Batas wilayah Indonesia

Batas-Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis Dan Geogafis

Diposting pada

Batas wilayah Indonesia – Kemarin Sudut Sekolah telah membahas dan menjelaskan mengenai letak geografis Indonesia, nah sekarang kita akan mempelajari mengenai batas-batas wilayah Indonesia dari segala arah, baik itu utara, selatan, barat, ataupun timur. Yuk simak penjelasan berikut.

Luas wilayah Indonesia tak lepas dari ribuan pulau dan daerah perairan yang mengelilinginya. Oleh karena itu, Indonesia mendapatkan sebutan sebagai negara maritim. Batas wilayah Indonesia sangat luas dengan sebaran daratan dan lautan.

Berbicara mengenai batas wilayah, wilayah perbatasan Indonesia bisa dibagi menjadi dua, antara lain batas wilayah Indonesia secara astronomis dan batas wilayah Indoensia secara geografis. Untuk batas wilayah secara geografis, Indonesia memiliki perbatasan yang meliputi wilayah bagian barat, wilayah bagian timur, wilayah bagian selatan dan wilayah Indonesia bagian utara.

Sebutan untuk Indonesia sebagai negara maritim tak bisa lepas dari puluhan ribu pulau yang tersebar luas. Diantara puluhan ribu pulau itu, di Indoensia juga terdapat pulau terbesar, antara lain pulau Kalimantan yang memiliki luas 539.460 km2, pulau Sumatera yang memiliki luas 443.066 km2, pulau Papua yang memiliki luas 421.981 km2, pulau Sulawesi yang memiliki luas 180.681 km2, dan pulau Jawa yang memiliki luas 138.794 km2. Oleh karena itu, Indonesia memiliki beragam bahasa, suku dan budaya.

Keberagaman Indonesia ini disatukan dengan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu jua. Maksudnya bagaimana? Walaupun penduduk Indonesia memiliki ragam suku dan budaya mereka tatap satu yaitu Indoensia.

Mereka semua disatukan dengan sebutan NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, seharusnya kita bersyukur karena wilayah Indonesia diapit oleh dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik).

Dengan demikian Indonesia bisa disebut sebagai wilayah yang strategis karena kondisi ini akan mempengaruhi berbagai sektor, antara lain ekonomi, sosial dan budaya Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia termasuk negara yang memiliki posisi yang strategis.

Batas wilayah Indonesia meliputi batas daratan dan batas lautan. Jadi, terdapat beberapa negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, antara lain Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Selain berbatasan daratan, ada juga beberapa negara yang berbatas lautan dengan Indonesia, antara lain Thailand, Vietnam, Singapura, Republik Palau, India, Australia dan Filipina.

Untuk menentukan batas wilayah negara bagian daratan memang sudah lama ditentukan. Namun, untuk menentukan batas wilayah suatu negara itu tidaklah mudah terkadang masih ada saja yang konflik yang terjadi diwilayah perbatasan karena saling berebut lokasi dan pulau antar negara yang bersangkutan. Saat ini, hal itu sudah tidak terjadi lagi karena sudah disepakati bersama-sama mengenai wilayah masing-masing negara.

Selain batas wilayah daratan, untuk batas wilayah perairan diukur dengan aturan yang sudah disepakati oleh dunia, yaitu ZEE atau Zona Ekonomi Eksklusif dimana perhitungannya dengan cara menarik 200 mil dari garis bibir pantai.

Jadi, suatu negara memiliki hak atas 200 mil dari batas pantai tersebut tanpa ada yang boleh mengganggu wilayah tersebut. Indonesia memiliki perairan yang sangat luas, tentu saja ini memiliki keuntungan tersendiri karena tentu akan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor nelayan.

Hidup sebagai masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan memang sangat berat, karena faktor jarak untuk mencapai pusat kota yang sangatlah jauh selain itu juga sering terjadi konflik. Oleh karena itu, penjagaan wilayah perbatasan sangat ketat.

Sudah kita singgung di atas bahwa batas wilayah Indonesia dibagi menjadi dua yaitu batas astronomis dan geografis. Lalu apa yang dimaksud batas wilayah secara astronomis? Apa dampak dari batas wilayah Indonesia secara astronomis tersebut?

Selain itu, batas wilayah Indonesia secara geografis. Apa yang dimaksud dengan batas wilayah Indonesia secara geografis? Apa dampak dari batas wilayah Indonesia secara geografis tersebut? Mari kita bahas satu persatu apa yang dimaksud dari pembahasan diatas.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Wilayah Indonesia
Wilayah Indonesia yang sangat luas

Untuk mengetahui batas wilayah Indonesia secara astronomis ditentukan menurut letak wilayah Indonesia pada garis bujur dan garis lintang. Garis bujur adalah sebuah garis khayal yang mengelilingi bumi secara vertikal. Selain itu, garis bujur juga menghubungkan antara kutub utara dan kutub selatan. Garis lintang adalah garis yang mengelilingi bumi secara horizontal.

Baca juga: 7 Lapisan atmosfer

Jadi, batas wilayah Indonesia secara astronomi akan menepatkan Indonesia pada titik koordinat astronomi yang berhubungan dengan wilayah yang dimilikinya.

Batas wilayah Indonesia secara astronomis juga bisa dihitung dengan matematis. Kita ketahui bahwa untuk menghitung letak astronomis Indonesia kita bisa melihat garis bujur bumi yang dibagi antara bujur timur dan bujur barat.

Untuk garis lintang, kita ketahui bahwa keseluruhan bumi sebesar 360 derajat yang terbagi menjadi kutub utara hingga kutub selatan. Oleh karena itu, batas wilayah Indonesia secara astronomis ini juga sering disebut letak matematis.

Secara astronomis letak Indonesia berada di 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Cara membaca letak astronomis itu adalah 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur. Dengan adanya letak astronomis yang seperti ini, tentu memberikan dampak kepada wilayah Indonesia.

Salah satu dampaknya adalah Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki cuaca yang berbeda dari daerah yang tidak dilaluinya. Iklim Indonesia adalah tropis sehingga memiliki curah hujan yang tinggi selama sepanjang tahun. Terkadang juga mengakibatkan bencana banjir, tanah longsor bahkan angin puting beliung.

Selain itu, letak astronomis juga mempengaruhi waktu bagian menjadi tiga, hal ini disebabkan karena letak garis bujurnya. Tiga waktu bagian itu meliputi Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Barat. Selisih waktu pada setiap bagian adalah satu jam.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Sebuah negara memerlukan suatu wilayah untuk mengetahui letak suatu negara tersebut. Namun, setiap negara harus memiliki batas wilayah agar tidak terganggu kedaulatannya. Batas wilayah Indonesia secara geografis memiliki hubungan dengan 10 negara, yaitu Malaysia, Timor Leste, Papua Nugini, Thailand, Vietnam, Singapura, Republik Palau, India, Australia dan Filipina.

Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari Batas wilayah Indonesia yang meliputi bagian timur, barat, utara dan selatan.

Batas-batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Batas wilayah Indonesia bagian timur terdiri dari batas wilayah lautan dan daratan. Batas daratan Indonesia berbatasan langsung dengan Papua Nugini (bagian barat) yang berada pada satu pulau yaitu Papua. Untuk batas wilayah lautan Indonesia berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Batas-batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Batas wilayah Indonesia bagian barat hanya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia saja tidak berbatasan daratan. Batasan laut Indonesia bagian barat ini berbatasan langsung dengan laut India. Perbatasan laut Indonesia bagian barat ini dijaga ketat oleh tentara Indonesia karena sering terjadi pelanggaran teritorial oleh nelayan.

Batas-batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Dataran Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia bagian timur, perbatasan ini berada di pulau Kalimantan. Jika dilihat melaui peta pulau Kalimantan, maka biasanya negara Malaysia ada di bagian putih. Untuk batas wilayah perairan Indonesia bagian utara (selat Malaka) berbatasan langsung dengan laut milik lima negara, yaitu Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura dan Malaysia.

Batas-batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Batas wilayah Indonesia bagian selatan adalah negara Timor Leste yang dahulu menjad bagian dari negara Indonesia namun sekarang sudah menjadi negara sendiri. Selain itu, batas lautan bagian selatan Indonesia adalah Samudera Hindia dan negara Australia.

Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera, tentu ini menjadi keuntungan bagi Indonesia karena tentu akan menjadi jalur perdagangan Internasional baik jalur laut maupun udara. Hal ini akan menjadi potensi meningkatkan perekonomian Indonesia yang lebih baik karena banyak orang asing menanam modal di Indonesia.

Nah, itulah pembahasan kita hari ini mengenai perbatasan wilayah Indonesia, mudah dipahami bukan? Jangan lupa untuk membaca artikel Sudut Sekolah lainnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah membaca disini.