Pengertian, contoh, asas, dan ciri-ciri demokrasi pancasila
Pengertian, contoh, asas, dan ciri-ciri demokrasi pancasila

Pengertian, Contoh, Asas, dan Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila Lengkap

Diposting pada

Ciri-ciri demokrasi pancasila – Untuk mengetahui pengertian dan contoh dari demokrasi Pancasila tentu kalian mengenal dulu pengertian dari demokrasi itu sendiri. Dalam hal ini tentu semua masyarakat Indonesia mengerti apa itu demokrasi Pancasila. Demokrasi adalah sistem pemerintahan rakyat yang di dalamnya tunduk dengan undang-undang.

Tentunya kita sebagai masyarakat harus berdemokrasi dengan catatan masih dalam norma yang baik atau norma-norma yang berlaku di masyarakat. Contohnya seperti memahami hak untuk perpendapat dan bertoleransi dengan baik. Tidak membedakan antara SARA ( Suku, Agama, Ras, Antar Kelompok). Jika masyarakat Indonesia masih belum bisa bertoleransi berarti nilai demokrasi masih rendah.

Baca juga: Peran Indonesia dalam ASEAN

Karena Indonesia itu walaupun berbeda-beda tetap bersatu itu adalah moto yang terkandung pada burung garuda di Indonesia. Ini lah sistem di Indonesia yang berdemokrasi namun masih belum berdemokrasi. Kalau pun ada yang berdemokrasi tetapi masih dengan cara yang salah dan kurang etis.

Dalam pengertian demokrasi banyak sekali yang harus di kaji dan perlu dipahami untuk itu mari kita simak apa saja sih pengertian demokrasi pancasila yang berlaku sampai sekarang?

Pengertian Demokrasi Pancasila

Sebenarnya bila diartikan secara umum demokrasi adalah sistem yang digunakan oleh kenegaraan atau sebagai sistem pemerintahan yang memiliki fungsi atau tujuan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dan tercapainya sebuah hak setiap manusia. Pada demokrasi yang menjadi priotas adalah rakyat di berbagai kegiatan demokrasi bisa dilihat sendiri di dalam negeri.

Misalnya pada pemilihan kepala daerah yang mana masyarakat lah yang memilih pemimpin sesuai kehendak mereka. Untuk mengenai pengertian demokrasi, sistem demokrasi yang diterapkan adalah demokrasi biasa.

Sedangkan untuk pengertian dari demokrasi pancasila ini adalah suatu demokrasi yang dijalankan dengan menguatamakan asas musyawarah mufakat yang mana hasil musyawarah mufakat tersebut untuk kepentingan bersama (rakyat) yang bersumber dari pada kepribadian serta filsafat hidup Indonesia.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai ideologi pancasila. Maka dari itu pada sila yang ke 5 disebutkan bahwa setiap rakyatnya harus menjungjung tinggi negara kita, pancasila dikemukakan oleh presiden pertama Indonesia yaitu bapak Ir. Soekarno. Didalam sidang BPUKI pada 1 Juni 1945 ditetapkannya hari lahir pancasila.

Tentunya sebagai warga negara Indonesia yang merupakan generasi penerus bangsa maka kita harus wajib untuk menjungjung nilai-nilai pancasila dan rasa nasionalisme dengan didukung berbagai sikap yang positif dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Yang mana semua hal dilakukan adalah untu kepentingan diri sendiri dan bersama demi kemajuan serta kesejahteraan bangsa Indonesia. Di bawah ini adalah pengertian demokrasi menurut para ahli.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Drs. C.S.T. Kansil, SH.

Pengertian ini berdasarakan Drs. C.S.T. Kansil, SH. Pengertian demokrasi pancasila adalalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan yang merupakan sila ke 4 dari dasar negara pancasila seperti yang tercantum dalam alinea kempat pembukaan UUD 1945.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Prof. Darji Darmo Diharjo

Menurut Prof. Darji Darmo Diharjo, pengertian demokrasi pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan pembukan UUD 1995.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Prof Notonagoro

Menurut Prof. R.M. Sukamto Notonagoro, bahwa pengertian demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan yang ber-kebutuhan YME (Yang maha esa) yang berkemanusiaan yang adil dan beradap yang mempersatukan Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

15 Contoh Demokrasi Pancasila

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Keluarga

  1. Orang tua bersikap lebih memahami anak dan lebih luwes
  2. Adanya pembagian tugas dan memberikan wewenang dalam keluarga
  3. Mengembangkan sikap menghormati dan saling mengasihi satu sama lain
  4. Mengembangkan sikap saling terbuka bertujuan agar komunikasi lancar dan hubungan menjadi langgeng

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Sekolah

  1. Dalam proses belajar mengajar adanya diskusi dalam kelompok
  2. Adanya pemilihan ketua OSIS
  3. Adanya musyawarah dalam kelas dan bisa mengatur jadwal piket
  4. Memberikan hak toleransi
  5. Memberikan hak berpendapat dalam musyawarah

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Masyarakat

  1. Adanya pemilihan pemimpin masyarakat seperti pemilihan ketua RT, RW, kepala desa, dan lainya sebagainya
  2. Menyusun program kerja pembangunan masyarakat yang melibatkan seluruh jajaran masyarakat

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Bernegara

  1. Adanya pemilihan umum seperti pemilihan wakil rakyat, presiden dan wakil presiden
  2. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi pada wakil rakyat
  3. Masyarakat dapat menilai pemerintah melalui berbagai macam kebijakan/perundangan.
  4. Mematuhi peraturan perundang-udangan

Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila

Untuk mengenal demokrasi pancasila tentu memiliki ciri-cirinya dan memiiki karakteristik khusus. Salah satu ciri dan karakteristik demokrasi pancasila adalah:

  1. Ciri-ciri demokrasi pancasila bersifat loyalitas kekeluargaan dan gotong royong. Dan memiliki sifat religius Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Ciri-ciri demokrasi pancasila harus menghargai hak asasi manusia serta menjamin hak semua orang untuk dapat berpendapat
  3. Ciri-ciri demokrasi pancasila harus menghargai hak minoritas
  4. Ciri-ciri demokrasi pancasila harus bersendi atas hukum
  5. Ciri-ciri demokrasi pancasila kedaultan berada di tangan rakyat
  6. Ciri-ciri demokrasi pancasila selalu berdasarkan kekeluargaan
  7. Ciri-ciri demokrasi pancasila pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mancapai mufakat
  8. Ciri-ciri demokrasi pancasila tidak kenal adanya partai pemerintah dan patai
  9. Ciri-ciri demokrasi pancasila tidak menganut sistem monopolisi dan monopartai
  10. Ciri-ciri demokrasi pancasila pemilu dilaksanakan secara luber dan jurdil

Asas Demokrasi Pancasila

1. Asas Kerakyatan

Asas ini menjelaskan kesadaran kecintaan terhadap rakyat menunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat, serta memiliki jiwa kerakyatan atau dalam artian menghayati kesadaran senasib dan cita-cita bersama rakyat.

2. Asas Musyawarah Untuk Mufakat

Asas ini menjelaskan tentang bagaimana pentingnya dalam menghargai aspirasi rakyat dan permusyawaratan rakyat dalam rangka untuk menyatukan berbagai pendapat dan mencapai mufakat yang sudah ditetapkan dan terciptanya rasa kasih sayang dan kebahagiaan bersama-sama.

Berdasarkan ciri-ciri asas demokrasi pancasila Indonesia memiliki perbedaan tersendiri yaitu adanya dasar yang kuat berupa pancasila yang menjunjung hak kemanusian serta Ketuhanan Yang Maha Esa.

Baca juga: Sejarah bhineka tunggal ika

Aspek–Aspek Demokrasi Pancasila

Menurut Prof S Pamuji mengatakan bahwa demokrasi pancasila mangandung enam aspek. Berikut 6 aspek demokrasi pancasila:

  1. Aspek formal mendalami bagaimana cara rakyat menunjukan haknya melalui wakil-wakilnya atau pemerintahan serta bagaimana untuk mengatur permusyawaratan rakyat secara besar dan terbuka
  2. Aspek material untuk mensejahterahkan rakyat dan terwujudnya masyarakat Indonesia yang bermartabat
  3. Aspek normatif bertujuan untuk membimbing masyarakat menjadi lebih baik dalam hal norma atau attitudenya. Serta tercapainya masyarakat madani
  4. Aspek optatif yang mengetengahkan tujuan atau visi misi yang harus di capai
  5. Aspek organisasi untuk mempersoalkan organisasi sebagai wadah pelaksanaan demokrasi
  6. Aspek kejiwaan adalah menjadikan pemerintah yang semangat dan pemerintah yang sehat jasmani dan rohani

Nah, itulah pembahasan lengkap kita dari mulai pengertian, contoh, ciri-ciri, asas, dan aspek-aspek demokrasi pancasila, semoga Anda paham dengan artikel ini, jangan lupa share di grup kelas Anda, terima kasih.