Contoh alat musik melodis

15 Contoh Alat Musik Melodis Beserta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Contoh alat musik melodis – Seiring berkembangnya dunia kesenian, sampai sekarang setidaknya ada 3 jenis alat musik yang biasa diketahui. Yang pertama adalah jenis alat musik ritmis, lalu ada jenis alat musik harmonis dan yang terakhir jenis alat musik melodis. Ketiga jenis alat musik tersebut tentu saja mempunyai fungsi masing-masing yang berbeda. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari salah satu dari mereka, yaitu alat musik melodis. Mulai dari pengertian alat musik melodis sampai beberapa contoh alat musik melodis.

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah jenis alat musik yang dapat menghasilkan melodi atau irama pada sebuah lagu. Alat musik melodis tidak dapat memainkan susunan nada-nada atau chord sendirian. Oleh karena itu, alat musik melodis membutuhkan bantuan iringan jenis alat musik ritmis dan alat musik harmonis.

Alat musik melodis berfungsi untuk menentukan dan mengatur nada dalam sebuah lagu. Alat musik melodis mempunyai notasi do, ra, mi, fa, so, la, si, do dan nada rendah serta tinggi saja. Maka dari itu, untuk menambah keberagaman dan keindahan irama pada lagu, alat musik melodis memerlukan iringan alat musik ritmis dan harmonis.

Hingga sekarang alat musik melodis bisa dikelompokkan berdasarkan jenisnya dan cara memainkannya. Jika dikelompokkan berdasarkan jenisnya, maka ada 2 macam, yakni contoh alat musik melodis tradisional dan contoh alat musik melodis modern. Sementara jika dikelompokkan berdasarkan cara memainkannya, setidaknya ada 7 jenis alat musik melodis.

Untuk mengetahui apakah sebuah alat musik dapat disebut sebagai alat musik melodis atau bukan, cukup perhatikan perannya dalam sebuah lagu atau pertunjukkan seni. Karena fungsinya sebagai penentu nada dan irama, maka alat musik melodis dapat dengan mudah diketahui.

Baca juga: Pengertian, unsur, fungsi, contoh, dan jenis seni musik

Sekarang contoh alat musik melodis sudah semakin banyak dan berkembang, baik yang tradisional maupun yang modern. Salah satu yang paling mudah dan sering ditemui adalah gitar. Gitar sangat sering digunakan sebagai alat musik melodis dan keberadaannya juga mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Alat Musik Melodis Tradisional

Kebanyakan contoh alat musik melodis tradisional merupakan alat musik yang menjadi ciri khas sebuah suku atau budaya. Berikut beberapa contoh alat musik melodis tradisional yang masih digunakan hingga saat ini.

1. Mandolin

Alat Musik Tradisional Mandolin
Sumber : amazon.com

Mandolin merupakan alat musik melodis tradisional petik yang mirip seperti gitar. Bedanya, bentuk mandolin sedikit lebih gemuk dan biasanya mempunyai senar yang lebih banyak daripada gitar. Mandolin dibawa dari Itali oleh seorang soprano kecapi yang bernama Mandore.

Mandolin biasa berfungsi sebagai pengiring lagu-lagu adat Indonesia dan tarian-tarian tradisional. Selain itu, mandolin juga mudah dikombinasikan dengan berbagai alat musik lainnya. Dan mandolin juga cocok dimainkan untuk berbagai macam genre musik.

2. Kecapi

Alat Musik Tradisional Kecapi
Sumber : silontong.com

Kecapi termasuk ke dalam alat musik melodis tradisional yang dipetik juga. Kecapi berkembang di tanah Sunda. Dulunya kecapi dibawa dari dataran Cina dengan nama Ghuzheng.

Cara memainkan kecapi adalah dengan memetik dawai atau senar yang ada di atas tubuh kecapi. Biasanya kecapi berfungsi untuk mengiringi lagu-lagu yang lembut dan mendayu khas tembang Sunda. Semakin mahir seseorang memainkan kecapi, semakin indah melodi yang dihasilkan.

3. Sasando

Alat Musik Tradisional Sasando
Sumber : rumus.web.id

Sasando merupakan alat musik melodis tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur khas kepunyaan suku Rote. Alat musik ini masih termasuk ke dalam jenis alat musik yang dipetik. Dulunya, sasando hanya mempunyai 10 dawai. Seiring perkembangannya, sekarang ada sasando yang mempunyai 48 buah dawai.

Sasando sering digunakan untuk mengiri tarian-tarian adat. Ada 3 jenis sasando, yaitu sasando gong, sasando biola dan sasando elektrik.

4. Angklung

Alat Musik Tradisional Angklung
Sumber : taufiqcandra26.blogspot.com

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berkembang di suku Sunda dan di Bali. Alat musik melodis yang satu ini dimainkan dengan cara digoyangkan. Angklung terbuat dari bambu yang sudah dipotong dan dibuat sedemikian rupa. Bunyi yang dihasilkan dari benturan antara pipa-pipa yang ada di dalam tubuh angklung.

Angklung biasa dimainkan dalam sebuah kelompok. Dan angklung sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya sejak tahun 2010.

5. Bonang

Alat Musik Tradisional Bonang
Sumber :
dunia-kesenian.blogspot.com

Bonang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus. Bentuk bonang menyerupai gong yang ditidurkan yang mempunyai tonjolan di tengah-tengahnya.

Alat musik melodis yang dipukul ini berkembang di pulau Bali dan Jawa. Biasa digunakan untuk memeriahkan acara adat seperti pagelaran wayang.

6. Kolintang

Alat Musik Tradisional Kolintang
Sumber : indonesiakaya.com

Kolintang berbentuk pipih panjang. Termasuk ke dalam jenis alat musik pukul. Di beberapa daerah lain biasa disebut juga sebagai kulintang. Pemain kolintang diyakini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu di Asia tenggara sampai berkembang di Indonesia hingga saat ini.

7. Talempong

Alat Musik Tradisional Talempong
Sumber : traverse.id

Talempong mempunyai bentuk seperti bonang. Hanya saja mempunyai bentuk yang kecil dan biasanya dijajarkan dalam sebuah wadah. Talempong berasal dari suku Minangkabau. Biasa digunakan dalam kegiatan adat seperti tari-tarian.

Contoh Alat Musik Melodis Modern

Sekarang menemukan alat musik melodis modern sangat mudah karena sudah sering dipakai oleh band-band dalam setiap pertunjukkan musik. Berikut beberapa contoh alat musik melodis modern yang sering digunakan.

1. Gitar

Alat Musik Modern Gitar
Sumber : wikipedia.org

Selain bisa menjadi alat musik melodis, gitar juga bisa menjadi alat musik harmonis tergantung pada cara memainkannya. Gitar biasa menjadi penuntun dan pengubah nada atau irama dalam sebuah lagu. Cara memainkan gitar adalah dengan memetik senarnya. Alat musik ini dapat dipadukan dengan hampir semua genre musik.

2. Seruling

Alat Musik Modern Seruling
Sumber : djarumcoklat.com

Seruling termasuk ke dalam jenis alat musik melodis yang ditiup. Untuk dapat memainkan seruling, seorang pemain harus paham dalam membaca notasinya karena biasanya ditulis menggunakan angka disertai titik di atasnya. Berbeda dengan penulisan not pada alat musik lain seperti gitar.

3. Pianika

Alat Musik Modern Pianika
Sumber : elevenia.co.id

Pianika merupakan alat musik tiup yang masih satu keluarga dengan piano. Cara memainkan pianika adalah dengan meniup pipa pianika sekaligus menekan tuts secara bersamaan. Oleh karena itu diperlukan pengaturan napas yang baik agar bisa menghasilkan melodi yang indah menggunakan pianika.

4. Akordeon

Alat Musik Modern Akordeon
Sumber : mydukkan.com

Akordeon atau akordion merupakan alat musik sejenis organ, berasal dari daerah Sumatera Selatan. Biasanya digunakan untuk mengiringi musik religi. Ukuran akordeon cukup besar sehingga biasanya diletakkan dengan cara digantung di badan pemain atau ditopang. Cara memainkan akordeon juga cukup rumit karena tangan kiri harus menekan tombol akor dan tangan kanan mengatur melodi pengiring lagu.

5. Piano

Alat Musik Modern Piano
Sumber : gear4music.com

Piano termasuk ke dalam alat musik melodis modern yang ditekan. Cara memainkannya adalah dengan menekan tuts-tuts yang ada. Satu keluarga dengan pianika. Piano dapat menghasilkan melodi-melodi yang sangat indah jika dimainkan oleh seorang pianis handal.

6. Biola

Alat Musik Modern Biola
Sumber : wikipedia.org

Biola merupakan alat musik melodis yang digesek. Alat gesek yang digunakan merupakan alat gesek yang terbuat dari bahan sintetis atau rambut kuda asli. Biasanya, tangan kiri digunakan untuk menekan senar dan tangan kanan menggeseknya.

7. Harmonika

Alat Musik Modern Harmonika
Sumber : tokopedia.com

Harmonika dimainkan dengan cara meniup lubang-lubangnya. Oleh karena itu, harmonika termasuk ke dalam jenis alat musik tiup. Suara yang dihasilkan berasal dari tarikan dan hembusan udara pemain melalui lubang-lubangnya.

8. Recorder

Alat Musik Modern Recorder
Sumber : thomann.de

Recorder masih satu keluarga dengan seruling. Cara memainkannya juga sama, yaitu dengan meniup salah satu ujungnya. Yang membedakan adalah, pada recorder terdapat lubang tambahan untuk ibu jari yang letaknya berlawanan dengan 7 lubang lainnya. Jari-jari tangan pemain harus cukup panjang untuk menjangkau lubang-lubang recorder dan pemain juga harus bisa mengatur napasnya agar bisa memainkan recorder dengan baik.

Baca juga: Fungsi musik tradisional, modern, nusantara

Itu dia 15 contoh alat musik melodis beserta penjelasannya lengkap, semoga artikel ini dapat menjadi manfaat untuk kita semua, terima kasih telah berkunjung ke Sudut Sekolah. Jangan lupa di share yaa…