Contoh penutup makalah yang baik dan benar

10 Contoh Penutup Makalah Yang Paling Benar dan Terbaru

Diposting pada

Contoh penutup makalah – Salah satu bagian dari pembuatan makalah yang cukup penting adalah bagian penutup dimana umumnya berisi kesimpulan yang di dapat dalam pembuatan makalah tersebut.

Sebelum sudutsekolah.com memberikan contoh penutup makalah, kamu yang ingin membuat makalah harus terlebih dahulu mengetahui aturan dalam pembuatan penutup makalah yang baik dan benar, diantaranya:

  • Kesimpulan yang disajikan haruslah bersifat analisis dari kajian pustaka dan interpretasi dari tema yang dibahas
  • Terdapat saran yang ditujukan untuk pembaca
  • Kesimpulan atau penutup dibuat dengan bahasa yang singkat dan jelas
  • Kesimpulan atau penutup tidak membahas hal di luar tema makalah

Baca juga: Contoh laporan PKL

Contoh Penutup Makalah Yang Baik Dan Benar

1. Contoh Penutup Makalah Yang Baik Dan Benar Tentang Bahaya Jajanan Tidak Sehat

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan sejumlah data maupun keterangan ahli kesehatan maka dapat disimpulkan bahwa jajanan yang tidak sehat bukan hanya dapat berdampak bagi kesehatan secara fisik seperti sakit ataupun lainnya, namun juga bisa berpengaruh besar terhadap otak anak-anak dalam menyerap pelajaran.

Karenanya sangat penting bagi pihak orang tua maupun pendidik dalam memberikan penjelasan sekaligus memberikan sarana prasarana makanan atau jajanan yang sehat untuk anak.

2. Saran

Makalah yang kami buat tentu tidak sempurna dan tidak lepas dari kesalahan. Karenanya kami berharap agar pembaca bisa memberikan kritik dan saran yang membangun sehingga makalah ini bisa menjadi referensi untuk menjadikan generasi mendatang yang sehat dan cerdas.

2. Contoh Penutup Makalah Tentang Karya Ilmiah

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan karya ilmiah yang kami lakukan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa jam belajar yang tepat dapat menentukan atau berpengaruh besar terhadap kualitas otak dalam menyerap pelajaran. Dengan kata lain proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan efisien dan efektif

2. Saran

Adapun saran yang bisa kami berikan kepada para pembaca sekalian yaitu:

  • Senantiasa mengedepankan tujuan atau motivasi belajar agar lebih semangat
  • Membuat perencanaan waktu belajar yang tidak terganggu oleh aktivitas lain
  • Melakukan pola hidup yang sehat agar proses belajar dapat terserap dengan baik

3. Contoh Penutup Makalah Yang Baik Dan Benar Tentang Perbedaan Tipe Pembelajaran Sekolah

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa setiap metode pembelajaran sekolah baik KTSP maupun Kurtilas (Pendidikan Karakter) sama-sama memiliki nilai lebih maupun kekurangannya. Meski demikian hal tersebut bisa disiasati dengan cara pihak pengajar dalam memberikan pengarahannya sehingga anak didik dapat mengetahui proses pembelajaran dengan baik dan terarah.

Saran

Untuk saran yang bisa kami sampaikan dalam makalah ini adalah harus adanya kerjasama antara pihak sekolah, orang tua dan juga anak didiknya dalam menerapkan metode pembelajaran apakah itu KTSP ataupun Pendidikan Karakter (Kurtilas). Sehingga kedua metode tersebut dapat diserap dengan baik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Contoh Penutup Makalah Tentang Perbedaan Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Baru

BAB III

PENUTUP

1 Kesimpulan

Setelah melakukan berbagai olahan data terhadap para pedagang di Pasar Baru didapat kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dari harga kebutuhan pokok saat ini mengingat para pedagang sebelumnya sudah melakukan kesepakatan baik dari para pedagang sendiri maupun dinas yang terkait. Sehingga harga kebutuhan pokok dapat dijangkau oleh masyarakat namun tetap memberikan keuntungan bagi para pedagang.

2. Saran

Mengingat pasar merupakan tempat sosial maka untuk menjamin keberlangsungan harga kebutuhan yang sehat dan transparan perlu adanya ruang komunikasi yang rutin antara pedagang dengan dinas terkait sehingga kekuatan ekonomi di Pasar Baru tetap terjaga dengan baik.

Contoh Penutup Makalah Sejarah

1. Contoh Penutup Makalah Sejarah Terbentuknya ASEAN

BAB IV

PENUTUP

1 Kesimpulan

Berdirinya ASEAN merupakan persamaan nasib dan kepentingan bersama diantara negara-negara di Asia Tenggara dimana awalnya diprakarsai oleh Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura.

Dideklarasikan di Bangkok Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967, lima negara yang membentuk ASEAN kemudian bertambah jumlahnya terlebih tujuan pendiriannya untuk meningkatkan kerjasama di berbagai bidang meliputi ekonomi, sosial, politik dan budaya.

2 Saran

Dengan adanya kerjasama antar negara Asia Tenggara tersebut maka kita selaku warga negara Indonesia harus turut andil dengan melakukan hal positif dan kreatif terkait ekonomi, sosial, budaya dan politik sehingga tujuan berdirinya ASEAN dapat dirasakan secara nyata.

2. Contoh Penutup Makalah Tentang Sejarah Indonesia

BAB III

PENUTUP

1 Kesimpulan

Sebelum masuk fase kemerdekaan, Indonesia terbagi menjadi beberapa kerajaan dimana Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menjadi kerajaan yang terbesar.

Setelah masuk fase penjajahan, rakyat Indonesia bersatu untuk menjadi satu kesatuan mulai dari masa penjajahan Belanda hingga Jepang. Beberapa langkah nyata yang dilakukan seperti pembuatan BPUPKI dan yang lainnya. Hingga pada akhirnya atas nama rakyat Indonesia, Soekarno Hatta dan Mohammad Hatta menyatakan kemerdekaan tepat pada tanggal 17 Agustus 1945.

2 Saran

Sebagai warga negara Indonesia yang saat ini telah mencapai kemerdekaan, maka seyogyanya untuk mempertahankan dan menjaga kemerdekaan tersebut agar tidak direnggut kembali oleh negara asing lewat berbagai cara seperti dari budaya, ekonomi dan lainnya.

3. Contoh Penutup Makalah Sejarah Tentang Sumpah Pemuda

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Indonesia merupakan negara bhineka tunggal ika dimana terdapat banyak perbedaan mulai dari suku, bahasa, budaya dan yang lainnya. Namun melalui Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 1928 warga negara Indonesia terutama para pemudanya telah bersepakat untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, menjadikan Indonesia sebagai tanah air yang satu dan menjadikan setiap warganya menjadi satu bangsa Indonesia.

B. Saran

Dengan semangat Sumpah Pemuda, setiap warga negara Indonesia terutama para pemudanya harus senantiasa menjaga keutuhan negara Indonesia seperti menjaga kerukunan antar suku, tidak melakukan diskriminasi antar warga dan yang lainnya. Sehingga keutuhan tetap terjaga dan tidak mudah terpecah belah.

Contoh Penutup Makalah PKN

1. Contoh Penutup Makalah PKN Tentang Hak Dan Kewajiban Warga Negara

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Hak merupakan sesuatu yang menjadi milik kita atau yang kita peroleh dan dapat digunakan untuk kepentingan kita sendiri. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan untuk mendapatkan hak.

Sebagai warga negara Indonesia, kita diwajibkan untuk ikut andil dalam membela negara dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif. Adapun hak yang didapat adalah kebebasan dalam berkehidupan, bebas menyampaikan pendapat, kebebasan untuk beribadah dan yang lainnya sebagaiamana yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945.

B. Saran

Dengan adanya penjelasan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang singkat dan sederhana ini diharapkan masyarakat Indonesia menjadi lebih mengerti akan perannya dalam bernegara. Sehingga bukan hanya menuntut haknya saja namun juga dapat menunaikan kewajibannya terhadap negara.

2. Contoh Penutup Makalah PKN Tentang Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pendidikan kewarganegaraan memiliki peranan penting sebagai pedoman dan sumber  nilai bagi masyarakat untuk memiliki kepribadian warga negara Indonesia yang sebenarnya. Selain itu mampu mewujudkan nilai-nilai perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diaplikasikan dalam berbagai kegiatan positif seperti melalui pengembangan pendidikan, prestasi, karir, maupun yang lainnya.

Pentingnya pendidikan kewarganegaraan memiliki tujuan diantaranya:

  1. Masyarakat memiliki kesadaran untuk membela tanah air atas dasar kecintaan.
  2. Memiliki pandangan yang luas untuk bersikap rasional dan dinamis guna mengisi kemerdekaan.
  3. Memiliki wawasan kebangsaan yang dapat menghantarkan pada ketahanan nasional.

B. Saran

Penerapan pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk terus dilakukan di berbagai segi kehidupan terutama di ranah pendidikan. Karena dengan hal itu nilai-nilai luhur sebagai warga negara dapat tetap terjaga dan dilestarikan.

3. Contoh Penutup Makalah PKN Tentang Pendidikan Nilai Dan Moral

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Pendidikan nilai dan moral menjadi pondasi pembentukan pribadi manusia. Tanpa adanya nilai moral, maka kepintaran akan dimanfaatkan untuk melakukan berbagai tindak kejahatan. Hal ini terlihat jelas dengan maraknya kejahatan baik dari tingkat bawah hingga atas.

Pendidikan nilai dan moral bukan saja hanya hafalan semata, namun merupakan pendidikan yang lebih dikhususkan untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Lambat laun siswa akan mengetahui sistem nilai mereka sendiri baik yang bersifat pribadi ataupun kelompok.

B. Saran

Diharapkan pendidikan nilai dan moral di sekolah harus lebih ditingkatkan dan digalakkan dalam berbagai mata pelajaran terlebih pada pelajaran PKN. Dengan demikian anak didik bukan hanya pintar dalam mata pelajaran namun juga memiliki akhlak atau moral yang baik untuk kehidupannya di masa mendatang.

Baca juga: Resensi buku

Itulah sejumlah contoh penutup makalah yang sekiranya dapat menjadi bahan acuan untuk kamu yang tengah mencari hal tersebut. Terima kasih dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita, jangan lupa untuk share juga yaa, thanks.