Cara menulis daftar pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal, Internet, Buku Yang Benar

Diposting pada

Cara menulis daftar pustaka – Selamat datang di situs pendidikan Indonesia terbaik, kali ini kita akan belajar mengani daftar pustaka yaitu bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal, internet, buku yang benar. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Materi tentang penulisan daftar pustaka biasanya ditemui pada mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia. Jika sudah menjadi mahasiswa nanti, apalagi mahasiswa semester tengah sampai akhir maka sudah tidak asing lagi dengan daftar pustaka.

Baca juga: Contoh pidato

Pasalnya, pasti banyak sekali tugas untuk membuat sebuah karya ilmiah atau bahkan skripsi. Dalam penulisan sebuah karya ilmiah apalagi skripsi, daftar pustaka menjadi elemen yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan.

Pengertian Daftar Pustaka

Lalu, apa yang dimaksud dengan daftar pustaka? Berikut pengertian daftar pustaka singkat.

Daftar pustaka adalah serangkaian daftar tulisan yang terletak pada bagian akhir sebuah karya ilmiah yang memuat referensi, sumber atau rujukan. Termasuk juga data yang dimuat yang berasal dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, makalah, skripsi, internet dan sebagainya.

Dalam daftar pustaka, nama penulis, judul tulisan, tahun terbit, dan identitas penerbit biasanya dicantumkan. Karya ilmiah yang dimaksud seperti buku, jurnal, skripsi, makalah, laporan atau jenis karya ilmiah yang lainnya. Semua jenis karya ilmiah yang baik dan benar harus selalu disertai dengan sebuah daftar pustaka yang ditulis dalam bagain akhir dan dalam satu halaman tersendiri.

Menurut kaidah penulisan karya ilmiah yang benar, setiap kali kita mengambil data, kalimat atau bahkan satu paragraf penuh dari sebuah sumber atau referensi, maka sumber tersebut wajib dicantumkan. Sumber terebut ditulis dalam daftar pustaka, hal ini berguna untuk memastikan keaslian data atau sumber yang diambil. Selain itu, daftar pustaka juga berguna untuk menghindari kesalahan dalam perujukan.

Jenis bacaan yang bisa dijadikan sumber atau referensi dalam daftar pustaka juga sangat bermacam-macam. Bisa dari buku, koran, majalah, jurnal atau bahkan dari internet sekalipun. Tetapi, yang paling umum adalah dari jurnal, buku dan internet. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita hanya akan membahas cara menulis daftar pustaka jurnal, cara menulis daftar pustaka dari buku, dan cara menulis daftar pustaka dari internet.

Cara Menulis Daftar Pustaka Secara Umum

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, internet, buku
Cara menulis daftar pustaka dari jurnal, internet, buku

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan cara menulis daftar pustaka khusus jurnal, buku dan internet, kita akan mempelajari cara menulis daftar pustaka secara umum terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka, seperti susunan penulisan, cara penulisan nama dan lain-lain. Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang harus ada sebelum menulis daftar pustaka yang baik dan benar.

  1. Nama penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul karya
  4. Tempat terbit, biasanya menggunakan nama kota
  5. Nama penerbit

Setelah hal-hal di atas sudah ada dan sudah siap, maka silahkan perhatikan cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar berikut.

  1. Struktur penulisan daftar pustaka diawali dengan nama penulis, tahun terbit, judul karya, kota penerbit dan diakhiri dengan nama penerbit.
  2. Setelah penulisan nama penulis, tahun terbit dan judul diakhiri dengan tanda baca titik (.). Sementara setelah kota penerbit diakhiri dengan tanda titik dua (:) lalu setelah nama penerbit kembali diakhiri dengan titik (.).
  3. Jika nama penulis terdiri dari 2 suku kata atau lebih, maka penulis namanya dibalik dan antara kata pertama dan kedua diberi tanda koma (,). Contohnya, jika nama pengarang Muhammad Anas, maka dalam daftar pustaka ditulis menjadi : Anas, Muhammad.
  4. Jika nama penulis terdiri dari 3 suku kata atau lebih, maka nama terakhir diletakkan paling depan dan diikuti tanda koma (,). Contoh : Maulana, Muhamad Fikri.
  5. Jika terdiri dari 2 penulis, maka hanya nama penulis/pengarang pertama yang dibalik dan antara nama penulis pertama dan kedua diberi kata “dan”.
  6. Susunan penulisn daftar pustaka harus sesuai abjad, dari A-Z sesuai dengan huruf awal yang ada pada nama penulisnya.
  7. Untuk penulisan nama dengan gelar, baik gelar apapun itu, maka gelarnya tidak ditulis.
  8. Cara penulisan daftar pustaka berbeda tergantung dengan sumbernya, misalnya dari jurnal, buku maupun internet.

Baca juga: Surat dinas

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Untuk cara menulis daftar pustaka dari buku, sama seperti cara penulisan daftar pustaka secara umum yang sudah dijelaskan di atas. Berikut struktur penulisan daftar pustaka dari buku :

  1. Nama penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul buku
  4. Tempat terbit, biasanya menggunakan nama kota
  5. Nama penerbit

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku

Jika nama penulis atau pengarang terdiri dari 2 suku kata atau lebih :

  • Abrar, Muhammad Rafi. 2019. Sudut Sekolah. Jakarta: Sudut Sekolah Media.
  • Athaya, Nafiis. 2008. Kisah Pendekar Silat. Bekasi: Sudut Sekolah Media.

Jika terdiri dari 2 pengarang atau lebih :

  • Siwa Adriyan, G.P., dan Muhammad Rizki. 2010. Kumpulan Contoh Pantun. Jakarta: Sudutsekolah Media.
  • Semet, Diamond. dkk. 2019. Cerita Bahagia & duka TKI. Edisi Pertama. Jakarta.

Jika bersumber dari buku terjemahan atau suntingan :

Lesmana, Adi (Penerjemah). 2019. Bagaimana cara Daftar Pustaka. Jakarta: Bahasa Indonesia

Jika nama pengarang sama tetapi buku berbeda :

  • Rafi Abrar. 2019. Kisah Kasih Di Sudut Sekolah. Jakarta: Sudut Sekolah Media.
  • ________ . 2014. Matematika Dasar. Jakarta: Sekolah Sudut Media.

Jika nama pengarang tidak diketahui :

Depdiknas. 2019. Petunjuk Pelaksanaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Untuk cara menulis daftar pustaka dari jurnal, harus diketahui terlebih dahulu jenis jurnalnya, apakah jurnal print out atau jurnal digital yang ada di internet. Jika jurnalnya merupakan jurnal print out, maka cara penulisan daftar pustakanya kurang lebih sama seperti penulisan daftar pustaka dari buku. Berikut contohnya :

Aji, Dimas. 2018. Belajar memahami Ilmu Bahasa. Jakarta: Universitas Negeri Brawijaya.

Sementara jika bersumber dari jurnal digital, maka harus ditulis link atau URL websitenya dan kapan diaksesnya. Berikut contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal internet.

Anas, Muhammad. 2019. Cara Menulis Daftar Pustaka. 16 Februari 2019. Diambil dari: https://www.sudutsekolah.com. (16 Februari 2019).

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Sebelum menulis daftar pustaka dari internet, pastikan bahwa website yang dijadikan sumber adalah website ilmiah dan kebenaran informasinya bisa dipertanggung jawabkan.

Berikut cara menulis daftar pustaka dari internet.

Firdaus, Firman. 2001. Contoh Hewan Omnivora Beserta Makanan dan Penjelasan Lengkap. Diambil dari: https://www.sudutsekolah.com/contoh-hewan-omnivora/. (11 Februari 2019).

Atau, bisa juga ditulis seperti di bawah ini.

Muhammad, Anas. 2019. Contoh Pidato Singkat. www.sudutsekolah.com. Diakses pada 4 Februari 2019.

Kedua penulisan di atas sama saja dan semuanya bisa dipakai.

Itu saja pembahasan artikel hari ini mengenai pengertian daftar pustaka, cara menulis daftar pustaka dari buku, cara menulis daftar pustaka dari internet, cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.