Alat musik harmonis

15 Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern Lengkap

Diposting pada

Pengertian Alat Musik Harmonis

Dalam dunia kesenian, terdapat beberapa jenis alat musik. Dan berikut dibawah ini merupakan pengertian dari alat musik harmonis versi blog Sudut Sekolah.

Alat musik harmonis adalah salah satu dari sekian banyak jenis alat musik yang mampu menghasilkan nada harmonis. Nada yang harmonis tersebut dapat dihasilkan dengan cara memainkan kombinasi 3 nada atau lebih secara bersamaan. Dan susunan nada-nada tersebut biasa disebut chord.

Secara singkatnya, alat musik harmonis merupakan alat musik yang dapat menghasilkan dan membuat susunan nada yang harmonis. Alat musik ini biasa berfungsi sebagai pengiring lagu dan memperindahnya.

Alat musik harmonis dibagi menjadi 2, yaitu alat musik harmonis tradisional dan alat musik harmonis modern. Kedua macam alat musik ini masih dipakai sampai sekarang, baik yang versi tradisional maupun yang modern. Biasa digunakan pada sebuah acara kesenian atau upacara adat budaya tertentu.

Alat musik yang digunakan menyesuaikan dengan jenis dan fungsi acaranya. Jika digunakan untuk keperluan seni tradisional atau adat tertentu, maka yang digunakan adalah alat musik tradisional. Sementara jika acaranya tidak terlalu formal dan terkesan lebih bebas, maka biasa menggunakan alat musik modern.

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Tidak terlalu sulit untuk menemukan contoh alat musik harmonis tradisional. Biasanya, beberapa suku mempunyai alat musik jenis ini. Dan berikut beberapa contoh alat musik harmonis tradisional.

1. Sasando

Alat Musik Tradisional Sasando
Sumber : wikipedia.org

Sasando merupakan alat musik tradisional suku Rote yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Sasando termasuk ke dalam jenis alat musik yang dipetik. Jadi, cara memainkannya adalah dengan memetik dawainya.

Nada yang harmonis dapat dihasilkan ketika 3 dawai atau lebih dipetik secara bersamaan. Tetapi, hanya beberapa orang saja yang mempunyai keahlian untuk memainkan sasando agar bisa menghasilkan nada harmonis. Hal ini disebabkan kurangnya minat generasi muda untuk mempelajari alat musik ini.

2. Sampek

Alat Musik Tradisional Sampek
Sumber : senandungindah.home.blog

Sampek juga termasuk ke dalam salah satu jenis alat musik yang dipetik. Sampek merupakan alat musik khas suku Dayak dari daerah Kalimantan.

Memainkan sampek dilakukan dengan cara memetik dawainya. Petik 3 dawai secara bersamaan untuk memainkan sampek dengan cara harmonis. Atau petik dawai sampek satu per satu untuk memainkannya dengan cara melodis. Alat musik ini biasa digunakan dalam pagelaran musik tradisional.

3. Bonang

Alat Musik Tradisional Bonang
Sumber :
dunia-kesenian.blogspot.com

Bonang merupakan jenis alat musik pukul yang berkembang di Bali dan pulau Jawa. Bonang biasa digunakan bersamaan di dalam sebuah gamelan. Pukul 3 gong sekaligus yang tertata pada bonang untuk menghasilkan nada yang harmonis.

Bonang dipukul menggunakan alat yang sudah dibalut dengan karet atau kain.

4. Kecapi

Alat Musik Tradisional Kecapi
Sumber : silontong.com

Kecapi masuk ke dalam jenis alat musik dawai yang dipetik. Kecapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari suku Sunda. Biasa menjadi pengiring utama beberapa tembang tradisional khas Sunda.

Petik 3 dawai kecapi sekaligus agar bisa menghasilkan nada yang harmonis.

5. Rebab

Alat Musik Tradisional Rebab
Sumber : dictio.id

Rebab menjadi alat musik tradisional yang populer pada zaman dulu. Rebab dibawa oleh kebudayaan Timur Tengah sehingga bisa sampai ke nusantara.

Dilansir dari situs Wikipedia, rebab mempunyai nama lain yang cukup banyak. Diantaranya rabab, rebap, rebeb, rababah dan al-rababab. Rebab termasuk ke dalam jenis alat musik gesek. Jadi, untuk memainkan rebab adalah dengan menggeseknya.

6. Siter dan Cempelung

Alat Musik Tradisional Siter dan Cempelung
Sumber : kamerabudaya.com

Siter dan cempelung merupakan salah satu alat musik yang biasa dibawa dalam gamelan Jawa. Bentuk siter dan cempelung mirip seperti kecapi, hanya saja mempunyai jumlah senar yang lebih banyak. Siter dan cempelung dapat dimainkan dengan cara dipetik. Bisa juga menjadi contoh alat musik melodis tergantung pada cara bermain pemainnya.

Contoh Alat Musik Harmonis Modern

Di zaman sekarang, menemukan contoh alat musik harmonis modern sangat mudah karena bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh-contoh alat musik harmonis modern.

1. Gitar

Alat Musik Modern Gitar
Sumber : wikipedia.org

Gitar sering sekali dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Pada mata pelajaran Seni Budaya, alat musik ini sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Pemain gitar biasa disebut sebagai gitaris.

Gitar bisa menghasilkan baik nada harmonis maupun nada melodis. Untuk menghasilkan nada harmonis, tekan sejumlah senar gitar dan menggenjrengnya bersamaan. Sementara untuk menghasilkan nada melodis gitar harus dimainkan dengan memetik senarnya satu per satu.

2. Piano

Alat Musik Modern Piano
Sumber : gear4music.com

Sama seperti gitar, piano juga dapat menghasilkan nada baik harmonis maupun melodis. Tekan 3 tuts piano atau lebih secara bersamaan untuk membuat nada harmonis. Dan mainkan tuts satu per satu untuk menghasilkan nada melodis. Memainkan piano bukan hal yang mudah dan memerlukan kelihaian jari untuk menekan tuts. Karena, jari kedua tangan harus terus bergerak untuk memainkan piano agar nada yang dihasilkan tetap harmonis dan enak didengar. Pemain piano biasa disebut pianis.

3. Biola

Alat Musik Modern Biola
Sumber : wikipedia.org

Biola juga bisa dimainkan dengan cara harmonis maupun melodis. Biola yang dimainkan dengan cara harmonis. Tekan 3 atau lebih senar dan gesek secara bergantian untuk membuat nada yang harmonis. Biasanya digunakan untuk pertunjukkan seni musik bergenre Jazz atau klasik.

4. Harpa

Alat Musik Modern Harpa
Sumber : youtube.com

Harpa dimainkan dengan cara memetik dawainya. Petik 3 dawai harpa untuk membuat nada harmonis yang indah. Harpa biasa dimainkan secara solo karena karakteristik suaranya yang halus serta menenangkan. Tapi tak jarang juga digunakan untuk mengiringi pagelaran musik.

5. Viola

Alat Musik Modern Viola
Sumber : gear4music.com

Viola masih satu keluarga dengan Biola. Viola juga dapat dimainkan secara melodis juga. Agar mengeluarkan nada harmonis, pemain harus menekan beberapa dawai dan menggeseknya dengan menggunakan senar busur yang digunakan.

6. Violoncello

Alat Musik Modern Violoncello
Sumber : gear4music.com

Alat musik modern yang satu ini juga masih satu keluarga dengan biola dan viola. Dapat dilihat dari bentuk dan warnanya yang relatif hampir sama. Hanya saja, ukuran violoncello jauh lebih besar daripada biola dan viola.

Cara memainkan violoncello sama seperti cara memainkan biola maupun viola. Violoncello bisa dimainkan secara solo bisa juga menjadi pengiring sebuah pagelaran musik. Pemain violoncello biasanya disebut Celloist atau Cellis.

Mungkin nama alat musik yang satu ini terdengar asing. Tetapi, bentuknya dapat dengan mudah dikenali karena violoncello masih eksis dalam berbagai pertunjukkan seni musik.

7. Harmonika

Alat Musik Modern Harmonika
Sumber : tokopedia.com

Harmonika termasuk ke dalam jenis alat musik tiup modern. Untuk memainkannya, diperlukan keahlian dan kemampuan pernapasan yang baik. Karena, untuk menghasilkna nada harmonis menggunakan harmonika, pemain perlu menghisap dan meniup rongga-rongga yang terletak di bagian dalam alat musik ini.

8. Pianika

Alat Musik Modern Pianika
Sumber : elevenia.co.id

Alat musik pianika masih termasuk ke dalam keluarga Piano. Dibandingkan dengan ukuran dan harga Piano yang sangat besar dan mahal, pianika berbentuk jauh lebih kecil dan harganya juga jauh lebih murah.

Namun, selain harus menekan tuts yang ada, pemain juga harus meniup pipa yang tersedia agar tuts yang ditekan dapat menghasilkan bunyi. Jadi, cara memainkan pianika adalah dengan menekan tuts dan meniup pipa secara bersamaan. Diperlukan keahlian dan pernapasan khusus untuk mendapatkan nada harmonis yang indah dan panjang nada yang nyaman didengar.

9. Saksophone

Alat Musik Modern Saksophone
Sumber : wikipedia.org

Saksophone termasuk ke dalam jenis alat musik tiup modern. Cara memainkan saksphone adalah meniupnya sekaligus menekan beberapa kombinasi tuts secara bersamaan untuk menghasilkan nada harmonis. Saksophone biasa digunakan dalam pagelaran musik Jazz.

Baca juga: Contoh alat musik ritmis

Nah, itulah 15 contoh alat musik harmonis tradisional dan modern, manakah alat musik kesukaan Anda? Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ke grup kelas Anda, terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah.