Contoh kata pengantar laporan

10 Contoh Kata Pengantar Laporan PKL, Kegiatan, Study Tour Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh kata pengantar laporan РApabila kamu sering bergelut dengan karya tulis misalnya membuat makalah, skripsi, tesis, dan novel.  Tentu buat kamu untuk istilah kata pengantar sudah tidak asing lagi. Apalagi tentang kata pengantar laporan, yang biasanya menulis tentang laporan-laporan.

Akan tetapi, tidak jarang pula yang masih belum mengetahui contoh kata pengantar laporan ini. Berdasarkan artinya bahwa kata pengantar adalah komponen yang paling utama dan tidak boleh terlewatkan. Hal ini karena terlihat tidak baik dan lengkap apabila seandaikan kamu tidak menyertakan kata pengantar.

Agar kamu mengenal lebih dalam tentang kata pengantar ini, saya akan mengulas lengkap dengan contoh kata pengantarnya. Karena setiap penjelasanya, apabila tidak disertai dengan contoh tentu tidaklah lengkap. Selain itu, untuk memahaminya masih abstrak.

Nah, berdasarkan jenisnya, bahwa kata pengantar ini terdiri dari beberapa bagian yang akan saya ulas pada artikel ini. Pokok pembahasan inti daripada artikel ini yaitu contoh kata pengantar laporan PKL, contoh kata pengantar laporan Kegiatan, dan contoh kata pengantar laporan Study Tour.

Baca juga: Contoh kata pengantar makalah

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 1

Contoh kata pengantar laporan PKL

Contoh kata pengantar laporan PKL, merupakan salah satu karya tulis yang biasanya menjelaskan tentang beberapa laporan hasil praktek kerja industri, Nah, untuk membuatnya ini bisa dibilang sangatlah mudah sekali. Berikut saya sertakan 3 contoh agar guna mengetahui perbedaan pada setiap laporan.

Contoh kata pengantar yang pertama ini biasanya berisi mengenai laporan-laporan kegiatan dalam melakukan tugas. Salah satunya seperti laporan saat Praktek Kerja Lapangan Industri, yang akan saya berikan contohnya dibawah ini.

KATA PENGANTAR

Kami panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan dan karunianya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.

Dalam upaya menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Pemerintah, khususnya Depdiknas, berupaya agar setiap individu memperoleh kesempatan mendapatkan pendidikan yang bermutu dengan utuh, hal ini diwujudkan secara berkesinambungan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Pendidikan nasional, khususnya bagi SMK merupakan wadah untuk tenaga-tenaga yang siap bekerja. Wujud kebijakan pendidikan nasional diantaranya mempersiapkan dan melaksanakan Prakerin.

Prakerin merupakan sarana penunjang di luar teori sekolah, dengan upaya menjalin kerja sama yang baik antara pihak dunia industri (DUDI) dan SMKN 1 Lelea. Harapan saya selaku penulis yaitu semoga Praktek Kerja Lapangan Industri di SMKN 1 Lelea ini lancar dan bermanfaat untuk peserta lainnya.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan laporan ini serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat:

  1. Bapak Drs. Rachmat Heriwan yang menjadi motivator dan sekaligus kepala sekolah di SMK Negeri 1 Lelea ini.
  2. Ibu Sari Astiastuti S.Pd, selaku ketua bidang keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Lelea yang telah membantu dan mengarahkan penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
  3. Bapak Wahyudin S.Pd, selaku Pembimbing 1 Praktek Kerja Industri Bidang Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Lelea yang telah membimbing dan memotivasi penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
  4. Bapak Gufron S.Pd.I, selaku Pembimbing 2 Praktek Kerja Industri Bidang Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Lelea yang telah meluangkan waktu serta pikirannya dalam menyelesaikan laporan ini.
  5. Bapak H. Sosro Abdul Hanan, selaku pimpinan PD.
  6. Mbak Erwati, selaku Supervisor PD. Ayu Jaya Obras selaku penanggung jawab yang telah membantu, membimbing, mengarahkan penulis selama Praktek Kerja Industri.
  7. Segenap karyawan PD. Ayu Jaya Obras yang telah membantu penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri.
  8. Ibu/Bapak guru SMK Negeri 1 Lelea yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.
  9. Kedua orang tua, kakak dan adik yang selalu memberikan dukungan semangat serta doa restu kepada penulis selama melaksanakan Praktek Kerja Industri dan pembuatan laporan ini.
  10. Teman-teman seperjuangan satu angkatan 2008/2009 terutama untuk Program Keahlian Tata Busana, yang telah berbagi pengetahuan dan memberi suport kepada penulis selama melaksanakan Praktek Kerja Industri dan pembuatan laporan ini.

Penulis menyadari laporan ini jauh dari sempurna, untuk itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang sifatnya mendukung demi kemajuan penulis di masa yang akan datang. Penulis berharap mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi penulis, pembaca dan semua pihak.

Indramayu, 8 Januari 2017

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 2

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan berupa kesehatan, kesempatan kepada penulis sehingga mampu menyelesaikan Laporan Kerja Lapangan ini.

Laporan Kerja Lapangan ini berjudul “Analisis Laporan Keuangan di Dinas Komunikasi dan Infomatika. Kerja praktek ini telah penulis laksanakan dengan baik di Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO), yang berlokasi di Jalan Sidodadi No. 87.

Laporan Kerja Lapangan ini adalah tugas yang wajib diselesaikan oleh Mahasiswa Jurusan Ekonomi progam S1 di Internasional Bussiness Management Indonesia. Tujuan utama dari kerja lapangan ini yaitu untuk memantapkan teori dan praktek yang telah dipelajari di kampus. Selain itu, dapat diselesaikan dengan serta diaplikasikan di lapangan langsung.

Sesuai dengan judul laporan ini, penulis hanya membahas tentang Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Pegawai di Diskominfo serta yang berhubungan dengan hal tersebut.

Dalam proses pembuatan laporan ini tak lupa saya menghaturkan sujud kepada orang tua saya yang telah banyak memberikan dorongan semangat dari awal sampai selesainya laporan ini. Tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman yang ada di kampus karena telah memberikan support moril dan material dan informasi. Ucapan terima kasih ini pun saya ucapkan kepada Bapak DR yang mempunyai peranan penting dalam laporan ini:

  1. Bapak DR. Rafi Abrar M.Si, selaku ketua dari STIE IBMI Medan.
  2. Bapak Irfan M.M, selaku ketua progam Study Ekonomi Akutansi.
  3. Ibu Tias Asmarani, SE, AK selaku Dosen PA saya.
  4. Bapak Chon Co Reynols Manday, SE selaku dosen pembimbing yang meluangkan waktu kepada penulis dalam rangka penyelesaian lapora PKL ini.
  5. Bapak Drs. Darussalam Pohan, MAP selaku kadis kominfoyang telah memberikan ijin kepada penulis untuk mengadakan penelitian.
  6. Ibu Marnie selaku Kasubag umum atas bimbingan pkl ini.
  7. Ibu Hj. Khairunnisa selaku pembimbing PKL ini.
  8. Para staf karyawan di dinas kominfo terima kasih telah membantu penulisan lapora PKL ini.
  9. Orang tua dan teman-teman yang senantiasa mendukung penulis baik secara mori ataupun materil.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempuranaan dengan segala kekurangannya. Oleh kaena itu saya selaku penulis berharap adanya kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan dari laporan kerja praktek lapangan industri yang saya buat ini. Akhir kata penulis berharap, semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa-mahasiswi dan pembaca sekaligus demi menambah pengetahuan tentang Praktek Kerja Lapangan.

Jombang, 15 Juni 2015

Penulis

Thalya Renata Ningtyas

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL 3

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga penyusun bisa membuat laporan dan penyusun juga sadar masih banyak kekurnagan dalam laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, ataupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya :

  1. Bapak Yasin, M.PD., selaku Kepala SMA NU Gresik.
  2. 2. Ibu Ida, SE., selaku Kepala Progam Administrasi Perkantoran.
  3. Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.
  4. Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi.
  5. Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku pembimbing dari pihak sekolah.
  6. Rekan se-angkatan.

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini bisa bermanfaat bagi pembaca serta bisa membantu kemajuan serta perkembangan SMK NU Gresik. Sesekali lagi penyusun ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian. Amin.

Gresik, 15 November 2017

Penyusun

MasIrfun

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan 1

Contoh kata pengantar laporan kegiatan

Contoh kata pengantar laporan kegiatan merupakan sebuah karya tulis yang menjelaskan tentang laporan-laporan kegiatan. Berikut contoh dari kata pengantar laporan kegiatan:

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat-Nya kita diberi kesehatan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari

Laporan kegiatan ini adalah salah satu penjelasan tentang pelaksanaan simulasi penerapan Standard Operation Procedures (SOP) Sistem Peringatan Dini Banjir Bandang di DAS Kalijompo. Simulasi ini dilaksanakan atas kerjasama Yayasan Pengabdi Masyarakat (YPM) Jember, Jawa Timur, Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih masyarakat dan sktakeholders khususnya Satlak PBP Kabupaten Jember untuk menggunakan SOP DAS Kalimjompo. Tidak hanya itu saja, karena untuk menunjukkan kepada masyarakat bagaimana SOP tersebut dijalankan serta meningkatkan kapasitas mereka dalam mengurangi resiko bencana banjir bandang.

YPM mengucapkan terima kasih kepada Japan International Cooperation Agency (jICA) yang telah memberikan kepercayaan untuk bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan manajemen bencana, khususnya Kabupaten Jember.

Jember, Mei 2015

Yayasan Pengabdi Masyarakat

Ketua

MasIrfun Maulana

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan 2

KATA PENGANTAR

Puju syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga saya selaku penulis laporan kegiatan ini dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Laporan Studi Lapangan Komprehensif” ini dengan baik tanpa halangan.

Laporan Kegiatan Studi Lapangan Komprehensif ini berisi tentang seluruh kegiatan studi lapangan komprehensif yang dilaksanakan siswa-siswi kelas VII SMPN 3 Jombang pada tanggal 15-20 2016.

Terselesaikannya laporan ini tentu tidak lepas dari bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, saya selaku penulis mengucapkan terima kasih yang seikhlasnya kepada :

  1. Ibu Hj. Tri Rukmini, S.Pd. selaku Kepala SMPN 3 Jombang yang telah memberikan ijin untuk mengadakan karya wisata guna menambah pengetahuan kami di luar sekolah.
  2. Ibu Supriyantini, S.Pd. selaku guru bidang Studi Bahasa Indonesia yang telah memberikan bimbingan kepada saya selaku penulis dalam menyelesaikannya laporan kegiatan ini.
  3. Ibu Supriyati, S.Pd selaku wali kelas VII C yang telah membantu dan memberikan bimbingan kepada kami.
  4. Rekan-rekan dan semua pihak yang telah membantu ami dalam penyusunan laporan ini.

Laporan ini disusun untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, kami berharap semoga laporan karya wisata ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi refrensi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan laporan ini jauh lebih baik lagi. Kami mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.

Jombang, 12 Mei 2019

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan 3

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang diberikan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas laporan kegiatan karya wisata ke Jawa Tengah yang kami buat. Hal tersebut bertujuan untuk mengingat memorial perjalanan karya wisata kami ke Jawa Tengah.

Laporan ini berisi kegiatan karya wisata kami ke Jawa Tengah selama beberapa hari lamanya. Dan kami sudah menyusunnya secara singkat tapi padat. Teselesaikannya laporan ini tidak terlepas dari keterkaitan banyak pihak yang sudah membantu, membimbing dna mengarahkan. Terima kasih yang tak terhingga kepada Ibu Hj Rukmini selaku kepala sekolah SMA 1 Jaombang yang telah mengijinkan kami berkarya wisata ke Jawa Tengah. Serta pada setiap guru yang sudah memberi kami bimbingan dan waktunya.

Kami berharap laporan ini akan memberi manfaat dan menjadi refrensi utnuk setiap orang yang juga ingin berkarya wisata. Mohon maaf untuk setiap kesalahan yang terdapat pada laporan ini.

Jombang, 13 Juni 2018

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan 4

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas perkenanNya laporan pelaksaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Bandung pada Kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 dapat diselesaikan.

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai Pelaksanaan kegiatan dan untuk menjadi bentuk pertanggungjawaban PPTK dalam pembinaan dan penataan pencatatan sipil kepada pihak yang terkait. Dimana kegiatan tersebut Sosialisasi Pencatatan Sipil Tentang perkawinan dan perceraian di Provinsi Bandung Tahun Anggaran 2013 telah dilaksanakan.

Pelaksanaan ini diantaranya : tujuan yang hendak dicapai, sasaran pelaksaan kegiatan waktu dan tempat pelaksanaan serta output dari pelaksanaan kegiatan.

Laporan kegiatan ini smeoga dapat menjadi bahan evaluasi dan tolok ukur dalam pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan SIpil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Bandung pada keiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan SIpil Tahun Anggaran 2013 dan menjadi bahan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Serang  Juli 2013

H. Hikmat Surahman, SE – NIP.195905041982031010

Contoh Kata Pengantar Study Tour 1

Contoh kata pengantar laporan study tour

Contoh kata pengantar laporan study tour merupakan salah satu karya tulis yang berisi tentang wisata atau hasil laporan rekreasi. Berikut contoh dari kata pengantar laporan study tour dibawah ini.

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih juga Maha Penyanyang, kami panjatkan puji dna syukur kami kepada-Nya yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya. Sehingga kami dapat menyelesaikan laporan study tour ke Yogyakarta dengan baik.

Lpaoran ini diupayakan semaksimal mungkin serta bantuan dari berbagai pihak. Sehingga memberikan kelancaran pada setiap prosesnya. untuk itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak dan Ibu para panitia penyelenggara stury tour, serta Ibu Sri Mudiarti S. Pd yang telah membimbing penulis dan memberi banyak inspirasi pada karya tulis yang penulis buat ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Orang Tua dan rekan-rekan yang selalu mendukung keberhasilan laporan stury tour ini.

Karya tulis yang penulis buat masih jauh dair kata sempurna, karena Keterbatasan saya dalam memaparkan yang lebih dalam tentang study tour kali ini. Namun penulis sudah berusaha dengan baik. Dan setiap saran dan kritik membangun, selalu penulis harapkan dmei kesempurnaan laporan study tour ini.

Penulis juga berharap laporan ini akan memberikanmanfaat bagi para pembaca. Setidaknya untuk memberi pengethauan yang lebih dalam tentang kota Yogyakarta. Demikian persembahan laporan stury tour ini semata untuk dunia kepariwisataan.

Bandung, 15 Juli 2017

Penulis

Contoh Kata Pengantar Study Tour 2

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan laporan studi wisata ini dan mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Laporan studi wisata ini menyajikan berbagaikan penjelasan tentang objek yang telah kami kunjungi yaitu TMII dengan objek PP IPTEK, Monas, TIM/Planetarium, dan objek lainnya. Agar pembaca dapat lebih jelas mengenai keterangan objek-objek tersebut.

Namun, laporan ini tidak dapat selesai tanpa ada bantuan dari pihak lain. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Drs. H. Surur selaku kepala SMPN 3 Jombang
  2. Bapak/Ibu wali kelas SMPN 3 Jombang
  3. Bapak dna Ibu guru pendamping yang telah memberikan bimbingan selama study tour berlangsung
  4. Ornag tua yang telah mendukung kami dalam pembuatan laporan ini dna semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan.

Mengingat keterbatasan kemampuan kami, maka sekiranya dapat dimaklumi apabila nantinya di dalam laporan ini banyak terdapat kesalahan. Kami menyadari akan hal tersebut, karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membanun. Demikian yang dapat kami sampaikan, apabila banyak kesalahan dalam penulisan ini mohon dimaafkan.

jombang, 15 Maret 2012

Penyusun

Baca juga: Contoh teks prosedur

Contoh Kata Pengantar Study Tour 3

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya selaku penulis ini mempunyai kesempatan untuk menyelesaikan laporan Study Tour yang ada di Jakarta dan Bandung. Sebagai salah satu syarat agar dapat mengikuti ujian nasional.

Dalam pembuatan laporan ini kami sebagai penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak kepala kami yaitu Bapak Drs. Mashuri, M.Pd
  1. Ibu Ovi Feriani S.Pd selaku wali kelas VII C
  2. Ibu Alis Wayu S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia kami yang selalu membimbing kami
  3. Orang tua yang telah memberikan biaya dan juga doa
  1. Serta teman-teman yang tidak bisa sebutkan namanya satu-persatu

Kami selaku tim penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan siswa-siswi SMPN 3 Jomabng/

Dalam pembuatan karya tulis ini kami sebagai penulis menyadari bahwa karya tulis ini mempunyai banyak kekurangan, Kmai selaku penulis ingin meminta maaf kepada para pembaca bila ada kata-kata yang kurang sopan.

Jombang, Agustus 2009

Penulis

Nah, itulah diatas tentang 10 contoh kata pengantar laporan PKL, kegiatan, dan study tour lengkap Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasanmu dalam mengenal jenis-jenis kata pengantar karya tulis. Tunggu artikel selanjutnya yang menjelaskan tentang materi Bahasa Indonesia lainnya hanya di Sudutsekolah.com.

Silahkan berikan rating