Contoh hewan karnivora dan makanannya

25 Contoh Hewan Karnivora dan Makanannya Lengkap

Diposting pada

Contoh hewan karnivora – Seperti apa sih contoh hewan karnivora secara umum? Itu bisa diartikan berdasarkan beberapa hal mulai dari rantai makanan, klasifikasi umum atau definisi saja.

Secara singkat hewan karnivora merupakan hewan pemakan daging dan mempunyai ciri-ciri mempunyai gigi runcing dan tajam guna memakan mangsanya. Mengerikannya, hewan karnivora ini pun tak segan-segan mencabik-cabik mangsanya apabila mempunyai kuku yang tajam.

Baca juga: Contoh hewan omnivora

Seperti yang kita ketahui bersama materi mengenai hewan karnivora ini sering ada di tes masuk sekolah bahkan perguruan tinggi. Melihat teramat penting seperti itu berikut ini sudutsekolah berusaha menyajikan beberapa daftarnya. Mangkanya perhatikan ya.

Kumpulan Contoh Hewan Karnivora Lengkap

Biasa disebut sebagai contoh hewan pemakan daging maka jika kalian menjumpainya harap jaga jarak agar diri kamu tidak diterkam juga. Yuk dibawah sini contoh-contoh hewan karnivora tersebut.

1. Anjing

Contoh hewan karnivora, Anjing
Sumber: https://internasional.republika.co.id/

Yang pertama kita bahas saja dari yang paling gampang ditemukan dimanapun berada yaitu hewan anjing. Disebut sebagai contoh hewan karnivora karena menurut klasifikasi makanan hewan ini tak pernah sedikitpun memakan tumbuhan saat lapar.

2. Serigala

Contoh hewan karnivora, Serigala
Sumber: https://www.idntimes.com/

Untuk contoh hewan pemakan daging selanjutnya ialah serigala, dimana hewan ini mempunyai ukuran tubuh yang beragam dan dapat dibilang paling kecil namun ada juga yang besar. Di Indonesia sulit menjumpai hewan yang satu ini.

3. Harimau

Contoh hewan karnivora, Harimau
Sumber: https://www.bbc.com/

Harimau merupakan sejenis kucing namun besar, sehingga masuk ke contoh hewan pemakan daging karena taring dan tubuhnya yang selalu membesar saat tua.

4. Singa

Contoh hewan karnivora, Singa
Sumber: https://bobo.grid.id/

Sang raja hutan yaitu singa sudah jelas menjadi contoh hewan pemakan daging karena siapapun akan dia terkam meskipun harimau sendiri tubuhnya bisa melebihi dia.

5 Macan

Contoh hewan karnivora, Macan
Sumber: https://www.hipwee.com/

Masih dengan spesies jenis kucing, macan merupakan jenis kucing yang mempunyai ukuran sedang. Masuk ke klasifikasi contoh hewan pemakan daging karena malam merupakan waktu hewan ini mencari mangsa.

6. Macan Tutul

Macan memang mempunyai beragam jenisnya mulai tutul, rembah, dan yang lainnya. Yang jelas sebagai contoh-contoh hewan karnivora macan tutul merupakan hewan yang hampir punah. Dengan persebaran di seluruh Asia Tenggara tidak hanya Jawa Barat saja.

7. Cheetah

Contoh-contoh hewan karnivora yang berikutnya adalah cheetah. Hewan ini mempunyai ciri khas yang tak jauh dari macan tutul dari badannya yang terdapat sebuah bintik-bintik hitam namun ukurannya sebesar harimau.

8. Kucing

Nah apabila tadi jenis spesies kucing yang liar dan membahayakan maka sekarang spesies kucing yang benar-benar asli. Kucing memang hewan pemakan daging namun beberapa spesies ada juga yang vegetarian. Uniknya dari kucing ini bulunya yang halus sehingga banyak orang yang ingin merawatnya.

9. Anjing Laut

Hewan ini sering dijadikan sebagai alat sirkus, namun jangan salah dia merupakan hewan karnivora ya guys. Tak hanya memakan daging seperti hewan lainnya, anjing laut mempunyai otak yang cerdas sehingga akrobatiknya itulah yang memukau saat bersirkus.

10. Ular

Sebagai hewan melata, ular merupakan jenis hewan karnivora karena disinyalir mampu memakan mangsanya sekali lahap pada varian anaconda. Namun pada spesies cobra dia melakukannya dengan racun hanya hitungan menit.

11. Beruang

Contoh hewan karnivora berikutnya yakni beruang, dimana hewan ini merupakan asli dari Bengkulu dengan ciri khas badannya yang dominan hitam. Ada beberapa spesies yang juga memakan tumbuhan sehingga suka hidup di dekat pertanian.

12. Buaya

Sangat buas, itulah kata yang cocok untuk contoh hewan karnivora ini. Bagaimana tidak kalian akan langsung diterkam saat ada di depan hewan ini. Cara memburu mangsanya, hewan ini melakukan pengintaian lewat air karena pergerakannya di dalam air yang begitu cepat dibanding hewan-hewan lainnya.

13. Musang

Semua daerah di Indonesia pasti ada hewan yang satu ini, entah itu perdesaan ataupun kota. Hewan yang satu ini mempunyai gerakan yang cepat dalam menikam mangsanya bahkan tak sering hanya ditemukan jejaknya saja.

14. Komodo

Hewan komodo ini telah menjadi hewan langka di Indonesia dengan jenis kadal terbesar yang pernah ada di dunia. Pulau komodo merupakan tempat wilayah tinggal hewan ini. Ukurannya pun cukup menakjubkan ada yang hingga 3 meter loh.

15. Ikan Hiu

Ikan hiu identik dengan keganasan di film-film yang ada. Hewan laut yang satu ini dapat disebut spesies ikan yang sempurna karena mempunyai tulang yang lengkap serta tubuhnya yang ramping. Persebaran hewan ini banyak sekali di Asia Tenggara.

16. Piranha

Hewan ini hidup di Sungai Amazon, Amerika Serikat yang dikenal akan keganasan memburu mangsanya. Piranha ini mempunyai ciri berwarna merah di bagian tubuhnya dan mempunyai gigi yang runcing serta tajam. Sekali berkembang biak hewan ini bisa banyak karena berkelompok.

17. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan hewan yang bertempat tinggal di tengah laut dengan kedalaman paling rendah. Spesies dari ikan ini sangatlah beraneka ragam ada yang ukurannya sampai 4 meter dan beratnya sampai 80 kg. Kalau kamu mau menjumpainya datanglah ke lautan Korea.

18. Pinguin

Wah pinguin itu hewan karnivora? Ya guys, karena hewan yang satu ini langsung memakan ikan-ikan kecil yang muncul di bebatuan es yang ada di kutub. Secara khusus hewan ini mempunyai ciri yaitu sanggup hidup di daerah yang dingin sekali dalam waktu lama.

19. Jaguar

Spesies kucing berukuran besar ini sering dikira sama dengan cheetah ataupun macan tutul. Giginya sangat ampuh untuk memakan mangsanya meski itu sekelas cangkang kura-kura sekalipun.

20. Burung Pelikan

Bentuk dari burung ini sangatlah unik yaitu paruhnya yang lebar serta kakinya yang begitu panjang. Mangsanya ialah ikan-ikan kecil yang ada di pinggiran sungai, untuk menemukan hewan ini kalian bisa datang ke Benua Afrika ataupun Eropa. Disana burung pelikan ini melakukan pengembang biakan secara berkelompok sehingga sangat banyak.

22. Burung Elang

Hewan berdarah panas dan dikenal kecepatan terbang super cepat ya itulah burung elang. Hewan pemakan daging ini umumnya mencari makan di dua tempat yaitu perairan ataupun daratan namun lebih menyukai ikan-ikan. Hewan ini bisa ditemukan di hutan Sumatera dan Jawa.

23. Burung Hantu

Burung ini terus menerus akan disangkut pautkan terhadap hal-hal mistis. Karena burung ini mempunyai bentuk yang unik dari bagian dua bola matanya yang cukup besar menyerupai manusia. Burung hantu sebagai hewan karnivora namun tetap dilindungi di Indonesia karena menjadi buruan orang-orang tak bertanggung jawab.

24. Burung Rajawali

Burung ini memiliki habitat di hutan yang masih segar alias belum didatangi oleh manusia. Hewan karnivora ini dapat ditemukan di Tiongkok, Benua Eropa serta Benua Asia. Kelebihan dari burung ini ialah mampu bertahan dengan kondisi terbang di udara hingga waktu yang lumayan lama.

25. Meerkat

Nah yang terakhir ini jelas akan asing di telinga kalian. Yap, meerkat ini adalah binatang mamalia yang mana juga termasuk dari anggota keluarga luwak. Untuk habitatnya sendiri hewan ini dapat ditemukan pada Gurun Kalahari yang berada di Afrika Selatan dan Botswana. Untuk umurnya sendiri kadang meerkat mulai dari 12 – 14 tahun guys.

Baca juga: Contoh hewan herbivora

Makanan utama hewan ini ialah serangga, namun sering juga mereka memakan kalajengking, ular, laba-laba, kadal serta yang lainnya yang jelas masuk ke hewan karnivora. Meerkat aktif mencari makan setiap hari karena ia tak mempunyai cadangan lemak ditubuhnya.

Demikianlah yang dapat saya berikan mengenai beberapa contoh hewan karnivora. Terima kasih banyak sudah menyimaknya dan semoga bermanfaat.