Pengertian, penerapan, rumus, bunyi hukum pascal
Pengertian, penerapan, rumus, bunyi hukum pascal

Pengertian, Penerapan, Rumus, Contoh Soal, Bunyi Hukum Pascal Lengkap

Diposting pada

Bunyi hukum pascal – Berbagai penemuan telah ditemukan dalam dunia teknik dan fisika. Penemuan-penemuan tersebut telah melahirkan banyak sekali alat-alat yang dapat membantu kegiatan manusia sehari-hari. Salah satu penemuan yang paling terkenal dari dunia fisika adalah hukum pascal.

Baca juga: Pengertian, penerapan, rumus, bunyi hukum archimedes

Hukum pascal telah menciptakan berbagai macam alat teknik yang sangat berguna bagi manusia, salah satunya adalah dongkrak hidrolik. Berikut penjelasan materi tentang pengertian hukum pascal, penerapan hukum pascal, rumus hukum pascal, dan juga bunyi hukum pascal lengkap.

Pengertian Hukum Pascal

Hukum Pascal adalah salah satu hukum dalam dunia fisika yang berkaitan dengan tekanan pada zat cair.

Dari pengertian hukum pascal dan pernyataan hukum pascal, misalkan ada 2 buah penampang atau bejana. Jika penampang pertama ditekan, maka penampang tersebut akan memperoleh gaya sebesar F1 terhadap luas bejana atau penampang A1 dan akan menimbulkan tekanan sebesar P1.

Maka, tekanan P1 itu akan diteruskan ke penampang yang sama besar dengan tekanan yang sama besar juga. Dengan begitu, penampang yang kedua akan memiliki tekanan P2 yang besarnya sama dengan P1. Dan tekanan ini juga akan menyebabkan penampang A2 akan mendapatkan gaya F2 yang sama besar dengan F1.

Hukum pascal ditemukan oleh Blaise Pascal. Blaise Pascal adalah salah satu ilmuwan dan fisikawan terkenal. Ia lahir pada tanggal 19 Agustus 1623 di Clermont-Ferrard, Francis. Sejak kecil, ia sudah sakit-sakitan sehingga tidak bisa bersekolah. Tetapi, ia anak yang rajin. Ia terus tekun belajar. Hingga akhirnya pada usia yang masih sangat belia, yaitu 14 tahun, dia berhasil membuat sebuah buku kecil yang bercerita tentang kerucut.

Kecerdasannya terus berlanjut. Dia berhasil membuat kalkulator digital pertama yang ada di dunia pada usia 18 tahun. Penemuan Pascal tentang tekanan pada zat cair diawali dengan cara mempelajari percobaan Torricelli sampai ditemukannya hukum tekanan zat cair. Ia meninggal pada usia 39 tahun karena penyakit kanker yang sudah lama dideritanya.

Pengertian hukum pascal
Sumber : berpendidikan.com

Gambar kempa hidrolik di atas merupakan salah satu wujud penerapan hukum pascal. Pada gambar di atas, terdapat dua buah bejana yang saling berhubungan, di dalamnya terdapat zat cair dan kedua bejana ditutup oleh penghisap. dapat disimpulkan luas bejana 1 = A1 dan luas bejana 2 = A2.

Penerapan Hukum Pascal Dalam Dunia Nyata

Penerapan hukum pascal cukup banyak dan mudah ditemukan. Salah satunya adalah dongkrak hidrolik. Berikut beberapa penerapan hukum pascal dalam dunia nyata.

1. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik merupakan salah satu contoh penerapan hukum pascal yang paling umum. Berikut skema hidrolik dari gambar dongkrak di atas :

  • 2 bejana yang saling berhubungan dan terbuat dari bahan yang kuat, misalnya besi.
  • Penghisap ukuran kecil dan besar.
  • Minyak pengisi kedua bejana.

Alat dongkrak hidrolik ini sering dimanfaatkan manusia untuk mengangkat sebuah mobil pada ketika ingin mengganti ban.

2. Kempa Hidrolik

Kempa hidrolik atau mesin pengepres kapas juga memanfaatkan hukum pascal. Cara kerjanya yaitu gaya tekan dihasilkan oleh sebuah pompa yang menekan penghisap kecil. Sehingga, penghisap besar akan bergerak ke atas dan akan mendorong kapas. Dengan begitu kapas akan menjadi mampat.

3. Pompa Sepeda

Terdapat 2 jenis pompa sepeda. Yang pertama adalah jenis pompa sepeda biasa, dan yang kedua adalah jenis pompa sepeda hidrolik. Pompa sepeda hidrolik mempermudah manusia dalam memompa ban sepeda dibandingkan dengan menggunakan pompa sepeda biasa. Hal ini dikarenakan pompa sepeda hidrolik membutuhkan tenaga yang lebih sedikit. Dan pompa sepeda hidrolik ini memanfaatkan hukum pascal.

4. Rem Hidrolik

Rem yang digunakan pada mobil menganut hukum pascal. Tanpa menggunakan hukum pascal, maka membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk memberhentikan laju mobil. Dengan memanfaatkan hukum pascal, pengemudi hanya perlu memberikan gaya yang sedikit. Lalu, diteruskan oleh minyak yang berada di dalam pipa sehingga akan memberikan gaya yang lebih besar pada rem yang ada di ban mobil.

5. Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil

Selain dongkrak hidrolik, ada satu lagi alat yang biasa digunakan untuk mengangkat mobil dan menganut hukum pascal. Mesin hidrolik pengangkat mobil biasa ditemukan pada tempa cuci mobil dan servis mobil. Cara kerja mesin ini sama dengan dongkrak hidrolik.

Rumus Hukum Pascal

Berikut rumus hukum pascal.

Rumus Hukum Pascal
Sumber : yuksinau.id

Jika ternyata yang diketahuinya adalah diameter atau jari-jari, maka rumus hukum pascal berubah menjadi seperti berikut.

Rumus Hukum Pascal Diameter atau Jari-Jari
Sumber : yuksinau.id

Keterangan :

F1 = gaya penampang 1 (N)
F2 = gaya penampang 2 (N)
A1 = luas penampang 1 (m2)
A2 = luas penampang 2 (m2)
D1 = diameter penampang 1 (m)
D2 = diameter penampang 2 (m)
R1 = jari-jari penampang 1 (m)
R2 = jari-jari penampang 2 (m)

Berdasarkan rumus hukum pascal di atas, besar gaya F2 dipengaruhi oleh besar luas kedua bejana dan berbanding lurus dengan luas permukaan masing-msaing bejana. Jika luas masing-masing bejana lebih besar, maka gayanya juga lebih besar.

Bunyi Hukum Pascal

Bunyi hukum pascal
Sumber: http://pelajargolongantikus.blogspot.com/

Berdasarkan situs Wikipedia, berikut di bawah ini bunyi hukum pascal.

Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan oleh zat cair di dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama.

Itulah bunyi hukum pascal.

Contoh Soal Hukum Pascal

Contoh soal hukum pascal
Sumber: https://putrarawit.wordpress.com/

Dan sebagai pelengkap materi hukum pascal kali ini, berikut Sudut Sekolah sajikan salah satu contoh soal hukum pascal.

Baca juga: Cara menghitung rumus tekanan

Sebuah mobil dengan berat 12.000 N akan diperbaiki bagian bawahnya. Mobil tersebut diangkat dengan mesin hidrolik pengangkat mobil. Piston kecil pada mesin pengangkat mobil itu diberi gaya sebesar 100 N. Jika luas penampang piston kecil 10 cm2, maka berapakah luas penampang piston besar?

Pembahasan

Diketahui :
F1 = 12.000 N
A1 = 10 cm2 = 10 x 10-4 m2
F2 = 100 N

Ditanya:
A2 = …?

Jawab:
F1 : A1 = F2 : A2
A2 = (F1 : F2 ) x A2
A2 = (12.000 : 100) x 10 x 10-4 x 10-1 m2

Jadi, luas penampang piston besar adalah 1,2 m2

Nah, itulah pembahasan lengkap kita tentang hukum pascal, dari mulai pengertian hukum pascal, penerapan hukum pascal, rumus hukum pascal, bunyi hukum pascal secara lengkap dan ada juga contoh soal hukum pascal, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca di Sudutsekolah.