Bentuk kerjasama ASEAN di bidang ekonomi, sosial budaya, politik

16 Bentuk Kerjasama ASEAN Di Bidang Ekonomi, Sosial Budaya, Politik

Diposting pada

Bentuk kerjasama ASEANASEAN adalah singkatan dari association of east asia nations yang artinya adalah Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara. Lebih jelasnya ASEAN (association of east asia nations) adalah organisasi yang terdiri oleh negara-negara yang terletak di Asia Tenggara. ASEAN terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dengan jumlah anggota sebanyak sepuluh negara, termasuk indonesia.

Terbentuknya negara ASEAN tidak hanya sekedar formalitas saja, namun ada maksud dan tujuan tertentu dibentuknya organisasi ASEAN. Salah satu tujuan dibentuknya adalah sebagai wadah untuk membangun hubungan internasional dan antar negara di kawasan Asia Tenggara dan organisasi internasional.

Sama seperti organisasi perserikatan pada umumnya, ASEAN juga membawa dampak bagi anggotanya. Salah satu dampak terbentuknya ASEAN adalah terciptanya beragam bentuk kerjasama antara negara di ASEAN.

Sampai saat ini sudah banyak program-program yang dilaksanakan oleh ASEAN dalam menjalin hubungan kerjasama antara negara, terutama di wilayah Asia Tenggara. Berikut adalah contoh bentuk kerjasama ASEAN di bidang ekonomi, sosial budaya, dan politik.

Baca juga: Peran Indonesia dalam ASEAN

Bentuk Kerjasama ASEAN Di Bidang Ekonomi

Contoh kerjasama ASEAN di bidang ekonomi
Sumber: https://www.indoplaces.com/

1. Pembukaan Pusat Promosi ASEAN

Melalui ASEAN suatu negara dapat mempromosikan hal-hal di dalamnya. ASEAN terbuka untuk mempersilahkan anggotanya menunjukkan berbagai hal unik yang dimiliki oleh negara tersebut. Promosi melalui jejaring ASEAN biasanya berasal dari sektor perdagangan, pariwisata, dan juga investasi. Contoh pembukaan pusat promosi ASEAN adalah ketika Asian Games, Indonesia mempromosikan Indonesia dalam bentuk sponsorship pada kegiatan tersebut.

2. Penyediaan Cadangan Pangan

Bukan hanya promosi untuk sektor-sektor perdagangan, pariwisata, dan juga investasi saja, ASEAN sebagai jejaring perserikatan negara-negara Asia Tenggara saling membantu untuk mengatasi masalah pangan. ASEAN sebagai jejaring diibaratkan tempat berkumpulnya sahabat-sabahat berupa negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

3. Penyelenggaraan Proyek Industri

Bentuk kerjasama ASEAN dalam sektor ekonomi tidak monoton sampai disitu saja, jejaring ASEAN juga turut berkontribusi dalam bantuan penyelenggaraan proyek insutri. Contoh diadakannya penyelenggaraan proyek industri adalah adanya proyek pabrik pupuk urea ammonia di Aceh dengan sebutan Indonesia (ASEAN Aceh Fertilizer Project), proyek pabrik urea di Malaysia (ASEAN Urea Project), dan proyek industri tembaga di Filipina (ASEAN Copper Fabrication Project).

4. Kawasan Perdagangan Bebas

Jejaring ASEAN sebagai organisasi besar juga membentuk kawasan perdagangan bebas antar negara, program ini diselenggarakan dengan nama AFTA (ASEAN free ttrade area). AFTA (ASEAN free ttrade area) adalah bentuk kerjasama negara-negara yang tergabung dalam ASEAN di bidang ekonomi dimana pengelolaan sektor produksi lokal adalah bagian dari negara-negara ASEAN sendiri, tanpa terkecuali.

5. Koperasi ASEAN

Setiap organisasi pasti menginginkan anggotanya sejahtera, begitu juga ASEAN. Untuk mensejahterakan anggotanya ASEAN membuka koperasi yang bernama ASEAN cooperative organization (ACO), koperasi ini merupakan salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. ASEAN cooperative organization (ACO) bekerja supaya anggota ASEAN dapat sejahtera, termasuk juga Indonesia.

Baca juga: Faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasional

Bentuk Kerjasama ASEAN Di Bidang Politik

Contoh kerjasama ASEAN di bidang politik
Sumber: https://asean.org/

Bentuk kerjasama antara negara di jejaring ASEAN bukan hanya bergerak dalam bidang ekonomi. Atas tujuan yang sama, yaitu persamaan nasib, angggota ASEAN juga turut melakukan hubungan kerjasama di bidang politik. Adapula bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik diantaranya.

6. Defense Ministers Meeting

ASEAN defense ministers meeting (ADMM) yang artinya Pertemuan Antara Menteri Keamanan merupakan sudah bisa dengan gamblang kita ketahui bahwa ASEAN defense ministers meeting (ADMM) adalah bentuk kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik dalam rangka pertemuan rutin menteri keamanan yang ada di negara anggota ASEAN. Biasanya pertemauan ini membahas mengenai kerjasama dan juga diplomasi politik pada setiap bidang pertahanan dan juga keamanan negara-negara yang merupakan anggota ASEAN.

7. Pengiriman Duta Dan Konsulat

Seperi kita ketahui, untuk melakukan hubungan internasional setiap negara harus mengirimkan duta dan juga konsulat sebagai wakil negara di negara tersebut, begitu juga apabila suatu anggota negara ASEAN, harus mengirimkan duta dan konsulat ke setiap angota ASEAN lainnya. Poisisi duta dan juga konsulat sangat penting, yaitu sebagai wakil negara, duta dan konsulat ini nantinya akan berdiskusi dan juga menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.

8. Perjanjian Ektradisi ASEAN

Ekstradisi adalah penyerahan orang-orang yang melakukan kesalahan hukum atau tindak kriminal. Jejaring ASEAN memungkinkan anggotanya untuk saling bertukar tenaga kerja, sehingga warga Indonesia bisa bekerja di negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Untuk itu, ASEAN membentuk perjanjian ekstradisi dimana perjanjian ini berupa bentuk kerjasama di bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN.

Dengan begitu bukan hanya masyarakat Indonesia saja, namun apabila ada warga negara asing yang melakukan tindak kriminal di negara Kita, melalui Perjanjian ekstradisi ASEAN penjahat tersebut bisa dengan mudah ditangkap. Perjanjian ini sangat penting karena merupakan tiitk vital untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.

9. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir

Jejaring ASEAN ternyata sangat menjunjung tinggi perdamaian, oleh sebab itu ASEAN membuka program kerjasama perjanjian kawasan bebas nuklir untuk wilayah Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, perjanjian ini melarang keras penggunaan senjata nuklir di negara ASEAN. Bukan hanya penggunaan, program kerjasama ASEAN bidang politik yang satu ini juga melarang keras pembuatan bahkan perancangan senjata nuklir di ASEAN.

10. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, Dan Netral

Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan wujud kerjasama ASEAN dalam bidang politik untuk kebutuhan perdamaian. Bebas disini berarti setiap negara-negara ASEAN memiliki hak untuk melakukan sesuatu secara bebas dengan syarat tidak melanggar perjanjian atau ketentuan-ketentuan yang sudah menjadi kesepatakan dalam ASEAN. Maksud netral dalam perjanjian ini adalah negara-negara ASEAN tidak boleh ikut campur atau mengintervensi konflik yang terjadi di negara-negara lain, termasuk di kawasan ASEAN sendiri.

Bentuk Kerjasama ASEAN Di Bidang Sosial Budaya

Contoh kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya
Sumber: https://asean.org/

Bentuk kerjasama antara negara di jejaring ASEAN juga turut membantu dalam bidang sosial budaya. Masih di dasari atau persamaan nasib, dimana sosial budaya negara-negara ASEAN hampir mirip. Adapula berikut bentuk kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya.

11. Pemajuan dan Perlindungan Perempuan

Mungkin Anda kenal dengan UNICEF? ASEAN juga berpartisipasi atas hak perempuan dan anak, dengan begitu ASEAN membentuk kerjasama ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC). Bentuk kerjasama berupa ACWC dalam bidang sosial budaya ini berorientasi pada pemberdayaan hak wanita dan anak-anak. Bahkan saat ini kerjasama ACWC sedang menjalankan program Workplan ACW yang mencakup empat bidang yaitu:

  • human development
  • social welfare and social protection
  • social justice and rights, dan
  • gender mainstreaming in other Sector Cooperation in Socio-Cultural Pillar

Hebatnya lagi program ACWC tersebut masih terbagi menjadi 21 program lagi dengan fokus permasalahan tertentu.

12. Kepemudaan

Untuk merealisasikan kehebatan kaum muda, ASEAN membuka kerjasama di bidang kepemudaan melalui kerjasama Committee for ASEAN Youth Cooperation (CAYC) yang berstatus Non-Governmental Organization (NGO). Program kerjasama CAYC berubah menjadi ASEAN Sub-Committee on Youth (ASY) pada tahun 1998.

Pada tahun 2004 program ini berganti nama lagi menjadi ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY). Aktivitas kerjasama pemuda ASEAN lebih diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pemuda-pemuda ASEAN di berbagai bidang kegiatan salah satunya adalah program pertukaran pemuda ASEAN, dimana bisa kita lihat program pertukaran pelajar antar negara ASEAN mulai diterapkan di Indonesia.

13. Pengendalian Penyebarluasan Penyalahgunaan Narkoba

Sebagai wujud penanggulangan, pemberantasan penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di kawasan ASEAN, dibentuk suatu kerjasama P4GN, karena kegiatan P4GN juga nantinya akan berpengaruh terhadap kondisi sosial budaya suatu masyrakat.

14. Kerjasama Ketenagakerjaan

Untuk menghadapi isu-isu ketenagakerjaan, ASEAN membuka kerjasama di bidang ketenagakerjaan yang aktivitasnya diarahkan pada upaya penanggulangan sikap bersama ASEAN. Program kerjasama ini mengatasi masalah perbaikan lingkungan kerja dan upaya perlindungan dan pemajuan (protection and promotion) untuk hak tenaga kerja migran (migrant worker).

15. Pembangunan Pedesaan Dan Penanggulangan Kemiskinan

Dokumen Ministerial Understanding on Rural Development and Poverty Eradication (RDPE) yang mengarah pada Declaration of ASEAN Concord (Bali Concord I) 1976 diamana deklarasi tersebut menekankan kepada kepedulian ASEAN pada masalah penanggulangan kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan buta huruf pada setiap warga negara anggotanya.

Declaration of ASEAN Concord itu juga secara tidak langsung membentuk kerjasama bidang pembangunan sosial dan ekonomi dalam rangka meningkatkan keadilan sosial dan perbaikan standar hidup masyarakat ASEAN yang baik dan sejahtera. Dalam deklarasi tersebut dibentuklah ASEAN Ministerial Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (AMMRDPE) sebagai forum pertemuan sebagai wujud sharing information untuk menangani pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan.

16. Pembangunan Dan Kesejahteraan Sosial

ASEAN juga menginginkan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat anggotanya, sehingga pada tahun 1979 ASEAN membentuk ASEAN Ministers Meeting on Social Welfare and Development (AMMSWD). AMMSWD sendiri merupakan forum pertemuan menteri untuk bekerja sama untuk mengatasi masalah kesejahteraan sosial. Program ini lebih terpusat pada bidang pembangunan dan kesejahteraan sosial serta difokuskan pada program kesejahteraan sosial dan pemenuhan hak/akses yang sama untuk kalangan vulnerable groups, yaitu perempuan, anak, lansia dan penyandang disabilitas.

Program ASEAN Ministers Meeting on Social Welfare and Development (AMMSWD) sudah berjalan dengan baik, misalnya periode 2013 lalu AMMSWD sebagai bentuk kerjasama di bidang sosial budaya sudah menjalankan program:

  • ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children/ACWC
  • ASEAN GO-NGO Forum for Social Welfare and Development
  • ASEAN Roadmap for the Attainment of MDGs
  • Stakeholders Engagement: Kerja sama dengan CSOs

Baca juga: Latar belakang berdirinya ASEAN

Itulah bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi, sosial budaya, dan politik. Meskipun begitu, masih banyak lagi bentuk-bentuk kerjasama yang dijalankan oleh ASEAN untuk kesejahteraan anggotanya, seperti bentuk kerjasama dalam bidang pendidikan, IPTEK, dan lain-lain.