Contoh norma kesopanan dan pelanggarannya
Contoh norma kesopanan dan pelanggarannya

5 Contoh Norma Kesopanan Dan Contoh Pelanggarannya Lengkap

Diposting pada

Contoh norma kesopanan – Norma kesopanan sangat penting ada di dalam masyarakat. Apabila tidak ada norma kesopanan akan terjadi perselisihan atau konflik di dalam masyarakat. Oleh sebab itu, norma kesopanan harus tegas diterapkan. Pelanggaran norma kesopanan harus diberikan secara tegas agar pelaku jera.

Pengertian Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah serangkaian aturan yang diatur di kehidupan masyarakat bersumber dari budaya, adat istiadat, atau tradisi di suatu wilayah yang terus mengalami perkembangan. Norma kesopanan dianggap sebagai pedoman kehidupan bermasyarakat.

Norma kesponan memiliki beragam variasi di tiap daerah. Daerah satu dengan daerah lainnya memiliki norma kesopanan yang berbeda. Sebagai contoh norma kesopanan tentang tidak berbicara terlalu keras di perpustakaan, sedangkan di pasar kita boleh berbicara keras.

Selain itu norma kesopanan memiliki variasi berdasarkan waktu. Sebagai contoh, pada era 90-an banyak masyarakat suku jawa yang menggunakan bahasa krama inggil kepada orang tua sedangkan sekarang sudah jarang.

Dari definisi norma kesopanan dapat dijelaskan lebih rinci bahwa norma kesopanan adalah rangkaian aturan yang berlaku di masyarakat pada waktu dan daerah tertentu yang apabila dilanggar akan mendapat sanksi yang tegas.

Contoh Norma Kesopanan Yang Sering Berlaku Di Masyarakat Indonesia

1. Menyapa Orang Di Jalan Atau Norma Kesopanan Saat Bertemu Orang

Salah satu norma kesopanan yang masih berlaku adalah menyapa orang yang kita kenal ketika bertemu di jalan. Meskipun kegiatan ini memiliki perbedaan antara masyarakat desa dengan masyarakat kota, namun menyapa seseorang ketika di jalan masih terus dilakukan hingga sekarang.

Bahkan dalam aktivitas bekerja pun menyapa sesama karyawan, bawahan, sampai atasan sudah menjadi kewajiban. Bahkan kegiatan menyapa orang di jalan menjadi tradisi dalam suatu lembaga komersial.

2. Mengucap Salam Ketika Bertamu Atau Memasuki Ruangan Orang Lain

Sudah merupakan tradisi masyarakat Indonesia untuk mengucap salam ketika hendak memasuki ruangan atau rumah orang lain. Salam yang diucapkan bisa berupa “permisi, selamat siang, selamat sore, dan lain sebagainya”.

Bahkan ucapan salam merupakan unsur penting dalam suatu surat formal atau surat dinas. Sudah dari dahulu kegiatan berbagi salam merupakan adat yang dimasukan ke dalam norma kesopanan masyarakat Indonesia.

3. Berpakaian Dengan Sopan Dan Santun

Dari kecil kita sudah diajarkan untuk mengenakan pakaian yang sopan ketika hendak bertemu orang lain, entah itu oleh orang tua maupun oleh guru. Berpakaian sopan dan santun juga merupakan salah satu aspek penting dari norma kesopanan yang berlaku di Indonesia.

Tak seperti negara-negara bagian barat, kita sebagai masyarakat Indonesia menjunjung tinggi kesopanan dalam berpakaian. Bahkan kesopanan dan kesantunan dalam berpakaian sangat penting diterapkan dalam dunia kerja.

4. Kesopanan Dalam Berkata Yang Baik

Tidak memotong pembicaraan orang lain atau tidak berbicara sendiri ketika sedang diajak berbicara oleh orang lain adalah salah satu contoh norma kesopanan dalam berkata.

Masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi perkataan seseorang, apalagi jika baru bertemu atau belum mengenal. Kata-kata kotor, kasar, dan takabur tidak layak diucapkan di depan umum, karena dapat melanggar norma kesopanan di kehidupan masyarakat Indonesia.

Meskipun begitu, kata kotor atau kasar sering digunakan oleh masyarakat Indonesia kepada orang lain apabila sudah mengenal secara akrab. Tapi, berkata yang baik adalah norma kesopanan yang berlaku dalam kehidupan kita.

Saat sekolah kita diajarkan oleh guru untuk tidak berbicara atau memotoong pembicaran ketika ada orang lain yang sedang mengajak bicara. Salah satu contoh norma ini memiliki sanksi yang cukup tegas apabila dilanggar.

Jika dalam instansi komersial atau perusahaan memotong pembicaraan orang lain ketika sedang dilakukan rapat akan menyebabkan karyawan tersebut dipecat dari perusahaan.

5. Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Sudah menjadi kebiasaan kita, masyarakat Indonesia dari kecil untuk menghormati orang yang lebih tua, entah itu kepada orang tua sendiri, kakek, nenek, guru, bahkan orang lain yang umurnya lebih tua.

Contoh Pelanggaran Norma Kesopanan

1. Contoh Pelanggaran Norma Kesopanan Ketika Bertemu Orang Lain

Ketika sedang berada di jalan atau sedang berpergian secara tidak sengaja kita bertemu atau berpapasan dengan orang yang kita kenal, namun kita bersikap acuh kepada orang tersebut adalah contoh tindakan pelanggaran dari norma kesopanan yang berlaku di masyarakat.

Sanksi atas pelaggaran norma kesopanan ketika bertemu orang lain sangatlah berat, yaitu tidak akan dihargai oleh orang lain. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak dapat hidup sendiri, Kita membutuhkan orang lain untuk melakukan hubungan timbal balik.

2. Contoh Sanksi Norma Kesopanan Penggunaan Salam Ketika Bertamu

Ketika hendak bertamu atau memasuki ruangan orang lain dalam suatu lembaga formal, mengucap salam sangat diperlukan sebagai bukti bahwa kita meminta izin untuk hadir di tengah aktivitas orang tersebut.

Etika ini sudah merupakan kewajiban bagi masyarakat Indonesia. Pelanggaran jika melanggar norma kesopanan dalam penggunaan salam ketika bertamu atau memasuki ruangan orang lain akan menerima sanksi yang sangat berat.

Apabila seseorang melanggar norma kesopanan dalam penggunaan salam ketika bertamu atau memasuki ruangan orang lain akan mendapat sanksi berupa label maling atau dianggap sebagai maling.

3. Pelanggaran Norma Kesopanan Dalam Berpakaian

Sudah seharusnya kita berpaian sopan dan santun, apalagi jika hendak bertemu orang dalam acara formal. Pelanggaran dari norma kesopanan dalam berpakaian dengan sopan dan santun dapat berupa mengenakan pakaian yang tidak layak ketika bertamu.

Contoh pelanggaran norma kesopanan dalam berpakaian dengan sopan dan santun yaitu menggunakan pakian minim ketika hendak memasuki tempat ibadah. Atau mengenakan kaos oblong ketika menghadiri pesta pernikahan.

Sanksi dari pelanggaran norma kesopanan dalam berpakaian dengan sopan dan santun juga cukup berat, yaitu harga diri kita akan direndahkan oleh orang lain, sehingga kita sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial.

4. Sanksi Norma Kesopanan Dalam Berkata

Pelanggaran dari norma kesopanan dalam berkata yang baik meliputi banyak hal. Pelanggaran tersebut dapat berupa memanggil teman dengan nama orang tuanya, berkata yang tidak baik kepada orang lain, merendahkan orang lain dengan kata-kata, dan masih banyak lagi.

Sanksi dari pelanggaran norma kesopanan dalam berkata yang baik yaitu kita akan dibenci oleh orang lain. Apabila kita dibenci oleh orang lain, tidak ada yang ingin berinteraksi dengan kita, menyebabkan kesulitan untuk menjalani kehidupan.

5. Contoh Pelanggaran Norma Kesopanan Dalam Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Contoh pelanggaran norma kesopanan dalam menghormati orang yang lebih tua banyak sekali, mulai dari berkata kasar kepada orang yang lebih tua, menolak petintah orang tua yang baik untuk kita, melawan guru, dan masih banyak lagi.

Sanksi pelanggaran norma kesopanan dalam menghormati orang yang lebih tua juga sangat berat, diantaranya kita akan terus dimarahi oleh orang tua, hidup menjadi tidak berkah, dikucilkan oleh orang lain, hingga merusak masa depan diri sendiri.

Nah, mulai sekarang Anda sudah paham mengenai norma kesopanan, dari mulai pengertian, contoh pelanggaran, dan contoh norma kesopanan. Sebenarnya masih banyak macam-macam norma yang harus diketahui yang pernah saya bahas sebelumnya. Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.