Contoh ekonomi kreatif

16 Contoh Ekonomi Kreatif Di Indonesia Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya

Diposting pada

Contoh ekonomi kreatif – Kegiatan ekonomi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat sesuai dengan perkembangan teknologi. Industri atau ekonomi kreatif adalah salah satu contoh hasil perkembangan kegiatan ekonomi di era modern saat ini.

Perkembangan teknologi, interaksi, komunikasi, sains sampai eksploitasi kebudayaan yang mulai tenggelam menjadi beberapa alat tempur pembentukan ekonomi atau industri kreatif sebagai wujud perkembangan kegiatan ekonomi.

Lantas apa itu yang dimaksud dengan pengertian ekonomi kreatif, ciri-ciri ekonomi kreatif apa yang berbeda dengan jenis ekonomi yang lainnya, dan apa saja contoh dari wujud ekonomi kreatif?

Pengertian Ekonomi Kreatif

Menurut wikipedia, pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengitensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi yang utama.

Bedasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi baru yang mengutamakan ide dan pengetahuan dalam kegiatan produksi barang atau jasa.

Ciri-Ciri Ekomomi Kreatif

Ada banyak hal yang menjadi pembeda ekonomi kreatif dengan jenis kegiatan ekonomi yang lainnya. Pembeda utama dari ekonomi kreatif dengan jenis kegiatan ekonomi yang lainnya dapat dilihat dari segi barang atau jasa, keunikan, kreatifitas produk (barang atau jasa) yang dihasilkan.

Untuk lebih rinci berikut adalah ciri-ciri dari ekonomi kreatif:

  1. Ditinjau dari segi pembuatan produk (barang atau jasa), ekonomi kreatif membutuhkan kreatifitas, talenta, keahian, atau skill yang cukup tinggi. Pembuatan ide atau gagasan lebih diutamakan dalam sektor ekonomi kreatif.
  2. Ditinjau dari segi pembuatan produk (barang atau jasa), ekonomi kreatif memiliki siklus hidup yang begitu singkat dengan margin dan keanekaragaman yang begitu tinggi dan bervarian, meskipun begitu produk dari ekonomi kreatif bisa untuk ditiru oleh orang lain secara dasar.
  3. Ditinjau dari segi konsep produk (barang atau jasa), ekonomi kreatif bersifat realtif.

Berdasarkan tiga ciri diatas, dapat disimpulkan bahwa ciri ekonomi kreatif lebih menekankan pada kreatifitas produk yang menghasilkan banyak varian barang dan jasa. Supaya dapat memahami pengertian dan ciri-ciri dari ekonomi kreatif, berikut adalah beberapa contoh dari ekonomi kreatif.

Contoh Ekonomi Kreatif Di Indonesia

1. Kuliner Kreatif

Kuliner berupa jajanan rakyat adalah kegiatan ekonomi berbasis jual beli yang biasa saja, meskipun begitu kegiatan ekonomi di bidang kuliner dapat menjadi produk ekonomi kreatif dengan sentuhan khusus.

Industri kuliner menjadi salah satu contoh ekonomi kreatif karena memiliki ciri-ciri sektor kegiatan ekonomi kreatif. Industri Kuliner dapat dilakukan oleh siapa saja dengan beragam variasi. Akibat dari perkembangan komunikasi variasi industri pada sektor kuliner mengalami banyak perubahan.

Contoh dari industri kuliner sebagai salah satu industri ekonomi kreatif kebanyakan berasal dari kreatifitas penyedia barang dan jasa dalam menciptakan suatu kuliner yang unik dengan kreatifitas yang tinggi.

2. Aksesoris

Sama seperti dengan kuliner kreatif, aksesoris adalah salah satu contoh dari sektor industri ekonomi kreatif. Perdangan produk aksesoris memiliki pasar yang sangat padat sehingga kreatifitas yang tinggi sangat dibutuhkan untuk menguasai pasar.

Meskipun begitu, industri aksesoris merupakan sektor kegiatan ekonomi yang cukup menjanjikan dimana banyak konsumen yang sangat senang jika ada jenis produk aksesoris baru yang terlihat modern.

3. Hiburan atau Film

Perkembangan teknologi dan informasi membawa perkembangan yang sangat baik pada segi interaksi sosial sehingga berdampak pula pada sektor industri perfilman dan pembuatan videografi.

Televisi bahkan videografi lepas hampir menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat milenial sampai generasi Z. Oleh karena itu, hiburan film dan videografi membutuhkan kreatifitas tinggi dalam proses produksinya supaya dapat menguasai pasar.

4. Fotografi

Sama seperti hiburan film dan videografi, fotografi juga mulai unjuk gigi dalam sektor ekonomi kreatif. Jika dahulu berfoto hanya dijadikan media untuk mengabadikan momen, sekarang fotografi memiliki nilai seni yang bisa dijual dengan harga cukup tinggi. Sektor fotografi juga sangat membutuhkan kreatifitas tinggi dalam proses pembuatannya.

5. Advertising

Kegiatan ekonomi sektor advertising atau periklanan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dahulu advertising dilakukan secara mandiri, namun sekarang advertising dijadikan sebagai media ekonomi. Banyak perusahaan yang membuka jasa advertising, namun dibutuhkan keahlian yang tinggi untuk dapat menarik konsumen.

6. Musik

Musik adalah salah satu produk yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Musik masuk ke dalam kategori ekonomi kreatif karena seni musik saat ini memiliki banyak varian, mulai dari pop, regae, metal, dangdut, jazz, rock, dan lain-lain.

Pembuatan seni musik juga membutuhkan kreatifitas tinggi supaya mendapatkan rating tinggi dari konsumen atau penikmat musik.

7. Kerajinan Seni

Kerajinan seperti seni ukir maupun seni kriya mendapat respon positif sebagai sektor ekonomi kreatif di bidang pariwisata. Pertempuran industri kerajinan berupa seni ukir maupun seni kriya membutuhkan kreatifitas tinggi supaya berhasil memikat banyak konsumen.

8. Pakaian

Saat ini, pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Mengikuti perkembangan iptek, komunikasi, dan interaksi sosial pakaian mulai mendapat respon baik sebagai salah satu contoh ekonomi kreatif.

Pakaian yang mendapatkan sentuhan khusus dapat beralih fungsi menjadi kebutuhan tersier. Disinilah istilah fashion yang membedakan jenis kebutuhan setiap pakaian.

Style pakaian terus mengalami perkembangan, oleh karena itu penyedia barang harus memiliki kreatifitas dan keahlian desain yang tinggi agar dapat memikat banyak konsumen.

9. Aplikasi Perangkat Lunak

Kemajuan iptek membawa dampak yang sangat signifikan di setiap aspek kehidupan, terutama di bidang teknologi. Berbagai aplikasi perangkat lunak banyak bermunculan di toko internet untuk menunjang kebutuhan manusia yang terus menginginkan peningkatan.

Aplikasi perangkat lunak sebagai sektor ekonomi kreatif menonjol karena peralihan kebutuhan manusia. Banyak varian aplikasi perangkat lunak dibuat oleh penyedia barang dan jasa.

10. Komputer

Komputer yang dahulu hanya sebagai uji coba penelitian mulai menggempar di masa milenial. Banyak komputer dengan berbagai varian menawarkan komponen dengan kemampuan khusus yang akan ditawarkan kepada pengguna. Komputer sebagai sektor ekonomi kreatif menuntut penyedia produk menghasilkan produk yang diinginkan konsumen.

11. Video Game

Masa generasi Z, video game berhasil naik daun sebagai sektor ekonomi kreatif. Banyak penyedia produk menawarkan berbagai variasi video game kepada konsumen. Hal ini menuntut penyedia produk untuk terus memproduksi video game dengan varian terbaru.

12. Penerbitan dan Percetakan

Perkembangan IPTEK menuntut perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin deras. Banyak manusia di penjuru dunia ingin mengenal ilmu yang sedang berkembang tersebut. Hal ini tentu menuntut pengusaha untuk memproduksi buku, tentu perusahaan penerbitan dan percetakan menjadi salah satu sektor ekonomi kreatifitas dengan rating tinggi.

13. Kesenian

Kesenian yang dahulu hanya berfungsi sebagai salah satu pertunjukan kegiatan adat mulai naik menjadi kegiatan ekonomi kreatif. Kesenian sebagai ekonomi kreatif berhasil menunjang kegiatan ekonomi di bidang pariwisata.

14. Permainan Interaktif

Selain sebagai cindramata, permainan souvenir masih menggila di kalangan anak-anak sebagai media bermain. Permainan tradisional seperti gangsing, layang-layang, dan lain-lain masih dapat menunjang kegiatan ekonomi.

15. Riset dan Pengembangan

Demi kemajuan di setiap bidang kehidupan, kegiatan riset dan pengembangan hadir sebagai ekonomi kreatif di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Contoh motif ekonomi

Seperti LIPI, yang terus melakukan riset untuk pertanian, perkebunan, pertambangan, dan lain-lain. Selain dalam bidang sains, mulai banyak bermunculan sektor industri berupa lembaga survei.

16. Sektor UMKM dan PKL Lainnya

Ekonomi kreatif banyak bermunculan dari setiap sektor industri mulai dari pedagang kaki lima hingga usaha menengah. Contoh ekonomi yang dimaksud seperti penyedia jasa gas alam, arang, dan masih banyak lagi.

Itu dia penjelasan lengkap dari mulai pengertian, ciri-ciri, dan contoh ekonomi kreatif yang ada di Indonesia, semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk belajar, terima kasih telah mampir di Sudut Sekolah.