Cara Membuat Makalah Yang Benar Dan Sederhana Lengkap

Diposting pada

Cara membuat makalah – Halo, selamat datang di Sudut Sekolah, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Sebelumnya saya juga telah membahas seputar contoh kata pengantar makalah yang bisa Anda baca di artikel sebelumnya.

Makalah memang sering menjadi tugas para pelajar maupun mahasiswa. Biasanya makalah berisikan bahasan dan juga teori-teori dari sebuah topik. Tak jarang juga kita sebelum membuat makalah pasti mencari referensi makalah yang 1 topik dengan makalah kita. Nah untuk selanjutnya tinggal kita susun saja makalah tersebut dan juga tulis. Untuk itu sudah tahukah anda bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar? Simak artikel kali ini.

Baca juga: Contoh surat balasan penawaran kerjasama

Membuat atau menyusun makalah dengan baik dan benar memnag diperlukan. Selain isi dari makalah yang dinilai tak jarang juga tenaga pendidik mempertimbangkan keformalitasan makalah tersebut. Apakah sesuai ketentuan yang diharapkan atau tidak. Untuk itu perlu halnya jika tidak diberi ketentuan sebaiknya anda membuat makalah sesuai dengan acuan yang baik dan benar.

Susunan makalah:

  1. Cover
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I Pendahuluan
  5. BAB II Pembahasan
  6. BAB III Penutupan
  7. Daftar Pustaka

Sebenarnya ada bebrapa variasi dalam makalah sebelum masuk bab I, penulis bisa mencantumkan moto, lembar pengesahan lampiran di akhir, dll. Tetapi biasanya makalah tidak luput dari 7 daftar di atas.

Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

1. Cover

Nah, cara membuat makalah yang pertama yaitu membuat cover. Cover atau halaman muka adalah sampul dari makalah Anda. Biasanya pada cover ini tertuliskan judul dan juga nama Anda sebagai pengarang makalah. Tak lupa juga biasanya terdapat logo dan tahun juga. Untuk urutan cover sesuai dengan data-data yang ingin dicantumkan adalah:

  1. Judul makalah
  2. Logo
  3. Nama penyusun
  4. Nama instansi, sekolah, perguruan tinggi
  5. Tahun ajaran

Contoh dari cover anda bisa lihat gambar di bawah.

Contoh cover makalah
Sumber: http://learmine.blogspot.com/

2. Kata Pengantar

Setelah membuat cover, cara membuat makalah berikutnya yaitu menambahkan kata pengantar. Kata pengantar adalah sebuah ucapan terima kasih kepada Tuhan dan juga semua orang yang mendukung dan ikut serta terlibat dalam pembuatan makalah. Biasanya ditulis dengan EYD. Berisikan tentang sedikit isi dari makalah Anda dan juga motivasi atau latar belakang Anda membuat makalah ini. Susunan kata pengantar

  1. Ejaan EYD
  2. Ucapan terima kasih kepada semua yang terlibat
  3. Latar belakang penulisan makalah ini
  4. Tanda tangan dan juga tanggal serta kota penulisan

Contoh dari kata pengantar Anda bisa lihat di bawah.

Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kami panjatkan puji dan syukur atas kehadiratnya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta karunianya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah mengenai “Pentingnya Membaca dan Memahami Al-Quran”.

Adapun makalah tentang “Pentingnya Membaca dan Memahami Al-Quran” ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan dari berbagai pihak, untuk itu tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada pihak yang telah membantu menyelesaikan. Namun tidak lepas dari itu kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik segi penyusunan maupun bahasa, jika Anda ingin memberi saran dan kritik kami persilahkan agar makalah ini semakin baik lagi.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Jakarta, 28 November 2018

 

Penyusun

3. Daftar isi

Cara membuat makalah yang ketiga yaitu dengan daftar isi. Daftar isi memang hanya sedikit dan kurang terlalu berbobot banyak. Akan tetapi daftar isi membantu pembaca untuk mengetahui dimana letak topik bacaan yang ingin ia baca tanpa harus membaca lengkap makalah dari awal. Daftar isi hanya berisi tentang halaman-halaman per isi atau bab. Anda dapat membuatnya dengan simpel dan mudah menggunakan fitur MS Word.

Nomor halaman harus disesuaikan dengan letak masing-masing bagian. Jadi halaman pendahuluan pada halaman berapa nantinya yang ditulis pada daftar isi harus sama. Jadi pembaca yang ingin langsung lompat ke poin mana akan sudah mengetahui pada halaman berapa.

Contoh dari daftar isi anda bisa lihat gambar di bawah.

Contoh daftar isi makalah
Sumber: https://sharingkali.com/

4. Bab I Pendahuluan

Bab I yang berisi pendahuluan sangat penting sebagai cara membuat makalah. Pada bab ini Anda dapat menuliskan tentang awalan dari makalah Anda. Jadi pembaca mengetahui awal mula dari penulisan makalah. Biasanya pendahuluan berisi latar belakang masalah dari makalah Anda, rumusan masalah yang akan Anda pecahkan atau Anda bahas, tujuan pembuatan makalah, dan manfaat dari makalah ini.

Latar Belakang

 

Adalah sebuah alasan yang mendasari Anda menulis makalah dengan suatu topik yang Anda pilih. Jadi Anda sebagai penulis harus menjelaskan secara sistematis kenapa Anda menulis masalah tersebut dan ingin memecahkannya. Kalau Anda memakai topik pada saat ini biasanya mengambil dengan tema yang modern dan dengan pembukaan latar belakang “Pada jaman ini..” dll.

Rumusan Masalah

Adalah sebuah kumpulan pertanyaan yang ingin Anda ulas dan Anda pecahkan dalam makalah. Bisa jadi Anda melakukan riset ataupun eksperimen untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan Anda. Pada rumusan masalah biasanya terdapat 2-4 pertanyaan yang ingin Anda pecahkan di Bab II yaitu Bab isi.

Tujuan

Adalah sebuah goal atau niat dari pembuatan masalah. Jika Anda mengambil tema “Game Android”. Maka tujuan dari makalah ini adalah kenapa “Game Android” begitu sangat populer di mata anak-anak terutama pelajar dan juga anak muda. Dan Anda bisa mengungkapnya disini. Tujuannya adalah mengetahui kenapa “Game Android” begitu populer.

Contoh dari bab I anda bisa lihat gambar di bawah.

Contoh pendahuluan makalah - Cara membuat makalah5. Bab II Isi

Cara membuat makalah berikutnya yaitu menambahkan isi. Bab isi adalah bab inti dari makalah Anda. Bab ini berisikan dasar teori materi, data penelitian, hasil penelitian yang Anda lakukan. Jadi bab II memang yang utama dari makalah. Penulisan bab II secara urut yaitu:

  1. Dasar Teori
  2. Data Penelitian
  3. Hasil/Pembahasan

Dasar Teori

Adalah sebuah teori yang ingin Anda ulas sedikit. Jika Anda mengulas tentang materi matematika maka Anda harus memberikan teori-toeri tentang matematika sesuai dengan yang sudah ada. Anda bisa mengambil di web resmi ataupun modul dengan menyertakan sumber dan ditulis pada daftar pustaka.

Data Penelitian

Jika Anda menggunakan data penelitian bisa juga dengan wawancara atau riset sendiri maka Anda mencantumkannya disini dan nanti yang akan menjadi bahan dan diolah di pembahasan dengan dasar rumusan masalahnya juga.

Hasil/Pembahasan

Dari data yang telah Anda peroleh, baik dari segala macam sumber Anda dapat memberi penjelasan pada sub bab ini. Dari rumusan masalah apakah semua terpecahkan dengan data-data valid Anda. Atau Anda dapat membuktikan fakta-fakta lain.

Contoh dari bab II Anda bisa lihat gambar di bawah.

Contoh pembahasan makalah - Cara membuat makalah
Sumber: https://www.slideshare.net/

6. Bab III Penutup

Bab ini adalah Bab terakhir dan ujung dari makalah Anda. Bab ini biasanya berisi tentang kesimpulan dan juga kalimat penutup. Bisa juga berisi kritik dan saran tetapi kritik dan saran juga sudah diminta pada kata pengantar di atas.

Kesimpulan

Adalah sebuah kalimat yang berisikan dari semua hasil yang Anda dapat yang diolah dari fakta-fakta saat Anda melakukan penelitian juga. Apakah mendapat hal baru ataukah memang terbukti dan memberi solusi dari masalah yang sudah Anda tulis pada bab I.

Saran

Saran adalah bagian yang tidak terlupakan dari sebuah makalah, laporan, dan karya ilmiah. Demi kemajuan karangan Anda alangkah baiknya Anda meminta saran kepada pembaca, apa saja yang harus dibenahi dalam membuat makalah agar sesuai dan menjadi makalah yang baik dan benar.

Contoh dari bab III Anda bisa lihat gambar di bawah.

Contoh penutupan makalah - Cara membuat makalah

7. Daftar Pustaka

Cara membuat makalah yang benar terakhir adalah dengan menambahkan daftar pustaka. Daftar pustaka adalah daftar sebuah sumber yang menjadi sumber-sumber Anda dalam membuat makalah ini. Bisa dituliskan alamat link yang pernah Anda baca-baca yang berbasis web. Sedangkan yang berbasis buku, Anda dapat menulisnya sesuai dengan ketentuan cara menulis daftar pustaka yang benar.

Baca juga: Contoh surat perjanjian

Jika Anda tidak mencantumkan sumber-sumber, maka bisa jadi Anda akan dianggap plagiat karena mengakuisisi sebuah teori maupun kalimat dari seseorang. Contoh dari daftar pustaka Anda bisa lihat gambar di bawah.

Contoh daftar pustaka makalah - Cara membuat makalah
Sumber: https://hidupsimpel.com/

Di atas adalah cara membuat makalah yang baik dan benar. Semoga dapat menjadi acuan teman-teman dalam membuat makalah dan menjadikan karangan Anda ke depan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Jangan lupa juga Anda bisa mengkonsultasikan makalah Anda kepada orang yang lebih ahli di bidangnya demi kesempurnaan makalah Anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.