Alat musik Betawi

25 Alat Musik Betawi Yang Unik Dan Sering Dijumpai

Diposting pada
No ratings yet.

Alat musik Betawi – Suku Betawi yang wilayahnya dijadikan pusat kota harus benar-benar siap untuk mempertahankan kebudayaan asli mereka agar tidak tenggelam ditelan masa. Hebatnya, alat musik unik khas suku Betawi masih sering terdengar di telinga masyarakat asli Jakarta.

Untuk mengenal kebudayaan kita lebih dalam lagi, mari kita mengenal 25 alat musik Betawi yang tentunya tidak asing di telinga beberapa orang tertentu.

25 Alat Musik Betawi

Pertunjukan alat musik Betawi
Contoh pertunjukan alat musik Betawi

1. Saron

Bukan hanya ada di gamelan, saron juga hadir pada seni musik yang berasal dari keluarga balungan. Dalam suku Betawi, saron memilii nama lain yaitu “ricik”. Saron dalam suku Betawi biasanya dimainkan sendirian atau bersama instrumen alat musik yang lainnya.

Baca juga: Alat musik tradisional Indonesia

2. Kendang

Sering terdengar oleh orang Jawa Timur dan Jawa Tengah, ternyata kendang hadir pada kesenian musik Betawi. Sama seperti saron, kendang biasa dimainkan untuk hiburan bahkan dalam acara adat pada hari-hari tertentu.

3. Gong

Bukan hanya suku Jawa Timur dan Jawa Tengah, gong juga populer di Suku Betawi. Alat musik yang dipukul ini sering digunakan dalam acara besar. Bahkan untuk peresmian suatu acara tertentu, gong sering digunakan sebagai simbol “peresmian acara”.

4. String Bass

Alat musik yang mirip gitar yang unik ini merupakan alat musik tradisional khas Betawi. Sesuai namanya, string bass menggunakan bahan utama senar bass. Cara memainkan string bass cukup mudah yaitu dengan cara digesek mirip seperti biola.

5. Mandolin

Hampir sama seperti string bass, mandolin adalah alat musik tradisional khas Betawi yang terdiri dari senar dan dimainkan dengan cara digesek. Suku Betawi mungkin tidak asing dengan nama mandolin karena sering dimainkan dalam berbagai acara.

6. Akordeon

Alat musik Betawi yang mirip organ ini sangat unik sekali. Sebagai alat musik kelas oragana, Akordeon dimainkan dengan cara digantungkan pada badan manusia.

7. Tamburin

Alat musik tradisional khas Betawi yang terbuat dari bingkai kayu bundar dan dilengkapi dengan membran pelapis dari kulit sapi atau plastik ini merupakan alat musik kelas perkusi. Tamburin dimainkan dengan cara ditabuh, anak tahun 90-an tentu tidak asing lagi dengan cara memainkannya.

8. Rebab

Nggak cuman dari Riau (Kepri). Alat musik rebab juga cukup populer di telinga Suku Betawi. Meskipun banyak sumber yang menyebutkan bahwa rebab berasal dari Arab, namun rebab Indonesia, termasuk Suku Betawi, memiliki perbedaan yang khas dan unik.

9. Tehyan

Alat musik yang masih khas dan sering di dengar ini berasa dari Kota Jakarta (Betawi). Alat musik yang terbuat dari perpaduan seni musik Tionghoa dan Jawa, tentu sangat indah sekali. Cara memainkan alat tehyan cukup mudah yaitu dengan cara digesek, sama seperti biola.

10. Gambang

Gambang adalah alat musik khas dan unik karena terbuat dari 18 bilah bambu. Cara memainkan gambang juga cukup mudah, yaitu dengan cara dipukul. Biasanya Gambang digunakan dalam kesenian Gambang Kromong Suku Betawi.

11. Kromong

Masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah pasti nggak asing dengan yang namanya Bonang. Salah satu keunikan alat musik khas Betawi yaitu mirip dengan alat musik dari berbagai daerah, salah satunya adalah gambang kromong, yang merupakan alat musik orkes.

12. Biola

Nggak nyangka, loh. Ternyata biola menjadi alat musik tradisional Suku Betawi. Alat musik yang hanya memiliki empat senar (G-D-A-E) memiliki keunikan tersendiri, yaitu bisa disetel berbeda satu sama lain serta memiliki interval sempurna kelima.

13. Gitar

Gitar juga ikut meramaikan rangakian alat musik tradisional Suku Betawi. Nggak perlu dijelaskan panjang lebar, pasti nama gitar nggak asing di telinga kamu.

14. Terompet

Bukan terompet biasa, Suku Betawi memiliki terompet khas yang unik. Terompet suku Betawi terbuat dari logam dan bentuk yang khas juga. Terompet Suku Betawi dimainkan dengan cara di tiup dan mengatur tombol dengan cara dipencet. Jika pernah melihat acara kesenian Betawi langsung, pasti akan melihat terompet khas Betawi.

15. Rebana Ketimpring

Sama dengan alat musik Arab, rebana juga hadir menemani alat musik tradisional Betawi. Pada Suku Betawi, sering menggunakan rebana ketimpring yang ciri khasnya terdapat tiga kerincingan yang diikatkan pada bagian badan rebana.

16. Kongahyan

Alat kongahyan ini biasa ditemukan di Jawa, Bali, dan Sunda, namun memiliki ukuran yang berbeda. Alat musi konghyan juga hadir dalam alat musik Betawi. Yang membuat kongahyan unik adalah memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan Tehyan dan Sukong.

17. Sukong

Sukong sering kita dengar karena sering dimainkan pada irama musik tradisional Suku Betawi seperti “Kicir-kicir” dan “Jali-jali”. Selain itu, sukong juga banyak dijadikan instrumen untuk mengiringi lagu-lagu asli Betawi. Bahkan, sukong juga biasa digunakan untuk mengiringi kesenian Betawi seperti ondel-ondel dan pementasan lenong.

18. Kempul

Bukan hanya untuk Suku Jawa Timur dan Jawa Tengah, kempul juga hadir dalam Suku Betawi. Kempul khas Betawi hampir sama dengan kempul pada gamelan, yaitu dimainkan dengan cara ditabuh. Selain itu, tempat meletakkan kempul juga sama yaitu sepaket dengan gong.

19. Kecrek

Kecrek adalah alat musik perkusi dari Suku Betawi asli yang biasa digunakan dalam seni perdalangan. Biasanya kecrek difungsikan sebagai alat pemberi isyarat yang menandakan aba-aba iringan maupun gerakan atau sikap wayang. Irama kecrek juga sering digunakan untuk mengiri lagu. Dinamakan kecrek karena saat dimainkan akan mengeluarkan suara “crek crek crek”.

20. Ketuk

Bukan hanya ada di gamelan Jawa, bonang yang dalam bahasa Betawi disebut ketuk juga ada. Ketuk sendiri memiliki bentuk yang hampir mirip bonang, namun yang unik dari ketuk adalah bentuknya lebih pipih dan berdinding serta lebih rendah daripada kenong.

21. Seruling

Pasti telinga kita sudah akrab dengan alat musik seruling? Alat musik tiup yang terbuat dari bambu dan memiliki ciri khas unik ini merupakan salah satu alat musik suku Betawi.

22. Klarinet

Pernah liat Spongeboob? Ada ala musik bernama klarinet yang berasal dari keluarga woodwind. Yang unik dari klarinet adalah penamaannya, kata klarinet diambil dari 2 kata yaitu “clarino” yang berarti “trompet” dan kata “et” yang berarti “kecil”. Klarinet hampir sama dengan saksofon, namun klarinet dimainkan dengan menggunakan satu reed.

23. Trombon

Alat musik unik dan khas Suku Betawi ini merupakan alat musik tiup logam disertai menggetarkan bibir ketika memainkannya. Kata trombon sendiri diambil dari dua kata yaitu “Tromba” yang artinya “terompet” dan “one“ yang berarti “besar”. Sesuai namanya, ukuran trombon memang tidak main besarnya.

24. Piston

Bukan mesin motor loh ya, ada juga alat musik yang bernama piston. Sayangnya infotmasi alat musik piston ini masih sangat minim, entah informasi mengenai bentuk, cara memainkan, dan lain-lain. Mungkin teman-teman ingin menambah keterangan di kolom komentar?

25. Saksofon

Saksofon atau Saxophone yang masih tergolong dalam keluarga aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument menjadi salah satu alat musik tradisional Suku Betawi. Saksofon terbuat dari logam. Saksofon dimainkan dengan menggunakan single-reed seperti klarinet. Ada yang unik dari saksofon, yaitu awalnya alat musik ini hanya instrumen orkestra dan band militer. Sekarang saksofon digunakan dalam intrumen musik popular music, big band music dan jazz.

Nah berikut adalah 25 alat musik Betawi yang sering Kita lihat dan jumpai, meskipun tidak semua. Jangan lupa baca kebudayaan betawi yang lainnya rumah-rumah adat Betawi dan pakaian adat suku Betawi. Diharap teman-teman lebih bersemangat menjaga adat dan budaya Betawi untuk Indonesia yang lebih baik.

Silahkan berikan rating