Pengertian, kegunaan, dan cara membuat daftar riwayat hidup
Pengertian, kegunaan, dan cara membuat daftar riwayat hidup

Pengertian, Kegunaan, Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Pemula

Diposting pada

Cara membuat daftar riwayat hidup – Mungkin kamu kamu semua yang lagi lulus sekolah / kuliah dan ingin melamar pekerjaan pasti akan diminta melampirkan persyaratan yaitu riwayat hidup. Oleh karena itulah memerlukan beberapa cara membuat daftar riwayat hidup agar tidak keliru data menulisnya.

Karena bisa dibilang juga para perusahaan kini menentukan penerimaan pula berdasar variasi dan kebagusan penyampaian melalui CV tersebut. Jadi tak hanya paham cara membuat daftar riwayat hidup yang perlu kalian persiapkan melainkan hal lainnya pula.

Baca juga: Cara membuat makalah

Nah bagi kamu yang sedang ingin belajar bagaimana penulisan yang baik dalam daftar riwayat hidup agar meningkat prosentase kalian diterima. Berikut ini sudutsekolah.com coba sajikan disimak ya.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Secara singkat pengertian daftar riwayat hidup atau sering dikenal CV (Curriculum Vitae) ini ialah sebuah catatan atau dokumen yang menjelaskan diri pribadi mulai dari pendidikan, pengalaman, serta hal hal lain yang pernah dialaminya.

Jadi dengan kita tahu pengertian daftar riwayat hidup tersebut tentunya kita akan paham bahwa melamar pekerjaan daftar riwayat hidup sangat diperlukan.

Kegunaan Daftar Riwayat Hidup

Sebagaimana kita tahu dari pengertian diatas, bahwa kegunaan daftar riwayat hidup sendiri adalah untuk menunjukkan latar belakang dan perjalanan hidup seseorang.

Sehingga bisa dinilai bagaimana kelayakannya. CV tidak hanya dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan. Kegunaan daftar riwayat hidup yang lainnya pun ialah untuk mendaftar beasiswa, pelatihan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Dalam penulisan daftar riwayat hidup terbagi menjadi beberapa macam karena itu tergantung keinginan perusahaan yang menyediakan lowongan itu sendiri. 3 macam tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Tulis Tangan

Nah untuk urutan cara membuat daftar riwayat hidup yang pertama ini merupakan yang paling umum dan paling lama di era pelamaran kerja. Pasalnya kadang mereka meminta tulis tangan ini memang bukan untuk mengukur kreatifitasnya melainkan untuk seberapa jeli, sabar dan konsistensinya untuk menghasilkan CV tulis tangan yang bagus dan benar.

2. Ketikkan

Berikutnya, yaitu menggunakan alat bantu ketik seperti ms.word dll yang jelas ini mulai dipakai pada era Digital seperti sekarang ini.  Kita harus membuat CV ini secara unik dan menarik.

Itulah mengapa sangat sangat berkeatifitas tinggilah dalam cara membuat daftar riwayat hidupnya tak hanya asal kelihatan bagus saja namun sulit dibaca / kurang jelas karena background mencolok misalnya.

3. Jasa

Yap, apapun dari jaman dulu hingga sekarang selalu ada saja jasa dalam segala aspek semisal contoh yang umum saja pembuatan skripsi. Memang hasil memakai jasa ini sangatlah bagus Karena jelas dikerjakan oleh yang sudah berpengalaman.

Hanya saja kami sendiri sangat sangat tak merekomendasikan penulisan yang ketiga ini. Kenapa? Karena apabila perusahaan tertarik dan ingin kamu membuat hal yang sama saat ditempat saya yakin anda bingung sendiri haha.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Daftar Riwayat Hidup

Tentu agar hasil riwayat hidup yang kamu buat itu bagus dan membuat nilai lebih dimata perusahaan. Kalian harus memerhatikan beberapa cadaftar riwayat hidup yang benar sebelum membuatnya. Antara lain yaitu :

  • Pastikan saat cara membuat daftar riwayat hidup yang benar kalian menulis dan menyiapkan beberapa kertas saat sudah siap tinggal diikuti secara perlahan contoh tadi agar hasilnya sama bahkan lebih maksimal.
  • Apabila sebuah instansi atau perusahaan yang ingin anda lamar meminta untuk membuat CV bukan ketikan alias tulisan tangan. Belajarlah menulis yang rapi dan tidak terselio coretan tinta ataupun penghapus sedikitpun. Pena yang dipakai untuk menulis bisa hitam atau biru.
  • Ikut sertakan juga sebuah pendidikan non formal sebagai cara membuat daftar riwayat hidup yang benar jika memang kalian pernah menjalaninya. Bisa jadi ini penambah nilai karena merupakan skill tambahan.
  • Ketik / tuliskan CV sedetail detailnya mulai dari daftar riwayat pendidikan, identitas diri sampai pengalaman kerja apabila pernah bekerja. Tulis itu semua dengan bahasa yang jelas dan mudah dibaca.
  • Seperti tertulis pada poin diatas, cantumkan karir yang pernah Anda alami jangan hanya profesinya saja melainkan jabatannya juga agar perusahaan memberi nilai lebih saat ada orang yang berpendidikan sama dengan anda hanya saingan anda tersebut tak mempunyai jabatan setinggi anda pada pengalamannya.
  • Nah hal penting yang terakhir dalam menulis asli ataupun masih cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja pastikan itu ditulis sejujur jujurnya agar kalian tak kebingungan menjalani pekerjaan kedepannya apabila ada yang tertulis secara tidak fakta alias mengutamakan nilai lebih saja.

Selain ada beberapa hal penting, ternyata dalam penulisan cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja harus mengandung beberapa unsur yang sejatinya tak jauh beda dari hal diatas.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Cara menulis daftar riwayat hidup untuk pemula
Sumber: https://bukubercerita.com/

1. Data Pribadi

Yang pertama dan ada diurutan awal dalam kerangka cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja ialah isi pada data pribadi anda. Biasanya itu nama lengkap, alamat, nomor telepon, e-mail, serta beragam info yang mampu menjelaskan diri kamu.

Data pribadi ini sangat penting dan pastikan ada yang tidak akan berubah agar saat perusahaan menghubungi anda tidak terdapat kesulitan sedikitpun.

2. Riwayat Pendidikan

Unsur berikutnya dalam menulis CV, kamu wajib untuk menyertakan riwayat pendidikan yang kalian alami. Mulai dari awal pendidikan terendah hingga pendidikan terakhir kamu. Jangan lupa didalamnya lampirkan nila terakhir akademis yang dicapai.

Riwayat pendidikan bisa dibilang super penting, karena perusahaan akan melirik pula skill yang kamu miliki dari keinginan jenjang jurusan pendidikan biasanya. Namun jika memang mempunyai skill yg tak membutuhkan ijazah misalnya desain ya bisa saja hanya melampirkan Apabila sudah transfer silakan foto atau screenshot bukti transfernya skill tersebut jenjang pendidikan tak mempengaruhi.

3. Pengalaman Bekerja

Pengalaman kerja pun bisa dibilang malah lebih penting dari beragam unsur unsur lainnya. Sebab, kadang perusahaan malas melatih lagi pekerja baru yang tak mempunyai pengalaman sedikitpun dibudang tersebut.

Jadi apabila kalian mempunyai pengalaman kerja dan itu cukup banyak pula bisa jadi kesempatan kalian diterima itu sangatlah besar dan pastikan setiap semua pengalaman kerja tersebut cantumkan posisi / jabatan kamu.

4. Pengalaman Organisasi dan Jabatan dalam organisasi itu

Bukan cuma pengalaman kerja saja yang memberi nilai tambahan bagi perusahaan,, melainkan berorganisasinya dalam pekerjaan yang dia jalankan sebelumnya itu pun bisa menjadi prioritas oleh perusahaan.

Karena perusahaan sendiri memerlukan orang yang berkompeten dalam interaksi dengan orang llain agar dapat menumbuhkan rasa solidaritas sesama pekerja saat itu dilakukan kerjaan berupa tim agar tak ada kesalahan karena disebabkan kurang bagusnya cara berinteraksi.

5. Riwayat Pendidikan Non Formal

Yap, banyak sekali jaman sekarang yang mengejar pendidikan nin formal karena menjadi prioritas juga dalam perusahaan menerinanya. Sebab bis dibilang pendidikan diluar formal ini mempunyai keahlian tingkat tinggi sehingga perusahaan menilai ini benih yang berbakat.

Jadi kamu yang pernah menjalankan kursus kursus meskioub itu swasta jangan ragu untuk melampirkannya ya.

6. Kemampuan atau Skill

Saat mebulis sebuah daftar riwayat hidup, kalian pun tentu tak boleh lupa akann melampirkan apa saja kemampuan anda. Karena skill atau kemampuan itu sendiri yang kadang menentukan posisi anda nantinya bisa jadi tiba tiba jabatan tinggi hanya karena skill nya memang diperlukan. .

Kurang lebih nanti jadinya seperti ini :

Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae

DATA PRIBADI

1. Nama Lengkap: Sulistio Setiawan
2. Tempat & tanggal lahir: Surabaya, 15 Juli 1989
3. Alamat: JL. Kemerdekaan No. 19, Ds. Kranjingan, Kec. Sumberbaru, Kab. Surabaya
4. Jenis Kelamin: Laki-laki
5. Status: Menikah
6. Agama: Islam
7. No Telp: 081183475632
8. Email: sulistiosetiawan77@gmail.com

Pendidikan Formal:

1. 1996 – 2002: SDN Kranjingan 01
2. 2005 – 2005: SMPN Kranjingan 03
2005 – 2008: SMKN 6 Surabaya
2008 – 2013: ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Pendidikan Informal:

2015: Kursus Komputer
2015: Kursus Desain Grafis

Pengalaman Kerja:

  • 2015-2016 : Menjalani kerja sebagai desainer di PT. MAKMUR BERSAMA.
  • 2017-2018 : Bekerja di PT J&T Express sebagai admin

Demikian daftar riwayat hidup yang bisa saya sertakan dan ditulis secara sebenar benarnya tidak mengada ada. Maksud dari lenulisan CV ini ialah selaku data tambahan dalan perusahaan mempertimbangkan penerimaan saya didalam perusahaan. Atas perhatian PT. Gerakan Maju saya ucapkan terima kasih. 

Surabaya, 19 Maret 2019

Sulistio Setiawan

———————————————————————————————————————–

Saya rasa cukup itu saja yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua perihal cara membuat daftar riwayat hidup dan contoh daftar riwayat hidup. Saya harap itu sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Baca juga: Cara menulis daftar pustaka

Jika merasa ada yang kurang jelas silakan menanyakannya lewat komentar ataupun halaman kontak yang ada. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca.