Contoh paragraf argumentasi singkat

15 Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh paragraf argumentasi – Apabila kita mengenal dengan paragraf argumentasi, tentu hal ini tidak jauh-jauh dari yang namanya pendapat. Karena dari namanya saja kita sudah mengetahui yaitu argumentasi, pastinya dalam sebuah paragraf memberikan pernyataan-pernyataan tentang berpendapat. Selain itu, pasalnya paragraf argumentasi ini mempunyai kesamaan dengan paragraf eksposisi atau contoh teks eksposisi.

Hal tersebut bisa kita buktikan, untuk paragraf argumentasi ini biasanya lebih cenderung kepada pembaca yang menyakini pernyataan atau paragraf dari apa yang dibacanya.

Baca juga: Contoh daftar riwayat hidup

Sementara untuk paragraf eksposisi ini merupakan Paragraf yang memberikan sebuah informasi tentang hal tertentu tanpa memaksa kepada pembaca untuk memahaminya. Banyak sekali contoh paragraf argumentasi singkat yang dapat kamu pahami dalam artikel ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas dengan lengkap dan singkat mengenai contoh paragraf argumentasi. Yang akan saya ulas dan memberikan paragraf argumentasi antara lain contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. Untuk lebih jelasnya, saya akan mengulas pada pembahasan di bawah ini!

15 Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Banyak sekali yang tertera di Google mengenai paragraf Argumentasi. Namun, saya ingin mengulas dan memberikan sedikit contoh paragraf yang singkat untuk mudah dipahami. Berikut Ada beberapa contoh yang akan saya berikan untuk kamu!

1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan
Sumber: https://www.piah.com/
  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan 1

Sekolah SMKN 3 Jombang telah ditetapkan menjadi sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Banyak sekali siswa-siswi dari SMKN 3 Jombang ini berhasil mencetak prestasi di sekolah tersebut. Hal tersebut telah terbukti dengan adanya juara Olimpiade yang berakhir dari sekolah ini.

Tidak hanya itu saja, prestasi lainnya juga membanggakan Smkn 3 Jombang dalam bidang akademik. Ada juga dalam bidang lain yang menunjukkan prestasi seperti olahraga dan kesenian misalnya tari, teater, musik, dsb.

Pada tahun kemarin Smkn 3 Jombang ini telah mengirimkan 20 atlet untuk mewakili negara Indonesia dalam ajang kejuaran Sea Game 2018. Paduan suara yang diciptakan Smkn 3 Jombang ini juga ikut partisipasi dalam kontes panduan suara di tingkat Internasional tepatnya Barcelona, Spanyol.

Prestasi yang sangat membanggakan itu tidak begitu saja, namun semuanya berkat latihan dan kerja keras dewan guru dan juga pihak-pihak komite sekolah Smkn 3 Jombang, dimana mereka selalu berkomitmen untuk dapat menghasilkan anak didik dengan lulusan unggulan.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan 2

Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih dibilang cukup tertinggal jauh dengan pendidikan yang berada di negara dunia lainnya. Pasalnya, di negara Indonesia ini masih kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal Tersebut bisa kita lihat dengan banyaknya penduduk mereka yang memperoleh pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Sementara di Indonesia sendiri yang jumlah penduduk mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertingal dengan negara lain. Apalagi untuk daerah seperti NTB, NTT, Papua dan masih ada yang lain ini cukup tertinggal. Ketertinggalan pendidikan di daerah tersebut disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Negara Indonesia.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan 3

Pendidikan seharusnya menuntun para murid untuk menjadi lebih baik dan bahagia, bukan malah sebaliknya yang di luar batas kemampuan murid. Hal tersebut sama dengan definisi pendidikan yang diutarakan oleh Ki Hajar Dewantara. Berdasarkan ungkapan Beliau bahwa pendidikan didefinisikan sebagai suatu tuntunan dalam hidup tumbuhnya manusia dalam berkembang.

Artinya adalah pendidikan mampu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada di dalam diri murid, agar nantinya bisa menjadi manusia yang mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup. Oleh sebab itu, pendidikan masa kini seharusnya diterapkan dengan tujuan menuntun muri menjadi lebih baik dan mencapai kebahaiaan yang setinggi-tinggnya dan bukan sebaliknya.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan 4

Pendidikan insklusif mesti diterapkan di lingkungan sekolah saat ini. Karena, dengan diterapkannya sistem pendidikan ini anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak-anak biasa lainnya tanpa harus malu. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan inklusif sendiri yang mempunyai tujuan menggabungkan pendidikan umum dengan pendidikan khusus ke dalam satu sistem kepentingan bersama.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan 5

Penggantian kurikulum yang dilakukan oleh menteri pendidikan sebelumnya menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau disingkan KTSP menjadi K13 atau kurikulum 13. Hal ini terkesan memaksa dan terburu-buru. Sebenarnya kurikulum 2013 sendiri mempunyai tujuan yang baik diantaranya mengutamakan dan menyelipkan pendidikan karakter di dalam semua mata pelajaran.

Akan tetapi akibat dari keterburuan pemerintahan ini menjadi kurikulum yang setengah matang. Sehingga sekarang tidak tepat menurut saya dalam ditetapkan K13 ini.

Ada berbagai alasan kenapa k13 belum tepat untuk dilaksanakan sepenuhnya di negara Indonesia. Pertama, yaitu kurangnya sosialisasi K13 itu sendiri. Akibat yang terjadi guru di sekolah terpencil tidak mengetahui tentang k13, sehingga mereka tidak dapat melaksanakannya.

Sepele mungkin, namun terlihat ketimpangan anatar pendidikan di kota dan di daerah-daerah. Selain kurangnya sosialisasi ini juga buku penunjang 2013 sangatlah minim di pasaran. Buku yang beredar saat ini kebanyakan merupakan buku yang kurikulumnya KTSP, sehingga guru menjadi sulit dalam menemukan buku panduan dalam kegiatan belajar mengajar.

Ditambah lagi dengan kurangnya tenaga-tenaga profesional yang dibutuhkan, misalnya guru yang berkualitas dalam mewujudkan tujuan dari k13 menjadi alasanya yang kurang tepat.

2. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan
Sumber: https://lingkunganhidup.co/
  • Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan 1

Negara Indonesia masuk dalam peringkat 5 besar negara yang mempunyai jumlah penduduk terpadat. Dimana jumlah penduduk yang hampir dua ratus lima puluh juta inilah yang membuat Indonesia sebagai negara dengan konsumen terbanyak. Namun, prestasi ini tidak bersamaan dengan sikap disiplin para penduduk yang mengenai sampai hasil produk konsumsi sehari-hari. Sampai sekarang, negara di Indonesia menjadi salah satu permasalahan yang absurd dan dibutuhkan penanganan yang serius.

Sampah yang menumpuk dan menggunung tinggi ini tidak jarang hanya menambah permasalahan . Pencemaran tanah maupun polusi udara dan juga penurunan daya tahan tubuh manusia. Selain hal itu juga sebagai turut menjadi runtutan permasalahan yang disebabkan tumpukan sampah di Indonesia.

Penumpukan sampah dan memenuhi ruang dan sudut-sudut daerah pemukiman ini yang menyebabkan pemerintahan menjadi keteteran dalam mengatur dan juga membersihkannya. Hal tersebut didukung dengan masyarakat sekitar kurang disiplin mengenai sampah. Masyarakat sendiri sering dijumpai membuang sampah sembarang tanpa memperdulikan lingkungan sekitarnya.

Tidak hanya masyarakat saja, juga pemerintah yang dulunya kurang memperhatikan masalah-masalah seperti ini, karena dianggap sepele sehingga saat ini pemerintah menjadi keteteran saat sampai mulai menumpuk di TPU. Hal ini tentunya menggangu aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.

Kini pemerintah pun masih belum mempunyai rencana ataupun antisipasi dalam mengurangi dan juga mencegah terjadinya penumpukan sampah. Akhir-akhirnya hal tersebut cukup merepotkan kinerja dalam pemerintah. Ketidakmampuan pemerintah dalam pengelolaan sampah juga menjadi faktor pendukung lainnya disisi kurangnya perhatian khusus terhadap penumpukan sampah.

Kenyataan di negara-negara maju keberadaan sampah ini justru membantu pertumbuhan perekonomiannya. Dimana sampah dapat di daur dan diolah ulang kembali. Dengan proses pengolahan yang baik sampah berubah menjadi barang yang dapat digunakan kembali di kehidupan sehari-hari.

Sampah dapat diolah dan di daur ulang menjadi barang-barang baru seperti kerajinan tangan, daur ulang kertas, pupuk, dan lain-lain. Cara seperti inilah membantu permasalahan penumpukan sampah dan sangat menguntungkan beberapa pihak. Produk daur ulang ini dapat dijual kembali sehingga sedikit membantu perkembangan perekonomian masyarakat.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkugan 2

Salah satu faktor yang menyebabkan kecerdasan para siswa sulit berkembang ialah kelengkapan dan prasarana di lingkungan sekolah yang kurang memadai. Padahal, faktor tersebut sangatlah penting untuk para siswa yang layaknya tanah dan pupuk mempengaruhi tumbuhan pada tanaman. Lingkungan sekolah, adalah salah satu faktor yang turut mempengaruhi tumbuh kembangnya para siswa terutama dari segi pola pikirnya.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan 3

Menjaga kebersihan sangatlah penting khususnya di dalam lingkungan sekolah. Misalnya saja kebersihan di area kantin sekolah ini merupakan tempat banyak penjual makanan dan minuman kebanyak dibeli oleh para siswa-siswi. Para penjual tentunya wajib menjadi makanan dan minuman yang mereka jual.

Selain makanan dan minuman yang dijual harus bersih, area kantin juga wajib dalam kondisi bersih. Akan tetapi, pada kenyatannya masih saja banyak siswa-siswi yang minim kesadaran dalam menjaga kebersihan di area kantin.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan 4

Saat ini adalah musim hujan yang paling parah di Indonesia dalam 3 tahun akhir-akhir ini. Dimana selama 8 bulan hujan terus turun menyebabkan kebanjiran di daerah Jombang.

Berdasarkan BMKG, diperikarakan hujan baru berhenti total di bulan mei. Apabila hal tersebut terjadi, maka dapat dipastikan fenomena hujan di tahun ini merupakan musim hujan paling sebentar. Pasalnya, pada 3 tahun lalu ini hujan turun lebih lama daripada pada tahun 2019 ini.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan 5

Lingkungan yang sekarang kita tempati dulunya indah, namun berbeda dengan sekarang sudah hancur dan buruk. Hal tersebut dikarenakan ulah manusia yang berlebihan kepada lingkungan. Meskipun lingkungan terdekat pun masih bisa rusak dan tidak terawat karena ketidakpeduliannya para manusia kepada lingkungan mereka sendiri. Ini seharusnya wajib segera ditangani dengan cara memprovokasi orang agar membantu menjaga lingkungan kita tempat sekarang.

Oleh sebab itu masih banyak lingkungan yang sudah hampir tidak layak lagi di Indonesia maupun luar negeri akibat ketidakpedulian masyarakat di sekitar. Apabila tidak ada orang satu pun untuk menjaga lingkungan, mungkin saja dunia ini sudah hancur dan berantakan karena tidak terawatkan.

Sebab terjadinya lingkungan yang buruk ialah salah satu contoh keserakahan manusia dengan membangun pabrik dimana-mana. Pasalnya, pabrik membuang limbah secara sembarangan tanpa bertanggung jawab. Tidak hanya itu saja, mereka juga membuat sampah sembarangan.

Akibatnya yang terjadi ini sangat parah, dikarenakan jika seluruh dunia tidak ada yang cinta dengan lingkungan ini maka tidak bisa lagi tinggal di dunia. Karena ketidaklayaan tempat tinggal yang kita tempat bila lingkungan rusak total. Oleh karena itu, marilah kita dari sekarang senantiasa menjaga lingkungan dengan cara bergotong roroyong.

“Ciptakan Lingkungan yang Asri dan Nyaman untuk kita semua!”

3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Contoh paragraf argumentasi tentang kesehatan
Sumber: https://railroad-crossfit.com/
  • Contoh Paragraf Argumentasi tentang Kesehatan 1

Seringkali, kamu suka meniup makanan dan minuman yang masih panas dengan bertujuan supaya makanan dan minuman tersebut cepat dingin. Akan tetapi, ternyata kebiasaan tersebut sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang telah saya kutip dari refrensi atau sumber terpercaya, apabila kamu menium makanan atau minuman yang masih panas maka zat H2O (hidrogen) yang terkandung dalam minuman akan bercampur dengan zat CO2 (karbon dioksida). Apabila zat kedua tersebut bercampur, maka keduanya akan membentuk zat H2CO3 (karbonat) yang dapat merusak fungsi jantung dalam tubuh. Dampak buruk ini akan lebih berbahaya apabila udara yang kamu tiupkan ke minuman panas mengandung zat-zat berbahaya lainnya selain CO2.

Untuk itu, kebiasaan meniup makanan atua minuman yang panas harus segera dihentikan. Hal tersebut dikarenakan bisa mengakibatkan dampat buruk bagi tubuh. Sebagai gantinya, makanan atau minuman yang masih panas dibiarkan saja terlebih dahulu sampai panasnya berkurang.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan 2

Meminum es teh manis secara berlebihan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Menurut refrensi yang saya baca, bahwa teh mengandung zat oksalat yang bisa mengendap di dalam tubuh dan sulit larut dan diserah oleh tubuh kita. Apabila zat ini mengendap di ginjal, maka zat ini bisa mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal.

Selain itu, kandungan gula pada es teh manis dapat menyebabkan obesitas dan diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, saya menyarankan untuk mengurangi kebiasaan meminum es teh manis secara berlebihan, hal ini untuk menjaga kesehatan pada tubuh.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan 3

Rokok sangatlah berbahaya untuk tubuh kita dan Asap rokok yang kita hirup ini pun mengandung racun yang sangat berbahaya. Asap rokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Penyakit itu diantaranya jantung, paru-paru, hipotensi, gangguan kehamilan dan janin. Tidak hanya saluran nafa yang dapat terganggu oleh rokok.

Anak-anak kecil yang terbiasa mengirup asap rokok juga dapat terkena jantung koroner di usia muda. Asap rokok ini dapat mengakibatkan infeksi telinga bagian tengah. Oleh karena itu jangan hera apabila ada anak kecil tiba-tiba dari telinganya keluar cairan padahal tadinya tidak saki apa-apa. Hal tersebut sepele namun itulah efek dari asap rokok.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan 4

Tidak diragukan lagi bahwa nyamuk memanglah berbahaya terutama nyamuk penyebar malaria dan demam berdarah. Untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk kita dapat memakai obat nyamuk. Namun, pernahkah kita menyadari jika pemakaian obat nyamuk ternyata bisa merugikan kesehatan pada manusia.

Berdasarkan para ahli, keempat jenis obat nyamuk tersebut tetap saja membahayakn jika dipakai dalam waktu jangka pajang. Obat nyamuk terdiri atas unsur insektisida, zat pewarna, dan pewangi yang mempunyai dampak buru. Apabila dosis yang terkandung masih dapat ditoleransi, maka banyak ini dapat dikurangi. Setiap kemasan obat nyamuk tentu saja mempunyai aturan pakai yang sesuai dengan jenisnya.

  • Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan 5

Kesehatan adalah sebuah hal yang paling mahal dan berharga di dunai. Tanpa kesehatan, kita akan sangat kesulitan, walaupun kita mempunyai uang banyak sekalipun. Semua tidaklah berguna apabila kita sedang sakit.

Justru orang-orang rela untuk menukar segala harta benda yang dimilikinya agar menjadi pulih sehat kembali. Kesehatan menjadi sangat beraharga dikarenakan biayanya yang relatif sangat mahal. Malahan muncul kata-kata yang ada di masyarakat misalnya sehat itu mahal dan orang-orang miskin dilarang untuk sakit. Walaupun pemerintah telah mempunyai progam BPJS.

Baca juga: Contoh kalimat efektif

Hal tersebut tentu masih tetap tidak bisa membuat harga kesehatan menjadi murah. Seperti itu sangat wajar sekali karena harga obat-obatan yang beredar sekarang ini relatif mahal sekali. Selain itu untuk menjadi dokter atau perawat juga sangat mahal yang membuat biaya membebani para pasien.

Itulah diatas yang sudah bahas lengkap mengenai 15 contoh paragraf argumentasi singkat dan beserta penjelasan lengkap. Terima kasih telah membaca, jangan lupa share dan harus pantengin terus artikel atau materi tentang pendidikan hanya di Sudutsekolah.com!

Silahkan berikan rating