Contoh hewan omnivora

30 Contoh Hewan Omnivora Beserta Makanan dan Penjelasan Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh hewan omnivora – Hari ini Sudut Sekolah akan menjelaskan pelajaran Biologi, yaitu mengenai 30 contoh hewan omnivora beserta makanan dan penjelasannya lengkap.

Ada banyak sekali contoh hewan omnivora yang ada di alam ini. Mereka ada yang hidup secara mandiri maupun berkelompok. Sebagaimana yang kita ketahui, hewan dibagi atas 3 jenis yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora. Karnivora diartikan sebagai hewan pemakan daging, herbivora di definisikan sebagai hewan pemakan tumbuhan.

Baca juga: Dampak pencemaran udara

Sedangkan omnivora adalah hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan. Sebelum saya membahas tentang contoh hewan omnivora, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang gambaran mengenai jenis hewan yang satu ini. Seperti apakah itu?

Pengertian Omnivora

Hewan omnivora yang juga disebut sarwaborga merupakan spesies hewan yang gemar mengkonsumsi daging hewan dan juga tumbuhan. Hewan yang satu ini tidak mempunyai ciri khusus. Namun omnivora tidak liar seperti hewan karnivora. Sementara itu, untuk ciri-cirinya, bisa anda lihat pada daftar berikut ini :

Ciri-ciri Omnivora

Setiap jenis binatang tentu saja mempunyai ciri-ciri tersendiri termasuk hewan omnivora ini. Baik itu ciri fisik, makanan, maupun tingkah laku. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa hewan termasuk golongan Omnivora :

  • Memakan daging dan tumbuhan.
  • Memiliki sistem pencernaan yang kompleks.
  • Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan.
  • Sementara di bagian belakangnya, gigi terlihat datar.
  • Ada yang merupakan mamalia dan juga bukan mamalia.
  • Sebagian besar berkembang biak secara bertelur dan sebagiannya beranak.
  • Berkembang biak secara ovipar.
  • Berdarah panas/dingin.
  • Mayoritas berkaki dua.

Contoh Hewan Omnivora

Sebenarnya masih banyak lagi hewan omnivora yang ada di dunia, namun saya akan memberikan 30 contoh hewan omnivora saja. Berikut ini beberapa contoh dari jenis binatang pemakan segala yang harus kamu ketahui :

1. Gorila

Contoh hewan omnivora, Gorila
Contoh hewan omnivora, Gorila

Contoh hewan omnivora yang pertama adalah gorila. Gorila merupakan hewan primata yang memiliki ukuran tubuh yang paling besar. Gorila berasal dari hutan tropis di Afrika Selatan, namun di Indonesia kamu bisa menemukannya tetapi populasinya sudah. Hewan yang mempunyai nama latin Gorilla gorilla ini gemar sekali mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan dan terkadang juga serangga. Karena hal itulah, gorila disebut sebagai binatang omnivora.

2. Simpanse

Simpanse merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang berasal dari anggota dari keluarga Hominidae. Simpanse hidup dalam grup sosial multi-jantan dan multi-betina yang besar dengan membentuk sekelompok komunitas. Soal makanan, binatang yang satu ini gemar mengkonsumsi buah buahan biji bijian, buah buahan, bunga dari pohon, serta serangga seperti semut, rayap, dan lainnya.

3. Monyet

Contoh hewan omnivora ketiga adalah monyet. Monyet itu tidak termasuk kera. Keduanya adalah 2 hewan yang berbeda. Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil. Monyet juga dikenal sebagai hewan yang mudah dilatih oleh manusia, terutama jika dilengkapi dengan alat-alat pendukung. Berbagai jenis makanan seperti buah buahan, sayur-sayuran, kacang kacangan, hewan kecil, maupun serangga menjadi makanan yang sering dikonsumsi oleh hewan yang satu ini.

4. Orang Utan

Contoh hewan omnivora yang selanjutnya adalah orang utan. Orang utan merupakan sejenis kera besar dengan lengan yang panjang dan warna bulu kemerahan atau cokelat. Hewan ini banyak hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Hewan tersebut termasuk golongan hewan omnivora, namun makanannya didominasi oleh tumbuh-tumbuhan. Dimana 90% dari makanannya berupa buah-buahan, sisanya adalah dedaunan, bunga dan beberapa jenis serangga.

5. Musang

Contoh hewan omnivora, Musang
Contoh hewan omnivora, Musang

Contoh hewan omnivora kelima adalah musang. Binatang ini dikenal nocturnal dan memiliki kemampuan memanjat yang baik. Musang melindungi diri dari musuhnya dengan cara berpura-pura mati agar bisa mengelabui musuhnya. Selain itu ia memiliki duri yang sangat tajam sebagai bentuk pertahanan dirinya. Makanan musang adalah serangga, cacing tanah, moluska, tikus, pisang, pepaya, dan jenis buah-buahan yang lainnya.

6. Babi

Binatang yang satu ini dikenal memiliki moncong yang panjang dan hidung yang lemper. Babi juga salah satu mamalia yang paling cerdas. Bahkan kepintarannya melebihi anjing dan juga kucing. Babi menyukai rumput-rumputan disamping juga serangga. Maka dari itu, hewan yang satu ini tergolong sebagai hewan omnivora.

7. Burung Jalak

Contoh hewan omnivora, Burung Jalak
Contoh hewan omnivora, Burung Jalak

Contoh hewan omnivora berikutnya adalah burung jalak. Burung jalak merupakan hewan yang banyak ditemukan di Pulau Bali. Burung yang satu ini berukuran sedang sekitar 20 cm dengan tubuh yang gagah, paruh kuat, lurus, dan tajam. Burung jalak sering menirukan suara burung yang lainnya serta banyak dipelihara karena relatif mudah dijinakkan. Jalak memakan hampir seluruh jenis makanan seperti pisang, pepaya, kroto, dan serangga kecil.

8. Burung Flamingo

Contoh hewan omnivora, Burung Flaminggo
Contoh hewan omnivora, Burung Flaminggo

Burung flamingo juga merupakan contoh hewan omnivora. Burung yang satu ini memiliki ciri kakinya yang panjang dan hidup secara berkelompok. Hewan ini memiliki kecepatan lari sekitar 60 km/jam dan seringkali berdiri dengan satu kaki. Flamingo mengkonsumsi udang sebagai sumber makanan utama. Selain itu, hewan omnivora yang satu ini juga seringkali memakan alga hijau karena mengandung beta karoten yang tinggi.

9. Lumba-lumba

Contoh hewan omnivora, Lumba-Lumba
Contoh hewan omnivora, Lumba-Lumba

Contoh hewan pemakan segala selanjutnya yaitu Lumba-lumba. Tentu kamu pernah melihat atraksi lumba-lumba yang yang begitu lucu dan menggemaskan bukan? Hewan ini memang terkenal sebagai salah satu mamalia yang pintar dan bersahabat dengan manusia.

Bahkan banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba, salah satunya adalah kulit lumba-lumba yang dijadikan sebagai pakaian seorang perenang. Mamalia laut yang satu ini memakan cumi cumi, ikan ikan kecil, plankton, dan lain sebagainya di dalam laut.

10. Paus

Contoh hewan omnivora yang kesepuluh adalah juga mamalia laut yaitu paus. Ingat, paus bukanlah golongan ikan. Binatang yang satu ini bernapas menggunakan paru-paru dan memiliki rambut berdarah panas. Selain itu paus juga memiliki kelenjar susu dan jantung yang memiliki empat ruang. Crustacea dan cumi-cumi adalah sumber makanan dari paus.

11. Ayam

Contoh hewan pemakan segala yang kesebelas adalah ayam. Mendengar nama hewan yang satu ini tentu saja sudah sangat sering kita lihat. Dimana-mana hewan yang memiliki sayap tetapi tidak dapat terbang ini bagian daging dan telurnya dapat diambil dan diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

Hewan berjenis unggas ini selain makan tumbuh-tumbuhan seperti rumput, buah, sayur, padi padian, dan biji bijian juga memakan  cacing tanah, serangga, keong, dan lainnya.

12. Tikus

Contoh hewan omnivora yang sangat terkenal adalah tikus. Menjijikkan, itulah gambaran kebanyakan orang mengenai hewan yang satu ini. Apalagi jika menemukannya di dalam rumah pasti tikus akan diusir atau dimatikan.

Tikus yang merupakan hewan pengerat ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi juga ditemukan hampir diseluruh belahan dunia. Hewan yang Tikus tidak memiliki gigi taring dan gigi premolar ini gemar mengkonsumsi bahan tumbuhan dan invertebrata kecil.

13. Ikan Lele

Ikan lele jika sudah diolah dan digoreng pasti menjadi menu makanan favorit masyarakat Indonesia. Terlebih lagi jika ditambahkan sambal sebagai teman makanan, pasti semakin top kelezatannya. Lele banyak ditemukan pada air tawar dan memiliki tubuh yang licin, agak pipih memanjang, dan juga mempunyai “kumis” yang panjang.

Lele disebut sebagai hewan omnivora karena memakan karena memakan lumut, ganggang, tanaman air dan juga ikan kecil, serangga air, cacing tanah, serta amfibi.

14. Tupai

Tupai dikenal sebagai binatang yang suka melompat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hewan ini sekilas mirip seperti bajing, namun pada faktanya keduanya sangat jauh berbeda bahkan hubungan kekerabatan pun sangat jauh sekali. Tupai sangat suka sekali makan biji kenari. Disamping itu, hewan yang satu ini juga gemar mengkonsumsi jamur, buah, kulit kayu, dan serangga-serangga kecil yang ada di pohon.

15. Burung Kasuari

Contoh hewan omnivora selanjutnya adalah burung kasuari yang tergolong ke dalam kelas aves. Kasuari memiliki kaki tiga jari dengan cakar yang tajam sebagai senjata mereka untuk menyerang musuh saat dalam bahaya. Kasuari juga bisa berjalan hingga kecepatan 50 km/jam (31 mph) melalui hutan lebat dan mampu meloncat hingga 1,5 m (4,9 kaki). Burung yang mempunyai bulu yang indah ini mengkonsumsi buah-buahan dan serangga yang ada di dalam tanah.

16. Bebek

Bebek atau yang juga disebut itik dapat ditemukan di perairan air tawar maupun air laut. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada angsa dan pada umumnya tubuhnya membulat. Hewan ini sering memakan rumput, tanaman air, amfibi kecil, cacing, ikan. Selain itu hewan seperti serangga dan moluska kecil juga sering dimakan oleh bebek.

17. Udang

Udang merupakan hewan yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Hewan ini dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan kaya akan kalsium dan juga protein. Udang digolongkan sebagai hewan omnivora dikarenakan memakan plankton, anak udang, ikan kecil, dan juga daging hewan yang sudah mati.

18. Berang-berang

Hewan ini merupakan mamalia karnivora yang tergolong ke dalam subfamili Lutrinae dan memiliki total 13 spesies. Berang-berang juga dikenal sebagai hewan dengan tingkat kecerdasan tinggi dan sering dipercaya menjadi arsitek alami karena kemampuannya dalam membuat bendungan alami. Selain memakan tumbuh-tumbuhan, binatang ini juga sering mengkonsumsi ikan-ikan kecil di sungai.

19. Racoon

Bagi sebagian orang, mungkin hewan ini terdengar asing di telinga. Tetapi racoon digolongkan sebagai bintang omnivora. Racoon atau rakun merupakan mamalia berukuran sedang yang berasal dari Amerika Utara. Kulit tubuhnya tebal yang berfungsi untuk mencegah masuknya hawa dingin kedalam tubuh. Rakun sering memakan serangga, siput, telur burung, ikan, katak, serta mamalia kecil yang ada di tanah.

20. Serigala Merah

Serigala yang satu ini berwarna kemerahan dan kuning kecoklatan. Namun sayangnya populasinya sudah semakin menurun dan terancam punah. Bahkan, serigala merah masuk ke dalam daftar critically endangered oleh IUCN sejak tahun 1996. Selain sering memakan daging, hewan satu ini juga mengkonsumsi tumbuhan seperti buah, berry, dan juga rumput.

21.  Beruang

Beruang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan telinga yang bundar, ekor yang kecil serta bulu panjang, kasar, dan lebat. Beruang menggunakan cakarnya untuk mencari dan menyobek makanan. Adapun makanan yang sering dikonsumsi oleh beruang adalah madu, serangga, burung, dan tunas tanaman palem. Hibernasi menjadi aktivitas wajib yang dilakukan seekor beruang yang bisa terjadi selama beberapa hari atau minggu.

22. Kucing

Mungkin banyak yang mengira jika kucing termasuk hewan karnivora. Bahkan para pakar masih berpendapat yang sama. Tentu opini tersebut tidak sepenuhnya salah, pasalnya 100% kebutuhan gizi kucing dapat dipenuhi dari makanan hewani. Tetapi jika kita melihat fakta sehari-hari, kucing juga mengkonsumsi tempe dan tahu yang notabene berasal dari tanaman kedelai.

23. Angsa

Angsa merupakan burung air berukuran besar yang memiliki ukuran kaki dan leher yang lebih besar daripada bebek. Hewan ini pada umumnya terdapat di daerah beriklim sedang, jarang ada di lingkungan yang beriklim tropis. Angsa selain memakan tanaman yang ada di air, angsa juga mengkonsumsi keong ataupun serangga.

24. Beruang Madu

Beruang madu merupakan salah satu jenis beruang yang ada di dunia. Di Indonesia, hewan ini dijadikan sebagai maskot salah satu kota yaitu Balikpapan. Panjang tubuhnya beruang madu sekitar 1,40 m, dengan tinggi punggung 70 cm dan berat sekitar 50 – 65 kg. Hewan ini mengkonsumsi buah buahan, madu, serangga, burung, dan hewan kecil lainnya.

25. Anjing Hutan

Anjing hutan atau ajag merupakan anjing yang hidup di Asia, terutama di wilayah selatan dan timur. Di Indonesia, ajag (Cuon alpinus) banyak ditemukan di Pulau Sumatra dan Jawa. Hewan ini berwarna coklat kemerahan dan bergerombol dalam lima hingga dua belas ekor. Anjing hutan mengkonsumsi memakan buah buahan, berry, rumput, carrio, berang-berang, tupai, serangga, burung, dan kadal.

26. Beruang Hitam

Beruang Hitam merupakan salah satu jenis beruang yang berada di kawasan Asia dan merupakan contoh hewan omnivora. Tubuhnya memang didominasi oleh warna hitam. Namun khusus di bagian dada warnanya putih. Kini spesies beruang hitam sudah mulai langka bahkan terancam punah. Buah-buahan, ikan, dan serangga adalah beberapa makanan yang biasa dikonsumsi oleh hewan yang satu ini.

27. Luwak

Contoh hewan omnivora yang ke 27 adalah luwak. Luwak merupakan hewan yang termasuk dalam suku musang. Panjang tubuh sekitar 90 cm dan berwarna abu-abu kecoklatan. Luwak sering ditemui di sekitar pemukiman atau bahkan perkotaan sekalipun. Luwak white cofee merupakan produk unggulan hasil olahan dari hewan tersebut. Makanan utamanya adalah tikus, pisang, pepaya, dan buah-buahan lainnya.

28. Ikan Mujair

Contoh hewan omnivora selanjutnya adalah mujair yang merupakan ikan air tawar yang selama ini sering kita konsumsi sehari-hari. Ikan yang satu ini tergolong ke dalam hewan omnivora karena memakan banyak makanan seperti ikan mujair memakan tumbuh-tumbuhan air, chlorophycceae, diatomae, dinophyceae, chyanopyeae serta crustacea renik.

29. Semut

Total ada sekitar 12.000 jenis semut di dunia ini, yang sebagian besar hidup di kawasan tropika. Jangan salah,  meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, namun hewan yang satu ini termasuk hewan terkuat di dunia. Semut berjenis kelamin laki-laki mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri. Pada umumnya semut adalah omnivora, namun beberapa jenis lainnya ada yang karnivora dan contoh hewan herbivora.

Baca juga: Sel hewan

30. Rayap

Contoh hewan omnivora yang terakhir adalah rayap. Serangga ini bersarang dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga membuat pemilik mengalami kerugian karena barang rusak. Rayap juga masih saudara dengan semut yang juga merupakan serangga sosial. Makanan utama rayap selain selulosa pada kayu adalah jamur

Itulah beberapa contoh hewan omnivora yang harus anda ketahui, semoga penjelasan dari artikel di atas bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Silahkan berikan rating