Contoh daftar pustaka

10 Contoh Daftar Pustaka Makalah Dari Internet dan Buku Yang Benar

Diposting pada
No ratings yet.

Contoh daftar pustaka – Istilah daftar pustaka sering kali terdengar dalam dunia pendidikan khususnya di tingkat pelajar SMA dan Perkuliahan. Daftar pustaka sendiri merupakan sebuah bagian dari suatu bagian makalah yang berisi sumber dan dijadikan referensi dalam pembuatan makalah atau karya tulis ilmiah tersebut.

Umumnya daftar pustaka berisikan nama penulis, tahun pembuatan, judul tulisan, identitas penerbit dan juga lokasi penerbit. Ada banyak contoh daftar pustaka yang bisa kamu lihat untuk lebih memahami tentang apa itu daftar pustaka mulai dari buku-buku ataupun contoh daftar pustaka dari internet.

Baca juga: Cara penulisan daftar pustaka

Pencantuman daftar pustaka sendiri dilakukan ketika seseorang mengutip baik itu berupa kata, kalimat atau paragraf karya orang lain ke dalam tulisan kamu. Tujuannya tentu saja untuk menghargai karya orang lain dan pada akhirnya tidak terjadi gugatan dari pihak sumber lantaran mengutip tanpa mencantumkan daftar pustaka.

Keuntungan yang didapatkan dari pencantuman daftar pustaka diantaranya:

  1. Menghindari tuduhan plagiat dari suatu tulisan atau karya.
  2. Tulisan yang dibuat dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah karena sudah dilakukan pula oleh para penulis yang menjadi sumber referensinya.
  3. Menjadikan karya tulis yang dibuat sesuai atau valid karena berdasarkan pengalaman para sumbernya.
  4. Menjadi syarat mutlak dalam sebuah karya tulis sehingga terpenuhilah kriteria karya tulis yang benar.

Untuk lebih jelasnya, sudutsekolah.com akan memberikan beberapa contoh daftar pustaka dari makalah, internet ataupun dari buku.

Contoh Daftar Pustaka Makalah

Contoh daftar pustaka makalah

Daftar pustaka yang bersumber dari makalah dalam penulisannya tidak jauh berbeda dengan penulisan daftar pustaka pada umumnya. Yang membedakan hanya nama penulisnya tidaklah ditulis secara terbalik. Selain itu tidak perlu dicantumkan nama penerbit dan kota diterbitkannya makalah. Berikut adalah beberapa contoh daftar pustaka yang bersumber dari makalah.

1. Daftar Pustaka Makalah Yang Benar

DAFTAR PUSTAKA

  • Giling Anggara. 2011. Pentingnya Teknologi Dalam Era Globalisasi. Makalah
  • Septa Triharta. 2009. Metode Pengembangan Teknologi Berbasis Multi Dimensi. Makalah
  • Triayu Laksa Dewi. 2012. Teknologi Dalam Kancah Global Dan Dimensi Zaman. Makalah

2. Daftar Pustaka Makalah PKN

DAFTAR PUSTAKA

  • Aryo Bangun. 2014. Sistem Pendidikan Bernegara berbasis Moral Dan Nilai. Makalah
  • Irawati Rudianto. 2018. Pendidikan Moral Dalam Kehidupan Bernegara. Makalah
  • Sujiwo Tejo. 2015. Aplikasi Pendidikan Moral Dan Nilai Sosial Dalam Struktur Kehidupan Bernegara. Makalah

3. Contoh Daftar Pustaka Makalah Bahasa Indonesia

DAFTAR PUSTAKA

  • Clarissa Rubianto. 2019. Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar. Makalah
  • Derry Hidayat. 2016. Dampak Positif Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan. Makalah
  • Jendry Pitoy. 2017. Hubungan Bahasa Indonesia Dengan Cinta Tanah Air. Makalah

Contoh Daftar Pustaka Dari Internet

Contoh daftar pustaka dari internet

Seiring berkembangnya teknologi, internet pun kini bisa menjadi sarana menyalurkan aspirasi menulis dan hal itu pada akhirnya menjadi sumber yang kredibel bagi para penulis lainnya. Dengan sarana internet, maka penulis bebas menyalurkan aspirasi menulisnya tanpa harus memiliki modal yang besar ataupun sejumlah aturan dalam penulisan karya ilmiah.

Terkait daftar pustaka yang bersumber dari internet, maka penulisannya tidak harus mencantumkan nama dan kota penerbit. Selain itu ada penambahan elemen berupa nama web atau link web sumber serta tanggal diaksesnya halaman web tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh daftar pustaka dari media internet yang bisa kamu tiru.

1. Contoh Daftar Pustaka Makalah Dari Internet Yang Benar

DAFTAR PUSTAKA

  • Bima, Arya. 2017. Politik Yang Bebas Berkeadilan. http://jabarpos.net/politik-yang-bebas-berkeadilan. (2 Mei 2018)
  • Farma, Suta. 2018. Beda Politik Demokrasi Dengan Liberal. http://politiku.blogspot.com/2018/01/beda-politik-demokrasi-dengan-liberal.html. (3 Mei 2018)
  • Suryaningsih, Retno. 2016. Sejarah Politik Di Indonesia. http://retnoblog.blogspot.co.id/2016/04/sejarah-politik-di-indonesia.html. (4 Mei 2018)

2. Daftar Pustaka Dari Internet Tanpa Nama

DAFTAR PUSTAKA

  • Definisi Dan Penyebab Mesothelioma. http://sehatsehati.com/2017/05/definisi-dan-penyebab-mesothelioma.html (diakses 9 Desember 2019)
  • Penyebab, Gejala Dan Penanganan Penyakit Mesothelioma. http://alveoli.net/penyebab-gejala-dan penanganan-penyakit-mesothelioma. (diakses 9 Desember 2019)
  • Cara Mengobati Mesothelioma. http://meso.blogspot.com/2018/01/cara-mengobati-mesothelioma. (diakses 10 Desember 2019)

3. Daftar Pustaka Dari Internet Wikipedia

DAFTAR PUSTAKA

  • Iskandar, Muhaimin. 2014. Penyebab Ekonomi Indonesia Menurun Drastis. http://id.wikipedia.org/wiki/penyebab-ekonomi-indonesia-menurun-drastis. (diakses 22 Juni 2019)
  • Ekonomi Dalam Pandangan Syariah. Hasan, Zulkifli. 2015. Diakses 21 Juni 2019, 10.00 WIB <http://ekonomisyariah.com/ekonomi-dalam-pandangan-syariah>
  • Jurdil, Pratikno. 2016. “Ekonomi Dan Politik”. ekonomipolitik.com. http://ekonomipolitik.com/ekonomi-dan-politik. (diakses pada 20 Juni 2019 pukul 11.00 WIB)

Contoh Daftar Pustaka Dari Buku

Contoh daftar pustaka dari buku

Hampir di semua bagian belakang atau bagian akhir buku terdapat daftar pustaka yang memuat berbagai sumber referensi dalam pembuatan buku tersebut. Tentunya setelah diamati terdapat kesamaan bahwa daftar pustaka dari buku memuat beberapa hal yaitu nama penulis yang diletakkan secara terbalik (nama belakang dahulu kemudian nama depan) dengan pemisah tanda koma.

Selain itu terdapat tahun terbit yang ditulis dengan angka, judul buku yang ditulis dengan huruf kapital kecuali kata penghubung, kota penerbit dan nama penerbit yang dipisah dengan tanda “:”.

Berikut adalah beberapa contoh daftar pustaka yang bersumber dari buku baik itu terjemah, 2 pengarang ataupun yang lainnya.

1. Contoh Daftar Pustaka Dari Buku Terjemahan

Dikarenakan buku terjemah menggunakan dua penulis yaitu penulis asli dan penerjemah maka ada sedikit perbedaan dengan daftar pustaka pada umumnya berupa nama penerjemah, kota dan nama penerbit penerjemah tersebut. Sementara untuk nama dan kota penerbit aslinya tidak dicantumkan serta judul buku asli diganti menjadi judul buku terjemah.

DAFTAR PUSTAKA

  • Einstain, Albert. 1990. Menata Manajemen Perusahaan Berbasis Neurolinguistik. Diterjemahkan Oleh: Rifai. Jakarta: Erlangga.
  • Walker, Alan. 1998. Pengaruh Gaya Hidup Dalam Manajemen Perusahaan. Edisi 3. Diterjemahkan Oleh: Syamsudin. Surabaya: Multi Media.
  • Shark, Tony. 2001. Teknologi Pengembangan Manajemen Perusahaan Raksasa. Edisi 4. Diterjemahkan Oleh: Rizal. Bandung:Dahlan Press.

2. Daftar Pustaka Dari Buku 2 Pengarang

Adapun penulisan daftar pustaka yang memuat dua penulis dalam satu buku, maka penulisan nama penulisnya adalah dengan membalikkan nama penulis yang pertama kemudian dilanjutkan dengan nama penulis kedua tanpa perlu dibalik.

DAFTAR PUSTAKA

  • Nose, Rina dan Sule Steven. 2002. Sandiwara Memicu Perkembangan Otak Manusia. Jakarta: Diponegoro.
  • Sutarna, Tatang dan Andre Taulany. 2006. Lawak Sehatkan Jasmani dan Rohani. Bandung: Mediaku.
  • Chandra, Dicky dan Azis Gagap. 2009. Lawakan Sehat Membuat Awet Muda. Surabaya: Puspa Press.

3. Daftar Pustaka Dari Buku Bahasa Indonesia

Tentunya daftar pustaka yang bersumber dari buku bahasa Indonesia sama seperti daftar pustaka lainnya. Yang membedakan hanyalah topik bahasan ataupun bukan dari buku terjemahan. Bila terdapat volume ataupun edisi pembuatan buku, maka dapat ditulis sebelum nama kota penerbit.

DAFTAR PUSTAKA

  • Syahrir, Sutan. 2001. Pintar Belajar Bahasa Indonesia Dengan Mudah. Bandung: Kosambi
  • Efendi, Mukhtar. 2000. Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  • Widianti, Tuti. 1999. Membuat Anak Senang Belajar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Surabaya: Diponegoro

4. Contoh Daftar Pustaka Dari Buku Dan Jurnal

Sama seperti daftar pustaka dari buku, daftar pustaka dari jurnal juga mencantumkan nama penulis secara terbalik kemudian huruf awal nama pertama, tahun pembuatan, nama artikel, judul jurnal kemudian halaman.

DAFTAR PUSTAKA

  • Jacob, A. (1998). Pendidikan Agama Islam Serta Pengaruhnya Dalam Masyarakat. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 9(2), 201-202.
  • Rendra, W. (1999). Islam dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 8(1), 101-103.

Baca juga: Contoh undangan pernikahan

Demikian beberapa contoh daftar pustaka yang bisa kamu tiru atau modifikasi sesuai dengan jenis karya ilmiah atau makalah yang dibuat. Terima kasih telah berkunjung ke Sudut Sekolah, semoga bermanfaat.

Silahkan berikan rating