Ciri-ciri makhluk hidup dan contohnya

9 Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Contohnya Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Ciri-ciri makhluk hidup – Eubacteria, archaebacteria, protista, fungi, jamur, tumbuhan, hewan, dan manusia merupakan klasifikasi makhluk hidup. Secara dasar, di bumi ini terdapat 5 jenis makhluk hidup, diantaranya eubacteria, archaebacteria, protista, fungi, plantae (tumbuhan), dan animalia (hewan dan manusia) yang disebut klasifikasi makhluk hidup.

Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Contohnya

Klasifikasi makhluk hidup tersebut didasari atas ciri-ciri khusus. Suatu benda dikatakan makhluk hidup apabila memiliki 9 ciri umum. Ciri-ciri makhluk hidup tersebut adalah respirasi/bernafas, bergerak sendiri, membutuhkan makanan, berkembang biak (reproduksi), peka terhadap rangsang (iriabilita), melakukan metabolisme, mengeluarkan zat sisa (ekskresi), tumbuh dan berkembang, serta beradaptasi.

1. Bernafas (Respirasi)

Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah melakukan respirasi atau bernafas. Bernafas adalah kegiatan menghirup senyawa gas yang digunakan untuk metabolisme. Bernafas juga berfungsi untuk membantu kegiatan metabolisme.

Setiap mahluk hidup membutuhkan respirasi atau bernafas untuk membuat energi, bahkan ikan dan makhluk laut dalam juga melakukan respirasi. Pada manusia, hewan, dan tumbuhan bernafas dengan mengambil gas oksigen (O2) dan melepas gas karbon dioksida (CO2).

Apabila makhluk hidup sudah tidak melakukan respirasi atau bernafas sistem metabolisme akan terganggu bahkan tidak berfungsi lagi sehingga tidak dapat membuat energi untuk bergerak, tumbuh, dan berkembang. Oleh sebab itu, bernafas atau respirasi merupakan ciri yang sangat penting bagi makhluk hidup untuk dapat tumbuh dan berkembang.

2. Bergerak

Setiap makhluk hidup tentunya akan bergerak dengan energi yang dihasilkannya sendiri, bukan berasal dari faktor alam. Setiap makhluk hidup menghasilkan energi yang digunakan untuk bergerak. Ciri bergerak adalah ciri dasar yang bisa digunakan untuk mengklasifikasikan benda hidup.

Ciri bergerak dari makhluk hidup tidak sepenuhnya seluruh tubuh melakukan gerakan, namun sebagian saja sudah bisa membuktikan bahwa benda tersebut adalah makhluk hidup. Seperti bakteri yang bergerak dengan menggunakan ekor cambuk (flagela), daun petai yang bergerak ketika malam hari, bunga bulan yang mekar di malam hari, dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu, tidak semua benda yang bergerak merupakan makhluk hidup. Misalnya mobil yang bergerak, benang yang bergerak ketika ditiup angin, bendera yang bergerak ketika ditiup angin, bahkan virus sekalipun.

Makhluk hidup adalah benda yang begerak dan memenuhi ciri-ciri makhluk hidup lainnya, seperti respirasi, peka terhadap rangsang, melakukan metabolisme, membutuhkan makan atau nutrisi, dan lain-lain.

3. Membutuhkan Makanan atau Nutrisi

Ciri makhluk hidup ketiga adalah membutuhkan makanan atau nutrisi. Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makanan atau nutrisi sebagai sumber kekuatan atau energi. Makanan atau nutrisi yang dikonsumsi oleh makhluk hidup akan diolah dan dijadikan energi untuk dapat hidup.

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan dalam jenis dan skala yang berbeda, jenis makanan yang dikonsumsi makhluk hidup berdasarkan sistem pencernaan yang dimilikinya. Misalnya sapi dengan manusia, sapi adalah hewan memamah biak sehingga mampu mengonsumsi rumput, sedangkan manusia tidak.

Perbedaan lainnya adalah tumbuhan dengan hewan. Tumbuhan tidak memiliki mulut seperti hewan, sehingga untuk mencerna makanan tumbuhan lebih mengutamakan mencari sumber makanan berupa mineral atau senyawa cair lainnya seperti senyawa nitrogen dan kalium selanjutnya diubah menjadi gula.

4. Peka Terhadap Rangsang (Iritabilita)

Setiap makhluk hidup memliki ciri peka terhadap rangsang. Untuk dapat bertahan hidup setiap makhluk hidup harus mengetahui tanda bahaya di sekitarnya, oleh karena itu peka terhadap rangsang merupakan ciri-ciri makhluk hidup.

Contoh ciri makhluk hidup yang peka terhadap rangsang adalah manusia yang akan kesakitan jika kulitnya terkena api atau benda panas. Otak manusia memberikan respon untuk mencari solusi agar panas tidak merusak sel kulit manusia.

Contoh lainnya dari ciri makhluk hidup yang peka terhadap rangsang adalah tumbuhan putri malu yang daunnya menutup ketika disentuh. Gerak putri malu menutup disebut dengan gerak tigmonasti. Tigmonasti terjadi karena rangsangan sel-sel di daun yang menunjukan tanda bahaya sehingga diperlukan aksi khusus yaitu menutup daun.

5. Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh dan berkembang adalah salah satu ciri makhluk hidup. Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada makhluk hidup bersifat permanen (irreversibel), sedangkan perkembangan pada makhluk hidup dapat berubah.

Pertumbuhan makhluk hidup adalah proses bertambahnya jumlah, volume, dan jenis sel yang menyusun tubuh. Misalnya seorang bayi yang mulanya tidak memiliki gigi tumbuh hingga memiliki gigi. Tumbuhan yang hanya tunas tumbuh menjadi panjang.

Perkembangan pada makhluk hidup dapat berubah setiap waktu. Contoh perkembangan pada manusia adalah berat badan. Berat badan manusia selalu mengalami perubahan. Perkembangan pada tumbuhan adalah ukuran buah, jumlah daun, dan lain-lain.

6. Berkembang Biak (Reproduksi)

Setiap makhluk hidup pasti mengalami proses reproduksi atau berkembang biak. Untuk melestarikan kelompoknya makhluk hidup terus menghasilkan keturunan. Reproduksi dibagi menjadi 3 macam,yaitu seksual (generatif), aseksual (vegetatif), dan campuran.

Seksual adalah proses reproduksi yang diawali dengan peleburan sel kelamin atau sel reproduksi yang berbeda jenisnya, selanjutnya bertemu dan tumbuh secara fisologis maupun kimiawi. Misalnya reproduksi pada manusia, laki-laki melepas sel sperma dan diterima oleh sel telur perempuan, selanjutnya gabungan sel sperma dan sel telur akan menghasilkan individu baru.

Aseksual adalah proses reproduksi yang dilakukan hanya dengan peleburan sel tertentu. Misalnya adalah tanaman singkong dan tebu yang dapat dilakukan stek. Selain itu, berbagai jenis bakteri dan protista juga melakukan reproduksi aseksual.

Reproduksi campuran adalah proses reproduksi yang bisa dilakuakn dengan 2 cara, yaitu vegetatif dan generatif. Contoh makhluk hidup yang memiliki kemampuan reproduksi ganda atau campuran adalah jamur.

7. Melakukan Metabolisme

Metabolisme adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Metabolisme adalah kegiatan makhluk hidup dalam mengolah zat-zat makanan atau nutrisi menjadi kekuatan atau energi untuk bertahan hidup. Proses metabolisme terjadi secara kimiawi yang dibantu oleh sistem organ dan enzim di dalam tubuh.

Proses metabolisme pada makhluk hidup dibagi menjadi 2 macam, yaitu anabolisme dan katabolisme. Anabolisme adalah perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks yang membutuhkan energi. Sedangkan katabolisme adalah proses pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana serta energi.

Kegiatan metabolisme banyak terjadi pada makhluk hidup, baik itu dalam proses respirasi, mencerna makanan, bahkan melawan infeksi.

8. Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)

Proses eksresi adalah salah satu ciri makhluk hidup. Makhluk hidup yang menyerap zat-zat makanan atau nutrisi selanjutnya akan diproses dan sampah dari pencernaan itu akan dibuang. Pembuangan zat sisa metabolisme disebut dengan ekskresi.

Baca juga: Klasifikasi makhluk hidup dan tujuannya

Contohnya pada manusia, paru-paru manusia yang bertugas mengatur proses respirasi dan membuang karbon dioksida karena karbon dioksida sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Apabila karbon dioksida tidak dibuang akan menyebabkan racun bagi tubuh yang dapat merusak kerja dan bentuk sel.

9. Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan (Beradaptasi)

Beradaptasi adalah ciri makhluk hidup lainnya. Untuk dapat terus hidup makhluk hidup harus melakukan adaptasi dengan lingkungan di sekitarnya, jika gagal makhluk hidup tersebut akan pindahke lingkungan lain. Contoh dari adaptasi makhluk hidup adalah pinguin yang tidak dapat hidup di daerah tropis. Karena pinguin tidak dapat hidup di daerah tropis mereka hidup di daerah kutub.

Itu dia artikel lengkap tentang ciri-ciri makhluk hidup, semoga Anda dapat memahaminya, terima kasih telah berkunjung ke Sudut Sekolah. Sampai jumpa…

Silahkan berikan rating