Ciri-ciri negara maju dan berkembang
Ciri-ciri negara maju dan berkembang

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang Beserta Contohnya

Diposting pada

Ciri-ciri negara maju dan berkembang – Pada dasarnya di dunia sampai saat ini masih banyak sekali negara yang belum maju atau dapat dibilang negara berkembang. Hal tersebut berarti bahwa kesejahteraan hidup belum terdistribusi dengan baik di seluruh dunia. Penyebab dari tidak berkembangnya kesejahteraan di negara tersebut disebabkan oleh banyak faktor.

Misalkan saja masih terjadinya peperangan, seperti yang saat ini masih terjadi antara Palestina dan Israel atau bisa jadi karena politik negara yang masih belum stabil. Tentu saja itu hanya beberapa contoh dari penyebab belum majunya negara.

Namun, dibalik itu semua, ada hal yang perlu diketahui mengenai penilaian yang memetakan mana ciri-ciri negara maju dan berkembang yaitu penilaian didasarkan pada indeks pembangunan manusia. Berdasarkan indeks ini, maka seluruh negara di dunia akan dibedakan berdasarkan kelas pertama, kedua, maupun ketiga.

Baca juga: Pengertian, tujuan, contoh kebijakan perdagangan internasional

Hanya saja seringkali negara kelas kedua dan ketiga dijadikan satu dan termasuk kedalam negara yang sedang berkembang. Jadi pembagian yang ada hanya meliputi negara maju dan berkembang saja.

Kelas pertama ditujukan kepada semua negara yang sudah maju, kelas kedua ditujukan untuk negara yang sedang berkembang, dan kelas ketiga negara yang belum berkembang. Keseluruhan dari ciri-ciri negara maju dan berkembang akan dijelaskan sebagai berikut.

Ciri-Ciri Negara Maju

Ciri-ciri negara maju
Sumber: https://apapuntulisannya.blogspot.com/

Ada banyak sekali kriteria yang menunjukkan ciri-ciri negara maju sangat berbeda dengan negara yang masih berkembang. Pada negara maju sudah memiliki kelebihan atau tingkat yang berkualitas pada berbagai sektor.

1. Kontribusi besar pada dunia perindustrian dan sektor layanan terhadap pendapatan nasional

Seluruh negara yang maju sudah tidak lagi hanya mengandalkan sumber daya alam saja dalam memenuhi kebutuhan negaranya. Mereka justru sudah berkiblat pada banyaknya jumlah industri yang ada di negaranya.

Jika negara mereka tidak memiliki tanah yang luas, biasanya daerah perindustrian yang ada justru malah dirancang untuk dibangun pada negara yang sedang berkembang. Jadi dengan kata lain, mereka akan mengekspansi lahan yang belum terkelola dengan baik di negara berkembang.

Selain dari industri produk, pendapatan nasional juga sudah bergantung pada tingginya pusat pemberian jasa pelayanan. Layanan tersebut seperti misalnya berbagai macam asuransi yang kinerjanya sudah sangat terpercaya dengan klaim yang mudah.

2. Sebagian besar masyarakat bekerja dalam dunia perindustrian dan penyedia jasa layanan

Negara maju memiliki masyarakat yang sebagian besar bekerja dalam sektor perindustrian. Hal ini dapat terwujud, karena memang sudah banyak sekali industri yang sudah berdiri. Produk yang dihasilkan juga sudah sangat bervariasi, sehingga masyarakat dapat memilih akan bekerja pada perusahaan perindustrian yang seperti apa.

3. Sudah menggunakan teknologi modern dalam melaksanakan proses produksi

Indutsri yang terbangun biasanya memiliki kapasitas produksi per tahun yang sudah besar jumlahnya. Untuk dapat memenuhi proses produksi berkapasitas besar, industri sudah menerapkan teknologi modern yang canggih dan dapat memenuhi kapasitas produksi tahunan yang ditargetkan.

4. Tingginya kesejahteraan masyarakat

Pada negara yang sudah maju, pendapatan masyarakat memiliki gap yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan UMR yang ada. Jadi masyarakat disana dapat hidup dengan lebih sejahtera dengan pendapatan yang mereka miliki.

Negara maju biasanya lebih menghargai tenaga kerja, sehingga tenaga kerja dihargai dengan harga sangat mahal. Walaupun memang pendapatan yang tinggi itu juga harus diimbangi dengan kualitas tenaga kerja yang sudah bagus.

5. Pendapatan perkapita yang tinggi

Tenaga kerja di negara maju sangat diperhatikan kesejahteraannya, sehingga mereka dibayar mahal untuk setiap jam yang mereka gunakan untuk bekerja.

6. Tingkat kemiskinan yang rendah

Masyarakat di negara maju sudah memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Jadi Anda akan sangat sekali jarang melihat adanya orang yang tidak bekerja dan miskin.

7. Kesenjangan strata sosial rendah

Tingginya tingkat kesejahteraan di negara maju, membuat kecilnya angka kesenjangan strata sosial yang ada. Kesenjangan sosial yang rendah juga dapat diartikan sebagai rendahnya kriminalitas yang ada.

8. Perkembangan populasi yang rendah

Negara maju memilki masyarakat yang justru cenderung malas untuk melakukan pernikahan di usia dini. Biasanya banyak sekali pasangan yang menikah dengan umur diatas 30 tahun dan hanya menginginkan satu anak saja.

9. Jumlah pengangguran rendah

Setiap mahasiswa yang lulus akan segera mendapatkan pekerjaan, maka dari itu akan sangat jarang sekali adanya pengangguran. Perekrutan yang cepat terhadap lulusan yang baru saja wisuda sangat tinggi, karena biasanya mereka sudah dibekali dengan skill yang mumpuni untuk segera dapat bekerja.

10. Kapabilitas infrastruktur yang sudah baik

Infrastruktur negara sangat berkaitan dengan penunjangan kinerja dari masyarakat yang ada. Biasanya sangat berkaitan dengan sistem transportasi dalam negara. Kota-kota pada negara maju lebih mengutamakan menggunakan fasilitas transportasi publik daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Ciri-ciri negara berkembang
Sumber: http://marketeers.com/

Ciri-ciri negara berkembang sangat berbeda dari negara maju. Maka dari itu, membedakan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang sangatlah mudah. Hari pertama saat Anda berkunjung ke negara tersebut, Anda akan segera dapat menilai kondisi yang ada. Ciri-ciri negara berkembang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Pendapatan nasional sangat bergantung pada agrikultur

Masyrakat di negara berkembang masih sangat bergantung pada sumber daya alam. Hal itu ditandai dengan banyaknya sawah dimana-mana. Jarang terdapat perindustrian yang berdiri di daerah tersebut.

2. Infrastruktur yang tidak memadai

Infrastruktur dalam negara masih belum dibangun, sehingga masyarakat harus berpikir sendiri mengenai masalah yang berkaitan dengan infrastruktur. Ditandai dengan belum banyaknya sistem transportasi publik, sehingga kendaraan pribadi jumlahnya semakin banyak.

Sangat berbeda bukan antara ciri-ciri negara maju dan negara berkembang, karena di negara maju justru mereka bangga saat menggunakan transportasi publik. Biasanya kendaraan pribadi akan dikenai dengan pajak yang luar biasa tingginya, sehingga memaksa masyarakatnya untuk lebih memilih menggunakan kendaraan publik.

3. Banyaknya pengangguran

Negara berkembang memiliki banyak sekali pengangguran, karena belum tersedianya perindustrian dalam jumlah yang banyak dan sanggup untuk menampung banyak orang yang tidak bekerja.

4. Pendapatan perkapita yang rendah

Tenaga kerja sangat tidak dihargai dan biasanya hanya diupah mendekati dengan UMR. Untuk dapat bertahan hidup, biasanya perusahaan berusaha melindungi pekerja dengan memberikan tunjangan dalam jumlah yang lumayan.

5. Tingginya tingkat kemiskinan

Tenaga kerja yang diupah dengan harga yang murah, berdampak langsung pada tingkat kemiskinan. Masih banyak orang yang sudah bekerja, tetapi belum memiliki tingkat kesejahteraan yang memadai.

6. Banyak masyarakat yang tidak sejahtera

Kemiskinan biasanya merajalela di negara berkembang, sehingga masyarakat banyak yang tidak dapat mencukupi kebutuhannya masing-masing.

7. Pertumbuhan populasi yang masih tinggi

Pernikahan dalam usia yang masih mudah masih sering terjadi, sehingga mereka ditandai dengan memiliki banyak anak dari setiap keluarga.

8. Luasnya kesenjangan sosial

Tingginya jumlah pengangguran menyebabkan kesenjangan sosial yang cukup besar. Biasanya hal ini juga akan berdampak pada tingginya tingkat kriminalitas.

9. Menggunakan cara tradisional untuk melakukan produksi

Di negara berkembang, teknologi masih sangat jarang digunakan, sehingga proses produksi yang ada masih menerpakan metode tradisional yang mana tidak dapat digunakan untuk kapasitas produksi tahunan yang besar.

10. Ekspor didominasi oleh produk kebutuhan primer

Hal yang membedakan antara ciri-ciri negara maju dan negara berkembang adalah ekspor masih didominasi oleh kebutuhan primer di negara berkembang. Sedangkan negara maju akan lebih mengutamakan untuk menghasilkan seperti misalnya mobil atau smartphone.

Itulah tadi 10 ciri-ciri negara maju dan berkembang, semoga dapat membantu Anda untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang ada. Terima kasih sampai jumpa di artikel Sudut Sekolah lainnya.