah olahraga. Olahraga merupakan hal termudah untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Contohnya seperti jogging, senam, jalan kaki, dan bersepeda, selain itu kita juga dapat menerapkan pola makan yang sehat serta teratur.

Oleh sebab itu marilah kita ciptakan pola hidup yang sehat, ingatlah kesehatan itu sangat mahal. Bahkan kesehatan sangat jarang untuk di jual. Mulailah dari sekarang untuk hidup dengan sehat.

Sekian pidato dari saya, akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

14. Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan 2

Kesehatan Jantung

Assalamualaikum.Wr. Wb .

Selamat pagi semuanya, salam sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada rahmat Allah SWT, karena atas kasih karuniaNya kita dapat berkumpul bersama disini, untuk dapat mendengarkan uraian sedikit dari saya yaitu tentang kesehatan jantung.

Menurut pakar kesehatan pengertian serangan jantung itu sendiri adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung.

Kadang bila serangan jantung mulai terjadi, mulailah muncul rasa seperti tidak nyaman yang ringan sekali, atau kadang juga serangan jantung dapat menghadirkan rasa nyeri paling buruk yang pernah dialami, rasa sesak yang luar biasa atau rasa terjepit pada dada. Dan kadang kala rasa nyeri yang hasilkan oleh serangan jantung sangat membuat kita menjadi ingin hilang dari dunia ini.

Oleh sebab itu jika kita ingin terhindar dari serangan jantung, terapkanlah hal-hal saperti ini yaitu menciptakan pola makan yang teratur, pola hidup yang sehat. Khusus nya janganlah kita merokok bila kita tidak ingin terkena serangan jantung. Hindari penyakit diabetes, serta janganlah kita mudah stres.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Bila ada kurangnya mohon dimaafkan, dan jika ada lebihnya bisa diambil dan menjadi bermanfaat bagi hidup kita. Terimakasih.

Wasalamualaikum Wr. Wb

15. Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan 3

Kesehatan Jasmani dan Rohani

Assalamualaikum.Wr. Wb

Salam sejahtera mari kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga kita dapat berkumpul bersama disini dengan keadaan sehat, dan tanpa kekurangan kekurangan satu apapun. Sebelumnya ijinkan saya disini untuk berpidato, dan sedikit memberitahukan tentang kesehatan jasmani dan rohani.

Seperti yang kita ketahui bahwa arti kesehatan yaitu merupakan sebuah kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga manusia atau makhluk hidup lainnya pada rata-rata normal. Sementara itu arti kesehatan Jasmani yaitu jika koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Sementara Kesehatan Rohani, merupakan kesehatan jiwa manusia atau makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran yang normal dan dapat melakukan suatu kegiatan yang layak seperti hal nya orang normal.

Mari kita lanjut saja kita ke topik, yaitu cara menjaga kesehatan jasmani dan rohani sangat sering kita dengar. Maka marilah kita mendekatkan diri pada Allah SWT, karena berkat Nya kita masih diberi kesempatan untuk dapat bercengkrama dan bertemu dengan kerabat-kerabat kita. Terlebih lagi kita masih diberi kesempatan untuk masih dapat menghirup udara segar. Dan jika kita ingin kesehatan jasmani kita terjaga, marilah kita ciptakan pola hidup yang sehat, seringlah berolahraga. Tidaklah rugi bila kita terapkan hal seperti itu. Melainkan sangatlah berharga bagi hidup kita, karena kesehatan itu sangat mahal.

Sekian yang dapat saya utarakan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum.Wr. Wb

16. Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan 4

Contoh Pidato Kesehatan Mental

Assalamualaikum.Wr.Wbr.

Yang terhormat kepada para hadirin sekalian, dan teman-teman ku.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan YME, karena berkat Nya yang melimpah kita dapat bertemu disini. Saya berdiri disini untuk memberikan mengutarakan sedikit tentang kesehatan mental.

Sudah sangat jelas setiap orang pasti ingin hidup sehat baik fisik maupun mental, mungkin kita sudah mengetahui apa itu kesehatan fisik, Hidup sehat fisik dan mental merupakan dambaan setiap manusia. Kesehatan fisik dan mental selain harus dilatih dengan olahraga, juga harus di jaga dengan makan makanan yang bergizi.

Kesehatan Fisik ialah keadaan baik, artinya bebas dari sakit seluruh badan dan bagian-bagiannya. Kesehatan mental, ialah kemampuan seseorang menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan perkembangan sesuai kemampuannya, baik tuntutan dalam diri sendiri maupun luar dirinya sendiri, seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah, sekolah, lingkungan kerja dan masyarakat serta teman sebaya.

Menurut WHO badan kesehatan dunia, ada delapan criteria mental atau jiwa yang sehat diantaranya adalah mampu belajar dari pengalaman, mudah beradaptasi (menyesuaikan diri), lebih senang memberi daripada menerima, lebih senang menolong daripada di tolong, memiliki rasa kasih sayang, memperoleh kesenangan dari hasil usahanya, menerima segala hal yang memicu kekecewaan untuk digunakan sebagai bagian dari pengalaman, berpikir positif (positive thinking). Sedangkan untuk ciri-ciri mental yang tidak sehat diantaranya adalah perasaan yang tidak nyaman (inadequcy), perasaan tidak aman (insecurity), kurang memiliki rasa percaya diri (self confidence), kurang memahami diri (self understanding), kurang mendapatkan kepuasan dalam hubungan sosial, ketidakmatangan emosi, kepribadian terganggu, dan mengalami patologi atau penyakit dalam struktur system syaraf.

Untuk itu sebaiknya bila kita memiliki teman atau keluarga kita yang memiliki kelainan fisik maupun mental, janganlah kita menjudge mereka. Sebab Tuhan sendiri menciptakan manusia itu sama, dan kita semua adalah bersaudara.

Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Akhir kata semoga kita senantiasa mendapatkan kedamaian dan ketenangan sehingga menjadi manusia yang sehat fisik dan mentalnya. Billahi Taufik Wal Hidayah

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Baca juga: Contoh pendahuluan makalah, laporan, proposal, karya ilmiah

Mungkin itu saja pembahasan kita mengenai pidato, dari mulai pengertian pidato, tujuan pidato, ciri-ciri pidato, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato singkat tentang lingkungan, dan contoh pidato singkat tentang kesehatan.

Semoga dapat membantu Anda untuk mencari referensi contoh pidato, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan terima kasih telah membaca.

One thought on “16 Contoh Pidato Singkat Berbagai Tema Dan Mudah Dihafal

Comments are closed.